Florida Juga Disikat Trump

Capres AS dari Partai Republik Donald Trump dan Capres AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton. (Foto: News Okezone)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Bambang Indra Kusumawanto

-----------------------------------------------------

CAPRES partai Republik, Donald Trump makin mendekati kursi Gedung Putih. Miliarder asal New York itu menambah pundi-pundi suara di negara bagian Florida, salah satu yang dianggap krusial.

Dengan kemenangan ini, jalan Trump makin mulus untuk memenangkan pilpres AS ini.

BACA JUGA: Trump Unggul Sementara

Washington Post, Rabu (9/11/2016) melaporkan, Trump menang di Florida yang memiliki 29 electoral vote. Florida merupakan satu di antara empat negara bagian krusial -- Ohio, North Carolina, Florida dan Pennsylvania -- yang harus dimenangkan Trump dalam pilpres ini. North Carolina dan Ohio telah dimenangkan Trump, sementara penghitungan suara di Pennsylvania masih berlangsung ketat.

Sejauh ini, Trump sudah menang di 21 negara bagian: Alabama, Arkansas, Indiana, Florida, Kansas, Kentucky, Louisiana, Missouri, Mississippi, Montana, North Carolina, North Dakota, Nebraska, Ohio, Oklahoma, South Carolina, South Dakota, Tennessee, Texas, West Virginia dan Wyoming.

Sedangkan Hillary menang di 14 negara bagian yang memang basis Demokrat, yakni: California, Colorado, Connecticut, Delaware, Illinois, Maryland, Massachusetts, New Jersey, New Mexico, New York, Oregon, Rhode Island, Vermont, Virginia dan Washington DC.

Dengan kemenangan di Florida, perolehan electoral vote bagi Trump melesat ke angka 244 , sementara Hillary meraup 215. Ini berarti Trump tinggal sedikit lagi untuk meraih 270 electoral vote. Sesuai ketentuan, dibutuhkan setidaknya 270 electoral vote dari total 538 electoral vote, untuk memenangkan pilpres AS. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda