PBNU dan LazisNU & Bank Mandiri Gelar Mudik Lebaran Gratis

PBNU dan Care LazisNU bersama Bank Mandiri menggelar program mudik gratis 2022.(FOTO: parapuan.co)

COWASJP.COM – Jakarta. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Program Mudik Sehat 2022.

Program ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis dengan kuota terbatas hanya untuk 500 orang pemudik. 

Pendaftaran telah dibuka sejak 12-15 April 2022 pada jam kerja, di ruang Lembaga Takmir Masjid (LTM) Kantor PBNU lantai 4, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat.

Keberangkatan dari Masjid Istiqlal Jakarta, pada Senin 25 April pukul 14.00 WIB. 

Ketua Panitia Mudik Sehat 2022 H. Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, program mudik tahun ini merupakan yang pertama sejak pandemi Covid-19 berlangsung. 

Tujuan program mudik gratis ini untuk membantu warga yang ingin melepas rasa rindu kepada keluarga di kampung halaman. 

“Ini juga sebagai apresiasi kinerja pemerintah yang sudah bisa menekan angka Covid-19. Hingga kita bisa mudik lagi,” ungkap Saiful.

Beberapa syarat untuk bisa mengikuti Program Mudik Sehat 2022 ini adalah membawa fotocopy KTP dan kartu keluarga, menyertakan sertifikat vaksin booster (dosis ketiga), dan harus dipastikan bahwa pendaftar/peserta memiliki hubungan keluarga yang dibuktikan oleh kartu keluarga.

Saiful menjelaskan bahwa kuota pemudik yang mendaftar sudah mencapai 500 orang. Berarti kuota telah terpenuhi. Namun masih ada kemungkinan untuk menambah kuota pemudik. Sebab antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mudik bersama PBNU dan Kemenag. 

mudik1.jpgFOTO: okezone.com

“Nanti kita koordinasikan lagi. Kalau memang perlu, kita tambahkan. Tapi itu situasional. Karena melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, menurut saya, memang perlu ada penambahan itu,” ucap Saiful yang juga anggota LTM PBNU ini.

Para pemudik akan mendapatkan berbagai fasilitas dari panitia. Di antaranya snack, kaos, bus eksekutif, asuransi jiwa, dan obat-obatan. Panitia telah menyiapkan sepuluh bus untuk sembilan rute perjalanan.

RUTE MUDIK YANG TERSEDIA:

1. Jakarta – Tuban – Lamongan – Gresik

2. Jakarta – Kediri – Jombang – Surabaya

3. Jakarta – Pasuruan – Probolinggo 

4. Jakarta – Ngawi – Madiun 

5. Jakarta – Solo

6. Jakarta – Wonogiri – Sukoharjo

7. Jakarta – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang

8. Jakarta – Batang – Pekalongan – Semarang

9. Jakarta – Purwokerto – Kebumen – Yogyakarta..

PROGRAM MUDIK LAZISNU & BANK MANDIRI

Ada program mudik gratis yang lain yang digalang oleh Care-LAZISNU PBNU bersama Bank Mandiri. Kuotanya lebih besar, yaitu 750 pemudik gratis. 

Peserta mudik gratis ini akan mendapatkan satu paket bingkisan sembako dari panitia. 

Panitia telah menetapkan kriteria penerima manfaat bagi calon pemudik.

Pertama, calon pemudik adalah warga yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

Kedua, calon peserta mudik juga harus sudah menerima vaksin booster. Dibuktikan dengan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi PeduliLindungi. 

Ketiga, calon peserta mudik yang belum menerima vaksin booster wajib menyerahkan bukti hasil tes negatif Covid-19.

Bagi calon peserta mudik yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, harus menyertakan bukti hasil negatif Covid-19 dari tes swab PCR. 
Bagi calon peserta mudik yang sudah mendapatkan dosis vaksin kedua, wajib menyerahkan bukti negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen. 

Sekretaris NU CARE-LAZISNU Moesafa mengatakan, mudik yang diselenggarakan bersama Bank Mandiri ini adalah bagian dari dua kerangka besar mudik PBNU. 

"Pertama, keberangkatan pada 25 April 2022 atas kerja sama LTM (Lembaga Takmir Masjid) PBNU bersama Kementerian Agama (Kemenag). Kedua, yang diadakan LAZISNU bersama Bank Mandiri ini, keberangkatan tanggal 27 April 2022," kata Moesafa kepada NU Online, Senin (18/4/2022) sore. 

Ia menjelaskan, animo masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti mudik bersama PBNU ini. Saat ini, sudah ada 450 orang yang mendaftar dari total kursi 750 pemudik. 

Panitia menyiapkan 15 bus beserta fasilitas obat-obatan di dalamnya. 

"Kita sudah pastikan akan ada pemberian paket sembako untuk para pemudik. Terkait fasilitas kesehatan, kita masih menunggu penambahan fasilitas dari pihak armada," kata Moesafa. 

Ia memastikan bahwa mudik gratis ini merupakan wujud kepedulian PBNU untuk meringankan beban para perantau yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. 

"Semoga bermanfaat dan selamat melakukan perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan dan bisa kembali lagi beraktivitas seperti sedia kala," harapnya.

Syarat calon pemudik

Para peserta atau calon pemudik wajib mengisi tautan bit.ly/mudikgratispbnu2022. 

Setelah itu, peserta mengisi surat pernyataan yang telah disediakan oleh panitia. Lalu peserta hadir sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah disediakan. 

Pendaftaran paling lambat dilakukan pada 25 April 2022. 

Pemberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan di dua lokasi pada hari dan jam yang sama. Yaitu pada Rabu 27 April 2022 pukul 14.00 WIB. Kedua lokasi itu adalah di IRTI Monas dan di depan Kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. 

Info lebih lanjut bisa menghubungi narahubung pada nomor 0813-9800-9800 (LAZISNU PBNU) dan 0896-2734-9190 (Fahrur Rozi). 

9 RUTE MUDIK YANG DISEDIAKAN PANITIA

1.Jakarta – Lampung – Palembang

2. Jakarta – Tegal – Purwokerto – Yogyakarta – Solo – Surabaya – Malang 

3. Jakarta – Tegal – Pekalongan – Semarang – Surabaya – Malang 

4. Jakarta – Ngawi – Ponorogo – Madiun – Kediri

5. Jakarta – Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi 

6. Jakarta – Bojonegoro – Lamongan – Gresik 

7. Jakarta – Semarang – Surakarta – Madura

8. Jakarta – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang 

9. Jakarta – Purbalingga – Banjarnegara – Kebumen.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda