CNN Susun Daftar Kuliner Jempolan Khas Indonesia, Inilah Rinciannya

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto: TIMES Indonesia)

COWASJP.COMMENTERI Pariwisata Arief Yahya terus mencari jalan untuk menduniakan kuliner khas Indonesia. Dia meyakini, diplomasi lewat rasa, itu dahsyat. Dan itu sudah dilakukan oleh Thailand dengan Tom Yam, Vietnam melalui Mie, Jepang mengandalkan Sushi, Korea Selatan mengenalkan Kimchi, Turki kebab, dan lainnya. 

Apa makanan khas Indonesia? "Lima ikon kuliner kita, Soto, Sate, Nasi Goreng, Rendang dan Gado-Gado," kata Arief Yahya. Tapi ada yang terbaru yang dirilis media CNN, soal makanan khas Nusantara yang kini mulai go global. Apa itu?

Laman CNN membuat daftar makanan khas Indonesia yang sudah populer dan sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tentu ini didasarkan pada hasil jajak pendapat melalui media online. 

Beberapa waktu lalu CNN menurunkan artikel berjudul ’40 Indonesian foods we can't live without’ di rubrik travel. (http://edition.cnn.com/travel/article/40-indonesian-foods/index.html). Dari daftar itu, 39 di antaranya merupakan makanan khas tradisional.

Sambal berada di puncak daftar.  Sedangkan di posisi paling bawah adalah mi instan buatan Indonesia yang cita rasa ataupun mereknya sudah mendunia.

Berikut ini daftar makanan khas Indonesia versi CNN yang sudah menyatu dengan hidangan sehari-hari;

1. Sambal

sambelF1ET8.jpg

Bahannya adalah cabai dan bumbu. Sambal bukanlah makanan utama. Meski demikian, sambal selalu melengkapi hidangan di meja makan.

2. Sate
Makanan dari daging yang ditusuk dan dibakar ini sudah sangat populer. Hampir setiap daerah di Indonesia punay sate yang khas. Negara lain bisa saja punya makanan sejenis sate. Tapi tak ada yang khas seperti sate Indonesia yang biasanay disajikan dengan lontong atau ketupat.

3. Bakso

baksoGmbU1.jpg

Sangat mudah menemukan bakso di setiap daerah di Indonesia. Bahkan, banyak pedagang bakso kaki lima yang mampu menyajikan cita rasa lezat. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama merupakan tokoh dunia yang terpikat kelezatan bakso.

4. Soto
Indonesia memiliki banyak jenis masakan berkuah ini. Bahkan, hampir setiap daerah punya soto khas. Sebut saja soto padang, soto betawi, soto kudus, soto bandung, hingga soto banjar.

5. Nasi Goreng

nasi-dorengistimewarOC7d.jpg

Berbahan beras yang merupakan makanan pokok warga Indonesia, nasi goreng sudah sangat populer. Beras khas Asia yang dipadu dengan bumbu dan kecap membuat kelezatan nasi goreng kondang di mancanegara.

6. Gado-gado
Makanan khas Jakarta ini merupakan campuran sayuran. Saus kacang menjadi kunci cita rasa gado-gado. Pelengkapnya adalah kerupuk.

7. Nasi uduk

nasi-uduk5eSj0.jpg Betawi tak hanya punya gado-gado. Ada pula nasi uduk yang dikenal gurih. Biasanya dilengkapi lauk seperti ayam goreng atau telur. Pelengkapnya biasanya emping melinjo.

 

8. Nasi padang
Popularitas nasi padang tak perlu diragukan lagi. Bahkan warga Singapura pun seolah tak bisa terlepas dari kelezatan makanan yang merujuk nama ibu kota Provinsi Sumatera Barat itu.

9. Ayam goreng
Boleh saja Amerika Serikat menyebar ayam goreng renyahnya ke penjuru dunia. Tapi Indonesia punya beragam jenis ayam goreng. CNN bahkan menyebut kunci kelezatan ayam goreng di Indonesia adalah  ayam kampung yang diumbar sehingga mengalahkan ayam buatan KFC.

10. Bakmi goreng
Mi merupakan penganan yang sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan Indonesia memiliki beragam masakan berbahan mi. Dan mi goreng adalah salah satu yang sangat kondang. Kwetiau dan bihun adalah salah satu jenis makanan yang sudah menyatu dengan lidah rakyat Indonesia. Biasanya dilengkapi telur dan daging.

11. Gudeg
12. Rawon
13. Pecel lele
14. Opor ayam
15. Mi ayam
16. Babi guling
17. Gulai
18. Bubur ayam
19. Bakpao
20. Asinan sayur
21. Cah kangkung
22. Pepes ikan
23. Pempek
24. Perkedel
25. Martabak
26. Sayur asem
27. Sop buntut
28. Ketoprak
29. Balado terong
30. Lontong sayur
31. Rendang
32. Tahu gejrot
33. Sop kambing
34. Siomay
35. Ikan bakar
36. Daun pepaya
37. Otak-otak
38. Bebek goreng
39. Gorengan
40. Indomie

Sebelumnya, CNN juga membuat jajak pendapat terhadap para pembacanya. Hasilnya, pembaca CNN menobatkan rendang sebagai makanan terlezat di dunia.

Tapi, Indonesia tidak hanya punya rendang. Menurut CNN, kini saatnya menyelami kekayaan Indonesia  yang luas melalui kuliner. (*/wan)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda