Berhenti dari Media Cetak Lanjutkan ke Online

COWASJP.COMBeberapa tahun terakhir ini banyak media cetak yang gulung tikar. Kalaupun bertahan halaman dan oplahnya berkurang secara drastis. Media-media cetak besar mengalami hal tersebut. Terkait dengan itu jangan ragu untuk berhenti bekerja di media cetak. Lanjutkan ke media online karena prospeknya lebih bagus meski perkembangan belum begitu pesat.

***

Itulah pesan yang saya sampaikan beberapa hari lalu ke salah seorang wartawan senior di media cetak. Orang tersebut masih galau sehingga minta masukan ke saya.

Sebelumnya sekitar 3 minggu lalu teman itu menceritakan kondisi perusahaannya yang makin memprihatinkan. Pemasukan dari iklan makin sedikit. Sedangkan dari penjualan koran tidak bisa diharapkan. Bahkan sering rugi sehingga harus disubsidi.

Karena sudah berkeluarga, maka saya sarankan untuk lebih dulu menceritakan rencana itu ke keluarganya: istri dan anak-anaknya. Tujuannya agar mereka tidak kaget dan memberi dukungan penuh.

Ceritakan alasan memutuskan berhenti dari media cetak dan masa depannya yang mulai redup. Kemudian sampaikan rencana pindah ke media online.

Nikmatnya Bekerja dan Bisnis saat Bersaing

Saya yakin sekali teman itu akan lebih sukses bekerja di media online. Apalagi sudah puluhan tahun kerja di media cetak sehingga semua pengalamannya sangat berharga.

Saya pesankan agar pendiriannya jangan goyah meski diimingi-imingi jabatan yang lebih tinggi dan gaji yang lebih besar di media cetak. Kesenangannya hanya sesaat, paling hitungan bulan. Setelah itu kembali susah.

Meski media online baru bagi dirinya, namun dengan cepat bisa belajar dan menyesuaikan diri. Paling penting sudah banyak pengalaman di jurnalistik.

Menariknya di media online itu teman tersebut mendapat tawaran dengan jabatan tertinggi di redaksi. Sehingga bisa berinovasi dan berimprovisasi untuk memajukan medianya.

koran.jpgBerbagai media cetak top di Indonesia. (FOTO: kompasiana.com)

Tidak perlu khawatir meski media onlinenya baru. Jangan takut bersaing dengan media-media online lainnya yang sudah lama beroperasi. Justru nikmatnya bekerja dan bisnis adalah saat bersaing. Dengan cara yang legal dan optimal berusaha memenangkan persaingan.

Silaturahim Penting untuk Kesinambungan Memperoleh Informasi dan Memajukan Bisnis

Kuncinya yang utama adalah harus yakin. Dibarengi dengan kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas. Jika dilakukan secara konsisten, serius, dan sungguh-sungguh insya ALLAH hasil kerjanya berkualitas.

Sekarang ini adalah era media online. Semuanya serba cepat namun harus tetap memperhatikan akurasi dan kualitas semua informasi yang disajikan. 

Selain itu yang sangat perlu secara konsisten dilaksanakan adalah selalu menjaga, memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan silaturahim. Ini penting sekali untuk kesinambungan memperoleh informasi dan memajukan bisnis media onlinenya.

Sebagai orang pertama di redaksi sebaiknya banyak di luar daripada di kantor. Ketemu sebanyak-banyaknya orang dan melakukan hal-hal yang strategis. Untuk yang teknis serahkan ke jajaran.

Teman tersebut puas dan tambah semangat setelah mendengar semua penjelasan dan saran saya. Dia ingin segera mulai berkiprah di media online.

"Terima kasih banyak Pak Aqua untuk semua nasihatnya. Insya ALLAH saya laksanakan termasuk rajin silaturahim. Segera saya kabari ke bapak perkembangannya. Saya tetap butuh masukan dari bapak," ujarnya dengan semangat.

Semoga teman itu makin sukses di tempat tugas yang baru dan memotivasi teman-temannya yang lain. Aamiin ya robbal aalamiin.(*) 

>>>Dari Graha BNPB Jakarta saya ucapkan selamat memutuskan yang terbaik untuk kemajuan di masa depan. Salam hormat buat keluarga. 21.00 09062020

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda