Somasi RBT

Robert Bonosusatya alias RBS jadi sorotan publik setelah Kejaksaan Agung menetapkan 16 tersangka kasus korupsi PT Timah. RBS disebut sebagai bos dari Harvey Moeis. (FOTO: @LexWu_13 - pikiran-rakyat.com)

COWASJP.COM – "Sandra Dewi belum bisa jenguk suami," tulis media. 

Berarti penahanan ini serius sekali. Agar sang suami, Harvey Moeis, tidak bisa kontak dengan siapa pun. Termasuk dengan teman-teman usahanya.

Bintang film setenar dan secantik Sandra Dewi pun tidak dapat dispensasi. Berarti betapa penting penahanan Moeis. 

Rupanya pengakuan Moeis soal korupsi timah Rp 271 triliun sangat diperlukan oleh kejaksaan agung. Terutama untuk bisa menjerat pelaku lain yang lebih tinggi. Juga untuk mengungkap sisi non-lingkungan kasus megakorupsi ini.

Tentu kejaksaan agung  harus bisa mengungkap sisi  korupsi yang non kerusakan lingkungan. Yang sampai sekarang belum pernah  diungkapkan.

Padahal tanpa mengungkap korupsi non-lingkungan perkara menjadi kurang terasa ''korupsi''. 

Kalau korupsinya 'hanya' sebatas kerusakan lingkungan maka akan banyak pertanyaan: mengapa perusak lingkungan yang lain tidak ditangkap. Dengan tuduhan korupsi yang sama. Lalu betapa banyak yang harus ditangkap dengan tuduhan korupsi.

Dengan penahanan ketat itu rasanya tidak perlu ada yang ragu kasus terbesar dalam sejarah republik ini akan menguap begitu saja. Bahwa yang nonkerusakan lingkungan belum diungkapkan mungkin masih perlu memperkuat bukti. Pengakuan Moeis saja belum cukup. Apalagi untuk menjerat yang berada di atas langit ke tujuh. Pun bila ditambah pengakuan selebriti kelas Helena Lim.

Mungkin tidak mudah mendapat pengakuan Moeis. Apalagi mendapatkan bukti darinya.

Perkiraan saya Helenalah yang paling mudah diminta 'menyanyi' di tahanan. Terutama soal sangkan-paraning uang: dari mana dan ke mana uang itu. Jangan-jangan belum ditanya pun Helena sudah bercerita. Lihatlah psikologinya: belum jadi penyanyi pun dia sudah merilis sendiri album. Judulnya ''Pasrah''. Jangan-jangan kini justru mulai banyak yang mendengarkan lagu itu.

Helena pasti ditanya asal usul uang kontan senilai Rp 33 miliar di brankas di rumahnyi. Tinggal apakah dia bisa menjelaskan sumber uang itu dari mana. 

Punya uang kontan sebanyak Rp 33 miliar tidaklah salah. Menyimpan uang sebanyak itu di rumah sendiri juga tidak salah. Masalahnya: itu uang apa dan dari mana –lalu akan ke mana.

Bahwa pakaian dan perhiasan yang melekat di badannyi sering senilai Rp 10 miliar juga tidak salah. Bahkan bisa membuatnyi kelihatan lebih cantik. Saya sering bertemu wanita yang tasnyi saja seharga Rp 1,5 miliar. Sepatunyi Rp 50 juta. Dan yang di telinganyi  saya taksir antara Rp 1 sampai Rp 5 miliar. Belum lagi yang bergelayut di leher. 

Berlian adalah benda kecil yang sangat mulia –meski di dunia perminyakan berlian hanya dipakai untuk mata bor.

Tabiat Helena yang amat obral pamer kekayaan adalah sasaran empuk untuk memperoleh pengakuan. Siapa pun yang pernah berhubungan dengan Helena kini tentu ingin  bertemu dia: minta agar nama mereka diselamatkan dari berkas perkara.

Mungkin jaksa lebih sulit mendapat pengakuan dari Moeis dari pada dari Helena. Karena itu penahanannya sangat khusus.

Apalagi Moeis-lah ''tangga'' terpenting untuk mencapai sasaran lebih tinggi lagi. 

Moeis bisa saja  mengunci mulut lebih rapat dari pintu kamar tahanannya. Apalagi soal kaitannya dengan RBT alias RBS.

RBT (atau RBS)  memang sudah diperiksa kejaksaan agung. Dua hari lalu. Saat saya masih di Chaozhou, pinggiran utara Guangdong.

Menurut media RBS diperiksa di kejaksaan agung sampai 13 jam. Tapi tidak ada berita bahwa RBT langsung ditahan.

Di medsos beredar luas bahwa RBT adalah  pemilik sebenarnya PT RBT. Perusahaan inilah yang bekerja sama dengan BUMN PT Timah di Bangka.

Tapi RBT selalu menolak rumor itu. Tidak ada bukti. Di akta perusahaan PT RBT dia tidak tercatat sebagai pemegang saham. Juga bukan komisaris. Apalagi direksi. Namanya, secara hukum, bersih dari kaitan dengan perusahaan.

Maka Moeis adalah orang yang akan menentukan apakah PT RBT memang benar-benar miliknya sendiri. Bukan milik seorang proxy.

Kalau Moeis berani ''mati sendirian'' seperti itu kejaksaan akan sulit. Harus bekerja lebih keras. Agar Moeis jangan mau mati sendirian.

Ada tokoh yang akan terus memata-matai  kasus ini. Agar jangan berhenti di tengah jalan.

Ia adalah Boyamin Saiman. Boyamin akan terus mengawasi dari dekat. Anda sudah tahu Boyamin. Asal  Solo. Pejuang dari Solo. Ia seorang pengacara yang berhasil membina anak sulungnya memenangkan gugatan di MK: soal umur calon Wapres. Yang membuat Gibran bisa maju sebagai Cawapres.

Boyamin sudah menyomasi kejaksaan agung: agar perkara korupsi timah tidak  berhenti di tengah jalan.

Saya sudah komunikasi panjang dengan Boyamin. Jarak jauh. Belum bisa saya tulis hari ini. Toh Disway diharapkan masih akan terbit lagi besok pagi. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan, Edisi 3 April 2024: Tanpa Bogang

Wilwa

Guang Chang 广场. Atau 廣場 traditional Chinese nya. Berarti “vast place”. Atau tempat yang besar dan luas. Aksara dengan simbol 广 biasanya menunjukkan place / tempat atau space / ruang. Demikian pula aksara yang menggunakan simbol 土 (seperti yang ada dalam 场) juga merujuk pada area/ ruang / tempat. Contoh penggunaan 广 misalnya ada pada nama provinsi Guang dong (baca: Kwang tung) 广东 yang artinya area atau tempat atau ruang 广 yang besar dan luas di sebelah timur 东. Contoh penggunaan 场 misalnya Ji Chang 机场 atau Airport/Bandara. Ji 机 (baca: Ci) singkatan dari Fei Ji 飞机 atau plane/pesawat dan Chang 场 merujuk pada tempat yang besar dan luas. Jadi 机场 berarti tempat yang besar dan luas 场 untuk pesawat terbang (飞) 机

thamrindahlan

Setuju Abah, tungkai kaki merupakan aset berharga bagi kesehatan.. Bisa bayangkan bila persendian lutut bermasalah, Bisa jadi seluruh kegiatan terganggu karena tidak bisa beraktifitas seperti sedia kala. Bila sudah akut mungkin saja terpaksa menggunakan tongkat atau bahkan kursi roda Bersebab hal itu tingkai kaki kiri dan kanan wajib dirawat. Caranya olahraga. Awak kurang sependapat bila jalan kaki (santai?) tidak termasuk dalam kategori olahraga. Alamdulillah di usia 1 tahun lebih muda dari Abah awak melakoni olahraga jalan kaki. Minimal 4 x sepekan dengan durasi 45 menit jalan kaki di sekeliling perumahan BHP. . Tanda telah sampai di zona latihan badan berkeringat kaos basah. Upayakan olahraga sudah menjadi gaya hidup disamping diet karbo hidrat. Insha berat badan menuju berat ideal sesuai tinggi badan. Ketika ramadan waktu berolahraga alihkan menjelang berbuka puasa . Jalan kaki sembari ngabuburit belanja makanan dan minuman diperapatan jengkol Kelurahan Dukuh Kramatjati Jakarta Timur. Salamsalaman..

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp dg, bp gianto, bp jokosp dan teman2 rusuhwan. makanan lezat bagi jerapah/ adalah sayur sawi/ jarah timah/ bikin keluarga loh jinawi/

daeng romli

Jalan kaki masih bisa meningkatkan masa otot Bah, bukan hanya jalan cepat atau jogging saja. Asalkan Abah menambah durasi nya. Jika Abah jalan cepat atau jogging butuh waktu 30 menit, maka ketika jalan kaki Abah tinggal tambah durasinya menjadi 60 menit (jika masih ada waktu). Dan juga jangan lupa faktor penunjang lain seperti asupan yg sangat dibutuhkan utk meningkatkan masa ototo yaitu Protein. InsyaAllah bisa Bah, silakan dicoba ben sampean gak dansa2 tok ae .... #nganpunteningkangkatha...... #salamjalankaki......

Lagarenze 1301

Santai sejenak. "Pa, Mama mau ikut klub senam. Latihannya wajib setiap pagi. Nggak boleh bogang. Senam ala Dahlan Iskan Style itu lho." "Demi apa?" "Biar tubuh Mama jadi langsing, singset, seksi." "Ma, kalau cuman mau nurunin berat badan, nggak perlu sampai ikut senam setiap pagi." "Emang ada cara lain yang lebih baik, Pa?" "Gampang aja, Ma. Sini ta' ajarin. Cuma senam kepala ae." "Maksudnya gimana, Pa?" "Putar kepala ke kiri. Ke kiri. Putar kepala ke kanan. Ke kanan." "??????" "Benar, Ma. Ini sungguhan. Lakukan gerakan itu setiap kali Mama melihat makanan atau ditawari makan."

Juve.....Zhang

Senam pagi atau sore atau malam... keharusan supaya badan sehat.... kalau murid Shao Lim ketemu Suhu Tai chi ini baru seru.... ternyata sang Suhu Tai Chi yg betul Ahlinya Tai Chi bilang.... nampaknya anda sulit belajar Tai Chi... karena Bawaan anda adalah Shao Lim... reflek anda adalah Shao Lim... Walaupun.memang pendiri Tai Chi aslinya murid Shao Lim tapi keluar dan mendirikan Tai Chi.... asyik kalau mereka berlatih bersama.... walaupun tak mengerti bahasa nya... nampak beda pendapat itu.... mirip Kho Ping Ho.... tapi nyata.... bagi anda yg suka Shao Lim banyak perguruan yg KW3 nya... membuka perguruan.... tapi KW3 mereka nampaknya juga berisi .... bukan seperti di Zimbawe... ekonomi tumbuh 5%.... malah rakyat antrian Beras mengular panjang..... sampai pingsan........ wkwkwkwk

Mbah Mars

INTERMEZO Kepada yang terhormat Ibu Wali Kelas 8A Di tempat Assalamu’alaikum. Alangkah indahnya pagi ini. Matahari bersinar dengan terang. Burung-burung pun bernyanyi dengan riang. Bunga-bunga di taman semerbak mewangi dan bermekaran. Tapi ada satu bunga yang layu. Yaitu saya. Hari ini saya sakit jadi tidak bisa masuk sekolah. Dari muridmu Yang layu dan sakit Ttd Bolkin Bolkin ternyata romantis saat bersekolah di SMP.

Fa Za

Ternyata bahasa Jawa. Saya kira itu bahasa Mandarin, Bo Gang.

didik sudjarwo

Bogang tu bahasa Jawa.Biasanya berhubungan dengan gigi.Yaitu gigi yang tanggal/protol satu.Sehingga giginya tidak lengkap. Yen anake Semar arane Bagong. Kalau golok panjang namanya Gobang.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

MASIH CERITA SAAT CO-ASS AKUPUNKTUR DI SEBUAH RS DI GUANGZHOU.. Setiap hari saya pindah-pindah "bagian". Misal bagian penyakit dalam, penyakit anak-anak, penyakit wanita, dan seterusnya. Salah satunya di bagian "kecantikan", yang salah satu cabangnya adalah "slimming". Ternyata di sana, obesitas itu jarang sekali. Bahkan nyaris tidak ada. Tapi memang, di jalan-jalan di kota Guangzhou, saya lihat hampir tidak ada orang gemuk. Tua muda, laki perempuan, terlihat BB nya ideal. Saat bercerita-bercerita, ternyata ini merupakan buah dari kebijakan pengaturan kota yang sangat terintegrasi satu sama lain, antara lain: 1). Di kota metropolitan Guangzhou ini sepeda motor dilarang. Sehingga tidak ada orang malas, yang berjarak 200 meter aja harus naik motor. 2). Mobil pribadi juga dihindari jika tidak benar-benar kaya. Masalahnya adalah soal kewajiban tentang garasi dan parkir. 3). Jadi orang ke mana-mana menggantungkan kendaraan umum. Bus, kereta komuter, tram. Dan haltenya juga diatur: "Tidak terlalu jauh, tapi juga tidak terlalu dekat". Sehingga sebagian besar penduduk kota dipaksa "olga jalan kaki" dari rumah ke halte, dari halte ke lokasi tujuan. Karena itu sehat sudahlah pasti. Dan bonusnya ya BB menjadi ideal.. ### Kapan ya, kotaku bisa seideal itu. Tanpa para pejabat kota mikir "cuan" buat kembalikan modal saat Pilkada..

heru santoso

Catatan dari ber-Chinese new year di Hangzhou: Sebelumnya saya pernah lihat pesta kembang api. Dua yang sangat hebat : perayaan national day (awal Agustus) di danau Neuchathel Swiss dan internasional firework di pantai Busan, Korea. Malam itu saya ikut pesta kembang api yang lebih menakjubkan: di komplek perumahan penduduk. Sebulan saya tinggal di pinggiran Hangzhou. Jadi bisa ikut pesta kembang api yang dimulai petang, klimaks nya tengah malam dan sampai pagi belum selesai. Tentu tidak sepanjang malam saya diluar. Sebentar2 keluar rumah. Lebih banyak didalam kamar (tepatnya dalam selimut). Ga kuat suhunya yang lebih dingin dari kulkas itu. 1 derajat C. Warga perumahan itu kebanyakan orang sepuh. Jadi banyak anak cucu mereka pada datang. Mudik. Beberapa hari sebelum tahun baru saya naik kereta ke Shanghai.... WOW di ruang tunggu stasiun yang luasnya 5x lapangan bola itu bukan saja sulit cari tempat duduk, tapi untuk ruang berdiripun harus berhimpitan. Tradisi mudik mereka sangat kuat. Seperti mudiknya orang Indonesia beberapa hari lagi. Penduduk kota jadi sepi. Sepi yang sebenarnya sepi ditinggal warganya mudik. Warung sekitaran tempat saya tinggal tidak satupun buka. Lapar. Ke downtown cari makan.

heru santoso

Naik MRT line 3 turun di Wulin Square. Banyak mall sekitaran Hangzhou tower, ternyata restoran dan food court tutup semua. Pindah ke west Lake dengan MRT line 1, ke area tourist yang selalu padat pengunjung itu. Zonk. Restoran dan kakilima sepanjang pinggir danau itu sampai pusat kota tutup juga. Akhirnya pulang masak Indomie + telor dua. Nikmatnya luar biasa!!! (Indomie ada dijual di beberapa supermarket di banyak negara, termasuk China). 

Jo Neca

Musuh utama orang tua adalah kaki.Dan musuh orang tua laki laki adalah di pangkal kaki..Yaaa Prostat..

Juve ..... Zhang

Presiden paling asyiik kalau olahraga ya Putin.... main bànting lawannya.... wkwkw..yudoka ban Hitam...memang Putin bukan kaleng kaleng.... kalau Trump jago golf... om Jin Ping nampaknya Punya ahli Tai Chi.... dari Shao Lim.... gerakan nya lambat tapi berisi.... pukulan lembut tapi merobohkan lawan... Tai Chi memang tenaga dalam..... jumpa suhu Tai Chi hebat ... saya tahu dikit rahasia beliau .... berbaik hati beliau kasih tahu... rahasia... memang sulit jadi ahli Tai Chi....belum tentu jadi seperti beliau walaupun 10 tahun latihan....sangat sehat...usia sudah tak muda....ke mana mana naik sepeda kayuh....ini lebih sehat dan bertenaga dari Jet Lee...yg muda tapi sakit....wkwkwk

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda