Butuh Latihan, Tidak Mudah Menulis Deskripsi dan Sistematis

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman (Foto: KRjogja)

COWASJP.COMPANGDAM IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman berkata kepada saya. "Pak Aqua, meskipun jarang memberi komentar, namun semua tulisan Bapak yang setiap hari di-share ke ribuan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan selalu saya baca. Isinya sangat menarik. Apalagi Bapak pintar mendeskripsikan suatu peristiwa dan menuliskannya secara sistematis. Padahal tidak mudah lho melakukan itu. Butuh latihan terus-menerus," ujar  Mayjen TNI Tatang Sulaiman Kamis malam 27 Juli 2017 lalu di rumah dinasnya di Semarang.

Saya mengamati di antara banyak jenderal di TNI, Tatang termasuk yang memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Meskipun beliau secara formal tidak pernah mendalami Ilmu Komunikasi, namun pengetahuannya tentang ini cukup mumpuni dan komprehensif.

Hal itu membuat penilaiannya tentang kemampuan komunikasi seseorang sangat obyektif. Ternyata mantan Pangdam Iskandar Muda Aceh ini banyak belajar Ilmu Komunikasi saat menjabat Kapuspen TNI.

"Saya mendalami Ilmu Komunikasi saat menjabat Kapuspen TNI. Banyak hal terkait dengan itu yang sebelumnya tidak saya ketahui.  Menekuni pekerjaan di bidang Penerangan ternyata menarik sekali. Ilmunya dinamis dan dibutuhkan sepanjang masa?" ungkap Tatang mengenang masa-masa indah dan menyenangkan ketika jadi Kapuspen TNI.

the-powerM1Kjf.jpg

Kepada seluruh jajarannya selalu ditekannya untuk rajin belajar. Kemudian menghargai pekerjaan dan karya-karyanya. Dengan begitu orang lain akan memberi penghargaan serupa.

Tatang juga belajar menulis. Salah satu fokus utamanya adalah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang selalu didampinginya. Pernyataan-pernyataan penting Gatot dicatatnya. Sebagian ada yang di-share ke para wartawan untuk dipublikasikan secara luas. 

"Saya akhirnya jadi tahu info-info yang menarik buat rekan-rekan wartawan. Ke para staf selalu saya pesankan untuk siap setiap saat melayani permintaan data dari wartawan. Mereka adalah mitra utama Puspen TNI," kata Tatang sambil tersenyum.

Saat dua kali jadi Pangdam  termasuk di Kodam IV/Diponegoro saat ini semua pengetahuan dan pengalaman Tatang selama jadi Kapuspen TNI bermanfaat sekali. Dengan siapa pun beliau berkomunikasi baik internal maupun eksternal selalu cair. Alhamdulillah. 

>>>Dari Bogor saya ucapkan selamat mendalami Ilmu Komunikasi dgn sepenuh hati. Salam hormat buat keluarga ya. Pukul 13.30 Sabtu 29 07 2017

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda