SUPER TUCANO JATUH DI MALANG

Marsekal TNI Agus Supriatna saat ditemui di TKP, Rabu (10/2/2016). (Foto: Tristania Dyah/malangtimes)

COWASJP.COM – ockquote>

C a T a T a N: Ganton

-----------------------------

KOTA Malang dikejutkan dengan kejadian jatuhnya pesawat TNI AU Super Tucano buatan tahun 2012. Apakah dan seperti apa pesawat Super Tucano ini? Pesawat buatan pabrikan Empresa Braziliera de Aeronautica (EMBRAER) EMB 314 asal Brazil merupakan masuk kategori tempur latih bermesin single turbo prop Pratt & Whitney Canada PT-6 yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 1.600 SHP.Pesawat ini menggantikan OV-10 Bronco buatan Amerika Serikat.

ganton-okbUIZN.jpg

Penulis (Ganton) dan tumpukkan tabung elpijinya. (foto dan ilustrasi: gedhebug/CoWasJP.com)

Kelengkapan amunisi yang dibawa pesawat lincah buatan Brazil ini antara lain bisa mengangkut rudal, bom hingga 1,5 ton dan kemampuan Forward Looking Infra Red (FLIR) dengan maximum take of Weight (MTOW) hingga 5,4 ton. Kepatan jelajah 520 km/jam atau setara 281 knots. Dan sanggup terbang terus menerus hingga 8 jam 40 menit, termasuk tangki cadangan.

Pesawat ini memiliki keunggulan mampu meyerang musuh dan target di darat . Super Tucano EMB-314 A-29 dikirim bertahap terbang  secara ferry dari Negara pembuatnya ke Lanud Abdurahman Saleh,BUGIS, Malang.

Indonesia sendiri saat ini memiliki satu skuadron terdiri hingga 16 unit pesawat ini yang ditempatkan di Malang menggantikan pesawat lama OV-10 Bronco. (aps)

cowas-evakuasim49B.jpg
Penulis: Ganton/CoWasJP.com

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda