Tidak Libur

Di halaman kawasan pabrik yang ditanami bonzai pohon zaitun. (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COMTIDAK ADA libur Natal di Tiongkok. Kemarin adalah hari kerja biasa. Saya pun ke Jiangmen. Dua jam dari Macao. Jalan darat. Itu di pertengahan antara Macao-Guangzhou.

Saya ke satu pabrik besar di Jiangmen. Di mana-mana terlihat pabrik –pabrik apa saja. Kini sudah banyak pabrik yang dari luar tidak terlihat seperti pabrik. Sudah berupa ''taman berpabrik'' atau ''pabrik bertaman''. Lihatlah foto. Itu halaman depan pabrik yang saya kunjungi. Foto itu saya ambil dari lantai 3. Terlihat halaman yang luas dan indah. Ada kolam air yang besar di depan –agar hongshui-nya baik. Ada taman yang dibentuk berbukit. Cocok dengan perbukitan yang tampak di kejauhan.

Yang istimewa, pohon-pohon zaitun itu. Zoom-lah foto itu. Tampak sederet pohon zaitun yang dibonsai. Pohonnya tua tapi daunnya begitu sedikit. Alangkah mahalnya pohon itu. Hanya jadi pajangan sebuah pabrik. Saya hitung jumlahnya: 12 pohon. Baru sekali ini saya lihat pohon zaitun dibuat bonsai –bonsai yang tinggi.

Asrama pekerjanya pun tidak terlihat seperti barak di masa lalu. Asrama itu sudah berbentuk apartemen pencakar langit. Saya hitung: tiga tower tinggi-tinggi.

Dari pabrik ini saya belajar: ternyata teknologi motor pun berkembang terus. Kini sudah ada as motor yang pakai insolasi. Insolasinya pun berupa metal dicampur tanah jarang. Bayangkan: tanah jarang untuk insolasi benda yang harus kuat dan berputar tiada henti.

Teknologi as tanah jarang itu tentu sangat baru: baru dua tahun terakhir. Tujuannya: agar as motor tidak mengalirkan panas sampai ke bearing. Dengan demikian bearing-nya lebih awet. 

Tidak disangka bahwa tanah jarang mulai dipakai di alat-alat mekanik. Demi efisiensi tinggi.

Saya jadi ingat perusahaan saya: menggunakan begitu banyak motor. Hampir 1000 motor. Besar dan kecil. Berarti sudah kurang efisien. Sudah begitu ketinggalan.

Ada juga hal baru lainnya: motor model baru itu menggunakan pendingin air. Bukan lagi udara. Dengan teknologi pendingin seperti itu maka di setiap samping motor ada panel khusus: mengatur sirkulasi air. Motor dimasuki air, dikelilingkan di dalam, lalu dikeluarkan untuk didinginkan, dimasukkan lagi.

Anda sudah tahu: musuh utama orang tua adalah kaki. Maka kaki harus dilatih terus lewat sport dance medium impact. Kalau tidak, masa otot kaki terus berkurang. Orang tua pun sulit berdaya.

Musuh utama motor adalah panas. Yakni panas yang diakibatkan oleh putaran cepat motor itu sendiri. Apalagi motornya tidak pernah berhenti berputar. Sepanjang hari. Sepanjang minggu. Sepanjang tahun. Maka pencarian jalan keluar terus dilakukan. Pabrik ini termasuk yang menemukannya.

Jiangmen adalah satu kabupatennya. Di sebelah kabupaten Zhongshan. 

Tapi Jiangmen sudah menjadi kota besar. Pun kabupaten-kabupaten lain di seluruh provinsi Guangdong: Foshan, Zhongshan, Dongguan, Zhuhai dan sekitarnya.

"Apakah Anda tahu hari ini merupakan hari penting bagi agama Kristen," tanya saya pada seorang manajer yang mendampingi saya.

"Tahu. Kami di sini biasa saja," jawabnya.

Taiwan kemarin juga tidak libur.  "Kami di sini juga tidak libur," ujar sahabat Disway di Jepang Taki Tikada. "Jepang hanya libur untuk tahun baru. Mulai tanggal 29 Desember sampai 3 Januari," ujar Suyoto, ketua IJBNet, yang lama bekerja di Jepang. IJBNet adalah lembaga untuk peningkatan dagang Indonesia-Jepang.

Hanya Korea Selatan negara di Asia Timur yang libur. "Sudah sejak tahun 1945 setiap Natal jadi hari libur," ujar Gina, sahabat Disway di Seoul.

Setelah Magrib saya kembali ke Macao. Saya minta dilewatkan Zhongshan: ingin tahu perkembangan kota itu. 

Di perbatasan Tiongkok-Macao kini ada dua lokasi pasporan.  Kali ini saya lewat Hengqin. Bukan lagi di Gongbei. Sudah beberapa kali ''menyeberang'' lewat Gongbei. Baru kali ini lewat Hengqin.

Sama saja. Hanya lebih sepi. Masih baru. 

Di lokasi ini pun jarak daratan Tiongkok dengan pulau Macau hanya segelundungan batu. Hanya sejauh parit yang bisa bisa diloncati Shun Go Kong.

Parit itu pun sudah tidak kelihatan. Di atasnya sudah dibangun gedung imigrasi. Pintu barat gedung itu di daratan Tiongkok. Pintu timurnya di Macao. 

''Meja'' imigrasinya hanya satu: dibagi dua. Meja Tiongkok dengan petugas imigrasi Tiongkok dan meja Macao dengan petugas imigrasi Macao.

Dua petugas itu dibatasi penyekat kaca. Penyekat membuka otomatis kalau urusan di imigrasi meja sebelah sudah beres. 

Simpel. Dua negara di satu negara. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 25 Desember 2023: Devis Tresi

rid kc

Amerika memveto berdirinya negara Palestina di sidang PBB. Hanya 2 negara yang tidak setuju berdirinya Palestina yaitu Amerika dan Israil. Kenapa hanya 2 negara yang tidak setuju mengalahlan 177 negara yang setuju. Inilah ketidakadilan di PBB itu. Amerika mendanai pembunuhan warga sipil Palestina oleh Israel. Amerika layak menyandang predikat teroris atau penyandang dana terorisme Israil. Israil adalah negara teroris.

Mirza Mirwan

Selamat Natal bagi pembaca CHD yang menganut Protestan dan Katolik. Bersyukurlah bahwa di negeri ini, meski suhu politik kelewat panas, aktivitas keagamaan tetap bisa dilaksanakan dalam suasana aman. Bandingkan dengan umat Kristiani di Palestina. Tahun ini umat Kristiani di Tepi Barat tidak merayakan Natal, kecuali kebaktian sederhana. Bukan saja sebagai wujud empati terhadap umat seiman di Gaza yang sehari-hari diancam maut, melainkan karena di Tepi Barat sendiri juga tidak aman. Bahkan di Bethlehem, tempat kelahiran Yesus -- Isa alaihis salam dalam Islam -- yang biasanya disemarakkan dengan Festival Natal di Manger Square, tahun ini juga ditiadakan. Padahal biasanya festival itu dibanjiri turis asing yang menyumbang 70% PAD Bethlehem. Bagi pembaca dari umat Kristiani -- bahkan juga yang muslim -- yang pernah ziarah ke Yerusalem, pasti menyempatkan untuk ke Bethlehem yang hanya sekitar 10km ke arah selatan. Dan pasti tahu Manger Square. Karena di Manger Square itu terdapat Church of the Nativity (Gereja Kelahiran) di sebelah timur, dan Masjid Umar bin Khaththab di sebelah barat. Di tempat berdirinya Gereja Kelahiran itulah, konon, 2023 tahun yang lalu Yesus dilahirkan. Sementara di tempat berdirinya Masjid Umar itulah Khalifah Umar melaksanakan shalat di tanah lapang sebelum memasuki Yerusalem dan menaklukkannya. Sayangnya, Bethlehem, seperti halnya Hebron, Nablus, Jenin dan beberapa kota Palestina di Tepi Barat adalah wilayah pendudukan Israel.

Juve Zhang

Ajaran Kristen yg utama kasih tak nampak di Israel. Mata Ganti Mata . Nyawa ganti nyawa bahkan harus lebih banyak nyawa yg melayang di pihak musuh 1000 nyawa gak cukup dibayar 1000 nyawa harus ada "bunga" nya minimal sama dengan bunga deposito di Argentina 130 % setahun. Itulah cara hitung orang Israel. Kasih sudah jauh dari hati mereka yg tempat kelahiran Yesus . Masih saja orang berbondong bondong ke Betlehem tempat lahir Bayi Yesus. Israel yg pewaris DNA Yesus sudah jauh menyimpang dari ajaran KASIH. Kasih sudah hilang dari warga Israel itulah DNA ternyata ada juga yg tak diwariskan. Hukum Kasih ini di atas 10 Perintah Allah . Artinya Kasih ditempatkan di atas 10 Perintah Allah. 10 perintah itu saja sudah Bukan Kaleng Kaleng. Jangan Membunuh. Jangan Mencuri atau Jangan Korupsi .Jangan .......... ada 10 larangan. Nampaknya yg 10 saja sudah susah dijalankan . Penghuni LP sukamiskin ada juga yg penganut 10 perintah Allah ini. Dilanggar juga Korupsi lah dia. Wkwkkwkw . Israel sudah menjauh dari Hukum Kasih .sudah mengikuti Hukum Nyawa ganti Nyawa plus Bunga "Argentina " 130%. Mengerikan.

Mirza Mirwan

Hari-hari ini warga Palestina di Gaza terancam kelaparan gegara serangan udara Israel yang menghujani berbagai kamp pengungsi dengan bom. Akibatnya truk pengangkut bantuan bahan pokok (juga obat-obatan dan lainnya) tak berani beroperasi. Bukan hanya takut nyawa awak truk melayang, tetapi juga muatannya akan hancur mubazir bila jadi sasaran bom. Sejak 7 Oktober hingga 24 Desember kemarin aksi bombing Israel di Gaza sudah menewaskan 20.500-an orang, termasuk yang terbaru 70-an orang di kamp pengungsi al-Maghazi -- dan lusinan yang masih terkubur di reruntuhan gedung. Dari jumlah itu 8.200-an di antaranya anak-anak, 6.500-an wanita. Yang terluka sekitar 54.000-an orang, termasuk 8.663 anak-anak. Sementara di Tepi Barat 303 orang tewas dan 3.450-an terluka. Totalnya sudah 20.800-an warga Palestina yang tewas. Bandingkan dengan korban di pihak Israel. Di awal, pihak Israel mengumumkan 1.405 orang tewas. Bulan lalu direvisi menjadi 1.200, lalu revisi terbaru 1.139 tewas. Per 18 Desember yang lalu Committe to Protect Journalists (CPJ) dan Internarional Federation of Journalists (IFJ) merilis daftar nama 73 jurnalis yang tewas dalam meliput perang Israel-Hamas. Dari 73 jurnalis itu 66 dari Palestina, 4 jurnalis Israel, dan 3 jurnalis Libanon. Padahal jurnalis yang meliput perang Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung 21 bulan saja hanya belasan yang tewas. Lalu berapa hunian yang hancur? Ada 313.000 unit, fasilitas pendidikan: 352 sekolah, rumah ibadah: 203.

Juve Zhang

Bagi para pahlawan devisa di mana pun entah HK .Saudi A. SG. Malaysia. Anda adalah pahlawan bagi keluarga anda dan negara. Devisa dolar nambah dari keringat mereka. Mereka berjuang untuk keuangan keluarga nya .jelas terhormat. Jauh lebih terhormat dari pencuri motor.begal motor. Pencuri brankas duit pemerintah. Mereka di gaji 7 juta di HK. makan sudah ada. tempat tidur ada. 20 tahun disana jelas artinya sehat makan nya. sehat kerja nya. 20 tahun masa yg lama. kerja di sini pun banyak yg gak nyampe 20 tahun sudah struk. sudah jantungan. dst. artinya suasana kerja dan makan cocok kalau tak cocok pasti sakit. Selamat kepada para pahlawan keluarga mereka .7 juta sangat berarti bagi rakyat kita. Dan HK punya UMR nya ya 7 juta itu minimalnya. Sudah bersih .setara 12 juta di Jakarta. Dengan SMA dapat setara 12 juta di Jakarta sudah hebatlah.

Jokosp Sp

Selamat bagi yang merayakan hari ini tgl 25 Desember. Abah telah memberikan kado natal dengan laporan dari Hongkong dan enam gambar yang cukup mewah. Teringat dulu ketika masih di SMA Katolik di Ungaran Kab. Semarang, tiap natalan ada tradisi masakan ayam kalkun satu panci besar untuk dihidangkan ke tamu. Dan kalau pas hari Minggu sebelum acara ke kolam renang biasanya diajak nemani ke Gereja dulu, saya cukup di samping gereja di bawah pohon rindang menunggu mereka selesai beribadah. Sempat ditegur sama pastor gereja "eh main musiknya jangan dangdutan di sini". Kebiasaan teman-teman sekelas kalau hari Minggu setelah ke gereja memang ke kolam renang. Mereka jago nyanyi dan main musik semua. Dari gitar, bas, sampai organ. Jadi sambil jalan menuju kolam renang biasanya sambil ngamen, saya kebagian bawa kotak kecilnya karena memang tidak jago nyanyi dan main gitar. Bayar tiket dan makan-makan jadi gratis dari hasil ngamen tadi. Si Edi Geol dan Si Gatot memang luar biasa main gitarnya. Dengan gitar yamaha 12 senar menghasilkan petikan yang sangat jernih dari jemarinya. Setelah SMA tidak pernah ketemu sampai hari ini karena harus berjauhan di tempat kuliah yang berbeda dan cari rezeki masing-masing di beda pulau. Salam natal ya konco sak almamater SMA Katolik Kab. Semarang.....sejahtera selalu.

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Trik SGIE (Min,24-12-2023) 

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] 

#1. (3;36) 

#2.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (4;338)★★ [3:0] 

#3.AnalisAsalAsalan (9;382)★★ [2:3] 

#4.Azza Lutfi (1;11) [0:1] 

#5.bitrik sulaiman (2;28) 

#6.didik sudjarwo (1;6) 

#7.doni wj (1;130)★ [0:1] 

#8.Echa Yeni (1;3) 

#9.Em Ha (1;18) 

#10.Er Gham (2;79) 

#11.Eyang Sabar56 (1;30) [6:0] 

#12.Fiona Handoko (3;117)★★ [0:3] 

#13.Gianto Kwee (1;2) [1:0] 

#14.Gigi Ratna (3;68)★ [1:1] 

#15.Handoko Luwanto (5;711)★ [1:0] 

#16.herry isnurdono (1;84) 

#17.hoki wjy (1;2) 

#18.Jimmy Marta (5;188)★★ [0:3] 

#19.Jo Neca (1;22) 

#20.Johannes Kitono (1;122) 

#21.Jokosp Sp (6;445)★ [0:5] 

#22.Juve Zhang (9;974)★★ [9:1] 

#23.Kang Sabarikhlas (6;102)★ [1:4] 

#24.Lagarenze 1301 (3;279)★★ [1:0] 

#25.Leong Putu (32;1279)✒️★★★★★★★⭐️⚽️ [36:2] 

#26.Liam Then (17;1786)★ [4:13] 

#27.MARWAN HAMHIS (1;36) 

#28.Mirza Mirwan (3;308)★ [4:0] 

#29.Mora Edu Indonesia (3;61) [2:1] 

#30.Muin TV (1;43)★ 

#31.MULIYANTO KRISTA (17;219)⚾️ [0:17] 

#32.mzarifin umarzain (7;76)⏰ [1:3] 

#33.Ng (1;50)★ 

#34.Nico Paz (2;55)★ 

#35.nur cahyono (1;4) 

#36.Otong Sutisna (2;21) [0:1] 

#37.Pryadi Satriana (3;112)★★ [2:0] 

#38.Purnomo (1;219) 

#39.rid kc (1;19) 

#40.Riki Gana S (6;406)★★★ [6:1] 

#41.Rikki Sitorus (3;49) [0:3] 

#42.Rizal Falih (2;270)★ [1:0] 

#43.Sasmita (1;88) [1:0] 

#44.Sumartan (2;4) [0:1] 

#45.Udin Salemo (26;787) [6:14] 

#46.Ummi Hilal (3;122) [4:0] 

#47.Wilwa (10;802)★ [0:10] 

#48.Yellow Bean (5;120)★ [0:4] 221 

Komen: 37 pilih (22)

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Saat liburan Natal, seorang wanita tua kehilangan tas dalam hiruk-pikuk belanja di mal. Tak lama, seorang anak datang membawakan tasnya. Wanita tua itu memeriksa isi tas. Anak itu jujur. Tidak ada satu pun barang yang hilang. "Cuma.... aneh, meskipun saya sering lupa, namun saya ingat betul hanya punya uang lembaran Rp 100.000 di dalamnya, tapi kok sekarang ada pecahan Rp 10.000 sepuluh lembar," ujarnya kebingungan. Anak: “Itu benar, Nyonya. Terakhir kali saya menemukan sebuah tas wanita, dia cuma menatapku dan bilang tidak memiliki uang kecil.”

Fiona Handoko

selamat pagi bpk thamrin, bung mirza, bp agus, bp lp dan teman2 rusuhwan. membaca komen bp lp, saya jadi ingat derita ayah saya. di usia 80 dioperasi 3 kali dalam setahun. yg pertama. operasi turun berok. sama seperti kisah bp lp. opname 3 hari. dengan biaya mandiri. baru 2 hari keluar rs. harus dioperasi lagi, karena tdk bisa pipis. prostat membesar. opname 3 hari, biaya sendiri juga. lewat 6 bulan. turun berok nya kambuh. operasi kembali. opname 3 hari. hanya kali ini pakai bpjs. menurut ayah sy. antara biaya mandiri atau pakai bpjs. sama. tdk ada bedanya. puji tuhan, saat ini ayah saya sehat. masih bisa menemani bpk ndan thamrin jalan kaki 3 km menelusuri malioboro. selamat natal utk rusuhwan rusuhwaty yg merayakan.

Yellow Bean

Pahlawan devisa, mulia sekali kalian. Membantu negara mencadangkan keamanan cadangan alat bayar antar negara. Sebelum menikah sempat ingin menjadi TKI. Tujuan utamanya apalagi kalau bukan uang. Uang bukan segalanya tapi banyak hal dan urusan bisa terselesaikan dengan baik jika ada uang. Orang gontok gontokan karena uang. Orang sehat butuh uang. Orang sakit butuh uang. Uang banyak tidak mesti cukup. Uang sedikit tidak mesti kurang. Syukuri yang ada. Pagi ini sarapan dengan sayur asem sambal bawang dan ikan asin goreng. Alhamdulillah masih punya makanan hari ini. Walaupun tidak punya uang banyak karena tidak sempat jadi TKI.

Udin Salemo

Makanya ketika seseorang mantan sesuatu menghubungi madam Ho Ching untuk minta bantuan pengembangan lembaga pendidikannya, dengan sangat murah hati madam Ho Ching membantu. (min, akun inyong jangan di-banned). Ternyata masih banyak mesin ATM temasek Indonesia. Meliputi media, perbankan & asuransi, property, e-commerce, bahkan juga ritel. Ini pasti hasil didikan pak Lee Kuan Yew yang tidak mengajarkan makan siang gratis.

Udin Salemo

Villa semakin merangsek ke depan. em yu semakin meroket ke bawah. Mpok Siti lagi bahagia dengan 5 Thropy. Chelsea kasian deh lu.

Jokosp Sp

City akan merangkak naik dengan tegap dengan jiwa petempur sejati. Pep tetap masih nomer satu.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

BERIBADAH DI LUAR NEGERI 1.. Tahun 1995. Saat itu pertama kalinya saya ke Eropa tidak bersama rombongan. Saat transit di bandara Frankfurt, saya melihat ada plang bertulisan "prayer room". Karena itu, saat itu, saya mencoba sholat di sana. Saya liat ada tempat wudhunya, dan sedang ada yang wudhu. Beliau selesai melakukan wudhu lebih dulu. Maka ketika saya selesai wudhu, saya lihat beliau sedang "sholat", saya segera berdiri di belakangnya. Dan memberi tanda untuk ikut sholat berjamaah, sebagai makmum. Ternyata gerakannya beda. Maka saya segera geser, dan sholat sendiri. Setelah ngobrol ama teman-teman, kemungkinan beliau beragama Yahudi Dan beribadah menurut tatacara Yahudi. ### Kalau sekarang, bandara Frankfurt "membedakan", prayer room untuk "Muslim" dan "Jewish".. Dan petunjuknya jelas. Itupun kalau ada apa-apa disediakan call center WA untuk menanyakan segala sesuatu yang "diragukan"..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

DI KOMENTAR kemarin, ternyata pak AAA ternyata sempat menanyakan, siapa yang berhak melakukan audit forensik. Apakah hanya BPKP dan BPK..? Jawabnya, BPK dan BPKP bisa dan sudah sering melakukannya. Tetapi sebenarnya adalah sesuai penugasan dari aparat penegak hukum. Dan dasarnya adalah "independensi auditor". Kalau ada kasus seperti BTS di Kominfo, yang ada aliran uang ke BPK, maka "patut diduga", BPK bisa jadi tidak atau "kurang" independen. Dan pihak yang independen itu salah satunya adalah Kantor Akuntan Publik (KAP). KAP yang termasuk "big 4", yaitu EY, PwC, KPMG dan Deloitte, punya tim khusys seperti itu. Tetapi audit forensik di lingkup perusahaan, misal untuk mengungkap suatu fraud dan mengetahui kelemahan suatu bisnis proses yang pernah terjadi, bisa jadi, cukup dilaksanakan oleh unit "internal audit" perusahaan itu sendiri. Tentu saja dengan dipilihkan tim dan anggota tim yang memiliki kemampuan dan dipastikan independen.. ### Audit pun perlu memikirkan besarnya audit fee, selain independensi..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

BERIBADAH DI LUAR NEGERI 2.. Beribadah di luar negeri, tentu yang terbanyak tempat ibadahnya menggunakan bahasa "setempat" atau minimal bahasa Inggris, meski ibadah pokoknya kalau Islam pasti menggunakan bahasa Arab. Dalam hal ini yang saya maksud adalah bahasa untuk penyampaian khotbah. Tahun 1990an. Di Berlin. Saya pernah sholat Jumat di masjid komunitas orang Pakistan. Khotbahnya ternyata menggunakan bahasa Jerman, dan khotibnya orang Jerman. Yang sholat sekitar 15 orang. Tetapi setelah tau ada saya yang orang Indonesia, setelah sholat, Imam Tetap di masjid itu, yang orang Pakistan, menjelaskan "inti khotbah" selama 5 menit. Dengan bahasa Inggris. Karena di sana lama, belakangan baru tau bahwa di Berlin ada tempat sholat untuk komunitas orang Indonesia. Khotbahnya pakai bahasa Indonesia. Dan diikuti juga oleh orang Malaysia, dan Brunei. Jamaah sholat sampai sekitar 200 orang. ### Di kedua tempat, setelah sholat Jumat, diakhiri makan siang bersama..

Jimmy Marta

@ Bg RF. Ada perbedaan besar jumlah buruh migran indonesia. dataindonesia.id yg mengutip data BI dan BNP2TKI, tahun 2022 buruh migran Indonesia berjumlah 3,44 jt orang. Paling banyak bekerja di malaysia. 1,67 jt. Arab Saudi 837 rb. Hongkong 337 rb dan taiwan 330rb. Tadi sy juga mau nulis ini, tp ketemu perbedaan data yg jomplang ini. Keknya harus cari sumber lain yg lebih valid...

Rizal Falih

Jumlah pekerja migran Indonesia tahun 2022, berdasarkan data BPS adalah 200.761. Dari jumlah tersebut 60.096 atau sekitar 30 persennya bekerja di Hongkong. Terbanyak di bandingkan negara lain. Peringkat selanjutnya ada Taiwan dan Malaysia, masing-masing 53.459 dan 43.163 orang pekerja. Sebagaimana yang Anda tahu, 99 persen dari pekerja migran Indonesia yang ada di Hongkong adalah perempuan. Tercatat dari 60 ribuan orang, pekerja laki-laki yang ada di Hongkong hanya sejumlah 179 orang. Selebihnya adalah perempuan. Dari data diatas, mengapa

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda