Di Tengah Badai Pandemi

Alumni SMAN I Cicalengka Berbagi Sembako

Asep Taufiq, salah seorang panitia BBM IKA Global saat membagikan paket sembako kepada warga yang kurang mampu pada hari Kamis (14/05/2020) (Foto-Foto: Panitia BBM IKA Global 2020)

COWASJP.COM – Maraknya pandemi Covid-19 sejak Februari 2020 lalu hingga kini, kurang lebih 3 bulan sudah. Entah kapan akan berakhir.

Banyak sekali warga lingkungan di sekitar kita yang terkena dampak. Banyak yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Banyak hotel, resto, salon dan lain-lain terpaksa ditutup. Banyak pula usaha perorangan nyaris tidak bisa bertahan. Stigma negatif pun bermunculan di mana-mana. 

BACA JUGA: Cinta Pertamaku​

Di tengah situasi yang redup inilah IKA Global Chexo, (Ikatan Keluarga Alumni SMAN 1 Cicalengka, Bandung-Jabar (Jawa Barat) bergerak untuk berbagi. Peduli kasih terhadap fakir miskin, kaum dhuafa, yatim piatu di lingkungan yang ada sekitar sekolah dan para alumninya yang kurang beruntung. 

PANITIA.jpgKesibukan panitia BBM IKA Global 2020.

Tahun ini IKA kembali menjalankan program mulianya, yaitu BBM (Berbagi di Bulan Mulia) yang ke delapan kalinya di tahun 2020 ini.

Sampai 15 Mei 2020 sebanyak 176 paket sembako yang dibagikan. Dana yang terkumpul Rp 19 juta dari donatur-donatur alumni SMAN 1 Cicalengka. Dana tersebut kita bagi, 17 Juta untuk paket sembako BBM sedangkan yang Rp 2 juta akan digunakan untuk membantu korban kebakaran di sekitar wilayah SMAN 1 cicalengka.

''Dua tahun (2018 dan 2019) kita tidak ada program BBM. Karena waktu itu kita fokus untuk perluasan Masjid Al Jihad yang ada di lingkungan sekolah SMAN I Cicalengka,'' ujar Tien Agustini, salah satu panitia BBM dan pengurus IKA .

CHEXO1.jpgYATIM PIATU: Diana oktavia saat menerima paket sembako dari BBM IKA Global 2020.

Bertempat di kampus Chexo Bandung, IKA Global  beranggotakan 224 orang ini. Didirikan tahun 2011, tepatnya 25 Desember 2011. Tujuan semula hanyalah sangat sederhana, yakni untuk menjadi jembatan alumni tiap angkatan.

"Dulu ide didirikannya IKA itu dari Abah Pilsopa dan Tuti Trimurti (almarhumah) lulusan 72. Tujuannya hanya menjadi jembatan tiap angkatan untuk bersilaturahim. Tidak muluk-muluk," cerita Tien .

Abah Pilsopa sendiri salah seorang sesepuh berdirinya IKA,  mengatakan, sebenarnya almarhumah Tuti Trimurti sangat berperan sekali terbentuknya IKA Global.

''Almarhumah Tuti Trimurti itu lulusan 72. Beliau ini sangat mengayomi dan sangat berperan sebagai ibu dalam mengasuh,'' katanya.

Seiring bergulirnya waktu semakin berkembang pula anggota dan "program kerja" IKA yang beralamat di Jalan Haji Darhm no. 349, Cicalengka, Bandung.

CHEXO.jpg2.jpg3.jpg

Dengan penuh semangat para anggota bahu membahu  mengumpulkan dana guna membantu sesama, terutama para alumni yang terkena dampak langsung dari Covid-19 ini . Alumni yang disantuni mulai angkatan 74, 80, 83, sampai (19)91.

Program BBM Global IKA lainnya membantu orang-orang yang tidak mampu: kaum dhuafa, yatim piatu, janda-janda tua yang ada di lingkungan sekitar sekolah, maupun di luar sekolah. Program BBM kali pertama yakni dilaksanakan pada tahun 2012. 

IKA saat ini diketuai oleh Didik Rohendi angkatan 1988. "BBM adalah program kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan IKA Chexo SMAN Cicalengka. BBM adalah program pengurus IKA untuk mengajak seluruh anggota IKA peduli terhadap lingkungan, seperti yang kami lakukan sekarang," kata Didik Rohendi.

pantiasihan.jpgTampak kecerian anak anak Yatim di wilayah cicalengka Wetan saat menerima BBM IKA Global 2020, Jumat (15/05/2020).

 Mulai Kamis, 14 Mei 2020 IKA membagikan paket sembako yang dananya digalang dari para alumni IKA Global.

Pelaksanaan pembagian paket sembako, rencananya akan dilakukan selama tiga hari: 14, 15 dan 16 Mei 2020.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan massa, panitia akan membagikan paket sembako  dengan bijak. "Yakni dengan cara bertahap. Tiga hari," ujar Irwan saat mendampingi Asep Taufiq, panitia BBM.

Banyak berbagi, banyak peduli di tengah pandemi.

Berjayalah Ika Global Chexo. Berbuat mulia akan menghasilkan sesuatu yang mulia jua. (*)

Penulis: Ahmad Sukmana, anggota Cowas JP.

Pewarta : Ahmad Sukmana
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda