Coblos Kapan

Para pekerja Indonesia di Hong Kong liburan di bukit di pulau kecil Cheung Chau. (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COM – DI PILPRES 14 Februari depan tidak akan ada tempat pemungutan suara (TPS) di Hong Kong. Sebagian pekerja sudah tahu. Sebagian lagi belum. 

Itu bukan kebijakan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dari Jakarta. Itu mengacu pada peraturan pemerintah setempat. 

Dua alasan sekaligus. Yang pertama karena tanggal Pilpres kita bersamaan dengan perayaan tahun baru Imlek. Yang kedua terkait dengan aturan keamanan umum. Utamanya setelah Hong Kong diguncang demo nonstop yang rusuh selama dua tahun menjelang Covid.

Anda sudah tahu: Tahun Baru Imlek kali ini akan jatuh di tanggal 10 Februari 2024. Pilpresnya tanggal 14 Februari. Lalu akan ada hari raya Cap Go Meh tanggal 24 Februari.

Maka pemerintah Hong Kong tidak mengizinkan ada TPS di tempat-tempat umum di Hong Kong. Karena itu WNI di Hongkong akan mencoblos surat suara di rumah majikan masing-masing. Lalu mengirimkan balik kartu suara yang sudah dicoblos itu ke KPU. Pakai jasa Pos Indonesia.

"Selama lebih 30 tahun di Hong Kong hanya satu kali saya nyoblos di TPS," ujar Jujuk, sahabat Disway di Hong Kong. Jujuk asal Blitar. "Setelah itu setiap Pemilu nyoblos di rumah majikan," tambahnya.

Sekali nyoblos di TPS itu Jujuk terkena sial. Anting-antingnya hilang. Jatuh. 4,7 gram. Dicari tidak ketemu. Hilang di rerumputan Taman Victoria.

Jujuklah yang mengantar saya ke lokasi kebaktian Natal pekan lalu di hotel Regal. Itu adalah kebaktian Natal jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI).

Bertemu Jujuk kali ini saya terpana. Dia pakai seragam formal. Ada tulisan KOPASUS di lengannya. Ternyata itu singkatan Kompak, Asyik, Usil binaan Bank Mandiri.

Pagi itu Jujuk memimpin teman-temannya hiking. Lagi libur hari Minggu. Mereka ingin naik gunung. 

Ada gunung di Hong Kong? 

"Gunung-gunungan," jawabnyi melucu.

Gunung yang dituju Jujuk itu bukan di pulau Hong Kong. Tapi di pulau kecil Cheung Chau. Jaraknya hampir satu jam naik feri dari Hong Kong Sentral. 

Di sekitar pulau Hong Kong memang ada 200-an pulau. Semua masuk wilayah Hong Kong. Pulau-pulau itu termasuk yang pernah disewakan ke Inggris selama 100 tahun –dikembalikan ke Tiongkok tahun 1997.

Salah satu pulau yang besar kini dipakai untuk memindah bandara: Pulau Lantau. Lantau dua kali lebih besar dari pulau Hong Kong. Terbesar di antara 200 pulau di sana. 

Lantau dulunya nyaris tanpa penghuni. Tahun 1988 dibangun bandara internasional baru di Lantau. Menggantikan bandara lama yang di Kowloon. Kini Lantau berpenduduk 100.000 orang. Hampir semua di sekitar bandara. 

Separo dari mereka hidup di apartemen setinggi 50 tingkat yang dibangun berjajar seperti mainan saja.

Disneyland Hong Kong juga dibangun di Lantau (2005). 

Maka Lantau jadi pulau masa depan bagi Hong Kong. Di sini ada Puncak Lantau yang kalau tingginya bisa ditambah 66 meter lagi saja sudah akan bisa disebut gunung. Sayang tingginya hanya 934 meter sehingga belum bisa disebut gunung.

Di hari Natal itu sebenarnya sahabat Disway yang lain yang akan mengantar saya ke kebaktian. Kebetulan dia Kristen. Namanyi Victoria. Di Indonesia Vic pernah jadi asisten pengajar matematika Kumon. Dia pilih bekerja di Hong Kong. 

Hari itu Vic gagal mengantar saya karena tidak diizinkan majikan. Dia memang baru tiba dari liburan ke tanah air. Jadi banyak pekerjaan di rumah majikan.

Yang seperti itu juga dialami Jujuk. "Setiap pulang dari Indonesia saya lihat rumah majikan saya seperti kapal pecah," gurau Jujuk. Padahal hanya ditinggal tiga minggu.

disway.jpg1.jpgJujuk dengan seragam KOPASUS (Kompak, Asyik, Usil). (FOTO: DISWAY)

Jujuk tidak pernah dapat izin pulang lebih tiga minggu. Mungkin takut kapalnya karam. "Rumah baru rapi lagi setelah dua minggu kemudian," kata Jujuk.

"Apakah tidak pernah mengancam untuk berhenti kalau tidak diizinkan lebih tiga minggu?" tanya saya.

"Tidak pernah," kata Jujuk.

"Kenapa?"

“Saya kasihan dengan anaknya yang nomor dua. Kalau lama saya tinggal dia sakit," ujar Jujuk.

Yang seperti itu banyak. Hari Minggu lalu itu saya lihat anak kecil dengan baju sangat bagus digendong wanita Indonesia di Taman Victoria.

Pasti itu anak majikan. Benar. Kenapa anak majikan dibawa liburan?

"Saya ingin liburan di Victoria. Tapi anak ini tidak mau pisah dengan saya. Majikan membolehkan saya bawa ke Victoria," ujar wanita itu. Umur anak itu belum dua tahun.

Vic dan wanita itu termasuk yang belum tahu kalau tidak akan ada TPS lagi di Victoria.

Tahun ini semua kartu suara akan dikirim ke rumah majikan mereka.

Tentu mereka boleh mencoblos kapan saja. Tidak harus pada tanggal Pemilu. Nggak ada yang tahu. Pun waktu mengirimkan kembali kartu yang sudah dicoblos. Tentu boleh kapan saja. Petugas penghitung suaralah yang perlu tahu kapan surat suara itu boleh dibuka.

Bagi para capres, mereka mau mencoblos saja sudah bagus. Untuk apa ada aturan rumit bagi mereka. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 28 Desember 2023: Natal Pure

AnalisAsalAsalan

Kasyaf Syahdan, di tepi Desa Sukamaju hiduplah Waliyullah yang dianugerahi kasyaf -- tersingkapnya alam malakut, terbukanya hal gaib. Suatu hari Trio Sekawan: Koplak, Sopo, dan Jarwo sowan ke kediaman sang wali. Setelah bercengkerama beberapa lama mereka izin pulang. Di depan pintu sang wali berkata kepada Koplak, "Sampean akan kaya." Beberapa bulan kemudian sang wali berpulang. Koplak teringat ucapan beliau. Mengapa ia masih belum kaya? Koplak mencoba ganti pekerjaan. Setelah lima bulan tetap belum kaya. Ia ganti lagi pekerjaan. Setelah lima bulan belum kaya juga. Koplak sudah tiga kali ganti pekerjaan. Suatu hari Koplak melihat selebaran berisi info perjudian. Semalam, ia mimpi ketemu kelelawar, dipasanglah nomor itu. Dan, keluar. Minggu berikutnya menang lagi, dan menang lagi. Koplak sudah mendapat puluhan juta dari hasil perjudian. Saat Sopo dan Jarwo ke rumahnya, Jarwo berkata, "Koplak, kata-kata sang wali itu benar. Kamu kaya. Ini jalan ninjamu. Teruskan." Sopo tak setuju, "Masa iya wali mengizinkan judi." Akhirnya mereka sowan ke seorang ulama nan bijaksana. Sang kiai berkata, "Seharusnya waktu itu ditanyakan kepada sang wali usaha apa supaya kaya. Begini, ya. Tidak mungkin seorang wali mengizinkan perjudian. Sampean didoakan kaya itu tentu cara yang baik. Kalau cuma kaya, Qarun kaya-raya, tetapi sampean semua tahu kan, Qarun terlaknat. Ya sudah, pulanglah. Cari rezeki yang halal. Semoga bisa cukup dan mencukupi."

AnalisAsalAsalan

"Waduh!" kata dokter. Suami keempat berhasil membuatnya hamil. Ia datang ke dokter sambil menangis bombay. Dokter bertanya, "Harusnya Anda bahagia, dong." "Harusnya. Suami saya kerja di penerbitan. Katanya, kalau di penerbitan ada disclaimer: Isi di luar tanggung jawab penerbit." "Waduh!" kata dokter.

Lagarenze 1301

Siti janda muda yang masih kinyis-kinyis. Suatu hari ia ke dokter untuk periksa kandungan. "Hati-hati periksanya, Dok. Saya masih perawan," kata Siti. "Lho, di data pasien tertulis Anda sudah tiga kali menikah cerai, kok bisa masih perawan?" "Gini, Dok. Suami saya yang pertama ternyata impoten." "Oh, gitu. Suami yang kedua nggak impoten, 'kan?" "Betul, Dok. Cuma dia gay, jadi saya nggak diapa-apain sama dia...." "Lalu, suami ibu yang ketiga nggak impoten dan bukan gay, 'kan?" "Iya, Dok. Tetapi ternyata dia caleg." "Lho, emang kenapa kalau caleg." "Cuma janji-janji doang, nggak pernah terealisasi!"

Mirza Mirwan

Entah mana yang benar. Menurut The New York Times, Randy Wilson menyelenggarakan Father-Daughter Purity Ball di tahun 1998 -- bukan tahun 2000 seperti ditulis Pak DI. Waktu itu Purity Ball sekaligus untuk 5 putri Wilson. "Kami ingin menetapkan standar martabat dan kehormatan -- standard of dignity and honor -- atas cara perempuan harus diperlakukan oleh lelaki dalam kehidupan mereka," kata Lisa Wilson menjawab pertanyaan wartawan tentang maksud diadakannya Purity Ball. Kini Purity Ball sudah menjadi budaya (di kalangan konservatif di 48 negara bagian. Tetapi kritik terhadap Purity Ball justru datang dari perempuan. Feminis Eve Ensler, misalnya, mencurigai bahwa pesan utama Purity Ball adalah "for implying that fathers, rather than young women themselves, have the freedom to control wether and with whom the young women engage in sexual intercourse." Lalu Jessica Valenti, dalam "The Purity Myth" (2010) menyimpulkan bahwa pesan utama Purity Ball "is that women sexuality is controlled by men." Tetapi wartawan seperti Betsy Hart adalah pendukung Purity Culture.

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Makan 400 T (Rab,27-12-2023) 

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] 

#1.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (7;124) [5:2] 

#2.Agus Tejo (1;9) 

#3.alasroban (1;6) [1:0] 

#4.Alon Masz Eh (2;132)★ [1:0] 

#5.AnalisAsalAsalan (25;957)✒️ [5:15] 

#6.Azza Lutfi (1;11) [0:1]

#7.Bahtiar HS (1;234) [2:0] 

#8.Beny Arifin (1;203) 

#9.bitrik sulaiman (1;1) [1:0] 

#10.didik sudjarwo (1;8) 

#11.Dokter Bagus (1;22) 

#12.Drupadii (1;24)★ 

#13.Echa Yeni (2;10) 

#14.Endang Puspitarini (1;1) 

#15.Fa Za (6;132)★ [0:5] 

#16.Fiona Handoko (2;111)★ [4:1] 

#17.Handoko Luwanto (1;169)★ 

#18.hoki wjy (2;49) [1:0] 

#19.Ihsan Muchtar (1;16) 

#20.iwan (1;21)★ 

#21.Jimmy Marta (5;304) [0:4] 

#22.Jo Neca (21;556)★⚾️ [2:17] 

#23.Johannes Kitono (2;242)★ 

#24.Jokosp Sp (8;622) [2:4] 

#25.Juve Zhang (19;1382) [4:5] 

#26.Kang Sabarikhlas (2;115) [6:0] 

#27.Lagarenze 1301 (6;743)★★★★⭐️⏰ [10:0] 

#28.Leong Putu (9;144)★⚽️ [11:0] 

#29.Liam Then (6;262)★ [5:2] 

#30.Liáng - βιολί ζήτα (1;144) [2:0] 

#31.M.Zainal Arifin (9;161) [0:4] 

#32.Macca Madinah (3;128) [2:1] 

#33.Mirza Mirwan (1;158)★ [6:0] 

#34.MULIYANTO KRISTA (8;73) [0:8] 

#35.mzarifin umarzain (2;27) [0:2] 

#36.Ng (1;29) 

#37.Nimas Mumtazah (1;26)✏️ [0:1] 

#38.Nurkholis Marwanto (5;257) [3:0] 

#39.Parganago Lumbanahor (1;50) 

#40.Pedro Patran (2;164) [1:0]

AnalisAsalAsalan

Konsisten atau Pamer? Pembacaan singkatan sesuai kaidah yang benar: AC (Air Conditioner): A-Ce (bukan A-Se) CEO (Chief Executive Officer): Ce-E-O (bukan Si-I-O) IBM (International Business Machine): I-Be-Em (bukan Ai-Be-Em) I/O (Input/Output): I-O (bukan Ai-O) LG (Lucky Goldstar): El-Ge (bukan El-Ji) MU (Manchester United): Em-U (bukan Em-Yu) Buktikan kalau Anda memang cinta Bahasa Indonesia, bukan hanya cinta buta kepada paslon Anda!

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp us, bp jo, bp sumartan dan teman2 rusuhwan. menurut badanbahasa. kemdikbud. go. id. singkatan dieja sesuai pelafalan kita. bagaimana jika ada singkatan yg sama persis dalam bhs inggris dan bhs indonesia? misalnya CD. kalau dibaca "si di". pasti kita mengartikan keping compact disc. kalau dibaca "ce de". pasti artinya cel dam alias sempak. jika ada kalimat. "awas. istriku sedang kena Pi Em Es" . oh, pasti kita akan maklum. istrinya bad mood, mau kedatangan tamu (pre menstrual syndrome). tapi jika kalimatnya. "awas. istriku sedang kena Pe Em Es"? (penyakit menular sek**) barangkali bpk yusuf ridho bisa memberikan pencerahan kpd rusuhwan rusuhwaty?

Rihlatul Ulfa

Saya sudah membuat 'ban serep' kalau-kalau tidak terpilih ke prambanan, kesedihan dan kekecewaan itu, akan saya bawa ke kota Bandung. Saya sudah call travel, berapa tarif dan waktu keberangkatannya, saya sudah call tempat penginapan dengan konsep industrial itu, saya sudah tulis semua, apa yang saya ingin kunjungi, dan makanan apa yang saya ingin makan. Saya akan tetap liburan walau kotanya beda, bukan Yogjakarta. Saya tidak mau jumawa, yakin pasti akan terpilih, karena biasanya yang begitu selalu ada jalan untuk dipatahkan.

Jimmy Marta

Walau sekarang Amerika terlihat sangat modern dan bebas, tapi sebenarnya mereka masih menyimpan bbrp aturan konservatif nan kuno dan kolot. Terkesan sangat tradisional, mestinya (mungkin) berasal dari nilai2 luhur norma agama. Arah ke kanan2 an itu ada di bbrp negara bagian. Di Michigan sejak 1931, 'Setiap pria yg akan merayu dan melecehkan wanita yg belum menikah dp dikenai pidana'. Jika dinyatakan bersalah, si pria bisa di hukum penjara 5 tahun atau denda USD 2500. Aturan yg rumit ada di Utah. Menikahi sepupu disebut ilegal. Tp menjadi legal jk yang dinikahi sepupu pertama dan mereka minimal berusia 55th.! Lain lagi di New Jersey. Dibawah wewenang Peace and Good Odder seseorang dpt dihukum jk mendekati siapapun lawan jenis yg tdk dikenal. Negara bagian para koboy, Texas ada yg lebih lucu. Disaat kampanye kandidat membawa dildo dianggap no problem. Tapi jd masalah jk anda menyimpan lebih dari 6 dildo....

Yellow Bean

Walaupun hidup pas-pasan orang tua kami juga kami berikan kesempatan Angon cucu. Biasanya di momen lebaran ketika banyak cucu berkumpul. Sangat menyenangkan melihat Bapak dan Ibu yang sering lebih mencemaskan ketika cucunya berlarian kesana kemari. Alhamdulillah semua cucunya berkesempatan mendapatkan cinta yang sama besarnya dari Nenek dan kakeknya.

Yellow Bean

Abah bersama Mamak sedang momong cucu di negeri nya xi Jin ping . Cita cita banyak orang untuk berkesempatan menimang dan mengasuh cucu. Termasuk cita cita almarhum suami yang tidak bisa terlaksana. Tuhan melihat kelelahan nya

Liam Then

Ngomong barang istimewa ini, dari dulu saya sering terpikir berusaha untuk mengerti budaya orang asia tenggara atau timur yang dalam penggunaan bahasanya, organ tubuh dambaan setiap laki-laki ini, di budaya Asia pada umumnya malah kadang dijadikan sebagai kata umpatan,untuk menghina, berkesan menjatohkan. Padahal semuanya tercipta dari sarana organ tubuh spesifik ini, ndak ada yang lewat lubang hidung, atau lubang telinga. Sangking kontradiktifnya saya jadi sering bertanya-tanya. Kenapa dijadikan kata umpatan. Agak sedikit tak masuk akal sebenarnya.

Hari Purwanto

EMPAT KALI TETAP VIRGIN Jeng Kelin: apa?!!!...kamu janda sudah 4 kali tapi masih virgin...gimana rahasianya?!!! Jeng JD : aku nggak ada rahasia apa-apa.. Jeng Kelin : trus gimana ceritanya ? Jeng JD : suamiku yang pertama profesinya tukang tambal ban, dia cuma sibuk cari lobang saja..!! Jeng Kelin : haaah !!... pekok..!!...terus? Jeng JD : suamiku kedua seorang seniman pelukis, biasanya cuma imajinasi doang lalu digambar..!! Jeng Kelin : bego..!! yang ketiga ? Jeng JD : Huuuh..!!! apalagi dia...!! udah aki-aki cuma ngelihat udah selesai...belum ngapa2in juga..!! Jeng Kelin : Waahh...payah!!!...selanjutnya ??? Jeng JD : yang kempat Atlit Bilyar, ya gitu...cuma bidik2 doang, bukan sticknya yang masuk...eeh malah bolanya pengin dimasukin, mana bisaaa...???!!!

Lagarenze 1301

Dengan operasi selaput dara atau hymenoplasty, seorang perempuan bisa perawan lagi. Cukup Rp 10 juta. Hanya 45 menit. Kini banyak klinik berbagai kota besar yang menawarkan hymenoplasty. Memperbaiki membran tipis di bagian depan. Yang robek bisa utuh kembali. Bahkan, jika terjadi aktivitas seksual lagi, bisa berdarah lagi. Tapi, kembali menjadi perawan takkan bisa mengembalikan kesucian yang sebenarnya. Kesucian hati. Kesucian cinta. Membran tipis itu seharusnya menjadi simbol dari benteng moralitas. Simbol dari mahkota yang hanya dipersembahkan kepada laki-laki yang bernama suami. Melalui prosesi yang sakral. Pernikahan. Sekarang, pun di negara kita, sudah banyak perempuan yang tidak menganggap keperawanan sebagai moralitas. Tak perlu dijaga sampai hari pernikahan. Dan, kalaupun sudah terjadi, tak perlu operasi selaput dara segala. Toh, sudah banyak pula laki-laki yang tidak menganggap keperawanan sebagai simbol kesucian. Tidak perawan menjadi hal yang biasa. Bukan masalah. Tiap orang punya sikap untuk berdiri di mana. *Selaput dara juga bisa rusak dengan alasan lain seperti kegiatan fisik yang berat, ketaksengajaan, infeksi, atau kondisi medis lainnya.

Mirza Mirwan

Di AS, rumah tangga yang harmonis adalah kemewahan. Di kalangan konservatif keharmonisan rumah tangga adalah impian mereka. Maka orang seperti Letkol (Marinir) Oliver Laurence North merasa perlu untuk menyebut status rumahtangganya dalam sidang pengadilan. "Saya Oliver Laurence North, suami dari Betsy Stuart, dan ayah dari 4 orang anak. Saya dan keluarga saya adalah penganut Kristen Evangelik yang taat." Sidang itu terjadi di tahun 1988/89 untuk kasus Skandal Iran-Contra (1986) waktu AS di bawah administrasi Ronald Reagan. Oliver North adalah anggota staf Dewan Keamanan Nasional (NSC). Ia dipersalahkan karena (atas nama NSC) menjual senjata ke Iran. Keuntungannya dialirkan ke kelompok pemberontak Contra di Panama yang berusaha menggulingkan junta militer pimpinan Jenderal Manuel Noriega. Pengadilan menjatuhkan hukuman 3 tahun dalam masa percobaan 2 tahun dan denda US$100.000 serta kerja sosial setahun. North kerja sosial di Potomac Garden. Tapi pada tahun 1991 bandingnya dikabulkan. Kini Oliver North masih aktif sebagai host TV, sejarawan militer, dan komentator politik.

Udin Salemo

#everyday_berpantun Beli tulang rawan di Pasar Keputran/ Buat gulai cancang di warung Uda Misja/ Jaga perawan di Amrik jadi kebanggaan/ Disini hal itu jamak dan biasa saja/ Jalan Pandegiling ramai dan macet/ Berputar ke arah Jalan Kartini/ Di Amrik banyak yang sudah "lecet"/ Semoga tidak jadi perilaku disini/ Jalan Lombok masuk Jalan Sulawesi/ Orang senam di GOR Juwingan Putera/ Makan siang gratis issue nan seksi/ Janji manis paslon meraup suara/ ------------------------------------------------------------ pai wisata ka di Pasia Sabalah/ dibaok mamak Sutan Bandaro/ iyo lamak katupek Pitalah/ dimakan pagi sabana sero/ taragak denai pai ka pulau/ kapanyo rusak baliang-baliang/ taragak denai pai ka lapau/ tapi saku sadang kariang/

M.Zainal Arifin

Lelaki bisa dikethui masih perjaka atau tidak, kata nya dg test psikologi. Ada perawan yg mau meneriksakan keperjakaan calon suami nya?

Kholifatul Isnaeni

Maaf, kalian para pria sungguh tak tahu malu. Kenapa selalu mempermasalahkan perawan, tapi tidak mempermasalahkan perjaka. Seharusnya kalian melihat ke diri sendiri dulu. Dengan pertanyaan yang sama. Dengan moralitas yang sama.

Jokosp Sp

Lelaki kebanyakan EGO nya yang tinggi. Nuntut calon istri masih PERAWAN, dianya sendiri belum tentu masih PERJAKA. Dokter tidak bisa membuktikan keperjakaannya. Bilang si cewek "sudah banyak kau buang di kamar mandi, paling nanti tinggal sisa yang jadi tukang becak". Loh kan itu yang keluar dari mulutnya kalau cewek dah mulai komplain.

M.Zainal Arifin

Untuk mengetahui masih perawan atau tidak, kata nya bisa diketahui lewat pemeriksaan dokter, maka seorang perjaka memeriksakan calon isteri nya ke dokter yg perempuan. Calon isteri nya mau diperiksakan. Mula2 dia temui dokter perempuan yg muslimah. Tak mau memeriksa. Berkata ke calon isteri nya: kamu kok mau diperiksakan? Lalu ke dokter yg perempuan yg muslimah yg lain. Tak mau juga memeriksa. Lalu ke dokter perempuan yg non muslimah, Tionghoa, mau memeriksa. Dinyatakan masih perawan, masih utuh selaput dara nya. Lantas menikah, beranak, bercucu dia dg calon isteri nya itu. Semoga berbarokah.

Jo Neca

Di sini kalau ketahuan sudah bersatu tubuh.Di nikahkan saja.Entah rumah tangganya bisa berjalan ra urus.Alasan pasti biar tidak melanggar hukum kesusilaan.Memang betul tetapi anak2 yang di hasilkan tanpa gizi yang baik akan berpengaruh pada kualitas suatu Bangsa.

Mirza Mirwan

Bung Jimmy, ball dalam bahasa Inggris bukan hanya berarti bola (round object), tetari juga berati dansa. Makanya di hotel-hotel itu biasanya ada ballroom. Sedang purity (dari pure) artinya bukan hanya murni, tetapi juga suci (free from moral taint). Jadi purity ball itu secara literal artinya dansa kesucian.

Jimmy Marta

Secara harfiah Purity Ball bisa diartikan bola murni. Kemurnian bola atau bola yg masih murni. Pokoknya seputar itulah, bola dan murni...hehe. Tapi intinya, itu sebuah acara yg membudaya. Dansa ayah dan anak perempuannya. Awalnya, acara berlangsung di ruang bola. Dan saat itu ada janji yg diucapkan sang anak gadis ke si ayah. Ini budaya barat murni. Tepatnya mungkin boleh disebut purity culture. Sekarang nya masih bertahan atau sudah punah, entahlah. Begitupun tentang janji, apa hanya soal virginitas atau ada soal murni lainnya.... Mantel hujan dalam bantal Artikel ringan komen ngasal

Dacoll Bns

Sedikit menambahkan topik sehari sebelumnya di komentar disway terkait harga tiket pesawat terbang lokal, November kemarin kebetulan saya dan istri dapat kesempatan 2nd honeymoon ke Jepang, karena eh karena ,yang bikin saya sendiri kaget, harga tiket nya sangat terjangkau... Saya sendiri tidak menyangka, Viet Air sempat membandrol harga terendah 1,8 Juta rupiah , Ngurah Rai - Kansai (transit Ho Chi Minh 22 Jam), meskipun yang kami ambil akhirnya tiket dari Xiamen Air yg transit di Xiamen 10 jam seharga 2,4 Juta (dapat snack dan minum di pesawat plus bagasi gratis). Untuk tiket kepulangan pun juga masih terjangkau Rp 2,5 jt, Narita - Ngurah Rai (via Scoot, transit Singapore 22 jam). Masih lebih murah dari harga pesawat Ngurah Rai - El Tari plus bagasi nya yg tidak gratis. Sepertinya memang sedang terjadi sesuatu dengan industri penerbangan di negara ini

thamrindahlan

Selamat Kamis Pagi Abah Pak Mario Mas Ediemax dan sobat perusuh nan elok hati. Topik Natal Pure memberikan informasi sisi sisi baik Amerika. Melalui publik figur ketua DPR Mike Johson. Tradisi Purity Ball Dansa Keperawanan tekad suumpah Hannah menjaga kesucian gadis sampai menikah resmi di gereja. Luar biasa peradaban kemuliaan menggelegak di tanah Om Sam. Seketika awak teringat sobat perusuh kita Mas Edhiemaz TKI Profesional di Timurnya Tengah dan Eropa. Ketika saling berkenalan di WAG Perusuh Gathering #2 Beliau bercerita kenapa sekeluarga hijrah kembali ketanah air. Sebab musabab pulang ke Indonesia karena sayang anak . Lingkungan pergaulan di Belanda sesuai versi HAM pemerintah dan juga orang tua memproteksi anak gadisnya dengan kontrasepsi. Anda sudah tahu dan akan semakin paham apabila Mas Edhiemaz berkenan menyampaikan informasi sex education Benua Eropa.di CHDi Beruntung NKRI masih mampu menjaga keperjakaan dan kegadisan remaja karena pendidikan Agama, Budi Pekerti serta lingkungan pergaulan kondusif. Di Negara modern terjadi pergeseran nilai nilai sosial budaya di abad ini. Untunglah ada gerakan Purity Ball di Motori Mr Mike Johnson. Peradaban manusia kembali ke nilai nilai kesucian kemuliaan berdasarkan Ajaran Agama Samawi.yaitu Agama berlandaskan Wahyu Illahi melalui Kitab Suci. Salamsalaman

Rihlatul Ulfa

Biasanya negara-negara berkemang dan msikin, populasinya selalu besar, tapi tidak bisa produktif, karena apa? karena pendidikannya, yang membuatnya tidak bisa bertahan hidup secara mandiri. Kecenderungan negara maju dengan tingkat populasi yang terus menurun, karena kemungkinan mereka paham bahwa kebutuhan hidup begitu besar, dengan mempunyai 'anak' mereka merasa tidak akan bisa produktif lagi. Maka kehidupan memang dipunyai oleh setiap individu, bagaimana bisa membebankan banyak manusia, dari manusia yang tidak bisa menghidupi dirinya sendiri. maka katanya seks adalah hiburan satu-satunya bagi orang miskin, tentu itu benar, jika kita melihat orang-orang dinegara-negara miskin, nyaris tidak ada dari mereka yang mempunyai anak sedikit.

Juve Zhang

Amerika ada 300 juta kata pak Bos 75 juta rakyatnya gak tahu siapa ayahnya. Wkwkwkkw. Luar biasa . Jeff bezos .di besarkan ayah angkat. Steve jobs pun sama..mereka jadi milyuner tak ada yg mau ngasih duitnya ke sepeserpun ke ayah kandung. Itulah budaya mereka.

Yellow Bean

Kecemasan orang tua akan sex bebas sudah di pikir kan orang tua sejak kami kecil. Dengan ucapan halus. "Kuatkan ikatan bentingmu" (kuatkan ikatan stagen mu) Bukan hal sulit karena adab dan agama ku juga mengajarkan jaga diri dan kehormatan kegadisanmu. Selaput dara bisa rusak oleh banyak hal. Tapi laki laki tau mana perempuan yang pertama melakukan persetubuhan dengan yang biasa hidup bebas. Tidak perlu ngegas jika tidak melakukan kesalahan yang tidak Aku sukai

Yellow Bean

Anak Lanang ijin menginap di tempat kost temannya. Sepulang dari rumah teman tidak bisa diam dari mengintrogasi. Ibu. : Mamas main ke mana saja Kakak. : nginep di kostan bos gondrong. Terus main ke rumah bos gendut yang punya kostan wanita. Ibu. : Oya. Ramai kost-an punya bos ganteng ? Kkk. : ramai dan yang kost perempuan. Ibu. : hmm Kkk : tapi ngeri Bu. Perempuan berani berani ya bawa laki laki masuk ke kost-an nya Ibu : Anak orang kaya mungkin. Kkk : Anak kuliahan pada bawa mobil Bu. Ibu : ya sudah yang penting kamu jaga diri dan percaya lah laki-laki baik insyaallah mendapatkan perempuan yang baik juga. Kkk : Aamiin

Hari Purwanto

Selingan, Javanese Noble Culture PANGGIH Panggih adalah bahasa Jawa Krama Inggil untuk kata Ketemu, budaya Jawa penuh simbolisme, panggih disini adalah acara Ketemuan Pengantin. Zaman saya masih bocah, di Jawa pengantin itu jadi hiburan buat anak-anak kecil. Masih ingat lagu populernya : ee ngantene teka, ee gelarna klasa (ee...pengantin datang, ee.. gelar tikarnya..). Selain pakaian yang ala Raja dan Ratu, maka acara Panggih yang paling ditunggu-tunggu, mempelai berjalan lembut berhadapan diiringi lagu gamelan Kebo Giro, anak-anak akan tertawa riang saat lihat pengantin saling lempar sirih. Membasuh kaki suami adalah simbol istri bersedia dalam suka dan duka melayani suami. Menumpahkan beras kepada istri, mudah ditebak suami berkewajiban menafkahi istri. Bapak pengantin wanita menggiring kedua mempelai dengan selembar selendang, mengisyaratkan orang tua siap selalu jadi suri tauladan bagi pengantin belia yang baru masuk jenjang perkawinan. Di pelaminan Bapak pengantin wanita memangku mempelai di kedua lututnya, dan mengatakan SAMA BERATNYA artinya tak ada beda antara anak dan menantu. Tiga babak yang paling mengharukan prosesi pernikahan adat Jawa adalah Akad, Panggih dan Sungkeman. Terbayang Leo Kristi dalam lagunya bertutur tentang ikatan suci pernikahan Lelaki dan Perempuan : simpan sirih itu baik-baik, dua lembar satu lipatan.....

Johannes Kitono

Semoga Purity Ball tidak menjadi sejarah umat manusia. memang tidak adil bagi wanita. Untuk menunjukkan masih perawan hanya ditentukan oleh selaput darah saja.Kenapa hal yang sama tidak berlaku bagi pria. Bagaimana caranya dengan pria, apakah pernah masturbasi sudah dianggap tidak perjaka ? Dulu di China, saat malam pengantin disediakan sehelai kain putih. Untuk membuktikan bahwa pengantin wanita masih perawan ketika suaminya melakukan tugasnya. Harus dibuktikan dengan adanya tetesan darah dikain putih tsb. Nah, terkadang terjadi skandal. Darah wanita nakal diganti dengan darah ayam. Tentu saja, tidak susah bagi suami yang berpengalaman. Membedakan mana yang orisinil atau kw dari darah ayam. Dengan banyak beredarnya vdo xxx memang serba salah bagi seorang wanita. Secara fisik memang masih murni, belum pernah terjadi penetrasi. Tetapi pikirannya sudah xxx dan pernah melakukan simulasi dengan teman atau pacarnya. Asal saja tidak boleh penetrasi. Apakah yang begini juga masih boleh dansa di Purity Ball ?

Wilwa

@Susanto. Kalau saya baca di chinaknowledge.de website milik Ulrich Theobald dari Jerman, sebelum dinasti Zhou 周 (3100 tahun yang lalu), orang Tionghoa memakai marga ibu karena menganut sistem garis ibu seperti halnya orang India / Bharat (atau Padang / Minang). Dinasti Zhou adalah sebuah dinasti “asing” yang menganut garis ayah sehingga sejak saat itu nama marga diturunkan dari garis ayah bukan garis ibu. Ini bisa dilihat dari nama-nama raja atau kaisarnya. Sebelum dinasti Zhou ada dinasti Xia 夏 dan Shang 商 yang nama marga raja-rajanya berubah-ubah mengikuti garis ibu. Dapat dipastikan nama marga menurut garis ibu itu juga terjadi pada orang Tionghoa kala itu. Sebuah tradisi bangsa yang menetap/bertani. Barulah sejak Dinasti Zhou, nama marga orang Tionghoa mengikuti garis ayah. Sebuah tradisi bangsa kelana/pengembara. Nama marga mengikuti marga ibu dapat dilacak dari istilah Xing 姓 atau marga dalam bahasa Tionghoa. Perhatikan bahwa simbol di kiri adalah Nii 女 atau wanita. Bukan Nan 男 atau pria. Lalu simbol di kanan adalah Sheng 生 atau Born / Dilahirkan. Jadi marga Tionghoa dulu sekali mengikuti garis ibu sebelum mengikuti garis ayah 3100 tahun yang lalu. Ada kemungkinan dinasti Zhou adalah dinasti Mongolia pertama di Tiongkok. Demikian menurut chinaknowledge.de. Benar salahnya di luar tanggung jawab saya. Hahahaha

Liam Then

Tidak begitu juga, dalam beberapa kasus khusus ,marga bisa ikut punya sang ibu. Malah ada yang disertai perjanjian tertentu sebelum cabang bayi lahir, misalnya terjadi ketika pengantin wanita tidak memiliki anak laki-laki untuk melanjutkan nama marga, pihak pengantin perempuan biasanya mensyaratkan satu anak laki-laki setidaknya ikut marga ibunya.

Gianto Kwee

"Virginity ? It's Not A Big Deals ! " Pernikahan adalah sebuah "Komitmen" dan bukan sekedar "Hymen" Perempuan selalu yang jadi korban ! Salah satunya Keluarga Berencana Perempuan yang harus lebih Aktif ! Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) "Fifty - Fifty" Karena tidak mungkin "bertepuk dengan sebelah tangan !"

Liáng - βιολί ζήτα

Oleh karena itu, tidak mengherankan, banyak gadis yang tidak mau melakukan olahraga jenis ini atau jenis itu, konon lantaran takut kehilangan keperawanannya, takut distempel macam-macam oleh masyarakat, terutama oleh pihak keluarga sang suami. Hal ini sebenarnya sangat tidak adil. Pada umumnya, pemahaman yang tidak memadai dari kaum pria lah yang mengakibatkan kaum perempuan serba salah. Bagi yang memahami kondisi organ reproduksi manusia dengan berbagai aspek science nya, maka keperawanan itu sama halnya dengan keperjakaan..... lebih ke MORALITAS !! Lantaran kondisi fisik tidak mutlak bisa dijadikan standard. Anda bisa menelusuri mengenai "hymen" pada link di bawah ini : https://www.raddabarnen.se Rädda Barnen, 107 88 Stockholm. [2/2].

Liáng - βιολί ζήτα

Hymen. Kondisi "hymen (selaput dara)" setiap gadis itu berbeda-beda, banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Misalnya saja, kondisi hymen seorang gadis yang aktif berolahraga, keelastisitasannya akan berbeda dengan gadis yang jarang sekali berolahraga. Semakin elastis, maka semakin kecil efek dari robekannya ketika terjadi penetrasi oleh "si gundul" milik sang suami untuk pertama kalinya, misalnya pendarahannya hanya sedikit bahkan ada yang hampir tidak mengalami pendarahan. Selain itu, faktor ukuran "si gundul" juga berpengaruh. Seorang suami dengan "gundul"nya yang oversize ketika melakukan penetrasi pertama kali, tentu saja akan berdampak lebih luas terhadap robekan hymen dengan pendarahan yang lebih banyak, apalagi dengan kondisi keelastisitasan hymen sang istri yang tidak begitu baik. Sebaliknya, seorang suami dengan ukuran "gundul"nya yang biasa-biasa saja dan beristrikan seorang perempuan yang elastisitas hymen nya sangat baik, maka pendarahannya akan sangat sedikit ketika terjadi penetrasi pertama kali, dalam beberapa kasus bahkan bisa dikatakan hampir tidak terjadi pendarahan. [1/2]

Nimas Mumtazah

Ia bukan orang kaya raya. Tapi ia selalu sejahtera, selalu bisa berbagi dan menjadikan tangannya selalu di atas. Rezekinya ada saja, seakan keberuntungan selalu ada di pihaknya. Kata orang punta hoki Itulah pak Bagus, sebuah karunia bagi semua yg ada di sekitarnya. Karena kita semua tak bisa mengeluh, tak bisa bergosip dan tak bisa marah. Karena semua di jawab dengan bagus. Teman2nya yg siap mengeluh pun jadi berpikir. Copas…

Rizal Falih

Menjadi orang tua, yang memiliki anak-anak generasi Post Gen Z maupun Gen Z butuh tantangan ekstra. Seperti anda ketahui, populasi penduduk di Indonesia, saat ini dikelompokan dalam 6 generasi, yaitu Post Gen Z, lahir tahun 2013 keatas, Gen Z lahir tahun 1997-2012, Milenilal generasi tahun 1981-1996, Gen X lahir tahun 1965-1980, Baby Boomer, generasi Abah Dahlan, yakni lahir tahun 1946-1964, dan Pre Boomer yaitu generasi yang lahir sebelum tahun 1945. Bagi generasi milineal, masa kecilnya pasti merasakan. Betapa terbatasnya akses informasi dimasa itu. Untuk menonton televisi saja, harus ditempat tetangga yang pada masanya terhitung orang kaya. Yang ditonton berita TVRI, film Siti Nurbaya atau acara olahraga. Mau menelepon, harus cari wartel, atau telepon umum, menggunakan uang koin, yang jika kelamaan, boks telepon digedor-gedor dari luar, karena dibelakang sudah antri. Pun jika ingin berkabar melalui tulisan, harus melalui pos, yang sampainya bisa berhari-hari bahkan berbulan-bukan. Berbeda dengan generasi sekarang, semua akses informasi bisa didapatkan melalui gengaman tangan. Dengan teknologi yang semakin canggih, semua serba mudah dan cepat. Juga murah. Jika generasi milineal pada saat tumbuh menjadi dewasa masih merasakan kerasnya orang tua kita saat menanamkan nilai-nilai agama, adat-istiadat dan budaya. Tantangan bagi orang tua masa kini, dengan arus informasi global yang datang dari segala penjuru. Jika tidak mampu, kembalikan semua kepada ajaran agama.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda