1.000 Tumpeng untuk Haul Bung Karno

Walikota Blitar, Bupati, dan Ketua MUI Kota Blitar di acara kenduri 1.000 tumpeng. (Foto: imam kusnin ahmad/CoWasJP.com)

COWASJP.COM – ockquote>


O l e h: Imam Kusnin Ahmad

-----------------------------------------

SUARA tahlil menggema di jantung kota Blitar tadi sore, Senin 20 Juni 2016. Serak-serak basah suara Drs Subakhir, Ketua MUI Kota Blitar, saat memimpin acara tahlil. Itulah suasana  acara kenduri 1000 tumpeng dalam acara Haul Bung Karno ke 46 di Kota Blitar.

Kenduri  dengan 1.000 tumpeng ini adalah cara Pemkot Blitar dan warga Kota Blitar memperingati Bung Karno tahun ini. Berbagai acara lainnya juga dilaksanakan. Beberapa tahun ini secara kontinyu warga dan Pemerintah Kota Blitar menggelar Haul Bung Karno dengan kenduri 1.000 tumpeng.

Beberapa tokoh nasional dan daerah hadir dalam acara tersebut. Misalnya Megawati Soekarnoputri, KH Hasyim Muzadi,  Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf ( Gus Ipul) dan lainnya.

haul-bungkarno-duabeH1.jpg

Suasana haul Bung Karno di Kota Blitar. (Foto: Imam Kusnin Ahmad/CoWasJP.com)

Namun, tahun ini karena bersamaan dengan bulan Ramadhan, acara hanya dihadiri oleh Walikota Blitar Mohammad Samanhudi dan wakilnya, Bupati Kabupaten Blitar H. Rijanto dan pejabat Forpinda Blitar Raya.

Kenduri sekaligus dirangkai  dengan buka puasa bersama di gelar di sepanjang jalan Ir Soekarno hingga Jalan Jenderal Sudirman mengarah ke Jalan Sultan Agung sampai di pelataran Istana Gebang, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Kira-kira memanjang sekitar 2 kilometer. Di sepanjang jalan tersebut berdiri ratusan tenda yang dipenuhi dengan tumpeng berjajar di setiap tenda. Luar biasa!

haul-bungkarno-satul7ZGq.jpg

Makan bersama menikmati tumpeng di acara haul Bung Karno di Kota Blitar. ((Foto: Imam Kusnin Ahmad/CoWasJP.com))

Kenduri 1.000 tumpeng diikuti mayoritas  warga Kota Blitar, termasuk ribuan PNS dan jajaran SKPD Pemkot Blitar. Mereka rata-rata mengenakan seragam ala Bung Karno.

Sebelum acara Kenduri 1.000 tumpeng, Wali Kota Blitar Mohammad Samanhudi Anwar menyempatkan ziarah ke makam Bung Karno. Tepat pukul 16.00 WIB, acara selamatan Kenduri 1.000 Tumpeng dimulai. Acara dipimpin langsung Ketua MUI Kota Blitar Drs Subakhir, dimulai dengan bacaan Surah Yasin diteruskan bacaan tahlil, diikuti ribuan peserta kenduri.

Wali Kota Blitar mengharapkan peringatan Haul Bung Karno yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan bisa membuat masyarakat Indonesia selalu mengingat Bung Karno.

"Karena penerapan nilai-nilai Pancasila yang digali Bung Karno bisa kita lihat tanpa kita sadari dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Seperti dalam acara tahlil ini.  Jadi, kelima sila bisa kita pahami dengan dasar keimanan selain sebagai landasan dasar negara yang besar ini," terang Samanhudi Anwar.

Menjelang puncak Haul Bung Karno, di pelataran makam Bung Karno di gelar acara Semaan Alquran dan manaqib bersama. Kegiatan ini juga diisi doa lintas agama diikuti ratusan peserta. “Semua warga dan tokoh masyarakat sangat mendukung acara ini,’’ungkap  Subakhir yang juga Ketua PCNU Kota Blitar itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hartono, Ketua KNPI Kota Blitar.  Acara ini sangat bagus untuk menghargai Bapak Bangsa dan meletakkan nilai-nilai  luhur bangsa. ”Siapalagi kalau bukan kita yang menghargai mereka,’’ tegas Hartono yang juga Ketua PC GP Ansor Kota Blitar itu.*

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda