C a t a t a n: Sudirman

Manfaat Kelapa Muda Bakar

Kelapa muda dibakar. (Foto: wordpress)

COWASJP.COMKELAPA (Cocos nucifera) tumbuhan ini hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Mulai dari akar sampai  bagian paling atas.  Apakah  kelapa muda ini airnya segar saat diminum sewaktu kita dalam keadaan haus? Tidak. Tapi manfaatnya lebih dari itu. Buah kelapa muda yang dibakar ternyata mempunyai banyak kasiatmya untuk kesehatan manusia. 

Saya setiap minggu padi pergi ke Mojosari, Mojokerto lewat  Jalan Gubernur Soenandar Priyosoedarmo, Sidoarjo. Pada hari minggu dan hari libur ,tepat di depan Polsek Krian banyak banyak kendaraan yang parkir di situ. Di depan Polsek tersebut terlihat pemandangan yang unik. Beberapa buah kelapa muda  digantungkan pada sebuah tiang yang terbuat dari besi. Ada kelapa muda yang masih berwarna hijau dan ada pula beberapa kelapa hitam kelam.

Di samping gantungan kelapa tersebut ada sebuah kios. Di situ Bu Soleh Rizal Ashari, pemilik kios kelapa bakar siap melayani pembeli. Orang yang menginginkan kelapa muda bakar tidak langsung dilayani. Bu Soleh mempersilahkan calon pembeli duduk di deretan kursi panjang.  

Di belakang kios Bu Soleh terdapat tumpukan kelapa muda bakar  dalam keadaan hangat siap disajikan kepada pembeli yang menunggu disamping kiosnhya. Harga kelapa bakar  16.000 per biji. Sedangkan kelapa muda yang belum dibakar harganya hanya Rp 11.000 per biji.

KELAPA-MUDA-HASIL-BAKARANmRGdD.jpg

Foto: tirbunnews

Setiap hari Bu Soleh bisa membakar sekitar 60 buah kelapa muda. Proses pembakaran kelapa muda ini seperti layaknya membakar  batu bata untuk bangunan rumah. Di sebidang tanah dibelakang rumahnya disiapkan untuk proses pamgbakaran.  Di atas tanah tersebut sudah disiapkan  tumpukan kayu. Diatas kayu inilah diletakkan beberapa kelapa muda yang siap dibakar. Jadi proresnya kayu yang ada dibawah dan diatas dibakar bersama-sama.  “ Kelapa muda ini dibakar selama  8 jam,’’ kata Bu  Soleh.

Menjlual kelapa bakar sudah ditekuni Bu Soleh sejak delapan tahun lalu. Katanya, hasilnya lumayan. Selain bisa buat memenuhi kebutuhan dapur, juga untuk biaya sekolah anak-anak.  “ Anak saya yang lelaki ini kuliah sampai lulus  yang hasil menjual  kelapa bakar”, ujar Bu Soleh sambil nunjuk anaknya yang  melayani pembeli.

Ibu Sri, salah seorang pembeli mengatakan, setelah minum kelapa bakar ini badannya terasa enak. Hampir setiap minggu, ibu rumah tangga ini selalu menyempatkan mampir membeli kelapa bakar 2 sampai 3 buah. “ Apalagi kalau kelapa muda bakar ini diminum dalam keadaan hangat. Enak tenan”  katanya.

bawa-kelapa-mudakzfVT.jpg

Foto: penginapan.net

Sementara itu, Haji Ruliyanto juga mengatakan, dia mengenal kelapa muda bakar sejak tahun 1970-an seperti yang dijual di Krian. Ceritanya, waktu masih sekolah di Tuban sering minum kelapa bakar. “ Saya waktu sekolah bersama teman-teman sering mengambil kelapa muda lalu saya   bakar di kebun, kenangnya. 

Ruliyanto yang mantan lurah di Surabaya ini juga mengakui bahwa minum kelapa bakar memang ada manfaatnya.  Selain segar diminum juga bisa dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Kelapa bakar yang dijual dikemas dalam kantong kresek plastic, Di dalam kantong ini disediakan sebuah sedotan dan sebuah amplop. Nah, dalam amplop warna putih ini terdapat  terdapat 3 lembar foto copy yang memuat manfaat kelapa bakar dan surat hasil pengujian kelapa bakar dari Universitas Brawijaya, Malang. 

minum-air-kelapa-muda-yang-dibakarcGetL.jpg

Foto: wordpress 

Perlu kita ketahui bahwa kelapa bakar Bu Soleh sudah dites di Laboratoroum Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Ketua Lap Dr. Ir Sudarminto Setyo Yuwono, M. Sc  telah merekomendasi yang isinya : Kelapa bakar tersebut mempunyai kemampuan untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Dalam rekomnya ada 17 penyakit yang bisa ditangkal. 

Nah, inilah selengkapnya  hasil Lab Kelapa bakar tersebut : 1. Mematikan berbagai virus, 2 Membunuh berbagai jenis bakteri, 3 Membunuh jamur dan ragi yang bisa menyebabkan penyakit, 4 Membantu meredahkan gejala-gejala  dan mengurani resiko kesehatan yang dihubungkan dengan diabetes mellitus, 5 Mengurangi gangguan yang dikaitkan dengan gejala kesulitan pencernaan dan cystic fibrosis, 6 Mambantu melindungi tubuh dari serangan osteoporosis, 7 Membantu meredahkan gejala sakit saluran kandung kemih, 8 Meredahkan gejala yang dihubungkan dengan chorn’s diseases, ulcerative colistus dan bisul perut, 9 Membantu melindungi tubuh dari serangan kanker payudara  dan kanker kolon, 10.

Menurunkan kadar kolestrol darah tinggi, 11. Membantu dalam pencegahan serangan sakit jantung, Strouke dan atheroselerosis, 12. Membantu mencegah darah tinggi, 13. Melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya yang meningkatkan penuaan dini dan penyakit degenerative, 14.

Meredahkan gejala benign prostatic gyperplasia (pembebasan kelenjar prostat), 15 Membantu mencega sakit liver, 16. Mengurangi gejala psioriasis eksim dan dermatitis, 17. Infebntitas (dan membantu pasutri yang ingin cepat dikaruniai keturuan). Nah, inilah manfaat Kelapa Bakar. 

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda