Nilai 70

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan pengunduran dirinya terhitung pada 15 Mei 2024 sehingga memberi waktu transisi satu bulan sebelum perdana menteri baru dilantik. (FOTO: antaranews.com)

COWASJP.COM – USIANYA baru 30 tahun ketika istri tercintanya meninggal dunia. Padahal anak pertamanya baru 19 bulan. Dan anak keduanya masih bayi 3 minggu.

Lee Hsien Loong begitu berduka. Repot pula dengan putri kecil dan bayi laki-lakinya.

Anda sudah tahu hebatnya kisah percintaan suami istri anak pendiri dan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew ini.

Ketika itu Lee Hsien Loong sudah berpangkat brigadir jenderal. Sudah mulai direka-reka akan jadi penerus bapaknya. Itu terlihat dari kecerdasannya, latar belakang pendidikannya, dan kecepatan naik pangkatnya.

Dua tahun menduda Lee berhenti sebagai tentara: masuk politik. Ia jadi caleg partai yang didirikan bapaknya: PAP. Dapil-nya dibuatkan baru untuknya: Tech Ghee SMC. Terpilih. Dapat suara 12.700. Setara dengan 80 persen. Lawannya satu orang dari partai kecil. Periode berikutnya Lee menang lagi: 79 persen. Kali ini lawannya juga hanya satu orang dari independen.

Pemilu berikutnya Dapil itu dilikuidasi. Dimerger dengan Dapil Ang Mo Kio. 

Setelah terjun ke politik Lee bertemu Ho Ching. Lebih muda setahun. Menikah. Dengan Wong Ming Yang Lee punya dua anak. Dengan Ho Ching juga dua anak.

Kisah selanjutnya Anda sudah tahu. Dari satu pos menteri Lee ke pos menteri lainnya. Termasuk pernah jadi menteri keuangan.

Lalu ia terkena kanker otak. Sakit gawatnya itu dibuka blak ke media. Detail penyakitnya, pengobatan yang dilakukan, dan jenis obatnya tidak ada yang dirahasiakan. 

Pun dengan risiko orang mulai berspekulasi: tidak akan bisa jadi perdana menteri. Apalagi ketika Lee Kuan Yew meletakkan jabatan. Yang jadi penggantinya adalah Goh Chok Tong.

Lee Hsien Loong sembuh. Total. Harapan jadi pemimpin tertinggi Singapura hidup lagi. Apalagi setelah jabatannya naik menjadi wakil perdana menteri.

Lee akhirnya jadi perdana menteri ketika umurnya sudah 52 tahun: 2004. Berarti saat meletakkan jabatan tanggal 15 Mei bulan depan genap 20 tahun ia memimpin Singapura.

Tentu Lee bisa saja tambah lima tahun lagi. Kalau ia mau. Tapi, tahun lalu, Lee menegaskan ''akan meletakkan jabatan ketika partai siap-siap berulang tahun ke-70".

Waktu mengucapkan pidato itu Lee berlinang air mata. Kekuasaan akhirnya harus ia lepas. 

Bahkan, sebenarnya, akan dilakukan dua tahun lalu. Yakni tepat ketika ia berumur 70 tahun.

"Singapura tidak boleh dipimpin oleh orang yang umurnya sudah 70 tahun," kata Lee tiga tahun lalu.

Mendadak ada Covid. Ultah ke-70 Lee lewat begitu saja. Tanpa ada pergantian kekuasaan. 

Tapi ada momentum ulang tahun ke-70 yang lain: PAP ultah ke-70 tahun ini.

"Saya pinjam ulang tahunmu," katanya di acara partai tahun lalu. 

"Sekarang Covid sudah lewat. Singapura dalam keadaan baik. Rakyat hidup bahagia. Waktunya saya mundur," kata Lee waktu itu. 

Baru minggu ini ia menetapkan tanggal pengunduran dirinya: 15 Mei bulan depan. Yakni enam bulan sebelum PAP ulang tahun ke 70. Di saat umur Lee sendiri 72 tahun.

Berarti pidato di acara partai tahun lalu itulah yang jadi peneguh sikapnya untuk mundur.

Waktu itu, sambil setengah menangis, pidato Lee sangat mengharukan. Juga membanggakan.

"Kami tetap mengenakan pakaian berwarna putih. Kami masih saling memanggil kawan.  Kami masih merasa berkomitmen terhadap Singapura.  Kami masih merasa terpanggil untuk mengabdi kepada rakyat kami. Dan kami masih memiliki tanggung jawab untuk menjaga negara kepulauan kecil ini tetap aman bagi generasi mendatang," katanya.

Saat suaranya tersendat haru, semua hadirin berdiri dan bertepuk tangan sangat lama.

Dunia sepakat untuk memuji Singapura dalam penegakan hukum dan kebersihan yang ketat.

Lee Hsien Loong memang tegas mengatakan perlunya mengakhiri korupsi. 

"Nilai-nilai dasar yang kami anutlah yang memungkinkan Singapura untuk tidak mundur dan tetap tegak di antara banyak negara di dunia. Tidak ada sistem yang sempurna, dan pemerintah akan melakukan segala upaya untuk menjaga kredibilitas sistem politik dan negara Singapura yang bersih dan efisien."

Ketika Lee Hsien Loong pertama menjadi perdana menteri tahun 2004, Singapura sudah menjadi salah satu negara paling makmur dan kuat di Asia.

Dengan kerja kerasnya selama 20 tahun terakhir, Singapura semakin jaya.

Singapura kini menjadi negara terkaya di dunia. PDB per kapita (paritas daya beli)  telah mencapai USD 157.300. Peringkat  pertama mengalahkan Qatar yang kaya migas.

Lee Hsien Loong pergi. Atas inisiatif sendiri. Kepemimpinan 4G datang: Lawrence. Tidak ada tanda-tanda anak Lee Hsien Loong masuk politik. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 17 April 2024: Nilai Nol

M.Zainal Arifin

Orang pasip= 0, tanpa salah. Aktip, berijtihaad. Bila salah, berpahala: 1. Bila benar, berpahala: 2.:

ACEP YULIUS HAMDANI

Sesederhana itu ?, Wong mendapatkan angka 0 sempurna tanpa cacat, itu dimata publik, entah dimata istrinya atau anakya, dan saya yakin tidak ada manusia sempurna, yang ada Alloh SWT menutupi kekurangannya dengan sempurna. Dan kalau di Indo angka "0", menunjukan ia tidak bisa apa-apa dan tidak punya apa-apa dan belum apa-apa seperti petugas SPBU, dari angka 0 ya.....

Hartono

15 mei 2024 bertepatan dengan hari pemandian bayi Sidharta Gautama dalam budaya agama Buddha Mahayana yang dianut sebagian besar orang singapura Mungkin dianggap pemandian itu akan mendapatkan pemimpin yang bersih, suci dan tanpa cela setelah upacara pemandian

Dasar Goblik

Semoga lihat yang 5i tidak.buka...ehemmm..of de rekord..

Mirza Mirwan

Saya ingat benar -- manteman yang membaca The Straits Times mungkin juga pernah melihat video itu -- ketika Lawrence harus menghentikan pemaparannya di depan parlemen pada Maret 2020. Waktu itu Wong adalah Co-Chair Task Force Covid-19. Ia tak mampu menekan perasaannya ketika mengapresiasi kinerja para petugas penanggulangan covid-19 di garis depan. Lebih dari satu menit ia berhenti bicara. Melepas kacamata, menyeka airmata dengan punggung jari, juga menyusut ingusnya. Lalu ia menoleh ke sekretarisnya di belakang-sebelah-kiri podium, menghampirinya untuk minta tisu, lalu kembali ke podium. Ia tetap sibuk menyeka mata dan menyusut ingus. Setelah tuntas barulah ia melanjutkan pemaparannya. Penyandang Bachelor of Science di bidang ekonomi dari University of Wisconsin - Madison, dan master ekonomi dari University of Michigan -- Ann Arbor, serta master administrasi publik dari Harvard University itu memang punyi hati yang lembut. Mungkin karena didikan ibunya yang guru SD -- ayahnya eksekutif di bidang pemasaran. Di waktu senggang Wong suka memainkan gitar. Sesekali juga motoran dengan Royal Enfield 500 kesayangannya. Padahal kalau pengin beli Harley Davidson ia lebih dari mampu. Tetapi Wong memilih yang semenjana. "Sak madya" kata orang Jawa.

Lagarenze 1301

Ada apa pada 15 Mei? Hari Keluarga Internasional. Majelis Umum PBB mencetuskannya pada 1993. Untuk menumbuhkan kepedulian dan rasa sadar akan pentingnya sebuah keluarga. Dari mana kita berasal, tempat di mana kita kembali. "Harta yang paling berharga adalah keluarga. Istana yang paling indah adalah keluarga. Puisi yang paling bermakna adalah keluarga. Mutiara tiada tara adalah keluarga...." (Harta Berharga, Bunga Citra Lestari, OST Keluarga Cemara).

Dasar Goblik

Dan apa kata pilot sesudah semua penumpang pergi?Tenaaang sayangku.Aku telah menyiapkan sebuah sekoci..Hanya untuk kita berdua..Asyeeeek..

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Pesawat dengan rute internasional melakukan pendaratan darurat di atas air. Pramugari meminta penumpang untuk meluncur ke sekoci, namun mereka menolak. Pramugari kemudian meminta bantuan kapten pilot. Pilot, yang sangat berpengalaman, memberitahu cara membujuk penumpang. “Katakan pada orang Amerika bahwa ini adalah PETUALANGAN." "Katakan pada orang Inggris bahwa ini adalah suatu KEHORMATAN." "Beritahu orang Prancis bahwa ini adalah kegiatan ROMANTIS." "Dan beritahu orang Jerman bahwa ini adalah HUKUM." "Katakan pada orang Jepang bahwa ini adalah PERINTAH. Maka semua masalah akan selesai.” Pramugari ingat penerbangan itu juga membawa beberapa penumpang dari Indonesia dan Singapura. “Bagaimana dengan mereka?” dia bertanya. Pilot tertawa. "Mudah. Katakan saja kepada orang Indonesia bahwa kegiatan ini GRATIS. Mereka otomatis bergabung.” “Bagaimana dengan orang Singapura?” desak pramugari. Pilot dengan sabar menjelaskan: “Kamu tidak perlu memberitahukan apa pun kepada warga Singapura, sayangku. Begitu mereka melihat ANTREAN, mereka akan bergabung tanpa bertanya."

Wilwa

Hmmmm. Sungguh beragam. Lee Hsien Long Hakka, Lawrence Wong Kwangtung, Heng Swee Keat Tiociu.

Johan

Tanggal 15 Mei mestinya hari 佛诞 (kelahiran Buddha Gautama). Apakah ada hubungannya pemilihan tanggal meletakkan jabatan Mr. Lee dengan hari lahir Buddha? Bisa jadi. Bisa juga tidak. Di kalender Tionghoa banyak tercantum hari lahir Dewa, Buddha, ataupun tokoh sejarah. Kita pilih tanggal secara asal juga bisa dicocokkan dengan hari lahir si ini atau si itu.

Rihlatul Ulfa

Negara kita seperti membiarkan 'pasukan cadangannya menjadi korban berkali-kali' sudah tidak terhitung berapa Prajurit TNI yang harus gugur menghadapi serangan dari OPM. OPM mengatakan Indonesia jangan melawan dengan bom, drone dan pesawat karena tidak seimbang, OPM juga mengatakan negoisasi pembebasan pilot Susi Air harus difasilitasi oleh PBB. Jika dunia mengatakan pelanggaran HAM kepada Indonesia jika menyerang pasukan OPM, jadi saat para Prajurit TNI yang gugur harus dimaklumi?

hoki wjy

sayapun sekarang tanpa saya kehendakki sudah selalu teringat bahwa pada Tgl 15 mei PM Singapura Lee Hsien Loong meletakkan jabatannya wkkkkk.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

EJEK MENGEJEK ANTAR NEGARA.. Ejek mengejek tidak hsnya terjadi antar teman. Ejek mengejek bisa terjadi antar pejabat tinggi antar negara. Pada 10 Juli 2004, Lee menciptakan kegemparan diplomatik dengan Tiongkok dengan mengunjungi Taiwan. Pada 28 Agustus 2004 dalam pidato Rapat Umum Hari Kemerdekaan perdananya, Lee berbalik mengkritik pemerintah dan rakyat Taiwan yang menaksir terlalu tinggi dukungan yang akan mereka terima apabila mendeklarasikan kemerdekaan Taiwan. Sebagai tanggapan, Menteri Luar Negeri Taiwan, Mark Chen, menjuluki Singapura sebagai "Negara Pi-Sai", secara harafiah dalam bahasa Minnan berarti "Negara yang tidak lebih besar dari tahi hidung". ### Menlu Taiwan kemudian menyatakan permintaan maaf resminya.

Handoko Luwanto

David Hartanto Widjaja: Mahasiswa jurusan Teknik Elektro dan Elektronika di Nanyang Technological University (NTU) ditemukan meninggal di kampus pada tanggal 2 Maret 2009. Kematiannya masih menjadi misteri, dengan versi resmi dari pihak kepolisian Singapura menyatakan bahwa David bunuh diri. Namun, banyak pihak yang meragukan hal tersebut dan menduga bahwa David dibunuh. Kasus kematian David Hartanto Widjaja masih belum terselesaikan dan masih banyak misteri yang belum terungkap.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda