Ayo Kuliner dan Belanja di Jogja, Ada Wonderfood hingga Refoodlution

Salah satu mall yang ikut menggelar Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 27 September - 27 Oktober 2017.

COWASJP.COMTANGGAL 27 September–27 Oktober 2017 Anda sedang di Jogjakarta? Ada rencana hunting kuliner tradisional khas Jogjakarta? Atau mau cari busana baru? Kalau jawabannya iya, baiknya Anda catat event yang satu ini. Ada Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF)2017 yang siap memanjakan Anda dengan kuliner khas Jogjakarta dan agenda belanja selama sebulan penuh.

WICSF ini digelar serentak di 12 provinsi di Indonesia. Jakarta, Banten, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Makassar, Pekanbaru dan Balikpapan, dipastikan siap menggelar even serentak yang ikut di-create Kementerian Pariwisata itu.

Yang sedang di Jogjakarta, silakan langkahkan kaki ke 8 mall besar di Kota Gudeg. Di bawah koordinasi Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) DPD DIY, 8 mall besar dipastikan siap menyambut setiap tamu yang datang dengan beragam agenda keren. Salah satunya, pameran kuliner nusantara yang akan dimulai 27 September – 27 Oktober 2017 dengan mengangkat tema “Wonderful Taste Of Indonesia”.

"Secara estafet, masing-masing mal akan menyajikan festival kuliner dengan tema yang berbeda tetapi tetap menyinergikan tema besar yang diusung APPBI," kata perwakilan APPBI dari Jogja City Mall, Claudia VP, Selasa (19/9).

Delapan Mall yang ikut dalam WICSF adalah Jogja City mall (JCM) : 27 September – 1 Oktober 2017, Malioboro Mall : 29 September – 1 Oktober 2017, Galeria jogja: 4 Oktober – 10 Oktober 2017, Lippoplaza jogja : 11 Oktober – 15 Oktober 2017, jogjatronik: 18 Oktober – 22 Oktober 2017, Plaza Ambarrukmo : 20 Oktober – 22 Oktober 2017, sahid jwalk: 23 Oktober – 24 Oktober 2017 dan Hartono mall jogja: 24 Oktober – 29 Oktober 2017.

"Berturut-turut Event ini akan dimulai di Jogja City Mall dengan mengangkat tema Wonderfood Indonesia. Dilanjutkan Malioboro Mall dengan tema Colorfood Festival, dan Galeria Mall dengan tema Gale Nismara Festivity,” tambahnya.

Kemudian acara akan berlanjut di Lippo Plaza dengan mengangkat tema Jogja Refoodlution, Jogjatronik bertema Jete Makjoss, Ambarrukmo Plaza dengan Taste of Harmony, Sahid J-Walk dengan Taste of Coffee Nusantara, dan ditutup di Hartono Mall dengan tema D’Taste of Indonesia. Setiap masakan khas akan disajikan sesuai tema yang diangkat.

“Seperti JCM, akan menghadirkan beragam pilihan sate dan Ambarrukmo Plaza dengan menu khas nusantara. Event tahunan ini sekaligus ingin mendukung pemerintah dalam memajukan pariwisata di DIY, terutama dalam mendatangkan wisatawan saat low season seperti September sampai Oktober ini,” katanya.

Selain memanjakan para konsumen, even ini menjadi ajang bagi delapan mal untuk saling berkolaborasi. Menurut Claudia, dalam lingkup DIY yang kecil dan memiliki mal dalam jumlah yang terbilang cukup besar, menjadi kesempatan bagi mal untuk sering melakukan kerjasama karena tidak terpengaruh jarak. "Kurang lebih ada 150 mall yang ada di 18 kota lain di tanah air yang menyelenggarakan kegiatan serupa," lanjutnya.

yogyakarta4VuRT.jpg

Kementerian Pariwisata juga ikutan action. Support penuh dipastikan bakal diberikan untuk memback up event kreatif tadi. Kreativitas "Ini sudah pas karena memang ada karakter wisman dan wisnus yang setiap berwisata itu mensyaratkan harus ada kuliner dan belanja," papar Menpar Arief Yahya.

Ia percaya acara seperti ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Mulai hotel, mal, restoran, hingga pedagang kaki lima akan mendapatkan keuntungan. "Ekonomi pasti bergerak kencang. Saat low season, semua didorong untuk hunting kuliner dan belanja. Ini akan menjadi daya tarik Jogjakarta dan kota-kota lainnya sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner,” ucapnya.

Menteri Arief juga membeberkan soal triple T dalam bisnis yang memiliki pola yang sama, yakni Telecomunication, Transportation dan Tourism. Sama-sama memiliki peak-low seasons, sama-sama musiman dan karenanya ada excess capacity. Karena itu pilihan menggelar Culinary and Shopping Festival di saat low season dinilai sebagai pilihan yang cerdas.

"Kasih diskon yang besar saat low season agar orang datang. Harganya menjadi sangat terjangkau dan bisnisnya hidup. Keterjangkauan inilah yang mendorong semua level bisnis bergerak dan tourism menjadi lebih hidup. Produk dan national brand saling support dengan spirit Indonesia Incorporated. Inilah rumus yang tempat untuk kita go global," pungkasnya. (*)

Delapan Mall yang ikut dalam WICSF 

Jogja City Mall (JCM) : 27 September – 1 Oktober 2017

Malioboro Mall : 29 September – 1 Oktober 2017

Galeria Jogja: 4 Oktober – 10 Oktober 2017

Lippoplaza Jogja : 11 Oktober – 15 Oktober 2017, 

Jogjatronik: 18 Oktober – 22 Oktober 2017, 

Plaza Ambarrukmo : 20 Oktober – 22 Oktober 2017, 

Sahid J-walk: 23 Oktober – 24 Oktober 2017 

Hartono Mall jogja: 24 Oktober – 29 Oktober 2017.

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda