Ingin Sambel Bledheq Silahkan ke Blitar.

Nasi pecel dengan sambel bledheg-nya Blitar kian ramai diserbu penggila kuliner. (Foto: Kusnin/cowasjp.com)

COWASJP.COMNASI Pecel merupakan makanan khas daerah Blitar, Kediri, Madiun, dan Ponorogo. Tapi nasi pecel Blitar memiliki rasa khas tersendiri. Nasi Pecel Blitar memiliki karakteristik tingkat kepedasan yang cukup tinggi dan tekstur bumbu kacang yang masih sedikit kasar. Mbok Bari adalah salah satu penjual nasi pecel sejak tahun 1964 yang dikenal dengan Nasi Pecel BLEDHEG-nya di Blitar, karena rasa sambelnya terkenal sangat pedas sekali. 

Dari segi isian, nasi pecel disini hampir sama dengan nasi pecel lain karena menggunakan daun pepaya, singkong, tauge, daun kenikir, dan kol yang telah direbus serta ditemani dengan rempeyek kacang dan rempeyek udang.

Sedangkan bumbu kacangnya terbuat dari kacang tanah Tuban yang disangrai dan diulek bersama dengan bawang merah, kencur, cabe rawir merah, cabe merah, asem jawa, gula jawa, dan terasi goreng. Campuran antara isian dan sambal kacangnya terasa sangat nikmat dan menggoda di lidah. 

Warung Nasi Pecel mbok Bari buka mulai pukul 05.30 pagi, tapi tak jarang pengunjung harus antre mengingat penduduk lokal tidak bisa lepas dari sarapan nasi pecel. Sekarang ini warung Nasi Pecel mbok Bari sudah bisa ditemukan di beberapa lokasi di Blitar. Sebagai oleh-oleh, disini Anda bisa memesan sambal pecel keringnya saja.

Jadi kalau pas ke Bumi Bung Karno Blitar, tidak makan nasi pecel khas Blitar, rasanya kurang afdol.

Karena pecel Blitar adalah yang paling ciamik dan mirasa dari yang lain. Bakul atau warung nasi pecel begitu buuaanyaaknya di Blitar. Restoran besar-pun juga menyediakan nasi pecel. Namun tidak seenak Nasi Pecel Mbok Bari yang berpusat di Jl. Ir. Sukarno, tepatnya utara makam Proklamator Bung Karno di Blitar.

Pacel Mbok Bari sudah buka cabang dimana-mana.

Untuk kota Blitar saja, Pecel mBok Bari 1 : utara makam Bung Karno.

Pecel mBok Bari 2 : Belakang BRI Jl. RA. Kartini Blitar

Pecel mBok Bari 3 : Jl. Sudanco Supriyadi.

Pecel mBok Bari 4 : Jl. A. Yani.

Oh, ya ada lagi satu warung pecel yang istimewa, dikenal dengan Pecel BLEDHEG ! Ini karena sambelnya terkenal pedas banget. Bagi yang suka pedas, Pecel Bledheg ini bisa menjadi pilihan.

Terletak disebelah barat area parkir PIPP, atau sebelah restoran and butiq Fresh. Dan masih banyak lagi pilihan warung pecel lainnya yang ada diwilayah Bumi Bung Karno. Jadi kalau anda ke Blitar, sempatin juga untuk sarapan di Nasi Pecel khas Blitar, dari pada ngiler.

Kalo pingin sambel pecelnya saja juga ada. Yang terkenal yatiu Sambel Pecel Karangsari. Kualitas Eksport. Menyediakan 3 rasa : tidak pedas, sedang, dan pedas.Sambel Pecel Karangsari bisa dibeli dipusatnya, yaitu di Jl. Cepaka Karangsari, atau di supermarket terdekat.  

(imam kusnin ahmad)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda