Promosi Pantai dan Seleksi Atlet Lewat Lomba Lari Baron 10K

COWASJP.COM – ockquote>

KABUPATEN Gunungkidul terus berupaya meneguhkan diri sebagai daerah dengan deretan pantai eksotis. Berbagai event digelar dengan mengangkat nama pantai di kawasan ini. Salah satunya event sport tourism berupa omba lari sepuluh kilometer "Baron 10K."

Baron 10K akan dilaksanakan pada hari Minggu, 01 Oktober 2017, pada pukul 05.30 – 12.00 WIB dengan mengambil lokasi start dan finish di Kawasan Obyek Wisata Pantai Baron, Gunungkidul. Lokasi finis adalah Plaza Baron, yakni panggung terbuka di utara pasiran pantai. Berbagai hiburan tampil di panggung ini. 

Pantai Baron adalah pintu gerbang untuk masuk ke deretan puluhan pantai di bibir Samudera Indonesia yang ada di Gunungkidul. Baron 10K digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dan bekerja sama dengan Harian Jogja, kelompok media dari Grup Bisnis Indonesia.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini ajang Baron 10K memiliki dua target. "Pertama untuk mencari atlet pemula di bidang atletik dan kedua untuk promosi pariwisata pantai di daerah Gunungkidul," kata Yuni.

baron-10K1sfML5.jpg

Atlet yang memiliki talenta dari hasil lomba ini selanjutnya dapat direkrut dan dilakukan pembinaan secara khusus guna ditempa menjadi atlet berprestasi. 

Tahun ini, Baron 10K merupakan pelaksanaan ke-5. Event ini sukses digelar setiap tahunnya sejak 2013. Lebih dari tiga ribuan peserta mengikuti lomba dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional dengan nilai hadiah total sejumlah puluhan juta rupiah.

Lomba lari Baron 10K telah ditetapkan sebagai kalender tahunan sport tourism untuk memperingati Hari Olahraga Nasional. "Tahun ini pun diselenggarakan kembali dengan target peserta  3.000 orang, mulai dari pelari seluruh Indonesia, atlet nasional, regional, daerah maupun warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul sendiri," tambah Purnomo Sumardamto, kepala seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Mekanisme pendaftaran Lomba Lari Baron 10K adalah peserta mendaftar langsung ke Disdikpora Gunungkidul  atau Harian Jogja Jalan AM Sangaji (Tugu Jogja ke Utara). Biaya pendaftaran gratis alias tidak berbayar.

baron10k2LaJI9.jpg

Informasi lengkap bisa ditanyakan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul di Jl. KH Agus Salim No 6 Wonosari Gunungkidul 55813, Telp./fax 0274 – 391031 atau lewat email; [email protected]

Menpar Arief Yahya mengapresiasi Pemkab Gunung Kidul yang gencar mempromosikan pantai-pantai cantik di selatan provinsi Jogjakarta itu. "Itu bagus! Pantai-pantai pasir putihnya banyak dikenal wisatawan nusantara, bahkan beberapa sudah mendunia," kata Arief Yahya. 

Dia berharap penataan dilakukan lebih bagus, agar wisatawan mancanegara semakin banyak yang datang. Karena mereka membutuhkan space yang cukup, kenyamanan, standart service yang kelas dunia. "Kalau mereka bisa menikmati pantai-pantai itu, akan lebih besar manfaat ekonomis yang didapat dari masyarakat," kata dia. 

baron-10K38Fy1.jpg

Standar service kelas dunia itu apa maksudnya? "Silakan buka 14 pilar TTCI Travel and Tourism Competitiveness Index, yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF). Mereka setiap dua tahun mengeluarkan report, dan di situlah kita bisa baca, di mana kelemahan kita, dan bagaimana agar daya saing wisata kita lebih unggul," ungkap Arief Yahya.

Menteri yang memperoleh penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu yakin, kalau mau menjadi global player, harus siap menggunakan global standart. "Maka benchmark lah dengan destinasi yang sama di negara yang sudah maju pariwisatanya," kata Arief Yahya. 

Mungkin karena itulah, Menpar Arief selalu fresh dengan gagasan-gagasan baru, yang tidak banyak dipikirkan orang selama ini. Mungkin inovasi ini pula, yang membuat Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsyah Suryadi DEA menyematkan penghargaan tertinggi dari kampusnya saat acara “Peringatan 97 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia” di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha Bandung, Kamis pagi (24/8).(*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda