Laporan Okky dari Portugal (46)

Mau Aman? Pesta Kembang Api di Malam Pergantian Tahun Dilakukan oleh Pemerintah

Suasana malam Wonderland Lisboa. (FOTO: Okky Putri Prastuti)

COWASJP.COM – Selamat Tahun Baruuuu….. Happy New Year……. Feliz Ano Novo…… 3 Bahasa familiar yang didengar di awal Tahun 2024. 

Kembang api, berkumpul dengan keluarga atau teman, dan menyiapkan hidangan spesial menyambut tahun baru adalah kegiatan yang umumnya dilakukan. Pawai di jalan menggunakan terompet adalah salah satu tradisi di Indonesia. Namun sejak pandemi kegiatan tersebut sudah tidak ada lagi. Orang berkerumun di satu tempat dilarang. 

Ini tahun ke-2 DoubleZ (dua anak laki penulis: Zirco dan Zygmund) menikmati tahun baru di Portugal. Dan ke-3 kalinya di Eropa. Yang pertama di Swiss. 

Bagaimana suasana Tahun Baru di Portugal?

Akhir Desember sudah memasuki musim dingin. Meskipun sejak awal Desember sudah mulai dingin, namun secara official musim gugur pindah ke musim dingin adalah pada tanggal 25 Desember. Ya, saat Christmas. Hujan sudah mulai turun, kadang seharian, kadang cuma sebentar. 

Kalau matahari terbit sudah pasti dimanfaatkan untuk jalan-jalan. Menikmati Christmas Market. Tetap memakai jaket tebal karena suhu ada di sekitar 10 – 14 derajat Celcius. 

Baik di Indonesia maupun Portugal sama-sama sedang musim liburan sekolah. Banyak dimanfaatkan para orang tua untuk cuti karena ingin mengajak anaknya liburan. 

Paling cuti 2 – 3 hari sudah cukup. Cukup mendapat pertanyaan dari bos di kantor karena dianggap cuti terlalu lama. Di Indonesia cuti terlalu lama seperti dianggap tabu. Karakteristik karyawan di Indonesia adalah pekerja keras, hehe. Mau cuti pun laptop tetap harus dibawa. Panggilan telepon juga bisa sewaktu-waktu. Layaknya kantor akan meledak saja kalau email kerjaan tidak segera dibalas. 

oky1.jpgKumpul-kumpul menyambut Tahun Baru 2024.( FOTO: Okky Putri Prastuti)

Di Eropa sudah menjadi hal yang biasa, mengambil cuti full selama 2 minggu untuk kembali pulang ke kampung halaman atau mempersiapkan Christmas dan Tahun Baru. Papi Fariz mengambil cuti 5 hari. Tapi karena ada tambahan Sabtu dan Minggu dan juga tanggal merah ( 1 dan 2 Januari 2024) jadi serasa libuuuur panjang. Yeeeey !! 

Tapi kami tidak pergi ke mana-mana, hanya jalan-jalan di dalam kota Lisbon saja. Selama liburan sama sekali tidak buka laptop, cek email, dan terima telepon. 

Para rekan kerja menghargai dan menghormati penuh rekan kerja yang sedang ambil cuti.

Destinasi yang dikunjungi pertama pasti mall. Haha. Bukan untuk shopping, tapi untuk hunting wahana mainan gratis untuk anak-anak. 

Beberapa mall menyediakan wahana permainan seperti mini ferris wheel, mini kereta, dan mini carrousel. Gratis tanpa dipungut biaya sama sekali dan bebas naik beberapa kali. Ini adalah kesempatan buat DoubleZ untuk menikmati. Wajah riang sudah pasti terpancarkan dari raut wajah mereka. Tak terlupa wajah riang dari mami juga doong. Karena aman di kantong.

Kemudian saat hari cerah, dipilihlah Cascais Christmas Village. Letaknya ada di daerah rumah kami. Meskipun harus menempuh jarak hampir 20 kilometer terlebih dahulu. 

Cascais Christmas Village ada di pusat kota Cascais. Sedangkan tempat tinggal kami ada di pinggiran Cascais. Dibandrol tiket masuk sebesar 10 euro (Rp. 169.000) per orang. Ada banyak sekali wahana permainan anak-anak yang sudah all in dengan tiket. Carrousel, Ferris Wheel mini, kereta, trampoline, cat wajah, mainan playground, foto dengan santa, dkk. Kecuali wahana Ice Skating dan Ice Sliding perlu membayar lagi 6 euro (Rp. 101.000) dan 3 euro (Rp.50.500). 

oky2.jpgNaik wahana mobil-mobilan di Lisbon. (FOTO: Okky Putri Prastuti)

Lega sudah Zirco bisa naik kedua wahana tersebut tanpa banyak antrian. Kala itu kami datang di waktu yang tepat, belum terlalu banyak pengunjung.

Tradisi malam tahun baru kali ini seperti biasa telah disiapkan hidangan ala Swiss. Bagi kawan pembaca yang telah mengikuti perjalanan hidup kami di Swiss pasti sudah tak asing lagi dengan Fondue Cheese dan Raclette Cheese. 

Yes, betul sekali. Makanan khas Swiss selama musim dingin. Kami tidak akan pergi ke mana-mana pada malam tahun baru. Karena tidak ingin bermacet-macetan di jalan dan terlebih lagi ingin menjadi momen family time. Sehingga saat anak sudah mulai merantau nantinya, mereka akan pulang untuk selalu menikmati keju hangat di rumah.

Raclette Cheese menjadi pilihan tahun ini. Keju berbentuk lembaran kotak dilelehkan di bawah panas api. Setelah keju meleleh bisa langsung disantap dengan hangat. Pendamping raclette ada kentang rebus, roti, tomat, jagung, jamur, sosis, ayam ham, dan grill daging. Nikmat sekali. Masya Allah. 

Kami mengundang teman Indonesia yang tinggal di sini (Portugal) juga. Keluarga Mbak Roya dan Mbak Rindu. Selain Raclette Cheese juga ada special menu Jawa Timur-an. Yaitu lontong sayur manisa. 

Untuk minuman hangat di siang hari ada teh Pakistan. Sedangkan untuk makanan pembuka bisa pilih samosa atau mie goreng buatan Mbak Rindu. Ice cream dan buah melon dipilih sebagai dessert. Ice cream sudah ditunggu oleh anak-anak pastinya.

Di pergantian tahun ini Zirco sengaja ingin melekan atau bergadang sampai jam 24.00. Dia tidak ingin melewatkan momen jedar jedur kembang api. 

Pemandangan dari balkon kami langsung bisa melihat lautan. Di sepanjang pantai Cascais disediakan acara menikmati Tahun Baru. Ribuan kembang api telah disiapkan oleh pemerintah untuk dinikmati oleh para warga dengan gratis. Mantab bukan. 

Pada jam 24.00 atau 00.00 1 Januari 2024 teng langsung bergegas memakai jaket untuk melihat di balkoni. Karena dingin moms jadi harus pakai jaket. 

oky3.jpgNaik mini roda 3x di Cascais Christmas Village. ( FOTO: Okky Putri Prastuti)

Selama 15 menit kembang api terus ditembakkan ke langit. Dengan warna-warni yang cantik. Ternyata oh ternyata ada 3 warga yang juga menyalakan kembang api di area taman depan rumah. Jadi tambah semarak deh.

By the way, di Portugal, kembang api tidak dijual secara bebas. Tidak bisa ditemukan di supermarket baik supermarket besar sekali pun. Menurut info yang didapatkan tidak bisa sembarang orang membeli kembang api. Berbeda dengan di Indonesia. Di pasar, warung, dan supermarket menjual bebas kembang api. 

Apakah sekarang masih seperti itu juga kawan pembaca?

Orang yang membeli kembang api harus mempunya lisensi tertentu. Ada website khusus untuk membeli kembang api, namanya fireworksstore.pt. Di sana tersedia berbagai macam katalog jenis kembang api. Tetapi tidak dicantumkan harganya. Untuk membeli harus login membuat akun terlebih dahulu. Ada kontak WA juga yang bisa dihubungi. 

Jadi kita tidak tahu nih kawan pembaca berapa kisaran harga kembang api di Portugal. Belasan tahun yang lalu ada insiden kebakaran saat menyalakan kembang api di musim panas. Sejak saat itu apabila ada yang menyalakan kembang api saat musim panas bisa ditangkap polisi. Daripada ruwet mending menyaksikan parade kembang api secara gratis yang sudah disiapkan oleh pemerintah saja lah ya kawan pembawa. Hehehe.

Untuk menutup liburan Tahun baru sebelum masuk sekolah, DoubleZ mengunjungi Wonderland Lisboa – Christmas Market terbesar di Lisbon, tepat pada tanggal 1 Januari 2024. Untuk masuk ke kawasan ini tidak ditarik biaya. Namun untuk naik wahana perlu membeli tiket rata-rata 5 Euro per orang. DoubleZ naik sebanyak 3x masing-masing. Jadi total untuk bayar wahana sebesar 30 Euro (Rp. 508.000).

oky4.jpgSiap bermain ice skating di Cascais. (FOTO: Okky Putri Prastuti)

Karena market terbesar, maka terbesar (terbanyak) juga aneka jajanannya. Hampir 3 jam di sana perut kenyang membeli buah strawberry yang diberi toping coklat (6 euro), pizza roll coklat (5 Euro), pizza roll keju jamur (5 Euro), kentang goreng toping saus keju (6 Euro), dan crepes kriuk topping gula dan cinnamon (6 euro). 

Total untuk membeli jajan yaitu 28 Euro (Rp. 475.000). Kalau di Indonesia jajan sebanyak ini sudah dapat apa saja moms?

Momen liburan untuk DoubleZ yang meskipun tidak keluar kota inilah yang akan diingat mereka sampai besar. Kebahagiaan yang terpancar dari raut muka merekalah segala-galanya buat kami sebagai orang tua. 

Bismillah bisa selalu membersamai mereka di masa anak-anak sekarang. Resolusi di tahun baru yaitu melanjutkan apa yang masih tertunda di tahun 2023. Apa kegiatan favorit keluarga kamu di Tahun Baru? (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda