Wisuda Virtual

COWASJP.COMGara-gara harus memberi solusi kepada SD Islam Al-Azra Palembang, saya ‘menemukan’ metode wisuda virtual. Metode ini bisa digunakan di seluruh Indonesia. Beginilah caranya:

***

Banyak acara wisuda yang terpaksa ditunda. Gara-gara wabah Corona. Boleh diselenggarakan asal tidak ada wisudawan yang datang ke dalam ruangan.

Persoalan itu bisa diatasi. Wisuda virtual menjadi solusi. Wisudawan cukup mengikuti pelepasan dari rumah masing-masing.

Beres? Di level wisudawan, boleh dikatakan tidak ada masalah. Toh mereka hanya perlu mengakses aplikasi video conference menggunakan smartphone saja. Untuk anak-anak milenials, download, install dan mengoperasikan aplikasi mobil bukan masalah besar.

Masalah teknis justru muncul di ruangan wisuda. Sebab ada beberapa perangkat yang digunakan dalam upacara offline. Misalnya, video wall berukuran besar. Di kota-kota besar pulau Jawa, persewaan video wall mudah ditemukan. Di luar Jawa, belum tentu ada. Palembang, mungkin pengecualian. Kota ini boleh dibilang yang termaju di pulau Sumatera.

Video wall diperlukan di ruang wisuda untuk menampilkan video wisudawan yang mengikuti acara dari rumah masing-masing. Video wall itu akan menayangkan video wisudawan yang sudah dilengkapi dengan grafis nama dan nomor induk wisudawan, yang disiarkan dari studio Jagaters di Jakarta.

Dari Jakarta? Ya. Metode wisuda virtual ini akan melibatkan siaran langsung dari 93 tempat. Sebanyak 91 siaran berasal dari rumah wisudawan, 1 siaran dari ruang wisuda dan 1 siaran dari studio Jagaters.

Metode itu sebenarnya saya dapatkan secara tidak sengaja. Penyedia teknologi video konferensi di Amerika Serikat-lah yang menciptakan. Metode itu diterbitkan dalam e-news letter yang dikirimkan ke email saya pekan lalu. Saya baru membacanya semalam.

Prosesnya bisa digambarkan sebagai berikut:

intarto.jpg

1/ Wisudawan, panitia wisuda dan operator Jagaters mengikuti acara menggunakan aplikasi video conference.

2/ Operator Jagaters mengambil video dari aplikasi video conference ke online switcher kemudian menempelkan logo dan nama lembaga pendidikan, nama acara, nama dan nomor induk wisudawan, lalu menyiarkan kembali ke stream server, sesuai urutan yang dibaca announcer di studio Jagaters.

3/ Panitia wisuda di kampus menayangkan siaran dari studio Jagaters melalui video wall. Sesi pemotretan wisudawan dengan para guru dilakukan saat itu juga sesuai urutan nama wisudawan yang dibacakan announcer.

Dengan metode ini, kesulitan teknis di Palembang akan jauh berkurang. Panitia wisuda hanya perlu menyediakan video wall dan perangkat webinar dengan kamera HD yang bisa disewa dari production house setempat.

Bulan Juni mendatang, semua lembaga pendidikan dasar dan menengah akan mewisuda semua lulusannya. Semua menghadapi kesulitan yang sama. Maka studio Jagaters di Tebet bisa menjadi pusat produksi dan siaran langsung wisuda lembaga pendidikan mana pun di seluruh Indonesia.

Ngantuk saya tiba-tiba hilang. Tak sabar rasanya untuk menunggu saatnya ujicoba.(*)

Penulis: Joko Intarto, praktisi bisnis webinar
www.wfhsolution.wordpress.com
www.jagatersstudio.com

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda