Buktikan sebagai Surga Kopi, HIPMI Gelar Festival Kopi Temanggung #3

COWASJP.COMPARA pecinta kopi jangan lewatkan yang satu ini. Ayo berakhir pekan di kota dingin, Temanggung. Ya weekend ini, 20-22 Oktober 2017 ada event keren bagi pecinta kopi. Namanya Festival Kopi Temanggung #3. Betul, ini event yang sudah memasuki tahun ketiga. 

Event tahunan ini digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Permintaan publik terhadap bursa kopi berskala besar di Temanggung menjadi alasan utama festival kopi ini digelar lagi. Festival kopi ketiga ini dijadwalkan digelar lagi di Gedung Pemuda Temanggung. Setiap harinya, festival berlangsung pukul 09.00-21.00 WIB.

Festival akan diisi dengan berbagai kagiatan yang berhubungan dengan kopi. Selain bursa segala jenis kopi: Robusta, Arabica dan Exelsa, juga ada klinik kopi, sarasehan dan anjangsana kopi, demo barista lokal dan nasional, lomba latte art, lomba barista dan sebagainya.

Stan-stan kopi lokal Temanggung juga mengisi festival ini. Ada kopi Kwadungan, kopi Kalipaing, kopi Ngadirejo, kopi Gemawang, kopi Posong, kopi Kemloko dan lain-lain. Ada pula berbagai produk UMKM unggulan dan produk kreatif asli Temanggung.

kopi-1o9TSu.jpg

Menurut Ketua Hipmi Kabupaten Temanggung, Mukhtar Hadi Purwanto pihaknya mendapat banyak permintaan untuk membuka bursa kopi dalam skala besar, baik bahan mentah maupun olahan. "Permintaan ini melonjak setelah kopi Temanggung muncul dalam film Filosofi Kopi. Permintaan dari luar Temanggung sangat tinggi,” ungkapnya.

Selain membuka bursa jual beli kopi, Hipmi juga menggelar berbagai pelatihan bagi para pecinta dan pelaku kopi. Pelatihan yang diberikan, antara lain teknik mengolah kopi, meracik kopi, topping hingga sharing usaha kopi.

“Kami menghadirkan banyak tokoh yang kompeten di bidangnya untuk mengisi pelatihan tersebut. Kami juga mengundang pejabat terkait untuk meningkatkan akses bidang kebijakan,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Woro Andijani mendukung penuh Festival Kopi Temanggung ini. Festival semacam ini akan semakin meneguhkan posisi Temanggung sebagai sorganya kopi. 

Sebagai kalender event tahunan, festival ini juga akan membuat Temanggung semakin dilirik dan masuk dalam peta kopi Indonesia. "Untuk yang ingin membuktikan mantapnya kopi Temanggung, kami tunggu kehadirannya," ujar Woro berpromosi. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda