Bursa Warung

Abdul Muidz alias Aad adalah idola orang Madura yang sukses jadi pengusaha lewat UMKM masuk bursa. (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COM – SEBELUM pemilihan presiden 14 Februari, satu perusahaan UMKM lagi masuk bursa: MPStore. Pemiliknya anak muda asal Madura, Bangkalan. Namanya Abdul Muidz. Umur 36 tahun. Dipanggil Aad.

Saya bertemu dengan Aad kemarin. Di Jakarta. Di acara seminar sekitar 500 anak muda pengusaha, Indonesia Business Outlook 2024 di CGV, Grand Indonesia, Kamis, 25 Januari 2024.

Jenis usaha Aad khas anak muda masa kini: aplikasi. Namanya MPStore tadi.

Sudah lima tahun ia menekuni MPStore. Sudah 600.000 toko yang menggunakan aplikasi MPStore. Karena itu ia merasa sudah saatnya IPO di bursa saham Jakarta.

Meski bisnisnya sangat masa kini, Aad tidak memulainya dari langit. Ia mengawali karir dari seorang canvaser. Salesman. Dari rumah ke rumah. Jualan pulsa salah satu perusahaan telekomunikasi swasta.

Keberhasilannya sebagai tenaga pemasaran di lapangan itulah yang membuat Aad ditarik ke staf di kantor. Lalu jadi manajer. Ia pun tahu seluk-beluk manajemen di perusahaan.

Dari situ Aad merintis pembuatan aplikasi. Itu untuk memudahkan toko dan warung jualan dan kulakan. Terutama agar toko dan warung bisa dapat barang lebih murah: langsung ke grosir.

Kesulitannya: warung dan toko tidak mau membayar di depan. Mereka khawatir barang yang dibeli tidak datang. Kalau datang pun jangan-jangan tidak sesuai.

Sebaliknya pemasok tidak mau kirim barang di depan. Takut tidak dibayar. 

Ada hambatan lain: toko/warung tidak mau jualan dibayar lewat aplikasi. Toko dan warung ingin hari itu juga harus terima uang. Pembelian lewat aplikasi uangnya baru masuk paling cepat keesokan harinya.

Aad berani membayarkan ke toko/warung di hari yang sama. Itulah yang membuat warung dan toko mau jualan pakai barcode. "Saya pernah habis Rp 1,5 miliar sehari," ujar Aad.

Tapi aplikasi MPStore-nya laris. Aad lantas menjalin hubungan dengan bank swasta. Ia minta kredit yang akan dibayar satu hari. Banknya mau. Tapi Aad minta tidak mau pakai bunga. Ia beralasan bahwa yang ia kerjakan itu sebenarnya pekerjaan bank. Berhasil. Bank setuju. MPStore kian berkembang. Sampai bisa mencapai 600.000 lebih sekarang ini.

Aad bukan keturunan pengusaha. Ayahnya, almarhum, adalah politisi –anggota DPRD Bangkalan dari Golkar. Sebenarnya sang ayah minta Aad juga jadi politisi. Aad pilih kerja sebagai orang pemasaran di lapangan. 

Kini Aad tinggal di Surabaya Timur. Rumahnya yang di Bangkalan tetap dipertahankan. Ia orang Bangkalan asli. Lahir, SD, SMA di Bangkalan. Kuliahnya pun di Bangkalan –Universitas Trunojoyo.

"Saya ini Madura Negeri," kelakarnya.

''Madura Negeri'' adalah istilah guyonan untuk orang Madura yang lahir di Madura.

Banyak orang Madura yang lahir di Tapal Kuda (Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Malang). Mereka itulah yang disebut Madura Swasta (Pendalungan).

Begitu banyak orang Madura di Malang sampai ada guyon kalau Madura kelak memisahkan diri dari Jatim maka ibu kota provinsi Madura itu di Malang.

Meski usaha Aad ini sangat masa kini, namun cara memperbesarnya tetap pakai cara lama: lewat canvasing. Untuk bisa mencapai 600.000 itu ia mempekerjakan 20 orang canvaser. Bahkan menjelang IPO ini ia punya 200 tenaga canvaser.

Pengguna MPStore itu mayoritas di Jatim dan Jabar. Yakni di kota-kota level dua, tiga, dan empat. Kota besar seperti Surabaya ia hindari dulu. Di Madura sendiri 15 persen dari 600.000 itu.

Aad saya jadikan contoh sebagai pengusaha baru yang tidak meninggalkan cara lama. Bukan jenis yang bakar-bakar uang. Ia bekerja keras. Berkeringat. Bergerak di lapangan. 

Pun gaya hidupnya: tetap sederhana. Efisien.

Kalau pun IPO-nya nanti sukses meraih dana Rp 80 miliar, uang itu akan sepenuhnya untuk ekspansi. Pasar modal tentu senang dengan model manajemen seperti Aad itu.

Orang Madura sukses jadi pengusaha bukan baru Aad. Tapi yang lewat UMKM masuk bursa Aad-lah idola orang Madura.

Warung itu skala bisnisnya begitu kecil. Tapi aplikasi bisa membuatnya terlihat amat besar. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 25 Januari 2024: Jarak Dekat

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

FILM PERANG VIETNAM.. Dulu, saya suka nonton film perang, khususnya film buatan Hollywood. Rasanya film Hollywood selalu ruar biasa. Ceritanya, akting bintangnya, efek dan teknis filmnya. Apalagi kalau udah ceritera tentang 'pasukan khusus'. Lebih khusus adalah film perang 'Vietnam'. Empat orang bisa mengalahkan dan membunuh empat puluh orang. Dengan tangan kosong. Atau dengan 'kecerdikan'. Atau 'kecerdasan'. Ternyata, semua hanya 'ilusi'. Kenyataannya, Amerika kalah di Vietnam. ### Perang Israel vs Palestina, kalau liat 'model dan cara perangnya', kayaknya nanti akan berakhir sama dengan perang Vietnam.

Liáng - βιολί ζήτα

iseng-iseng saja Banyak negara besar "berkepentingan" dalam pemilu yang akan datang, khususnya pemilihan Presiden Indonesia. Yang menarik untuk diamati dari penelitian "Virdika Rizky Utama (peneliti di lembaga think tank PARA Syndicate - Jakarta)" yang dimuat di : https://asia.nikkei.com U.S.-and-China-loom-in-background-of-Indonesia-s-presidential-race adalah manuver politik Amerika Serikat yang nampak lebih elegan. Tidak seperti pemilu lainnya yang sudah-sudah di berbagai belahan dunia, dimana Amerika Serikat sepertinya menerapkan kebijakan "Yes or No". "Yes" - maka Amerika Serikat akan memberikan dukungan maksimal terhadap calon presiden yang pro Amerika Serikat. Dan apabila "No" - maka berbagai upaya akan dilakukan Amerika Serikat supaya calon presiden tersebut gagal dalam pemilihan presiden. Seperti yang sudah-sudah di berbagai belahan dunia lainnya, Amerika Serikat mungkin tidak akan segan-segan melakukan "operasi senyap via CIA" untuk merusak dan menjatuhkan reputasi calon presiden yang "No" di mata Amerika Serikat tersebut. Sejauh ini, menurut pendapat saya pribadi, Amerika Serikat "bermain sangat cantik" menjelang pemilihan Presiden Indonesia - 14 February 2024 yang akan datang.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

PURA-PURA PERDEBATAN DI SIDANG DEWAN KEAMANAN PBB.. AS: Perang itu harusnya ada aturannya.. Selama ini, Hamas perangnya ngawur.. IND: Ngawur bagaimana ..? AS: Masak perang kok pakai sembunyi di terowongan.. IND: Israel juga ngawur perangnya. Mengejar 1 orang Hamas kok yang di bom, seluruh jalan di gedung itu. Lagi pula, pilotnya juga 'sembunyi' di atas pesawat.. RUS: Bagaimana kalau nanti jam 15.00 setelah selesai perang-perangan, kita rundingan tentang 'peraturan perang' di kantin Bu Ngatinah.. ### Ssst.. Latihan perang-perangan. SD Keputran III. AS: Agus Suryono. IND: Indra. RUS: Rusmono.

Bahtiar HS

Pertempuran Jarak Dekat (PJD) pada akhirnya bisa berwujud duel satu lawan satu--bahkan mkn dg tangan kosong. Karena itu, dalam PJD jumlah pasukan dan kelengkapan peralatan perang sangat menentukan. Di atas kertas, jumlah pasukan zionis Israel (IDF) 169.500 orang dg 126.000 di antaranya tentara asli. Di samping itu, IDF punya tentara cadangan 400.000, di mana 360.000 di antaranya sudah dilibatkan dalam perang lawan Hamas ini. Mrk jg punya 1300 tank dan kendaraan lapis baja, serta 345 jet tempur. Blm kecanggihan teknologi militer lainnya yg mrk miliki. Blm lg dukungan dana bantuan militer AS $3,8 miliar (Rp59,7 T) per TAHUN! Smtr Hamas hanya punya 15 ribu sd 40 rb tentara. Senjata2 mereka banyak buatan lokal. Perlengkapan militer yang minim dan terbatas. Hampir tidak ada data lengkap tentang apa yg mrk miliki utk sebuah perang. Jadi secara jumlah, Israel vs Hamas = 9 tentara IDF vs 1 tentara Hamas. Kalau melibatkan tentara cadangan lawan 40 rb tentara Hamas menjadi 12 Israel vs 1 Hamas. Di atas kertas, Hamas pastilah keok. Tp kenyataannya tidak. Sejarah mencatat betapa banyak pasukan kecil mampu mengalahkan pasukan yg lebih banyak dan unggul persenjataan. Perang Badar, Uhud, Khandaq, Mu'tah, Qadisiyah dll. Bahkan dlm Perang Mu'tah, 3ribu muslimin melawan 100rb tentara Romawi (Ibn Ishaq malah menyebut 200rb dg sekutu Romawi). 3rb itu mampu mengimbangi, meski tdk mengalahkan. Dan yg gugur hanya 12 sahabat! Jd tdk usah heran jk Hamas mampu bertahan PJD dg Israhell > 3 bln!

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

MACAM-MACAM PERANG JAMAN SEKARANG.. 1). Perang Jarak Dekat: perang yang antar pihak berjarak antara 0 sampai 200 meter. Senjata yang digunakan adalah: ketapel, panah, pisau, pedang, celurit, senjata api ringan, RPG. Perang jenis ini disukai oleh hampir semua 'pasukan gerilya'. Khususnya: Palestina, Vietnam dan Indonesia. Umumnya perang jenis ini lawannya adalah tentara modern. Dan di akhir episode, tentara modern merasa capek, dan akhirnya mundur dari gelanggang. 2). Perang Jarak Menengah: perang yang antar pihak berjarak antara 200 meter sampai 200 kilometer. Senjata yang digunakan sudah lebih modern, antara lain: Panah, RPG, Drone, Rudal. Perang jenis ini pernah terjadi antara lain di Ukraina. Kemungkinan menang: Belum diketahui. 3). Perang Jarak Jauh: perang yang antar para pihak berjarak lebih dari 200 kilometer. Senjata yang digunakan: Drone, Rudal, Nuklir. Di masa lalu, perang jenis ini selalu dimenangkan oleh negara yang memiliki senjata dan teknologi nuklir. Di masa depan, perang jenis ini akan menyebabkan: "Pa da ja ya nya". "Ma ga ba ta nga". Maksudnya: a). Di awal, semua "pada jayanya" (semua jaya). b). Di akhir, semua "magabatanga" (semua mati)

Mirza Mirwan

Tadi pagi sudah saya putuskan untuk mengirim satu komentar saja. Sebab saya yakin CHD tentang "dedreg" Israel vs Hamas pasti akan menangguk banyak komentar -- kan sering ada yang "menuntut" Pak DI menuliskannya. Tetapi, eh, ternyata hingga saya balik jamaah Ashar dari masjid jumlah komentar belum genap 100. Mungkinkah karena pada kesulitan login? Kembali ke soal Perang Israel-Hamas. Seperti halnya Perang Rusia-Ukraina, Perang Israel-Hamas ini ada peran Joe Biden sebagai orang yang menyiramkan bensin ke api. Dulu itu, kalau saja Biden tidak menjatuhkan sangsi ke Rusia gegara mengakui kedaulatan Donetsk dan Luhansk, mungkin tentara Rusia yang disiapkan di perbatasan tidak diperintahkan untuk merangsek ke Ukraina. Begitupun dengan Israel. Kalau saja gegara serangan meniadakan Hamas 7 Oktober 2023 dulu Biden tidak serta-merta bilang mendukung Israel utk membalas serangan itu, barangkali Israel tak akan jemawa seperti sekarang. "We stand with Israel and its defense against these attacks," kata Biden waktu itu. Dan itu benar-benar blunder. Setelah 3,5 bulan berlangsung, Biden tak bisa lagi mengendalikan Netanyahu. Dalam kampanye di beberapa kota New Hampshire, Biden sering diinterupsi dengan seruan untuk mengambil langkah menghentikan genosida di Gaza. Bahkan ada yang berteriak memanggilnya dengan "Genocide Joe!".

Leong Putu

Hari ini jadwal mobil sampah datang untuk mengangkut sampah. Ketika sampah dalam bak sampah plastik telah saya tuang habis ke dalam bak mobil, nampak bak sampah kotor dan becek karna air hujan, seketika saya hentakkan bibir bak sampah tersebut ke halaman paving. Loooh ternyata banyak belatungnya. Paving yang panas membuat ratusan belatung itu tampak meronta - ronta, mungkin karna kepanasan. Sejurus kemudian ada yang tak bergerak lagi, mungkin sudah mati. Sejenak sempat saya menyesal dan kasihan tapi langsung saya ingat : nanti kalau saya nanti mati, saudara sebangsa dari belatung - belatung itulah yang akan memakan habis tubuh saya yang sudah jadi mayat. Dan rasa kasihan saya berubah jadi marah dan berkata dalam hati "syukuriiiiiin!'. Lalu saya tinggalkan. Sehebat, sekaya, seganteng, secantik, semiskin apapun kita saat ini, situasinya bakal sama : mayat kita sama-sama bakal dimakan belatung. Note : tidak berlaku bagi yang mayatnya dikremasi/dibakar. Tapi, eh tapi...dineraka katanya ada cerita, selain api yang tak padam juga ada ulat yang tak mati-mati.

Rizal Falih

Alhamdulillah, puji syukur kepada Yang Maha Kuasa, hari ini dapat tahta pertamax. Wkwk. berasa dapat anugerah apa. Plong rasanya kalau tulisan Abah sudah tayang, berarti beliau sehat. Jika tulisan telat tayang, kadang khawatir juga, jangan-jangan.. Dalam rangka berburu komentar pertama, sebagai kompetitor: Bung Lagaranze 1301, Pak M. Zainal Arifin, Kang Sabar Ikhlas dan perusuh yang lain. Tapi hari ini sepertinya pada kesiangan, akibat tidur kemalaman setelah menonton Timnas Indonesia kalah 3-1 dari Jepang. Tapi meskipun kalah, perjuangan mereka layak diapresiasi. Seperti para pejuang Hamas yang bertarung sampai titik darah terakhir. Mempertahankan sejengkal tanah air mereka tercinta. Seperti yang pernah saya tulis di komentar sebelumnya. Aktifitas bangun pagi ini, sedang saya usahakan untuk terus dilakukan. Dalam rangka terapi pengobatan. Mencoba membiasakan mandi pagi sebelum waktu subuh tiba. Lalu pergi ke mesjid untuk sholat subuh berjamaah. Berat sekali. Seperti yang sudah diketahui oleh seorang muslim, ada Hadits Nabi yang berbunyi "Shalat terberat bagi orang munafik adalah sholat Isya dan Subuh berjamaah di masjid. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak. ( HR. Ahmad). Bukan karena ingin riya. Menulis di kolom komentar, hanya sebagai pengingat kepada diri sendiri saja. Untuk terus konsisten hidup sehat, berusaha untuk menyeimbangkan aktifitas dunia dan ahirat. Semoga saja.

AnalisAsalAsalan

@Koh LT Biar ga salah paham tentang takdir, saya beri penjelasan sederhana. Apa yang sudah terjadi disebut takdir. Contoh: ada orang meninggal, itu takdir. Maka, yang dibahas bukan meninggalnya, tetapi proses menuju meninggal (mengapa dia meninggal). O, dia dibunuh. Nah, pembunuhan ini yang dibahas. Maka, ga bisa seorang pembunuh bilang ke hakim, "Pak Hakim, dia mati karena sudah takdir, maka bebaskan saya." *** Contoh lain: ada orang miskin, itu takdir karena sudah terjadi. Maka, yang dibahas adalah mengapa dia miskin? O, dia miskin karena ga punya keterampilan, sehingga ga bisa buka usaha maupun melamar kerja. Berarti keterampilannya ditingkatkan (upskilling) atau ganti keterampilan lain yang lebih banyak dibutuhkan (reskilling).

Joko Riyanto

--o-- Kebencian tidak bisa diatasi dengan kebencian. Kebencian harus dibalas dengan kasih. Demikianlah adanya. Lantai yang kotor harus dibersihkan dengan air yang bersih. Tidak ada jalan lain. Benci dibalas benci hanya akan melipatkan kebencian. Benci dibalas cinta, akan meningkatkan Anda sebagai insan ilahi. Anda terangkat, yang membenci Anda akan luluh, lalu sadar, lalu akan terangkat pula. ... --0--

yoming AFuadi

Dua hari buka chdi pakai mozilla lite lancar jaya langsung masuk kolom komentar tanpa login. Hari ketiga sdh gak bisa login, akhirnya pasang yg mozilla aslinya tanpa ada embel2 lite, dan sekarang bisa login kembali meski diulang beberapa kali. Kalau memang login disway itu susah adalah takdir, maka usaha yg kami temukan saat ini adalah dengan mengganti browser sampai ketemu link login. Entah sampai kapan hal ini akan berlangsung. Silahken ditafsirkan sampai kapan kondisi seperti ini akan berlangsung.

thamrindahlan

Selamat pagi. Abah oh Abah saya menuggu kosa kata Jihad ditulisan hari ini. Jihad itulah semangat pantang mundur Geriliawan Hamas. Mereka melawan berdasarkan ke Iman an Berjuang melawan kedzaliman melampui batas nilai nilai peri kemanusiaan. Tentara Israel modalnya apa ? lama lama mereka akan rontok , hanya menunggu waktu. Rakyat Palestina sudah terbiasa Jihad. Sejak kecil mereka berada dalam kondisi perang. Lihat saja anak anak di Palestia tidak ada sedikitpun rasa takut. Allah Akbar bersebab keyakinan tertanam didada bahwa kehidupan ini bukan hanya di dunia saja. Baiklah awak berpantun debat saja sembari menunggu CHDi membuni dinegeri sendiri Retak dinding rumah pejabat/ Akal akalan mandor bangunan/ Pemirsa merinding lihat debat/ Adab sopan santun diabaikan / Salamsalaman

Mirza Mirwan

RPG, Rocket-Propelled Grenade (granat berpeluncur roket), adalah senjata andalan Hamas. Itu senjata buatan Rusia. Dari zaman PLO, kebanyakan senjata mereka memang buatan Rusia, terutama waktu itu senapan Kalashnikov. Dalam pemberitaan tak disebutkan jenis RPG yang digunakan Hamas. Juga tak disebutkan jenis tank yang digunakan Israel. Tetapi bila tembakan RPG bisa menghancurkan tank Israel, setidaknya pasti RPG-29. Adapun tank yang digunakan Israel mungkin Merkava III atau IV. Walaupun bukan RPG tercanggih, seperti RPG-30 dan RPG-32 (seperti yang digunakan Rusia di Ukraina), RPG-29 itu bahkan bisa mengalahkan tank Challenger-2 buatan Inggris dan MI Abrams buatan AS zaman Perang Teluk dulu itu. Bahkan bisa menghancurkan dinding beton setebal 1500mm. Jangkauan efektifnya antara 500-800m. Sampai kapan perang Israel-Hamas akan berlangsung? Bagi Bibi: sampai Israel menang, tak peduli berapapun warga sipil di Gaza yang akan jadi korban. Rabu kemarin sekitar 5000 warga Israel menutup Ayalon Highway, jalan raya terlebar di Tel Aviv. Juga jalan Kaplan dan Jalan Hashalom. Berita terbaru Ayalon Highway sudah dibuka, tetapi tidak i Hashalom. Tuntutan mereka sederhana: segera akhiri perang, bebaskan semua sandera lewat pertukaran dengan warga Palestina di penjara Israel.

Handoko Luwanto

Jurnal Prusuh Disway Edisi: Doktor Malam (Rab,24-01-2024) 

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] 

#1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;26) 

#2.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (9;949)★★⚽️ [9:2] 

#3.Ahmad Zuhri (3;20) [2:1] 

#4.AnalisAsalAsalan (5;383) [3:0] 

#5.Azza Lutfi (1;11) [0:1] 

#6.DeniK (1;6) 

#7.didik sudjarwo (1;17) 

#8.djokoLodang (8;1260)★★★★⭐️ [1:0] 

#9.doni wj (3;445)★ [0:3] 

#10.dwi s (1;13) [0:1] 

#11.Echa Yeni (4;58) [1:0] 

#12.Fa Za (2;48) [0:1] 

#13.Farwadi Barma (1;35)✏️ [1:0] 

#14.Fiona Handoko (5;177)★ [2:3] 

#15.Gregorius Indiarto (5;223)★ [0:3] 

#16.Handoko Luwanto (4;264)★ [0:2] 

#17.Hari Purwanto (1;231) [3:0] 

#18.Jimmy Marta (3;113) [4:1] 

#19.Jo Neca (11;209) [3:7] 

#20.Jokosp Sp (1;182)★ 

#21.Juve Zhang (5;491)★ [4:1] 

#22.Kang Sabarikhlas (1;60) 

#23.Lagarenze 1301 (8;555)★★★★⭐️⏰ [3:0] 

#24.Legeg Sunda (2;11) [0:1] 

#25.Leong Putu (4;76) [1:3] 

#26.Liam Then (8;266)★ [1:7] 

#27.Liáng - βιολί ζήτα (6;909)★ [1:0] 

#28.Lukman Nugroho (1;71) [2:0] 

#29.M.Zainal Arifin (5;27) [0:3] 

#30.Mada Suradi New (2;44)✏️ 

#31.Mbah Mars (5;126)★★ [4:2] 

#32.Mirza Mirwan (4;561)★★★ [2:0] 

#33.Muh Nursalim (1;74) [1:0] 

#34.MULIYANTO KRISTA (17;197)✒️⚾️ [8:11] 

#35.Nimas Mumtazah (5;114) [0:3] 

#36.nur cahyono (1;4) 

#37.Parikesit (3;43) [2:0] 

#38.Rihlatul Ulfa (1;117)★ 

#39.Rizal Falih (2;136)★ 

#40.Saiful Ahmad (5;299)★ [2:0]

thamrindahlan

@JZ perang 3 bulan korban tak berdosa tak terbilang. Tadinya awak putus asa bersebab tidak memiliki kemampuan apalagi wewenang menghentikan peran Palestina Israel. Cuma bisa berdoa.Entah kepada siapa lagi tokoh dunia bisa mendamaikan. Ide JZ briliyant dalam bentuk " gertakan " ke Israel. Bagaimana reaksi nya. Masalahnya apakah ide ini Melalui literasi mbah google bisa sampai ke UNO. Salam damai hindari korban.

djokoLodang

--o-- Apa arti berada di sebelah kiri dan berada di sebelah kanan? (Lao Tse, Tao Te Ching 31) Tangan kiri Anda berkaitan dengan otak sebelah kanan. Sebaliknya tangan kanan berkaitan dengan otak sebelah kiri. Otak kanan berhubungan dengan rasa, intuisi, nurani. Otak kiri mengendalikan logika, sains, dsb. Hendaknya cara bertindak kita, tidak semata-mata berdasarkan logika dan sains. Harus dikendalikan oleh rasa, intuisi, nurani. (Misalnya, dalam berdangang tidak memikirkan keuntungan sendiri saja. Rekan dagang pun harus ikut menikmati keuntungan. Contoh-contoh yang lain, Anda lebih tahu) Itu lah makna yang terlihat pada patung Buddha, Shiva, yg sedang duduk bersila, tangan kiri berada di atas tangan kanan. Begitu pula posisi tangan kiri dan tangan kita saat berdiri dalam sholat: tangan kiri lebih dekat ke badan daripada tangan kanan. Serupa juga dengan posisi tangan kiri dan kanan orang China saat menyoja. Sesungguhnya, intisari ajaran Lao Tze, Buddha, Shiva, Jesus, Muhammad, semuanya sama. --0–

rid kc

Israil dak akan menang. Perang jarak dekat memang sudah direncanakan oleh Hamas. Inilah keahlian pejuang Hamas. Perang jarak dekat tidak memerlukan senjata canggih. Cukup senapan dan rpg. Tank, pesawat tempur tidak ada gunanya. Semoga Palestina segera merdeka

Lagarenze 1301

Entah mengapa saya kok suka sekali nonton film perang. Peringkat atas dari list saya tentu saja "Band of Brothers", miniseri 10 episode yang tak membosankan ditonton dua-tiga kali. Setelah itu ada beberapa film layar lebar yang pasti juga disukai banyak orang dan sering diputar ulang di TV. Di antaranya, "Pearl Harbour", "Black Hawk Down", "Americsn Sniper", hingga "13 Hours". Dan berapa lainnya. Membaca CHD hari ini tentang perang kota (urban warfare) di Gaza antara Hamas dengan Isreal, saya teringat pernah membaca ada film Indonesia yang sedang dibuat dengan judul sama. Diadaptasi dari novel Mochtar Lubis, "Jalan Tak Ada Ujung". Mungkin judulnya saja seperti film perang dan mengambil setting pasca kemerdekaan. Karena setahu saya, novel Mochtar Lubis itu bercerita tentang misi guru Isa membunuh jenderal Belanda dan dibumbui kisah perselingkuhan istri guru Isa dengan sahabatnya. Entah kapan film "Perang Kota" yang kabarnya dibiayai empat negara dan dibintangi Chicco Jerikho dan Ariel Tatum itu tayang di bioskop.

yea aina

Pencarian 132 orang warga negaranya, jadi alasan "pendudukan" wilayah Palestina oleh israeli dalam perang 3,5 bulan ini. Hamas terus menerus didesak agar membebaskan sandera atau siap mengalami invasi ke wilayah Palestina akan terus dilanjutkan. Nilai strategis mempertahankan sandera jadi dalih pembenaran perang tetap berlangsung. Entah sampai kapan? Kalau di sini, tidak sedikit, para pemegang jabatan dan kekuasaan, tersandera "kasus" yang berpotensi dibawa ke ranah hukum. Publikasi yang menyebut presiden memegang data intelejen, layaknya " ancaman" kepada semua pemegang kekuasaan lainnya untuk "manut" sejalan apa yang dimauinya. Mungkin pembangkangan akan dianggap perlawanan. Apalagi jika mengajukan pengunduran diri di masa genting sekarang. Bisa-bisa berpotensi jadi bola salju pemakzulan terhadap pemegang data intelejen. Pun butuh prosedur tatanegara dan waktu bertele-tele.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Dua orang Israel naik pesawat. Yang satu duduk di kursi dekat jendela, yang lain di kursi tengah. Tepat sebelum lepas landas, seorang pria Arab naik dan duduk di sebelah orang Israel. Dia melepas sepatunya, menggoyangkan jari kakinya, dan baru saja duduk, orang Israel yang duduk di dekat jendela berkata, “Saya pikir saya akan mengambil minuman bersoda.” Karena duduk paling luar, orang Arab itu tahu diri. “Tidak masalah,” katanya, “tetaplah di sana, saya akan mengambilkannya untukmu.” Ketika dia pergi, orang Israel itu mengambil sepatu orang Arab dan meludahinya. Ketika orang Arab kembali dengan membawa Coke, orang Israel satunya lagi berkata, "Itu terlihat bagus. Saya pikir saya menginginkannya juga.” Sekali lagi, orang Arab dengan terpaksa pergi mengambilnya, dan ketika dia pergi, orang Israel itu mengambil sepatu yang sebelah dan meludahinya juga. Orang Arab itu kembali dengan membawa Coke, lalu mereka pun semua duduk santai dan menikmati penerbangan singkat ke New York. Saat pesawat mendarat, orang Arab itu memakai sepatunya dan langsung tahu apa yang terjadi. “Berapa lama hal ini harus berlangsung?” dia bertanya. “Permusuhan antara rakyat kita... kebencian ini... permusuhan ini... terus terjadi. Seperti sekarang, kita saling meludahi sepatu dan kencing di minuman bersoda?”

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda