Gambar Komeng

Alfiansyah Komeng, peraih suara terbanyak se Indonesia: 5.399.699 suara untuk DPD. (DESAIN: Jatim Network)

COWASJP.COMHARUSNYA Komeng jadi ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Anda sudah tahu: Komeng adalah peraih suara terbanyak se Indonesia: 5.399.699.

Saya pun menghubungi Komeng. Yakni saat saya dalam perjalanan dari Jieyang ke Shantou kemarin. Siapkah Komeng menjadi ketua senator Indonesia?

"Ndak Pak," jawabnya. "Blom ngerti," tambahnya. "Saya jadi anggota biasa aja," katanya. Ia pun menambahkan emoji dua mulut terbuka lebar di jawaban WA-nya. ��.

Di periode yang sekarang ketua DPD adalah La Nyala Mattalitti. Ia arek Suroboyo keturunan Makassar. Pengusaha. Ketua Pemuda Pancasila. Tokoh sepak bola. Pengamal puasa Senin Kamis. Pencinta keris.

Lima tahun lalu Nyalla mendapat suara terbanyak: 2.267.058. Kini Nyalla tergeser ke urutan tiga atau empat nasional. Di Dapil Jatim sendiri Nyalla bikin orang terkaget: tergeser oleh tokoh NU dari Madura: Ahmad Nawardi. Selisihnya sedikit sekali. Faktor suara di Madura jadi penentunya.

Dibanding lima tahun lalu perolehan suara Nyalla sebenarnya naik drastis: jadi 3.132.076. Tapi Nawardi mendapatkan suara sedikit lebih banyak: 3.281.105. 

Nawardi adalah incumbent. Ini periodenya keempat jadi anggota DPD. Ia pernah lama jadi wartawan TEMPO di Jatim. Pernah juga jadi anggota DPRD Jatim mewakili PKB.

Sampai perhitungan tanggal 5 Maret, suara Nawardi masih 300.000 di bawah Agus Raharjo. Mantan ketua KPK itu seperti hampir pasti terpilih. Tiba-tiba suara Nawardi naik 1,8 juta. Agus pun terpental dari empat besar. Agus, orang Magetan yang sebelum Pemilu populer karena merasa pernah ditekan Presiden Jokowi itu gagal masuk DPD. Ia masih harus lebih banyak mendampingi istrinya yang lagi sakit ginjal.

Dengan sikap Komeng yang rendah hati itu maka ternyata tidak semua laki-laki ambisius. Pun peraih suara terbanyak untuk DPR, Said Abdullah tidak mau menjadi ketua DPR. Dan kini komeng tidak mau jadi ketua DPD.

Sebenarnya Komeng cukup cerdas. Lihatlah: ia terpikir untuk ke pengadilan berganti nama. Lebih tepatnya: menambahkan nama komersialnya ke belakang nama aslinya. Jadilah Alfiansyah Komeng nama resmi tokoh pelawak asal Bogor itu. Kalau tidak cerdas bagaimana bisa terpikir ganti nama.

Komeng sadar Alfiansyah bukanlah nama yang laku. Bahkan tidak ada yang tahu kalau itu adalah Komeng.

Dalam bahasa Sunda komeng berarti buah yang tidak normal. Kelapa kopyor misalnya disebut kelapa komeng. Durian yang bijinya lebih banyak dari dagingnya disebut durian komeng.

Tapi komeng telah membuat Alfiansyah menjadi politisi dengan perolehan suara terbanyak se Indonesia.

Cerdas Komeng yang lainnya adalah: ia pajang foto ''Komeng''  di kartu suara. Bukan foto Alfiansyah. Ia berani beda. Berani apa adanya.

Saya pernah punya teman: pengasuh acara JTV. Populer sekali. Lalu jadi caleg dari PAN. Nama di kartu suara nama aslinyi. Beda sekali dengan nama populernyi. Dia gagal terpilih. Padahal suaminyi pun sangat terkenal: Djoko Susilo, wartawan Jawa Pos yang luar biasa.

Dengan kecerdasannya itu Komeng pasti bisa belajar cepat. Apalagi ia sarjana ekonomi. Tapi sikapnya yang tidak ambisius itu justru akan menaikkan derajatnya.

Komeng pasti akan jadi rebutan partai mana pun. Empat tahun lagi. Itu kalau Komeng tidak terpeleset lidah seperti penyanyi Krisdayanti yang kini tidak terpilih lagi sebagai anggota DPR dari Malang.

Krisdayanti berjasa sebagai pengingat para artis lainnya yang terjun ke politik: jaga mulut dan jaga mutu. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan, Edisi 26 Maret 2024: Ayam Hainan

djokoLodang

--o-- MAKNA PUASA Shaum. Shiam. Di indonesia, puasa. Kata "puasa" berasal dari bahasa Sansekerta: Upavasa (उपवासः). "Upaâ berarti dekat dan âvasa/wasaâ berarti yang maha agung. Upavasa berarti mendekatkan diri kepada Yang Maha Agung," kata Gus Mus. "Kenalilah dirimu, maka kau mengenal Tuhanmu", sabda Nabi. Sebelum mendekati orang lain, dekati dulu diri sendiri. Sebelum menjelajahi dunia luar, selami dulu dunia di dalam diri Anda. Sebelum menghadapi tantangan-tantangan dari luar, temukan dulu potensi diri. Saat kita melakukan perawatan atau perbaikan mesin mobil, sudah tentu mesinnya dimatikan. Dalam keadaan mesin mati itu, barulah bisa ditemukan pokok permasalahan yang terkait, kemudian dicari solusinya. Saat kita puasa, organ-organ badan diistirahatkan. Mematikan mesin badan. Berbeda dengan mesin mobil, manusia punya badan dan jiwa. Jiwa memiliki akal. Akal menmbulkan pikiran. Berarti, pikiran pun perlu diistirahatkan. Diistirahatkan dari apa? Diistirahatkan dari memikirkan makanan. Puasa sepanjang hari. Berarti ... sepanjang hari ... tidak makan, ... tidak minum, ... dan ...TIDAK memikirkan makanan dan minuman. Jika sepanjang hari Anda memikirkan makanan dan bahkan sudah merencanakan makan apa saja saat berbuka nanti, maka Anda tidak akan memperoleh apa-apa. Anda hanya mendapatkan rasa lapar dan dahaga saat berpuasa. Anda tidak akan mengenal diri Anda, tidak akan menemukan akar persoalan yang sedang Anda hadapi. Apalagi menemukan solusinya. --jL--

Muh Nursalim

Harga beras terjun bebas. Di Sragen. Pagi tadi tinggal ditawar Rp.9700. Padahal saat beli gabah dari petani sudah Rp.7000 bahkan sempat menembus Rp.8100. Kami jemur berhari-hari baru kering. Setelah digiling harganya anjlok. Ini permainan apalagi ya ? Turun ya turun tapi jangan segitunya, ini sih nyungsep. Menjelang lebaran biasanya agak naik, karena kebutuhan kaum muslim membayar zakat fitrah. Tapi kok ndak ngaruh ya.

Hari Purwanto

Namanya nasi ayam Hainan, tapi orisinalitasnya diperdebatkan dan diperebutkan dua negara, Malaysia dan Singapura. Kedua negara mengklaim nasi ayam Hainan merupakan kuliner khas negaranya, perdebatan orisinaliatasnya memuncak saat Malaysia dan Singapura berpisah di tahun 1965, saat itu Menteri Pariwisata Malaysia Ng Yen Yen menegaskan bila nasi ayam Hainan merupakan hidangan asli malaysia yang dibajak Singapura. Tidak mau kalah, Hawker yang merupakan pusat makanan Singapura justru mendapatkan penghargaan warisan budaya dari UNESCO karena berhasil menyajikan nasi ayam Hainan sebagai sajian spesial di delapan restoran berbintang Michelin. Jika diusut dari rekam jejak sejarahnya bahwa cita rasa dan tehnik memasak ayam ini sangat mirip dengan ayam khas China yang disebut Wen Chang, maka diangap ayam Hainan ini merupakan adaptasi dari Wen Chang. Klaim dari Malaysia mengungkapkan adanya hubungan antara imigran Hainan yang datang dan mengungsi di Asia Tenggara pasca PD II dimana mereka dianggap membawa menu ayam Hainan untuk menjadi konsumsi harian, narasi ini yang membantah klaim bahwa ayam Hainan bersal dari singapura. Terlepas dari perdebatan asal usulnya, nasi ayam Hainan memang enak sih, seenak dan seseru ayam Pop Padang, ayam Penyet dan ayam Geprek kita yang kini marak

Johannes Kitono

Dengan mendatangkan 6 orang arsitek Udayana. Hainan ingin memiliki Kampung Bali. Tentu jauh panggang dari Api. Hal yang sama pernah mau dilakukan seorang Bupati dari Belitung. Bangka dan Belitung mau dinamakan Bali-Tung. Biarpun pantai Parai disana cukup indah. Memindahkan adat istiadat dan budaya dari Bali kesana.Hanya pekerjaan menggengam asap saja. Nasi Hainan yang enak ada di Resto Fajar, Jakarta. Boon Tong Kie di Singapore. SCR di Kuching dekat RS Timberland. Berat Ayam karkas belum diseduh 1,8 kg. Bisa dijadikan 10 porsi chicken rice. Now SCR ( Singapore Chicken Rice ) min punya 80 oulet di Malaysia. Mau tahu profitnya ? Ehem, para pemegang saham setiap week end naik Ferrari atau Lamborghini.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Menjelang waktu berbuka puasa, Bobby masuk ke rumah makan. Ia memesan ayam goreng. Tak lama kemudian, pas waktu berbuka puasa, ayam goreng utuh tersaji di depannya. Bobby baru saja hendak mencomot ayam goreng itu ketika pelayan datang tergopoh-gopoh. “Maaf, Pak. Kami salah menyajikan. Ayam ini pesanan Bapak yang di sana,” kata pelayan sambil menunjuk seorang pria berbadan kekar dan bertampang preman. Bobby ngotot bahwa ayam goreng itu haknya. Ia sangat lapar dan sekarang sudah waktu berbuka. Ia tak mau menunggu lagi. Pria bertampang preman itu segera menghampiri meja Bobby dan menggertaknya: "Awas kalau kamu berani macam-macam. Apapun yang kamu lakukan kepada ayam goreng itu, akan aku lakukan hal yang sama kepadamu. Kamu potong kaki ayam itu, aku potong kakimu. Kamu putus lehernya, aku putus lehermu." Bobby hanya tersenyum sinis sambil berkata, “Silakan, siapa takut?” Bobby segera mengangkat ayam goreng itu dan menjilatinya.*

Mbah Mars

INTERNEZO [][][][][][][][][] Guru: "Tetangga pinjam uang kepada ayahmu Rp. 100.000. Saat mengembalikan harus ditambah bunga 10%. Jadi berapa ribu tetangga membayar hutang ke ayahmu ?" Bolkin:"0, Bu ?" Guru: " Aduhhh kok nol, kamu tidak paham matematika ya, Kin ? Bolkin:"Aduhhh, Bu Guru tidak paham tetangga kami ya ?"

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

AYAM FAVORIT SAYA.. Saya orang Yogya asli. Tapi ayam favorit saya adalah: Ayam Pop - Padang. ### Tanpa kulit. Relatif aman dari mas Kholesterol. Dan "gurih-gurih empuk".. (Kalau lagi Puasa, jangan membayangkan enaknya.. Supaya tidak tergoda.. Kecuali "terlanjur membayangkan").

Jokosp Sp

Ayam betutu Bali saya merasa juga lebih enak. Boss dulu sering istrinya memasakkan kalau punya acara di rumahnya. Apalagi bebek betutu lebih lebih nikmatnya. Jangan bandingkan dengan yang hanya modal kecap dan ngecap iklan, pastilah kalah dengan Bali.

Ahmad Zuhri

Jangan percaya, nasi ayam Hainan itu tidak enak, apalagi ikan wang bu liao atau nasi abalon.. karena kita blm pernah merasakan nya hihihi.. Bali secara kenyataan lebih indah, tapi kl kalah promosi, bisa2 nanti 'kalah' juga..

Gregorius Indiarto

"Maka saya memesan nasi ayam hainan itu. Satu ekor sendirian". Bah, brutune ojo di pangan, jarene simbah gak ilok. Ups, salah, Abah kan wes mbah mbah. Ati ati balunge Bah, ngloloti.

Mirza Mirwan

Dari Pengadilan Distrik Manhattan Donald Trump mendapat kabar kemurahan pengadilan banding yang mengurangi besaran jaminan yang diputuskan Hakim Arthur Engoron dulu. "Saya sangat menghormati keputusan pengadilan banding, dan saya akan menaruh jaminan $175 juta dalam bentuk tunai atau obligasi atau sekuritas atau apapun yang diperlukan dalam 10 hari. Terima kasih kepada pengadilan banding yang telah bertindak cepat," tulis Trump di Truth Social -- yang hari ini akan IPO di bursa New York (NYSE). Apakah dalam peradilan banding nanti ada kemungkinan putusan Hakim Engoron akan direvisi? Entahlah. Tapi setidaknya, asalkan putusan perusahaan Trump tak boleh beroperasi di New York dianulir pengadilan banding, Trump masih bisa dibilang "menang". Pun denda sebesar US$354.868.768 -- denda dalam putusan, bukan jaminan yang US$464 juta -- boleh jadi juga berkurang. Kalaupun tidak, ya tinggal nambahi US$175 juta lagi. Benar, memang, bahwa panel hakim di Appelate Division (5 orang) semuanya diusulkan oleh gubernur New York yang Demokrat. Tetapi hukum adalah hukum. Tak boleh dipolitisasi.

Haji Budiyono

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu'alaikum warahmatullahi wb Dialog Keluarga Ayam Anak Ayam: Mak kenapa nama kita hanya satu macam saja ya Mak, tidak seperti manusia begitu banyak nama-nya, ada Udin, Alin, Bagas, Clara dan lain lain, kalau keluarga kita tetap hanya satu Ayam Mak Ayam: Oh jangan khawatir nak kalau sudah mati manusia namanya cuma satu jenazah, tapi kalau keluarga kita mati namanya jadi banyak ada : ayam goreng ,ayam bakar, ayam betutu dll Hikmah nya : Manusia tidak ada harganya jika selama hidup tidak bermanfaat untuk orang lain hanya jadi jenazah saja, beda jika ada dan bermanfaat untuk orang lain pasti ada yang akan dikenang Harimau mati meninggalkan belang , manusia mati meninggalkan nama, rezim ini selesai meninggalkan hutang Wassalamu'alaikum warahmatullahi wb

Ima Lawaru

Kurleb satu bulan ini, saya fokus baca Disway yang saya koleksi di laptop. Disway dari 9 Februari 2018 sampai Disway 9 Februari 2024. Disway Maret 2024 masih saya copas² ke laptop. Belum dibaca. Mengapa saya baca ulang? Agar saya menemukan kesinambungan tulisan² Abah di setiap harinya. Soalnya tulisan Abah itu kalo dibaca loncat² kadang kita nggak ngerti duduk persoalannya. Misalnya kayak tulisan Abah soal demo Hongkong yg berjilid-jilid itu. Karena begitu khusyuknya baca Disway sampe tengah malam, akhirnya saya lupa bangun makan sahur. Mkmkmk

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda