Gelar Potensi Daerah Satu Abad Kabupaten Sleman

Bank Sampah Lakukan Sosialisasi dan Gelar Pameran Produk

SOSIALISASI: Stan Bank Sampah Griya Sapu Lidi di Pameran Potensi Daerah (PPD) Kabupaten Sleman.

COWASJP.COM – SLEMAN – Sejumlah Bank Sampah unjuk karya di Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Kabupaten Sleman yang digelar Rabu 20-29 Mei 2016 di Lapangan Denggung dan Lingkungan Gedung Serbaguna. Selain menampilkan karya kreasi hasil daur ulang sampah, juga ditampilkan kinerja pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah.

BACA JUGA: Bank Sampah DIY Terus Bergerak

Bank Sampah Handayani yang menggelar display di stan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sleman menampilkan “katalog sampah.” Ini adalah daftar barang yang diterima dalam sistem bank sampah. Bupati Sleman Sri Purnomo sempat mampir di stan ini saat membuka acara pameran yang berkaitan dengan peringatan satu abad Pemkab Sleman ini.

Bupati Sleman Sri Purnomo saat mampir di stan Bank Sampah Handayani usai membuka Pameran Potensi Daerah Sleman, Sabtu malam.

Bank Sampah Griya Sapu Lidi menampilkan hasil karya daur ulang dari unsur plastik, kertas, dan kain perca. Ada lukisan kaligrafi, anyaman dari koran, tas belanja sebagai wujud diet kantong plastik, dan aneka aksesoris seperti bros, gantungan kunci dan magnet kulkas. Griya Sapu Lidi hadir di stan bersama pembuat keris Ki Empu Sungkowo Harum Brodjo , perajin bamboo Tunggak Semi dan GreenCraft serta makanan olahan jagung dan onde-onde.

Stan ini berada di depan stan milik SMPN 4 Pakem. Berderet dengan stan potensi daerah lain seperti stan Sumberarum, Moyudan dan Depok. Di deretan ini potensi daerah lokal yang menarik adalah tas rajut, tas gunung, tenun lurik, anyaman bambu dan sebagainya.

Pameran potensi daerah ( PPD ) yang digelar setahun sekali ini menjadi ajang untuk mendorong usaha ekonomi kreatif masyarakat. Menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sleman Pustopo selama pameran potensi daerah Kabupaten Sleman 2016 ini tersedia 261 stan. Selain stan instansi pemerintahan, ada stan aneka kerajinan, stan pertanian dan stan pendidikan.

Pustopo menambahkan, selama pameran juga ada stan panggung kesenian dan budaya yang setiap hari menampilkan pentas aneka seni tradisional dari Sleman. (erwan w)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda