Tutur Kata dan Perilaku Negatif Balas dengan Kebaikan dan Contoh Nyata

COWASJP.COMDALAM kehidupan sehari-hari, tidak semua orang tutur kata dan perilakunya baik. Ada juga yang negatif. Itu secara nyata menunjukkan kelemahan dan kekurangan orang tersebut.

Sikap seperti itu disebabkan banyak faktor. Salah satunya karena tidak siap dan iri melihat kemajuan orang lain. "Kenapa bukan saya yang begitu? Kok orang itu?" Kira-kira itulah pertanyaan yang ada dalam hatinya.

Lantas bagaimana menyikapinya? Apakah membalasnya dengan hal sama? Atau ada cara lain yang lebih jitu dan elegan menghadapinya?

Mereka yang tutur kata dan perilakunya negatif levelnya jauh di bawah, meskipun jabatan dan pangkatnya tinggi. Orang seperti ini pantas dikasihani.

Sering ia merasa terasing di tengah keramaian. Kenapa? Itu akibat ulahnya sendiri yang berbeda secara negatif dibandingkan kebanyakan orang pada umumnya. Akibatnya di tengah pergaulan ia merasa dikucilkan.

Selama ini jarang ada yang mau berteman dengan orang-orang yang lebih menonjol negatifnya daripada sisi positifnya. Lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

Menyadari Kesalahan, Segera Minta Maaf

Menghadapi orang seperti ini jangan dengan menonjolkan hal negatif juga. Jika itu dilakukan berarti levelnya sama rendahnya. Keburukan sebaiknya dibalas dengan kebaikan. Tunjukkan bahwa tingkatannya jauh di atas orang yang tutur kata dan perilakunya negatif tersebut.

Lebih baik lagi jika ditunjukkan dengan contoh nyata. Kebanyakan orang setelah melihat bukti jadi sadar dan atas ijin TUHAN akan menimbulkan kesadaran dalam dirinya. Ternyata selama ini yang dilakukannya salah besar dan merugikan orang lain. Di samping yang paling rugi adalah dirinya sendiri.

Orang yang berjiwa besar biasanya tanpa sedikit pun ada keraguan segera meminta maaf. Menyadari semua kesalahannya selama ini dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Tidak ada kata terlambat utk memperbaiki diri. Ini jauh lebih baik daripada makin terperosok ke lubang yang dalam. (*)

>>>Dari Bandara Soetta saya ucapkan selamat berusaha utk selalu bersikap positif. Salam hormat buat keluarga. Pukul 05.00 Kamis 20 07 2017

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda