Enam Menteri Baru

Gus Yaqut Jadi Menag, Bu Risma Jadi Mensos

Presiden Jokowi tunjuk enam menteri baru. (FOTO: republika.co.id)

COWASJP.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama (Menag). Menggantikan Fachrul Razi. 

Gus Yaqut hadir di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12) sore, saat Jokowi mengumumkan enam menteri baru dalam pemerintahannya.

"Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah pemimpin Muslim, Ketua GP Ansor dan kita akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," ujar  Presiden Jokowi.

Gus Yaqut sebagaimana lima tokoh lain yang ditunjuk sebagai menteri mengenakan kemeja putih dan jaket biru saat pengumuman pengenalan menteri baru tersebut. 

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, keduanya juga mengenakan kemeja putih.

Gus Yaqut selama ini dikenal sebagai pemimpin muda muslim lahir di Rembang, 4 Januari 1975, putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia adalah adik kandung dari KH  Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

YAQULD.jpgKetua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Agama. (FOTO: mufid.web.id)

Gus Yaqut selama ini juga banyak dikenal sebagai tokoh muda Rembang. Ia lulus dari SDN Kutoharjo (1981—1987), Gus Yaqut lantas melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987-1990), lalu meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990-1993) dan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia Jurusan Sosiologi. Juga pernah menjabat Wakil Bupati Rembang.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menyebut, Gus Yaqut merupakan paket lengkap jika diangkat Presiden Joko Widodo sebagai menteri agama (Menag).

"Kalau ada menteri agama yang baru itu pasti datang dari warna hijau, yang namanya NU," kata Qodari dalam diskusi daring, Selasa 22/12/2020.

Qodari menambahkan, justru menjadi pertanyaan besar apabila posisi menteri tidak diisi oleh orang dari kalangan NU. Apalagi, NU merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia. Selain itu, Gus Yaqut berasal dari keturunan elite NU.

"Karena dia dari NU, darah biru, kemudian pamannya kiai sangat terkenal, kakaknya Gus Yahya juga luar biasa," tambahnya.

ENAM MENTERI BARU

Dari enam menteri yang ditunjuk Jokowi, tiga orang berasal dari partai dan tiga orang lainnya berasal dari kalangan profesional.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya. Beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ucap Jokowi saat mengumumkan nama-nama menterinya.

RISMA1.jpgBu Risma (Tri Rismaharini) ditunjuk Presiden Jokowi jadi Menteri Sosial. (FOTO: hipwee.com)

Adapun Risma merupakan kader PDI-P. Risma ditunjuk Jokowi menjabat Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.

Juliari tersangkut kasus korupsi pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Diberitakan kompas.com Selasa petang 22/12/2020, selain Risma, menteri yang berasal dari partai ialah Menteri Agama yang dijabat oleh Yaqut Cholil Qoumas.

6 MENTERI BARU
1/ Menteri Sosial Tri Rismaharini.
2/ Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
3/ Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 
4/ Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.
5/ Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. 
6/ Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. 

Selanjutnya, Sandiaga Uno yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Pariwsisata dan Ekonomi Kreatif juga merupakan kader Partai Gerindra. Sandiaga menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sementara itu tiga menteri lainnya yang berasal dari kalangan profesional ialah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Budi Gunadi ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Sedangkan Muhammad Luthfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto yang juga kader PKB.

Adapun Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang merupakan kader Partai Gerindra.

Edhy kini berstatus tersangka dalam kasus korupsi pengadaan izin ekspor benih lobster. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda