Kesatuan Teknik

Kapal sonar tentara Amerika bisa memotret posisi reruntuhan jembatan di dalam sungai. Yang membuat dramatis adalah tata warna sinarnya. Begitu jelas barang yang ada di dasar sungai. (FOTO: istimewa - DISWAY)

COWASJP.COMTENTARA turun tangan di pekerjaan sipil. Pun di Amerika Serikat. Di tahun 2024 ini.

Anda sudah tahu: pembersihan jembatan runtuh di Baltimore itu dilakukan sepenuhnya oleh tentara. Yakni oleh US Army Corps of Engineers. Satuan teknik tentara Amerika itu sampai mengirim 1100 personel ke Baltimore. 

Crane raksasa didatangkan. Bisa mengangkat beban 1000 ton. Tugasnya jelas: mengambil reruntuhan baja jembatan di kedalaman muara sungai Patapsco.

Tentara juga mengerahkan tongkang. Baja yang berhasil diangkat ditaruh di tongkang. Untuk diangkut ke pelabuhan Baltimore. Tongkang memang  bebas lalu-lalang. Tidak memerlukan kedalaman seperti kapal. Bagian bawah tongkang datar. Tidak khawatir nyangkut sesuatu di dalam air.

Yang istimewa: tentara juga mendatangkan kapal sonar. Tugasnya ''memotret'' dasar sungai. Media di Amerika mendapat foto-foto hasil ''pemotretan'' itu. Sangat dramatis. Terlihat jelas posisi runtuhan jembatan itu. 

Yang membuat dramatis adalah tata warna sinarnya. Begitu jelas barang yang ada di dasar sungai.

Teknologi militer telah bisa melihat barang apa pun di kedalaman air.

Maka di Baltimore, tentara bisa bekerja dengan cepat. Apalagi dalam kesatuan itu juga dilengkapi tim penyelam. 

Tentara pun berani membuat target: akhir April ini pelabuhan Baltimore bisa dibuka kembali.

Hari ini pun kapal-kapal kecil sudah boleh datang dan pergi. Yakni kapal yang memerlukan kedalaman air 8 meter. Hanya kapal sekelas NV Dali yang belum aman.

Kapal Dali, penyebab runtuhnya jembatan Francis Scott Key yang ikonik, segera dipindah. NV Dali segera ditarik untuk sandar balik di pelabuhan Baltimore. Agar bisa ditarik NV Dali lagi menjalani pengurangan beban. Caranya: sebagian kontainer di kapal itu dikurangi. Dipindahkan ke tongkang. Ditumpuk di pelabuhan. Terutama kontainer yang penyok –kejatuhan baja-baja jembatan.

Kapal Dali masih akan lama ditahan di Baltimore: menjalani pemeriksaan. Yakni: mengapa kapal yang akan berangkat menuju Sri Langka itu sampai menabrak pilar jembatan. Pemeriksaan masih terus dilakukan. Amerika tidak percaya begitu saja bahwa tiba-tiba Dali kehilangan power –mesin utamanya mati. Lalu tidak ada listrik untuk memanuver kapal. 

Padahal posisinya sudah meninggalkan pelabuhan. Sudah mendekati bawah jembatan.

Tentu seluruh awak kapalnya ikut tertahan di dalam kapal: 20 orang. Semua warga negara India –kecuali satu orang dari India kecil: Sri Langka.

Mungkin awak kapal kelas bawah akan diizinkan pulang. 

Akan banyak prosedur untuk pulang. Harus lewat pesawat. Berarti harus urus visa Amerika.

Awak kapal yang penting harus tetap di kapal. Mereka harus mempertanggungjawabkan hilangnya jembatan vital itu.

Tentu tidak ada masalah logistik bagi awak Dali. Persediaan makan dan minum sudah disiapkan untuk perjalanan 35 hari.

Kalau bukan tentara tidak mungkin pembersihan bisa bergerak begitu cepat. Bayangkan betapa ruwetnya: harus dianggarkan dulu. Harus ditenderkan. Bisa pula ada tender ulangan.

 

Amerika memang sudah punya Corps Engineers sejak tentara dibentuk. Itu tahun 1700-an. Yakni zaman revolusi kemerdekaan.

Tentu awalnya hanya untuk keperluan perang. Membangun jalan untuk mobilisasi tentara dan alat perang mereka.

Kian lama kesatuan itu kian melebar ke mana-mana. Pun sampai bersih-bersih reruntuhan jembatan. (*)

 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan, Edisi 11 April 2024: Pula Bowa

Mbah Mars

Orang suka usil menafsirkan makna nama seseorang. Lha wong nama dibuat dengan Bahasa Jawa tetapi ditafsirkan dengan Bahasa Arab. Ya tidak cocok. Contoh, nama Kasilan, dulu orang tuanya memberi nama itu supaya kelak si anak selalu kasil alias sukses. Termasuk kasil dalam mencari rejeki. Lha oleh ustadz, nama itu diledek, “Anakmu itu pemalas”. Memang dalam Bahasa Arab Kasilan artinya orang yang malas. Teman saya namanya Purwono. Sering “dikumbah”, poor itu miskin. Wana itu gunung. Jadi, Purwana itu anak gunung yang miskin. Contoh yang terakhir, nama Parjiman. Sering banget jadi bahan candaan. Katanya, parji itu kemaluan, man itu laki-laki. Jadi parjiman itu penis wkwkwkwkwkwkwk.

djokoLodang

-Seorang pemuda tampan masuk ke salon. "Berapa lama giliran saya?", tanyanya kepada tukang cukur, sekaligus pemilik salon. "Kira-kira sejam lagi," jawabnya. "Baik lah, sejam lagi saya kembali", dan langsung pergi. Tapi, dia tidak balik lagi. Keseokan harinya, si pemuda datang lagi. Nongol di depan pintu, tanya lagi."Berapa lama saya harus menunggu?" Melihat ada enam orang yang sedang menunggu, tukang cukur bilang,"Kembali lah barang 90 menit lagi. Pastinya sih, dua jam lagi" "Baiklah, saya pergi dulu. Nanti balik lagi." Kali ini pun dia tidak balik. Demikian, terjadi tiga hari berturut-turut. Datang, tanya di pintu, pergi, tidak balik lagi. Pada hari ke-empat, hal yang sama terjadi lagi. Si pemuda nongol di pintu, tanya, kemudian pergi. Tukang cukur penasaran. Disuruhnya asisten. "Coba, diam-diam kau ikuti dia. Aku ingin tahu kemana dia pergi..." "Baik," sahut asisten. Tak sampai sepuluh menit kemudian, si asisten sudah kembali. "Ke mana pemuda itu?" 'Tidak jauh, sih, perginya. Kuikuti dia diam-diam. ... sampai ke ujung jalan. ... Terus, saya balik ke sini, mau lapor Bapak." "Waduh, kenapa hanya sampai ujung jalan? Terus balik ke sini? Harusnya kau ikuti terus dia,... Diberi tugas begini saja, kok ga tuntas..." "Maaf, Bapak,... Soal nya .... soalnya..." "Ada apa? .... Kenapa sampai ketakutan begitu? Apa dia tahu kalau kau mengikutinya?" "Bukan begitu, ... Bapak... dia...... ternyata pemuda itu menuju ke rumah Bapak yang di ujung jalan itu... dan... langsung masuk ke dalam..." --jL-

Ibnu Ukkasyah

Berikut ini, kutipan pembiacaraan YM President Xi Jinping dan YM President-elect Prabowo Subianto. Potongan pembicaraan yang dapat dilihat dari banyak media massa di RRT YM President Xi Jinping: … I’d like to extend my sincere congratulains on your election as Indonesia’s president. You have chosen China as the first post-election visit and made a special trip to China during the Muslim holy month of Ramadan, which refrlect the great importance you attach to China-Indonesia Relations… YM President-elect Prabowo Subianto: …Once again, I would like to emphasise that I would like to continue the policies of President Joko Widodo… Dari isinya sudah ketahuan dalam kapasitas apa Jenderal (Purn) Prabowo Subianto ke RRT. La jidaal. Tidak perlu ada debat lagi. Tidak perlu ada debat kontroversi lagi. Tergantung dari mana kita ingin mengambil sumber informasinya. ???? Sekedar tambahan, berikut daftar Kunjungan luar negeri pertama Presiden Indonesia. 1. YM Presiden Joko Widodo: RRT 2. YM Presiden Susilo Bambang Yudhoyono: KTT APEC, Cili (Merencanakan beretemu Presiden Presiden Cina Hu Jintao, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Jepang Junichiro Koizumi, PM Australia John Howard, PM Kanada Paul Martin) 3. YM Presiden Megawati: Philippines (ASEAN) 4. YM Presiden B. J. Habibie (Alm) : ….. 5. YM Presiden Abdulrrahman Wahid (alm) : ASEAN 6. YM Presdien Soeharto (Alm) : Jepang 7. YM Presdien Soekarno (Alm) : Singapore (1955)

Liam Then

Akhirnya ia mati sebagai orang biasa. Inilah yang luar biasa, revolusi Bolshevik , Revolusi Prancis, hasilkan raja mereka sana di eksekusi. Tapi Pu Yi bernasib lain, ketika Mao berkuasa, Pu Yi di masukan ke kamp reedukasi, untuk diajarkan /di indoktrinasi nilai-nilai komunisme. Mao Zedong, beranggapan Pu Yi lebih berharga hidup daripada mati. Kaisar Xuanlong pada awal hidupnya, berubah kerja jadi editor di satu departemen literasi pemerintahan Cina Komunis di masa-masa akhir kehidupannya. Pu Yi adalah tokoh yang hidupnya penuh dengan goresan sejarah besar, kisah hidupnya benar-benar luar biasa dan terdokumentasi dengan baik, dari lahir bahkan sampai akhir hayatnya.

doni wj

Ketika membaca pertanyaan, "apakah dalam 100 marga Tionghoa ada salah satunya marga ”Pu” ?", saya langsung teringat satu sosok. Penggemar sejarah Tiongkok pasti tidak akan melewatkan sosoknya. Pertama mengenalnya waktu SD, di suplemen Tempo yg membahas film pemenang Oscar anggitan Bernardo Bertolucci, The Last Emperor. Dialah Pu Yi, Kaisar Tiongkok terakhir yg hanya berkuasa selama 4 tahun (1908-1912). Kekuasaannya diakhiri dengan penjajahan Jepang. Meski suku Han umumnya (waktu itu) agak sensi dan tidak mengakui (karena Dinasti Qing yg menaklukkan great mainland berasal dari Manchuria), faktanya dialah Kaisar yg memungkasi sejarah ribuan tahun Kerajaan Tiongkok. Kekaisaran Tiongkok berakhir pula secara genetis karena meski seperti Kaisar Tiongkok pada umumnya Pu Yi beristri 5, namun tidak seorangpun memberi keturunan untuknya

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Seorang insinyur, fisikawan, dan akuntan sedang diwawancarai untuk posisi sebagai CEO sebuah perusahaan besar. Insinyur diwawancarai terlebih dahulu, dan ditanyai daftar pertanyaan yang panjang, diakhiri dengan: “Berapa dua tambah dua?” Insinyur itu minta waktu sejenak dan melakukan serangkaian pengukuran dan perhitungan, sebelum menjawab: “Empat.” Fisikawan diwawancarai berikutnya, dan ditanyai pertanyaan yang sama. Ia minta waktu sejenak, membuka HP dan melakukan googling untuk berbagai hasil penelitian. Setelah melakukan banyak perhitungan, ia juga menjawab: “Empat.” Akuntan diwawancarai terakhir kali, dan diberi pertanyaan terakhir yang sama. Akuntan minta waktu sejenak. Ia menutup semua tirai di ruangan itu, melihat ke luar pintu untuk memastikan tidak ada orang lain, memeriksa telepon untuk memastikan tidak ada alat perekam, lalu bertanya, “Angka berapa yang Anda inginkan?"

Juve ...... Zhang

Menkeu Amerika Janet Yellen... jelas sering ke Beijing... juli 2023 datang sekarang datang lagi... jelas minta pinjaman Fulus.... Janet bilang tabungan Tiongkok jumbo... kira kira kita tahu lah arti memuji tabungan tetangga.... minta di sawer..... qkwkkwkw.... Tiongkok tentu kasihan juga menkeu bolak balik ke beijing.... akhirnya diberi fulus juga... maka Photo yg ada malah bukan Janet yellen jabat tangan dengan om Jin Ping... alih alih Janet lagi angkat gelas bir dengan staf nya... artinya pinjaman sukses diberikan.... wkwkwk.kalau Amerika sekali minta pinjaman tentu skala Jumbo.... gak mungkin ke Singapura... sekali minjam cadangan devisa Singapura bisa kesedot semua... wkwkwkw..satu satunya yg tabungan nya jumbo ya Tiongkok.... maka sukses ini dirayakan Janet Minum Bir..... Bank swasta Amerika ada yg bangkrut gara gara rajin beli Surat Hutang Amerika..... kalau Tiongkok walaupun rugi mestinya gak akan bangkrut beli surat hutang Amerika.... rugi sih pasti... resiko... namanya....banyak bank swasta Amerika kapok beli surat hutang Amerika.... makanya Janet pontang panting sering ke Beijing.... menjual surat hutang jumbo memang bukan kerjaan mudah.... sulit cari pembelinya....

M.Zainal Arifin

Manusia presiden. Manusia wartawan. Manusia tukang becak. Manusia komentator. Siapa yg bikin manusia Adakah di alam semesta ini yg lebih mulia dp akal? Akal kancil. Akal & nyawa dibuat dari apa? Siapa yg bikin akal & nyawa? Perlu berterimakasih kpd Pembuat akal & nyawa?

Wilwa

Pu 普 yang sama untuk menulis Putin 普京, presiden Rusia kini. Putin ditulis Pujing 普京. Baca: Phucing. Nama Putin dalam Mandarin ini terdengar lucu di telinga orang Indonesia. Pu 普 artinya general, universal. La 拉 artinya Pull. Tarik. Lawan dari Push. Dorong. Bo 博 salah satu artinya adalah rich. Kaya. Wo 沃 salah satu artinya juga rich. Kaya. Pu La Bo Wo 普拉博沃 bolehlah diartikan General Pull (to) Rich. Sebuah harapan atau doa yang bagus.

admin nqode2021

"Apalah arti sebuah nama". Begitulah konon ungkapan terkenal seorang sastrawan Inggris. Untungnya, gak ada yang menyebut United Kingdom jadi United Condom... Great Britain jadi Greed Britain... King Charles jadi King Heartless... Bagi pembaca dan komentator tulisan Abah hari ini yang punya keahlian bahasa Mandarin, ini barangkali peluang untuk buka startup transliterasi nama. Nantinya, gak ada orang penting yang berkunjung ke China namanya ditulis dalam huruf China dan dibaca Wong Fei Hung, Sun Go Kong, atau Kungfu Panda...

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda