Warga Kendeng Buat Tiga Spot Wisata Baru

NGABUBUTRIP: Keindahan alam kawasan Pegunungan Kendeng wilayah Pati Selatan bisa dinikmati dari atas Bukit Pandang yang semilir. (Foto: Istimewa)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Erwan Widyarto

------------------------------------

BANYAKNYA orang yang mencari tempat nyantai untuk menunggu waktu berbuka,  direspons sangat baik oleh warga Kayen, Kabupaten Pati. Warga setempat bahu-membahu membuat tiga spot wisata kawasan Kendeng  yang semuanya mengambil lansdcape alam pegunungan. 

Informasi dari jaringan cowasjp.com menyebutkan ketiga spot itu adalah pertama spot alam di Desa Duren Sawit Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Yang kedua adalah spot Air Terjun Plorotan  Semar di Desa Sumbersari dan ketiga adalah Danau Trepus di Desa Beketel. Air Terjun Plorotan ini juga lagi hits. Yang pengin bergulat dengan air bisa ambyur sambil plorotan. 

Bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu ngabuburit disarankan untuk mendatangi spot ketiga terlebih dulu. Yakni Danau Trepus yang letaknya paling jauh dibanding kedua tempat wisata lainnya. Meski belum memiliki fasilitas yang lengkap, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan asri khas Pegunungan Kendeng. 

PATICkwXI.jpg

Di spot ini pengelola sudah menambahkan gardu pandang di puncak bukit. Bisa swafoto atau sekadar melihat-lihat keindahan alam dari pegunungan. Angin semilir membuat yang ngabuburit tidak begitu kepanasan.

Salah seorang wisatawan asal Kabupaten Kendal, Burhanuddin Firdaus bersama calon istrinya mengaku, sengaja jauh-jauh datang ke lokasi tersebut untuk foto pre-wedding. Menurutnya, ketiga lokasi wisata tersebut menarik karena lokasinya berada satu jalur dan terhitung dekat.

“Saya mengetahui tiga tempat ini dari internet. Dan setelah saya menggali informasi, ternyata lokasinya saling berdekatan. Karena itu, saya memilih tempat foto pre-wedding di sini,” ungkapnya saat ditemui di Danau Trepus.

PATI2yY8Gi.jpg

Firdaus berharap ketiga tempat wisata ini bisa dikelola lebih baik lagi. Yang paling utama adalah perbaikan akses jalan menuju lokasi wisata. Karena masih banyak yang berlubang, sehingga sangat mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

Pengelola Wisata Bukit Pandang Desa Durensawit, Krisno, mengatakan Bukit Pandang memang menjadi tempat bagus untuk melihat matahari terbenam (sunset). Karena itu banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut saat sore hari.

PATI3092Re.jpg

“Di dekat sini memang ada dua wisata lainnya, yaitu Danau Trepus dan Plorotan Semar. Jadi kalau mau ke sini sebelumnya bisa mencoba dua wisata tersebut lebih dahulu. Baru mengunjungi Bukit Pandang untuk melihat matahari terbenam,” pungkasnya.

Dari momen ngabuburit itu, pihaknya kebanjiran tamu. Meski terbanyak warga lokal sudah mengasilkan pemasukan yang bisa dipakai untuk pengelolaan. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan tiga spot yang makin digandrungi anak muda itu. Jika lagi ramai bisa dapat 300-400 ribu.

"Selama ini kami memang masih membuka kotak suka rela. Itupun sudah lumayan. Ke depan akan dibuat lebih profesional dengan tarif," tandasnya.(*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda