Makan 400 T

Menpan RB Abdullah Azwar Anas ketika masih menjadi Bupati Banyuwangi menjalankan program makan gratis kepada warga Banyuwangi dengan sangat baik. Apakah Gibran bisa di seluruh negeri? (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COM – Berdiri. Di alam terbuka. Malam hari. Di suhu yang minus satu derajat.

Saya lihat di sana-sini terserak salju tipis. Baju sudah rangkap empat. Masih juga kedinginan. Mungkin karena saya tidak mengerti apa yang saya tonton.

Saya hanya menemani cucu-cucu yang ingin ke Universal Studios –di luar kota Beijing, tadi malam. 

Lokasinya di depan istana Harry Potter.

Salah satu cucu berusaha menjelaskan jalan cerita adegan magic Harry Potter. Dia sendiri pakai baju, dasi. dan kacamata ala Harry Potter.

Pikiran saya terbagi dua: sebagian ke ceritanyi. Sebagian ke medsos yang mempersoalkan gagasan Gibran Rakabuming Raka yang mengalokasikan dana Rp 400 triliun untuk makan siang gratis di seluruh Indonesia.

Ada satu ejekan di medsos yang terus hidup di benak saya. "Rp 400 triliun kok hanya untuk mengisi toilet," tulis seorang komentar di medsos.

Banyak sekali reaksi sejenis. Dengan nada yang mirip-mirip. Mungkin ada yang mengatakannya berdasar suara hati nurani. Ada juga yang karena beda pandangan politik.

Saya mencoba memahami bagaimana pelaksanaan makan gratis Rp 400 triliun itu. Siapa yang diberi makan. Siapa yang membuat makanan. Siapa yang menyalurkan. Bagaimana agar dana itu tidak bocor ke kantong koruptor.

Saya belum membaca rincian program yang menghebohkan itu. Debat Cawapres juga tidak membahasnya. Saya pun khawatir jangan-jangan Gibran terpilih sebagai wapres lalu dana Rp 400 triliun itu dianggarkan. 

Lalu bagaimana menjaga Rp 400 T itu agar tidak masuk WC para koruptor?

Ingatan saya ke Banyuwangi – saat Menteri Abdullah Azwar Anas masih menjabat bupati di sana.

Anas juga mengalokasikan dana APBD puluhan miliar rupiah untuk memberi makan gratis penduduk. Yakni penduduk miskin, janda, orang tua, dan yang tidak berdaya lainnya.

Dana itu ternyata sekaligus untuk menggerakkan ekonomi di pedesaan. Juga untuk membangkitkan wirausaha kecil di desa.

Anas punya daftar lengkap siapa yang berhak mendapat makan gratis. Di RT berapa, RW mana, kelurahan/desa apa. Setiap 50 orang dikelompokkan berdasar lokasi terdekat. 

Untuk memberi makan kelompok 50 orang itu ditunjuk satu pengusaha catering UMKM terdekat.

Maka muncul pengusaha-pengusaha kecil bidang katering di desa-desa. Yang belanja bahannya pun di desa. Uangnya muter di desa.

Masyarakat desa, juga perangkatnya, diberi tahu berapa anggaran sekali makan itu. Agar ada kontrol dari masyarakat apakah UMKM-nya mengambil untung terlalu besar.

Di Banyuwangi program itu berjalan. Pagi hari pengusaha kecilnya mengantarkan nasi ke alamat penerima. Sorenya mengantar nasi lagi untuk makan malam, sambil mengambil rantang yang sudah kosong. Begitu seterusnya.

Tidak ada celah korupsi di Banyuwangi. Juga tidak terjadi komplain atas kualitas makanan –dibandingkan dengan anggaran. Juga tidak terjadi catering besar mengambil alih beberapa katering kecil. 

Ratusan usaha kecil katering pun hidup dari program Anas tersebut. Saya pernah ke rumah-rumah penerima makan gratis itu. Saya kagum dengan tata-cara pemberian makan gratis di sana.

Apakah kelak penggunaan dana Rp 400 triliun dibuat seperti yang terjadi di Banyuwangi? Saya tidak tahu. 

Mantan Bupati Banyuwangi yang sekarang Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Azwar Anas dengan program makan gratisnya.

Setidaknya, kalau dana itu jadi menggelontor, saya berharap bisa mengambil model makan gratis di Banyuwangi.

Kalau pun misalnya yang terpilih ternyata Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo, tetap saja cara Banyuwangi tersebut bisa jadi contoh program yang berjalan baik.

Maka kalau dana Rp 400 T itu jadi menggelontor setidaknya tidak akan mengisi satu-dua WC, melainkan puluhan ribu WC.(*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 26 Desember 2023: Tidak Libur

Rizal Falih

Bagi pekerja swasta, jumlah hari libur nasional tahun ini, yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui SKB 3 Menteri, tidak lah sebanyak seperti yang tercantum, yaitu 16 hari. Jika dicermati, bagi perusahaan yang menerapkan ketetentuan 5 hari kerja, ada 6 hari libur nasional yang merupakan hari sabtu dan minggu. Misalnya saja libur Hari Raya Imlek, tanggal 22 Januari, bertepatan dengan hari sabtu. Pun Hari Raya Idul Fitri, tanggal 22-23 April, juga bertepatan dengan hari sabtu dan minggu. Sehingga hanya ada 10 hari libur nasional, yang benar-benar hari libur bekerja tambahan, bagi para pekerja swasta. Sementara jika mengambil cuti bersama seperti yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu sebanyak 11 hari. Maka akan memotong jatah cuti tahunannya. Bagi yang sehari-hari mencari nafkah dikota besar seperti Jakarta, manfaat hari libur tentu akan dirasakan betul. Hari libur merupakan hari saat berkumpul bersama anak, istri dan keluarga. Karena di hari lain, hampir tidak ada waktu. Demi sampai di kantor tepat waktu, harus berangkat subuh, sebelum matahari terbit dan pulang saat matahari sudah tenggelam untuk menyelesaikan pekerjaan atau menghindari kemacetan. Bahkan ada yang seperti lagunya Wali, pergi pagi, pulang pagi. Hal itu dilakukan setiap hari. Rutinitas yang melelahkan. Dengan gaji yang hanya sebantas UMR. Mungkin berbeda cara pandang pengusaha, tiada hari tanpa produktifitas, tiada waktu tanpa kerja-kerja-kerja. Karena pengusaha bisa libur dan cuti kapan saja.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

Pak AAA.. Mereka, dan para "Perusuh" tidak bingung. Karena mereka dari awal udah tahu. Bahwa tanggal 'biru', tanggal 'merah', hari libur nasional, hari libur agama, Abah udah komit, yaitu: "Pabrik Kata" milik Abah, yang "memproduksi CHDI" sudah sekian tahun ini tidak pernah libur. ### Kecuali pada hari yang 'saya lupa', 'saya belum tau' atau 'saya belum aktif' di komunitas 'perusuh' CHDI.. He he..

AnalisAsalAsalan

Coba Abah tanya, "Mengapa tidak libur saat hari besar agama?" Kalau mereka menjawab, "Mengapa harus libur?" Abah jawab balik, "Mengapa tidak?" Pasti mereka kebingungan. Hahahahaha.

Fa Za

Di Tiongkok, hari Natal tidak libur. Di negara Barat, hari Natal libur satu hari. Hanya di Indonesia libur Natal dua hari, bahkan libur Idul Fitri bisa empat hari, meskipun dengan istilah lain, yaitu "cuti bersama".

Jo Neca

Bicara libur kerja.

Negara ini Jagonya.

Coba koh Liam mohon di hitung berapa hari Buruh bekerja dalam setahun.  Ada yang tidak sampai 30% plus sakit dan ijin..

Udin Salemo

Bangun tower BTS serahkan ke swasta saja. Kalau dibangun kementrian jadi ladang bancakan. Tower BTS nya gak ada tapi dibayar full. Hebat nipunya. Inyong juga punya pengalaman gawe tower BTS milik telkomsel dan indosat. Masih ada buktinya. Deket rumah kang Jokosp SP di Sungai Danau sana.

doni wj

Sahabat Disway: kerjanya ngrecokin dg gaya semaunya. Support system yg bisa buat abah terhibur atau malah geregetan. Olala.. sudah gratis banyak maunya pula.. Sahabat Disway : kontributor yg jadi narasumber Disway utk topik atau area tertentu. Pesuruh Disway : orang dalam namun bukan panas dalam. Bila panas dalam tubuh, teknologi pendinginnya minumlah larutan penyegar berbahan daun sirih, yg ada badaknya. Nha kalo yg panas dingin sebelum besoknya perform itu Mbak Riyatul Ulfa (Zayn Malik juga lho mbak). Kalo cowok namanya Aat. Apa komen ini nyambung? Sedikit, banyak enggaknya.. wkwk sgie cca..

Rihlatul Ulfa

yang dimaksud abah, Gina di Seoul, itu pasti Gina mantan sekretarisnya Abah dulu saat di PLN, sekarang sudah buat channel di Youtube dengan subscribe 2 juta lebih, menikah dengan laki-laki berkebangsaan Korea Selatan. Pak Agus wkwkwk bisa saja, bener juga si, gpp gak dibilang Sahabat Disway yang penting sampe dibuatkan muktamar di Prambanan wkwk.

Beny Arifin

Kaki ketiga ini buah simalakama. Kalau dijaga kuat sampai tua tapi lawannya nenek nenek ya malah repot. Mending alami saja, kalau sudah tua dan loyo ya disyukuri fokus ibadah saja hahaha ..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

Pak BA.. Sangat setuju. Harus seiring jalan dengan pasamgannya. "Runtang runtung.." ### Maka di atas saya tulis: "Demi kesejahteraan bersama pasangannya"..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

"ANDA sudah tahu: musuh utama orang tua adalah kaki. Maka kaki harus dilatih..", begitu tulis Abah DIS di CHDI hari ini. Sst.. Kayaknya Abah lagi "pusing". Kaki bukan musuh utama orang tua. Karena kaki adalah "onderdil utama" orang tua. Yang harus tetap dilatih dan dijaga.. He he.. Sama juga ini: onderdil utama "lelaki" adalah juga "kaki". Kaki yang "ketiga".. Maka "mengolahragakan kaki ketiga" adalah bagian dari pemeliharaan "kelaki-lakian".. Demi kesejahteraan bersama "pasangan"-nya.. ### Semoga pak Leong Putu setuju..

Mirza Mirwan

Natal memang bukan hari libur di Tiongkok. Juga Idul Fitri dan Idul Adha -- kecuali, barangkali, di Provinsi Otonom Ningxia dan Xinjiang yang mayoritas muslim. Tetapi soal hari libur di Tiongkok itu totalnya lebih banyak ketimbang di Indonesia. Tahun baru Imlek (festival musim semi), misalnya, liburnya selama 7 hari. Begitu pun dengan hari nasional Tiongkok, 1 Oktober, juga 7 hari. Belum lagi hari libur nasional lainnya, seperti tahun baru 1 Januari yang liburnya 3 hari. Masih ada hari buruh dan lainnya. Tetapi bukan hanya di Tiongkok, di Thailand pun Natal bukan hari libur. Kemarin itu putri saya tetap berangkat ke kampus. Pun Idul Fitri dan Idul Adha -- kecuali barangkali di Provinsi Songkhla, Yala, Pattani, dan Narathiwat yang mayoritas populasinya muslim. Meski seperti Idul Fitri dan Idul Adha bukan hari libur pihak kampus biasanya memberi toleransi untuk libur bagi putri saya dan dosen muslim lain -- tetapi jam mengajar yang ditinggalkan harus diganti di hari lain. Hari-hari libur nasional di Thailand, kecuali hari buruh, kebanyakan berkaitan dengan agama Buddha atau kerajaan. Yang terkait agama Buddha saja ada Makha Bucha (Māgha Pūjā), Visakha Bucha (Waiçak), Khao Pansa, Songkran, dan masih ada dua lainnya. Hanya saja tak ada yang liburnya sampai 7 hari seperti di Tiongkok.

thamrindahlan

Selamat Selasa Pagi Abah Pak Mario dan Sobat Perusuh nan elok hati. Dari kota Padang awak ucapkan selamat menikmati luburan bersama keluarga dalam suasana hati gembira ria berangkat dari ungkapan rasa syukur tak terhingga atas karunia nikmat Kesehatan dan Kesempatan. Laporan Abah dari negeri china menunjukan betapa pesat pembangunan disana. Gagasan Perubahan berdasarkan konsep pemerataan berkeadilan hampir di seluruh wilayah merupakan kunci mewujudkan kesejahteraan rakyat. Kebijkan ini berimbas mengurangi bahkan menghilangkan urbanisaai. Belajarlah ke negeri china berulang ulang kali diucapkan namun belum juga optimal di terapkan disana sini. Senin kemarin kami melintasi beberapa Kabupaten di Sumbar. Kesan keindahan alam Minangkabau belum optimal digarap dari sisi wisata secara profesional. Potensi inilah sebenarnya wajib digarap serius terutama ketika naik keatas awan di destinasi wisata alam Puncak Lawang Kab. Agam. Subhanalah betapa indah ciptakan Tuhan Yang Mahaesa. Dari ketinggian pelancong bisa melihat Danau Maninjau. Seorang wisatawan suku Chaniago mengatakan nenek moyang berasal dari china yang merantau ke Mibangkabau untuk berniaga. Jadi Chaniago itu singkatan China Berniaga(o) Salam dari Minangkabau.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

KALAU SUKA "LIBUR", HATI-HATILAH DALAM MEMILIH PEKERJAAN.. Kalau dulu, profesi "wartawan" koran harian termasuk profesi yang tidak selalu bisa "libur" di "hari libur". Kalau sekarang, penerusnya mungkin adalah "wartawan TV", termasuk pembaca berita dan pekerjaan-pekerjaan pendukungnya. Kalau siaran TV "lainnya", shooting nya bisa dibuat sebelumnya. Bahkan bisa "jauh sebelumnya", karena acara bisa dibuat "bukan" merupakan siaran langsung. Apalagi "TV Berita", senjata utamanya adalah: "kecepatan penyiaran berita". Ini kira-kira sama dengan kalau dulu: majalah berita. Tapi ada juga profesi yang targetnya tidak mengenal hari libur. Yaitu akuntan. Target closing adalah selalu "tanggal". Misal: "akhir bulan kedua setelah 31 Desember". Yaitu 28 atau 28 Februari. Tidak peduli tanggal itu pas hari libur atau bukan. Bahkan pas lebaran. Dan yang susah adalah: 

1). Pada saat itu, unit lain libur. 

2). Dan mas Akuntan harus bisa merayu "seluruh staf akunting" untuk tetap bekerja, pada saat unit lain "libur". Atau bahkan sudah pada "hiruk pikuk - mudik". 

3). Keluarga dan anak-anak mungkin juga protes.. ### Perlu ada "kesepakatan nasional" tentang "minimalisasi" jumlah libur nasional, demi peningkatan "produktivitas nasional"..

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Devis Tresi (Sen,25-12-2023) 

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] 

#1. (1;30) 

#2.Afa (1;18) 

#3.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (7;603)★★★⭐️ [10:1] 

#4.Agus Tejo (1;9) 

#5.AnalisAsalAsalan (9;457) [0:7] 

#6.bitrik sulaiman (1;1) 

#7.DeniK (2;60) [2:1] 

#8.didik sudjarwo (1;14) 

#9.Echa Yeni (2;6) 

#10.Em Ha (1;1)⏰ 

#11.Fiona Handoko (3;216)★ [3:1] 

#12.Gianto Kwee (1;12) 

#13.Handoko Luwanto (2;213)★ 

#14.ibnuhidayat setyaningrum (1;3) 

#15.Jimmy Marta (4;309)★ [0:3] 

#16.Jo Neca (3;21) [0:1] 

L

#17.Jokosp Sp (8;472)★★ [0:7] 

#18.Juve Zhang (12;1004)★★⚽️ [11:0] 

#19.Kang Sabarikhlas (3;145) [1:1] 

#20.Lagarenze 1301 (1;87)★ [1:0] 

#21.Leong Putu (7;118) [6:2] 

#22.Liam Then (9;1434) [4:5] 

#23.M.Zainal Arifin (4;43) [1:2] 

#24.Mirza Mirwan (2;429)★★ [4:0]

#25.mzarifin umarzain (3;43) [0:3] 

#26.nur cahyono (1;4) 

#27.rid kc (1;59)★

#28.Riki Gana S (1;209) 

#29.Rizal Falih (9;301)★ [2:0] 

#30.sahabat _the_best (1;1)✏️ 

#31.Sumartan (1;3) 

#32.thamrindahlan (1;188) 

#33.Udin Salemo (14;615)✒️★★⚾️ [1:11] 

#34.Ummi Hilal (1;1) 

#35.Wilwa (4;14) 

#36.Yellow Bean (3;348)★ [0:1] 

#37.Yunaidi Basyar (1;7) 

Total: 127 Komentar dengan 18★ dari 12 Orang 

✏️: Rockie per 30Sep2023 (1 Orang) 

✒️: Komentar Terbanyak ★: Komentar Pilihan ⭐

️: Komentar Pilihan Terbanyak ⚽️: Terbanyak Direply ⚾️: Terbanyak Mereply ⏰: Pertamax

Juve Zhang

Zamab purbakala sebagai turis backpacker mau juga ke Macao yg kesohor tempat Judi .Konon Casino banyak. Karena planga plongo alias kena "stunting" asam sulfat saya ikutan antrian minta visa masuk Macau. Lama nunggu tahu tahu paspor dikembalikan . saya heran kok gak ada cap ijin visa masuk oh Rupanya Macau memberikan karpet merah bagi penjudi Indonesia masuk bebas visa. Wkwkwk tahu gitu kan gak perlu antri dasar saya planga plongo efek "asam sulfat" gratisan. Wkwkwk. Maka jalan jalan saja di Macau yg ternyata kecil saja .berderet casino memanjang banyak lah.karena bukan penjudi cukup 4 jam balik lagi ke "wilayah" daratan .nah disini lah justru saya harus minta visa masuk lagi alias Bayar Duit Lagi. Wkwkkwk .

Juve Zhang

Ekonomi Tiongkok dibangun dari ribuan pabrik yg setiap hari ekspor ke Luar negeri. Pabrik mobil beli banyak Kapal Gede Pengangkut Mobil kapasitas 5000 mobil. Pabrikan justru jadi pembeli Kapal Angkutan terbesar. Morris Garage MG salah satu yg ambisius. Bangun pabrik terbesar se Tiongkok dan hasilnya ekspor pake kapal sendiri . Ekspedisi nya Fantastis mulai ke Australia Selandia Baru lalu ke India dan Eropa. MG asal merk Inggris dibeli 100%. Di hidupkan lagi dan sukses besar. Agen atau diler tumbuh di Inggris sampai sampai agen harus menyetop pesanan model tertentu Mobil MG yg sangat laris karena kebanyakan orderan wkwkwk. Mana ada di kita Agen mobil menolak orderan. Wkwkwk. Itulah sukses pabrikan Tiongkok. Kunci nya produk berkualitas. Harga Miring. Pengiriman Cepat. Untuk Cepat mereka beli Banyak Kapal Pengangkut Mobil.

susanto ng

Saya ikuti berita, katanya di Arab Saudi sekarang sudah diperbolehkan merayakan Natal secara terbuka, tapi kenapa di Indonesia masih ada teman2 Muslim yg tidak mau mengucapkan Selamat Natal ya?

AnalisAsalAsalan

Libur vs Ga Kerja Orang kerja ingin ga kerja (baca: libur). Orang ga kerja ingin kerja. Saat orang kerja, pekerja tempat wisata banyak ga kerja. Saat orang ga kerja, pekerja tempat wisata banyak kerja. Adakah yang kerja terus-menerus? Ada, yaitu jantung. Coba bayangkan: Kalau jantung ingin cuti sehari saja, apa yang terjadi? Di pekerjaan modern, jantungnya adalah IT. Ternyata, IT masih punya jantung, yaitu Listrik. Listrik -> IT -> Kehidupan Perusahaan. Maka, jagalah listrik Anda, jangan sampai bunyinya terus-menerus sehingga muncul serangan di komentar CHD. Hahahahaha.

Mirza Mirwan

Apakah Donald Trump sedang stres? Iya, barangkali. Itu terlihat dari "pesan Natal" yang diposting di platform media social miliknya, Truth Social, kemarin "Sulit untuk merayakan Natal yang benar-benar luar biasa ketika Anda punya presiden yang bengkok dan tidak kompeten -- crooked and incompetent president -- yang ingin memenjarakan lawan politiknya, dan yang telah berusaha keras (untuk perubahan) secara ilegal menggunakan semua upaya penegakan hukum untuk melakukan hal tersebut. Kita sedang berjuang untuk menyelamatkan negara kita dari KEGILAAN dan MALAPETAKA. MAGA 2024." Padahal sang istri, Melania, hanya memposting pesan sederhana di platform X (dulunya Twitter): "Merry Christmas!" dan di bawahnya ada kartu Natal dengan tulisan merah "Merry Christmas and Happy New Year". Salah satu anaknya, Donald Trump Jr, juga memposting pesan sederhana di X : "Mery Christmas all!". Sementara seteru Trump, Joe Biden, lewat akun @POTUS di X juga memposting pesan singkat: "From our family to yours: Merry Christmas, America!" Tetapi kalau Trump stres ya bisa dimaklumi. Kalau saja saya di posisi Trump, kayaknya bukan sekadar stres, tetapi amat sangat sutris.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

PENASARAN DENGAN ISTILAH "TANAH JARANG". DAN INILAH KATA MBAH "GOOGLE".. 

1). Logam Tanah Jarang (LTJ) atau "rare earth" adalah kumpulan 17 unsur kimia pada "tabel periodik" terutama lantanida, skandium dan itrium. 

2). Meskipun namanya "langka" atau "rare", tetapi logam ini cukup melimpah di bumi. 

3). Meski begitu, karena karakteristik geokimia, logam langka ditemukan pada kondisi "tersebar" dan "sedikit ditemukan dalam jumlah banyak", maka nilai ekonominya kecil. 

4). Yang nilai ekonominya besar, antara lain terdapat di Indonesia, dan menjadi incaran dunia. Khususnya Eropa dan Tiongkok, sangat minat. Yaitu yang terdapat di Bangka, Belitung, Sulawesi dan Halmahera. 

5). Potensi LTJ di Indonesia sangat jumbo. Tiongkok tidak minat untuk "kerjasama", tapi ingin langsung "membeli dan memborongnya". 

6). Yang pertama akan langsung kaya raya mungkin adalah "Bakri". Yang sempat terpuruk gara-gara Lapindo. Tapi akan kayaraya kembali, juga gara-gara Lapindo. Karena tanah Lapindo, menurut Badan Geologi, potensi Lithium nya 86-92 ppm. Stronsium nya 334-451 ppm. ### Catatan-catatan itu saya simpan dulu. He he.. Pingin tau, maksudnya apa..

Beny Arifin

Jepang hanya libur 3 kali dalam satu tahun. Musim dingin, semi, dan panas. Masing-masing 1 minggu. Selain itu sudah tidak ada libur lagi, mau natal, idul fitri, termasuk hari jadi negara Jepang. Di beberapa mall ada hiasan pohon natal sekedar ikut rame rame nya saja. Btw, di Jepang lebih mudah menemukan gereja dibanding masjid. Kota kota kecil rata rata punya gereja, dan hanya kota besar yang punya masjid. Waktu idul fitri di tempat magang kami yang muslim diberi libur khusus 1 hari. Naik kereta 20 menit ke kota yang lebih besar buat sholat ied.

Kang Sabarikhlas

"Nang,... Anang.. ayo bangun, tolong belikan ikan Lele atau Tongkol, krupuk ikan, tahu kuning kesukaanmu dipasar Tembok, ini tadi cari dipasar Genteng yang jualan banyak tutup cuma dapat bumbu pecel, Rempeyek dah jadi sama sayur²". "kan ini liburan dik, ndak usah masak… beli jadi aja" "e.e. yang liburan itu kan cucu²mu libur sekolah, lagian ndak baik anak² makan bakso, mie instan terus²an" ..... " ..iya² aku berangkat". Pk.08 Tunjungan semalam macet pagi ini suepi, lalu depan Grahadi juga sepi dan halaman kantor disway juga sepi,... hari libur kan?..  Loh?.... mau ke pasar Tembok kok lewat arah Gubeng?.. ya sudah ke pasar Pacarkeling aja. Pulang dari pacarkeling, putri bungsuku yg kerja di Jakarta cuti libur di Surabaya, minta diantar ke Sinar Mas Plaza depan Delta ada meeting kantor cabang. Sepulangnya saya mau sarapan pecel buatan istri.. "Lho dik? kok banyak sayurannya, ada kecambah, kacang panjang, kangkung, kubis, pari pahit... lha terongku mana?" "terong kesukaan Anang memang ndak aku beli, prei dulu biar aku ndak kecapekan ngladeni Anang, nanti malem jumat takbelikan"... Lho ya kan? hari libur lagi.... duh.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Demi memenuhi keinginan istri dan anak-anaknya untuk jalan-jalan ke Hongkong pada musim libur Natal dan Tahun Baru, seorang ayah yang bersama keluarganya tinggal di Jakarta terpaksa menguras tabungan. Berangkatlah mereka: suami, istri, dan dua anaknya. Mereka melewati liburan beberapa hari yang menyenangkan dan melelahkan, dengan mengunjungi berbagai tempat wisata. Kunjungan berakhir di Hongkong Disneyland Park. Saat mereka meninggalkan tempat wisata itu, sang istri melambaikan tangan dan berkata, "Goodbye, Winnie." Anak laki-laki juga melambaikan tangan dan berkata, "Goodbye, Mickey." Lalu si anak perempuan juga melambaikan tangan dan berkata, "Goodbye, Minnie." Kemudian si ayah juga melambaikan tangan dan dengan lemahnya berkata, "Goodbye, Money."

Lagarenze 1301

Tulisan CHD terkadang "memaksa" saya untuk belajar. Seperti di edisi hari ini, ada istilah tanah jarang. Mau tidak mau, agar tidak salah memahami konteks tulisan, saya pun mencari tahu apa itu tanah jarang. Ternyata tanah jarang (rare earth elements) adalah istilah untuk logam yang jarang atau langka yang terbentuk dari berbagai macam mineral yang jarang ditemukan (Mas Agus di bawah sudah menuliskannya). Pada pencarian selanjutnya saya menemukan istilah lain, yakni mineral kritis (critical raw material). Nah, logam tanah jarang itu termasuk dalam 47 jenis mineral kritis. Hal itu diatur dalam Keputusan Menteri ESDM No.296.K/MB.01/MEM.B/2023 tentang Penetapan Jenis Komoditas yang Tergolong dalam Klasifikasi Mineral Kritis. Disebut kritis karena memiliki risiko tinggi terhadap pasokan dan tidak memiliki pengganti yang layak. Padahal penting untuk industri nasional dan hankam. Yang menarik, dua mineral kritis yang poluler, lithium dan stronsium, dan beberapa jenis mineral kritis lainnya, ternyata terkandung dalam lumpur Lapindo yang ada di Porong, Sidoarjo. Hal itu diungkap oleh Badan Geologi Kementerian ESDM. Lithium dan stronsium merupakan bahan penting untuk baterai dan industri elektronik. Nah, harta karun mineral kritis dan tanah jarang di lumpur Lapindo itu semoga statusnya milik pemerintah, bukan perusahaan yang sebelumnya mengebor di wilayah itu.

Yellow Bean

Pemandangan indah era Milenium. Taman dengan pepohonan yang di bonsai dan menara pencakar langit menjadi tempat hunian. Tatanan modern karena semakin banyak nya manusia tapi harus menyisakan lahan untuk memberi kesempatan bumi menyerap air hujan dan aneka polutan yang ada di permukaannya. Yang membuatku gatal dari pagi ingin berkomentar adalah pemandangan Pak Dahlan Iskan duduk santai beralaskan rumput hijau. Semoga bukan rumput sintetis. Di kawasan BIP Batam juga banyak sudut taman seperti yang Pak Dahlan Iskan kunjungi. Dulu saya sering mengunjungi walaupun sendiri, menikmati segarnya udara pagi. Tanaman nya tapi tidak di bonsai. Aneka pohon mangga yang waktu itu sudah mulai berbuah dan pohon trembesi yang sangat rindang. Jika Indonesia serius ingin mengejar ketertinggalannya maka harus mau menyiapkan lahan dan kawasan industri yang representatif bagi para investor. Penyediaan tenaga kerja yang waktu dulu di koordinir Disnaker juga tidak mengecewakan. Kenyataannya UMR di Batam waktu itu masih yang tertinggi di Indonesia. Sampai sekarang kawasan BIP dan sekitarnya masih menjadi kawasan industri yang hidup dan menghidupi banyak orang. Tidak harus ke luar negeri untuk bisa hidup dan mendapatkan cuan.

Lagarenze 1301

Selingan. Saya ketinggalan berita terbaru Megawati. Bukan berita politik. Ini tentang Megawati Hangestri Pertiwi, gadis asal Jember yang bermain di Liga Voli Korea. Untuk klub Red Sparks. Megawati dkk kalah dalam tiga pertandingan terakhir. Namun, dalam laga terakhir melawan Red Sparks vs Pink Spiders, ada kejadian menarik. Megawati, yang dijuluki Megatron, berhasil menahan smash Ratu Voli Korea Kim Yeon Koung. Bola jatuh di depan Kim. Poin untuk Megawati. Kim jadi emosional smash-nya diadang Megawati. Ia berteriak keras dan memukul bola ke arah lantai. Wasit memberi peringatan. Red Sparks yang mengandalkan Megawati sesungguhnya tidak dalam kondisi baik dengan menempati urutan ke-5 dari tujuh tim. Pada Kamis 28 Desember nanti, Red Sparks akan bertemu lagi dengan Pink Spiders. Megawati akan berhadapan lagi dengan Kim Yeon Koung.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda