KJRI Jeddah Terima Penghargaan Primaduta Award Pada Ajang TEI 2017

Suasana pemberian penghargaan dilakukan pada acara pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2017. (Foto: istimewa)

COWASJP.COMMENGULANGI prestasi yang pernah diraih pada tahun 2016, Konsul Jenderal RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin, menerima secara simbolis Piala Primaduta Award 2017. Penghargaan untuk kategori Pasar Non Tradisional ini diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo disaksikan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. 

Pemberian penghargaan dilakukan pada acara pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 yang diselenggarakan di Indonesia Convention & Exhibition Center, Serpong, Banten.

Penghargaan Primaduta diberikan kepada 33 buyer yang konsisten mempromosikan produk ekspor Indonesia dari seluruh dunia yang terbagi berdasarkan pasar negara tujuan ekspor. Yaitu  Pasar Ekspor Utama dan Pasar Ekspor Non Tradisional. Dua perusahaan yang berdasarkan penilaian juri adalah buyer dengan loyalitas yang tinggi dan angka pembelian terbesar antara lain adalah Abdul Latif Jameel Co. Dan Said Bawazir Trading Corp. (SBTC) yang berkedudukan di Jeddah. 

EXPO32LNBn.jpg

Mendag mengungkapkan, pada tahun ini TEI telah mempu mendatangkan buyer (pembeli) potensial dari berbagai negara mitra dagang penting, khususnya yang menjadi pasar non tradisional yaitu Saudi Arabia, Nigeria, India, Pakistan, dan Bangladesh.

"Demi efisiensi pengeluaran anggaran negara, mulai tahun ini penyelenggaraan TEI tidak lagi menggunakan APBN. Tapi dibiayai seluruhnya oleh swasta," ungkap Menteri Perdagangan Darmin Nasution di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

EXPO6dEDx.jpg

Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 digelar dengan tujuan untuk meningkatkan nilai ekspor dan membuka pasar-pasar ekspor baru.TEI 2017 menampilkan lebih dari 300 jenis produk dan jasa Indonesia yang  terbagi dalam 7 zona produk potensial dan unggulan nasional yaitu Furniture and Furnishing, Fashion, Craft and Creative Products, Premium Products, Strategic Industries, Manufacturing Products and Services, Food and Beverages, dan Province Premium Products.

Pada gelaran TEI tahun ini Menteri Perdagangan menargetkan total transaksi dalam pameran  mencapai USD 1,1 miliar  atau setara Rp 14,69 triliun. 

EXPO1JuwLy.jpg

KJRI Jeddah juga meraih prestasi lain sebagai Perwakilan RI  yang menghadirkan jumlah pengusaha buyer potensial yang cukup besar yaitu 108 orang dari berbagai sektor usaha.

"Kita harus tetap mempertahankan kinerja dan terus meningkatkan kreativitas mencari peluang guna memperluas pasar bagi produk ekspor Indonesia di Arab Saudi," ujar Mohamad Hery Saripudin, Konsul Jenderal RI Jeddah. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda