Laksanakan Teori Terbalik Dalam Pelayanan

COWASJP.COMBAGAIMANA membuat orang merasa spesial, dihargai, dan bahagia?

Ratusan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan merespon tulisan yg berjudul "Sentuhan Kecil Bahagiakan Agus Tanuwijaya yang Ulang Tahun ke-30." 

''Belikan kue di Bread Talk untuk dimakan bersama teman-temannya di Salon Christopher". Semuanya memberikan apresiasi dan bersimpati pada Agus. Salah satu respon dari Deputi Manajer Teknologi Informasi PLN Wilayah Sumatera Utara Gading Aji. Berikut komentarnya yang disampaikan dengan gaya bertutur:

Pak Aqua, kalau kita bicara terkait dengan pelayanan, baik jasa maupun produk pasti ada yang namanya penjual dan pembeli. Bisa kita sebut juga produsen dengan konsumen, yang mana konsumen tersebut sedapat mungkin bisa menjadi pelanggan.

Pelanggan adalah individu atau kelompok yang secara kontinyu membeli dan menikmati hasil dari produk atau jasa penjual. Bedanya antara pelanggan dengan pembeli adalah kata-kata kontinyu atau terus-menerus tersebut.

Lazimnya pemilik sebuah produk atau jasa berusaha untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan, karena dengan adanya pelangganlah kelangsungan bisnis pemilik usaha bisa terus berjalan.

Menurut Hermawan Kartajaya dengan semakin banyaknya pemilik yang menawarkan layanan sejenis, maka layanan yang diberikan tidak cukup dengan kata OK. Layanan tersebut haruslah WOW agar pelanggan semakin bertambah banyak dan terutama loyal terhadap pemilik produk/jasa.

WOW services is CARE, Curb services policies, Add extra mile, Recognize individual preferences and Empower your customer. But all of the services mostly point to customer satisfaction.

Yang Pak Aqua lakukan di balik, yaitu bagaimana melayani tanpa memperhatikan apakah mereka adalah si penjual atau si pembeli. Terpenting bagaimana membuat orang merasa spesial, dihargai, dan bahagia dengan kehadiran Bapak.

Ternyata membahagiakan dengan cara melayani tidak perlu mengenal posisi kita di mana. Semakin banyak kita memberikan pelayanan terbaik yang mewujudkan kebahagiaan seseorang, maka justru semakin   bahagialah kita.

Kalau dari teori tadi, semakin kita melayani produsen atau si pemilik justru pelayanan yang diberikan pemilik kepada kita sebagai pelanggan bisa jadi malah menghasilkan dobel WOW.

Inilah teori terbalik yang Pak Aqua lakukan. Semoga semakin banyak teori-teori nyata yang dapat disampaikan kepada kami melalui pengalaman Bapak. Amin...

Salam hangat dari kami di Medan untuk Bapak dan keluarga.

>>>Dalam perjalanan dari Bandara Kualanamu Medan di Deli Serdang Sumut menuju Pematang Siantar, seusai tadi pagi mendampingi Kaprodi S3 Fikom Unpad Atwar Bajari silaturahim ke Dirut Semen Padang Benny Wendry di Indarung Padang Sumbar,  saya ucapkan selamat melayani semua orang secara universal. Salam hormat buat keluarga ya. Pukul 16.00 Selasa 08 08 2017

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda