Sinuhun Breksi

Senam di bukit Breksi. (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COM – SABTU-MINGGU: dua hari yang istimewa. Sabtu senam di Candi Prambanan, Minggu kemarin di Breksi. Berjarak hanya 7 kilometer. Saya tidak menyangka Breksi sebagus ini. 

Inilah tempat wisata baru: milik desa Sambirejo. Masih masuk kecamatan Prambanan, Sleman. Lokasinya di tanah kas desa. Pengelolanya paguyuban orang desa. Sebagian hasilnya untuk modal BUMDes. Ketuanya: Kholiq Widianto.

Kholiq lahir di situ. Sekolah di situ. Waktu SMP sudah bekerja sebagai penggali batu di situ: di satu bukit yang batunya berwarna abu-abu. Orang desa Sambirejo menyebutnya batu putih.

"Baru tahun 1990-an kami tahu nama ilmiah batu ini. Yakni batu Breccia," ujar Kholiq yang kini 42 tahun.. Dari kata breksia itu lantas menjadi breksi. Jadilah bukit batu itu bernama bukit Breksi. Ketika bukit itu diubah menjadi tempat wisata namanya pun populer dengan sebutan Tebing Breksi.

Di Tebing Breksi itu saya dan 122 anggota sport dance berolahraga. Riang gembira. Sejak pukul 06.00. Di udara pagi yang sejuk. Di balik tebing batu yang masif. Di pelataran teater terbuka yang serbabatu. Panggungnya batu. Backdrop-nya batu. Tower kanan-kirinya batu. Tempat duduk melingkarnya batu.

Kami pun menyebar. Sebagian besar di pelataran. Para pelatih, 20 orang, di panggung. Sebagian lagi di tempat duduk melengkung. Satu orang di atas tower kiri. Satu lagi di atas tower kanan. Kalau saja kami membawa drone akan bisa membuat video yang dramatis.

Masih ada spot lain yang lebih menarik untuk dinikmati. Juga untuk spot foto. Bukit di balik bukit tempat senam ini. Bukit batunya sudah dibentuk sebagai objek wisata.

Inilah tempat wisata alam yang menjadi lebih bagus oleh campur tangan manusia. Idenya mungkin dari rekayasa bukit di Bali yang menjadi kawasan Garuda Wisnu Kencana.

Untunglah ada temuan ilmiah: bukit batu di desa Sambirejo itu ternyata bukan sembarang batu. Itu batu yang terbentuk dari lahar kuno. Harus dilindungi. Jadi perhatian dunia. Di zaman prasejarah ternyata ada gunung berapi di sekitar Sambirejo. Meletus. Memuntahkan lahar. Sekian juta tahun kemudian jadi batu Breccia.

Saya naik ke tower sebelah kiri panggung. Ikut ber-sport dance di puncaknya. Terlihat kota Yogyakarta di bawah sana. Terlihat pula Candi Prambanan di sebelah utara.

Perhatian saya juga tertarik pada seonggok batu di puncak tower ini. Saya heran: mengapa ada satu bongkah batu di situ. Arena untuk sport dance pun jadi terasa sempit untuk berdua. Maka saya pinggirkan batu itu. Saya angkat. 
Saya pun kaget: batunya ringan sekali. Tiwas saya persiapkan tenaga penuh untuk mengangkatnya.

Itulah ternyata keunggulan batu Breksi Sambirejo. Kuat, solid tapi ringan. Dari sini saya baru tahu mengapa batu Breksi banyak dicari para pematung. Bahkan pematung di luar negeri.
"Satu meter kubik beratnya hanya 1 ton," ujar Kholiq. Berarti hanya sepertiga berat batu pada umumnya.

Kholiq masih ingat saat ia masih jadi penambang batu di situ. Ada pesanan satu bongkah dengan ukuran 1x1x3 meter. Tingginya yang tiga meter. Ia mendengar bongkahan itu akan jadi patung dua tentara yang lagi menembak. 

Bagian dalam Candi Prambanan pun, kata Kholiq, terbuat dari batu dari Sambirejo. Berarti sejak abad ke 4 atau 5 batu Sambirejo sudah terkenal punya kelebihan khusus: ringan, solid, kuat.

Kholiq juga masih ingat bagaimana mengerjakan pesanan 1x1x3 itu. Ia  kerjakan selama 10 hari. Ia ke tebing bukit itu. Bersama 10 orang pekerja lainnya. Ia pahat tebing. Sampai ia dapatkan batu utuh dengan ukuran tersebut.

Desa Sambirejo pernah bergelar desa termiskin di Sleman. Lebih 100 orang mata pencahariannya dari menggali batu. Tidak perlu izin siapa-siapa. Itu bukit milik desa. Luasnya 23 hektare.

Setelah diketahui nilai sejarahnya, terbitlah larangan menggali batunya. Rakyat kehilangan pekerjaan. Kholiq pun jadi sopir truk. Ia ikut jejak ayahnya yang juga sopir truk.

Sultan Hamengkubuwono lantas memutuskan: menjadikan bukit Sambirejo sebagai objek wisata desa. 

Kementerian Pariwisata turun tangan. Demikian juga kementerian BUMN di zaman Rini Soemarno. Pun Kementerian PUPR. 
Tahun 2015 mulailah dibangun. Dengan dana Rp 15 miliar.

Desa sendiri mencurahkan jatah dana desanya untuk proyek ini. Total menghabiskan Rp 30 miliar. Jadilah Tebing Breksi tempat wisata yang sangat menarik.
Dari atas tower saya mengagumi desain dan pengerjaan proyek ini. Tidak kaleng-kaleng. Ada kolam besar di sebelah arena. Saya pun bertanya dari mana air itu. "Itu air hujan. Tidak bisa habis. Lantai dasarnya batu yang solid," kata Kholiq.

Kolam itu dalamnya 4 meter. Bukan kolam buatan. Itu kolam yang terjadi begitu saja karena batunya terus di gali di masa lalu.

Sultan Yogyakarta sukses mengatasi kesulitan ekonomi di desa. Melarang menggali batu dilengkapi jalan keluarnya. Melarang mudah. Mencarikan jalan keluar sulit. Tapi tidak sulit bagi Ingkang Sinuhun. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 17 Desember 2023: Pleno Vital

Lagarenze 1301

Presiden AS, Joe Biden, kepanasan. Ia mendamprat DPR. "Bukannya melakukan sesuatu untuk membuat kehidupan rakyat Amerika lebih baik, mereka malah fokus untuk menyerang saya dengan kebohongan,” katanya. DPR, beberapa hari lalu, menyetujui dilakukannya investigasi terhadap Biden dan keluarganya yang dapat berujung pada pemakzulan. Investigasi akan mengarah pada apakah Biden mengambil keuntungan yang tidak semestinya dari setiap transaksi bisnis luar negeri yang dilakukan putranya, Hunter. Bisnis Hunter di Ukraina dan China sejak lama mendapat sorotan. Apakah Biden bisa dimakzulkan? Bisa, tetapi peluangnya sangat kecil. Meskipun, misalnya, DPR yang dikuasai Republik memutuskan untuk memakzulkan Biden, keputusan akhir ada di Senat. Pemakzulan bisa dilakukan jika dua pertiga anggota Senat setuju. Sedangkan Senat dikuasai Demokrat dengan 51 kursi vs Republik dengan 49 kursi. Hal yang sama pernah dialami oleh Donald Trump. Dua kali. DPR yang kala itu dikuasai Demokrat memutuskan pemakzulan, tapi mentok di Senat yang dikuasai Republik. Walaupun Biden tidak dimakzulkan, masalah tersebut tentu akan memberi dampak kurang baik dalam upayanya meraih kursi presiden kali kedua.*

Atho'illah

Menanggapi komentar Pak Jo Neca di artikel kemarin Di gathering yang ke dua ini sudah bukan saya lagi yang jadi perusuh termuda. Sekarang, perusuh termudanya orang palembang, kuliah di Yogya, cantik, anaknya Pak Abdul Latif, namanya Nabila Azzahra. Saya sering di kompor-kompori oleh Pak Thamrin dan beberapa perusuh lain agar mau mendekati Mbak Nabila atau Mbak Ulfa yang juga cantik dan cerdas. Sempat dikomplain juga sama Bu Pipit dan Bu dr Sandra, katanya, cuma gacor di sosmed, di dunia nyata melempem, gak ada nyalinya. Ya, memang, saya ini aslinya pemalu. :D :v Mungkin, karena kesal melihat saya yang gak ada nyali. Sepertinya, atas permintaan Bu Pipit, saya dipanggil (disetrap) untuk ikut sport dance di atas panggung bersama Abah, Bu Pipit, Mbak Nicky, dan satu instruktur senam lagi yang saya lupa namanya siapa. Saya dipasangkan dengan Mbak Nicky, melakukan gerakan berputar sambil berpegangan tangan. Selama hampir 6 tahun terakhir, ini untuk pertama kalinya saya berpegangan tangan dengan seorang wanita. :v

Gianto Kwee

Mas Novri, posisi jabatannya saat ini, dibawah Kades (Lurah) dan diatas Sekdes (Carik), nama jabatan baru tersebut dibakukan dengan sebutan "Bedes" (Joke mas Novri ) Saya bangga jadi orang Blitar ! 

Lagarenze 1301

Belilah emas. Itu provokasi Robert Kiyosaki. Sejak beberapa bulan lalu. Karena ia memperkirakan bakal terjadi depresi hebat. Keruntuhan pasar raksasa. Dan akibat perang yang berimbas ke harga minyak. Tentu Anda sudah tahu siapa Robert Kiyosaki. Tentu sudah pula membaca bukunya yang sangat populer: Rich Dad, Poor Dad. Tentu sudah paham pula: ia pengkritik Biden. "Mohon bersiap. Jaga diri Anda. Beli emas, perak, bitcoin," kurang lebih begitu peringatan Kiyosaki.

Lagarenze 1301

Robert Kiyosaki juga memperkirakan Amerika Serikat akan menjadi negara miskin. Malah, termiskin di dunia. "Saat ini daerah kumuh ada di mana-mana di Amerika," katanya, seperti dikutip dari AFP. Tentu saja perkiraan itu merupakan bagian dari kritiknya kepada pemerintahan Biden. Tapi, setidaknya, data menunjukkan, jumlah gelandangan di Amerika tahun ini mencapai rekor tertinggi. Menurut Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan AS, pada 2023 jumlah gelandangan di seluruh AS mencapai 653.100 orang. Meningkat 12 persen di banding tahun sebelumnya. Di California saja, menurut Public Policy Institute of California, hampir sepertiga penduduk berada, atau mendekati, garis kemiskinan. Tingkat kemiskinan tertinggi di Los Angeles County.

Lagarenze 1301

Pak Agus ternyata perusuh sejati. Tak hanya merusuh di komen CHD dan di gathering perusuh, tapi juga bisa merusuh di rumah tangga. - Bagaimana kalau tutorial angkat beban 10 kg hingga 25 kg itu sukses dilakoni oleh bapack-bapack? - Apakah mereka yang punya suami masih bisa meladeni? - Bukankah itu akan membawa para bapack-bapack naik ke level berikutnya: minta nambah? Maka, semestinya ada pula yang tampil menyampaikan tutorial cara menghadapi roket Hamas yang bejibun itu. Agar skor imbang antara bapack-bapack dan istrinya. Agar tidak ada alasan untuk nambah. :) :)

Echa Yeni

Gk tau kengapa dari sekian bwaanyak tulisan chd tuDe,yg quingat hanya "Vivian vanessa" saja. 1nama saja yg saya ingat jdi 2. 1.vivian chow artis hongkon jadul yg pretybyutiFull 2.vanesa sulit,eh angel.eh malaikat vanesa

Bahtiar HS

Gangguan prostat mmg sering dialami pria khususnya di usia 50 tahun ke atas. Gangguan prostat mrp kondisi medis yg mengganggu fungsi kelenjar prostat, satu bagian dari organ reproduksi pria di bwh kandung kemih yg berperan dlm produksi cairan pelindung sperma. Makanya, gangguan prostat khas pria. Kalau ada wanita mengaku punya penyakit prostat, pasti dia lagi halu. Kelenjar prostat berukuran sebiji kacang kenari. Seiring usia bertambah, bertambah besar pula prostatnya. Dan itu normal. Hanya jika ukurannya terlalu besar atau mengalami gangguan, maka itu berisiko menimbulkan penyakit prostat. Apakah peradangan prostat (prostatitis), prostat membengkak dan menyempitkan saluran kemih (BPH, Benign Prostatic Hyperplasia), atau kanker prostat dg tumbuhnya sel abnormal pada kelenjar prostat. Menurut WCRF, kanker prostat no 2 tertinggi pada pria di seluruh dunia, atau no 4 secara umum. Diderita 1,4 juta kasus di 2020. Di Indonesia sndiri, ada 13.563 kasus baru pada 2020. Salah satunya pak SBY. Sayangnya, 70% pasien terdiagnosa kanker prostat telat menyadari, dan baru mencari pengobatan setelah sdh stadium akhir. Para peneliti tdk tahu pasti penyebabnya apa. Hanya bbrp faktor risiko diketahui spt mutasi gen, ras, pola diet, usia, sejarah keluarga, pola makan. Kalo nurut istri saya, semua organ itu akan berubah tdk normal jika TDK DIPAKAI. Maka prostat yg jarang dipakai jd sebab utama gangguan prostat. Apalagi "itunya" terlatih digantungi besi 25kg, tp jarang dipakai. Wkwkwk

Handoko Luwanto

Waduh, saya lupa nitip pesan, mumpung ada ketua tim IT Disway (kak Acip Setiawan). Kak, mohon info berapa detik/menit/jam komen diposting boleh diganti dengan info tgl & jam (mis. 17-12-2023 07:43:20). Makash ya kak Acip.

Rizal Falih

Hari ini saya coba login ke Disway.id, menggunakan browser samsung IE, gagal, saya coba lagi, berkali-kali, hasilnya tidak ada reaksi, ngeseli. Lalu, saya coba menggunakan browser lain, google chrome, sekali gagal, saya coba lagi dan berhasil. Bisa dicoba, bagi yang sering gagal login. Besok-besok kalau masih bermasalah, saya tuliskan lagi di kolom komentar, supaya tim admin terus berbenah agar para perusuh tetap sumringah. Melihat para perusuh Disway, berkumpul di kompleks Candi Perambanan, bikin ngiri, pasti seru bisa saling berbagi, semoga suat saat bisa ikut daftar dan boleh menghadiri. Salam sehat untuk kita semua. 

Em Ha

Jadi pembaca aja seru, apalagi jadi peserta. CHD memang luar biasa. Subuh tadi, selesai sholat berdoa sekejap, dalam hati. Lebih seperti mengheningkan cipta, mirip-mirip debat capres itu. Demi netralitas acara doa disilentkan alias diheningkan. Segera kugapai handphone. Membaca CHD seperti biasa. Tersenyum, tertawa, larut dalam keseruan. Pleno Vital tuntas dibaca, terasa lebih perkasa dari biasa-biasanya. Penasaran ingin membuktikan. Mumpung anak-anak belum bangun. Cari barbel 1-2 kg tak ada. Ingat istri tadi malam beli terigu dan gula. Dua bungkusan itu diikat tali rapia. Berat nya imbang, masing masing 1 kg. Hanya butuh 5 menit persiapan uji perkasa. Gerak cepat sebelum layu selagi menjulang. Awal mula tes, beban digantung di pangkal, tak ada perbahan, 45°. Berikutnya bergeser di tengah, ada sedikit penurunan, sudut kemiringan 55°. Uji terakhir, tali rapia pengikat beban digeser di ujung. Ada semacam sangkutan, tersangkut di sana. Sudut kemiringan berubah menjadi 90°, pangkal dan ujung rata. Tidak stabil, naik turun menahan beban. Kalau dibayangkan tak ubahnya seperti indikator timbangan duduk mekanik, yang naik turun ketika menimbang beras. Beban tak jatuh. Teruji dan terbukti. Menulis komentar, cerita proses dan hasil pengujian. Mau tekan tombol Send warna biru, muncul keraguan dan rasa malu. Tapi demi 'Bintang' dan Cianjur atau Sukabumi tahun depan. Akhirnya Done. 

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Dua sahabat, Aan dan Iwan, mendaki gunung. Lengkap dengan peralatan dan pakaian yang melindungi semua bagian tubuh. Saat memasuki hutan lebat, Aan dipatuk ular berbisa. Ia pun dalam kondisi kritis. Iwan segera membuka HP, untung ada sinyal. Ia menelepon dokter di UGD. Iwan: "Dok, teman saya digigit ular. Kami sedang di hutan. Apa langkah pertama menyelamatkannya?" Dokter: "Digigit di bagian mana? Ikat erat bagian pangkalnya, lalu hisap bagian yang digigit sampai racunnya keluar. Hisap beberapa kali sampai racunnya bersih." Iwan segera menutup telepon, lalu menatap sahabatnya sembari menggelengkan kepala. Iwan: "Maafkan aku, An." Ia pun melirik bagian tubuh Aan yang digigit ular saat kebelet pipis.*

Leong Putu

Pasti ularnya pengidap rabun senja, ular kok gigit ular? Wkwkwk

Jimmy Marta

Pleno Vital. Sy kirain sidang pleno yg maha penting. Eh rupanya tentang senjata perang kaum bapak... hehe. Senjata ini tidak hanya penting bagi bapak2, tp ibu2 sebenarnya juga berkepentingan... Jadi kalau ada pleno nya, ibu2 memang gk perlu malu. Tetap lah ikut. Tip ini kan bisa dibawa pulang sbg buah tangan prambanan... wkwk.

Rizal Falih

Berolahraga low impact, lebih baik daripada tidak berolahraga, benar sekali, kalau saya tiap hari, menargetkan jalan kaki minimal 8.500 langkah, dokter menyarankan 10.000 langkah, saya turuti, pasang target segitu tiap hari, tercapai, tapi kaki jadi terasa pegel-pegel, badan rasa nya cepet capai, mungkin karena efek serangan penyakit saraf yang terakhir. Pun sudah minum obat rutin juga. Sekarang diturunkan lagi, menjadi 8.500 langkah. Mengikuti saran Bang Ade Rai di youtube nya, katanya alangkah lebih baik, olahraga yang low impact, seperti jalan kaki itu, dibarengi olahraga otot, yang ringan-ringan saja, seperti angkat dumbbell, mulai dari yang beratnya 1 kg, 3 kg atau 5 kg, senyamnya kita saja, lebih baik sebelum melakukan olahraga-olahraga yang ringan. Hasilnya, kata temen-temen di kantor, sekarang saya terlihat lebih segar, padahal saya masih rutin berobat jalan, di dua rumah sakit yang berbeda, Alhamdulillah masih bisa pakai BPJS. Jadi gak pusing mikirin buat bayar biayanya. Dulu perokok berat, jarang olahraga, makanan juga semaunya. Sekarang mencoba hidup sehat, tiap hari minimal olahraga ringan, jaga makanan, kualitas tidur dan isitirahat. Sehat itu, nikmat Allah yang tidak terkira, jangan tunda untuk hidup sehat, mumpung masih muda. Seperti Abah Dahlan yang masih bugar, meskipun usia sudah tidak muda lagi. 

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

TMBAHAN PENJELASAN.. 1). Therapy yang saya tawarkan untuk manteman perusuh ada 2 yaitu: SATU: penyembuhan "syaraf kecepit" - dengan metode "dry cupping". Atau kop. Mirip yang untuk bekam - tetapi tanpa penusukan. Kop adalah memberikan "tekanan negatif" atau "ditarik", sehingga syaraf yang terjepit bisa dilonggarkan. Harus hati-hati, bukan "sembarang kop". Cupping harus dipasang dengan "formasi" tertentu, sesuai lokasi syaraf tercepit, yaitu: Cervical. Thoracal. Lumbal. Itupun masih harus dilihat, misal - yang banyak terganggu adalah L4 - L5. Dengan catatan: saya tidak bisa melakukan "diagnosa". Sehingga therapy dry cupping bisa saya lakukan, jika pasien sudah punya hasil MRI - yg menunjukkan lokasi dan bentuk 'jepitan". Tiga teman saya yang sukses saya therapy, tiga-tiganga terjepit di L4 -L5. KEDUA: membantu masalah "keperkasaan". Metodenya: hanya saya ajari olahraga. Saya sebut "olahraga lansia". Rinciannya sudah saya uraikan di WAG "Prambanan". Cukup butir Romawi I sampai III. Dengan rutin menjalankan romawi I - III "banyak" teman pangsiunan yang keperkasaannya terbantu - tanpa harus menjalankan romawi IV yang "menghebohkan" itu. Romawi IV hanya perlu untuk yang kena prostat - tapi saya tidak berani mengajarkan. Itu ada hak patent nya. Dan risikonya tinggi. Dan jika harus dijalankan, latihannya bertahap. Mulai dari 2,5 kilo. Dan naik 2,5 kilo lagi jika sudah sukses dilakukan 3 hari berturut (Bersambung)..

Kang Sabarikhlas

Gegara CHD… yang lagi ndak takperduliin(pura²), lagi enak nonton tv 1 ada petinju Bevardes juara dunia termuda ..eh cak Dadi'ndukun pijet Vcall.."Kang, arek² ojol tanya pean kok ndak ikut ke Prambanan? ndak kepilih ya?".. "anu.. cak Di' saya memang ndak daftar sbb ndak bisa ikut, masih ngurus sekolah cucu² juga istri ndak bisa ditinggal minta ikut… anu lagian saya ndak butuh 'pleno vital'" "wkwkwk...Lho katanya pean pingin ketemu Abah?….. wis gini aja Kang, malem tahun baru ayo ikut teman² ke petilasan Jolotundo mandi kumkum tengah malam biar di tahun 2024 siapa tahu pean ketemu dewa penolong, pean bisa jadi juragan rumah² dan mobil seken lagi... hehehe.." "Maaf cak Di' saya ndak bisa ikut, ini ada acara 8 cucu ngumpul minta jalan² bareng saya.. Saya doakan semoga cak Di' ditahun baru ini keturutan yang di inginkan".. "wkwkwk.. ojok ngenyek Kang" "Assalamu'alaikum" "Wa'alaikum salam..."

thamrindahlan

Selamat Siang Abah Pak Mario dan Sobat Perusuh nan elok hati. Rekam jejak digital gathering perusuh # 2 awak mulai dengan Tajuk "Ordal Pesuruh Perusuh" Sukses penyelenggaraan kopi darat disway jilid 2 tidak terlepas dari kerja keras para pesuruh yang dikomandoi Mas Tomy. 40 perusuh mengalami merasakan menikmati km pelayanan prima 16 pesuruh bekerja kompak sepenuh hati sehingga perusuh yang datang dari jauh sepakat memberikan nilai 8. Oh ya, setelah Abah menggelari komentator dengan julukan Perusuh kini kita mulai akrab diata telinga.disway mania kosa kata Pesuruh. Awak yakin penyebutan ini bukan dari Abah justru dari rekan kerja pendukung disway. Bisa jadi kosa kata Pesuruh merupakan tekad pengabdian mendukung sepenuhnya portal digital literasi ini. Perusuh Super Heboh Riki Gana melingkari bulat warna merah kosa kata "Pesuruh"di lembaran daftar nama peserta gathering #2.. Sejak itu Mbak Pipit cs tersenyum ketika disapa mesra kaum Perusuh ' wahai dikau sanga pesuruh." Gerrak cepat Pesuruh setelah pengumuman daftar peserta membuat WAG perusuh #2. Inilah media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan segala hajat dan informasi kepada Orang Dalam ( Ordal). Luarbiasa seluruh permintaan & saran Kaum Perusuh ditanggapi Mas Tomy dan Mbak Pipit. Terima kasih disampaikan Dr Sandra dan Mas Agus Demonstrasi buruh semangat berkobar/ Sampaikan tuntutan regulasi Naker dijubah/ Perusuh dan Pesuruh disway saudara kembar,/ Dua duanya rekan kesayangan kebanggaan Abah/ Salaman

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

LANJUTAN.. Naik 2,5 kilo jika sudah sukses dilakukan 3 hari berturut-turut. Itupun jika absen atau gagal 1 hari, maka pada hari kev4, akan dikurangi 2,5 kilo juga. Tapi yang ini tidak saya ajarkan. Bagi lansia atau yang menghadapi masalah itu, jika masalahnya hanya syaraf yang "loyo" karena lama atau tidak rutin "melakukan", maka romawi I sampai III sudah cukup. Bukan hanya tiga orang, tapi "banyak" teman pangsiunan yang sukses mendapatkan kembali keperkasaannya. Syaratnya: rutin dan konsisten menjalankan olahraganya. Jadi senam itu, yang pertama, jika dijalankan dengan rutin dan konsisten, akan mendapatkan "kesehatan" dan "kebugaran". Sedangkan keperkasaan adalah bonusnya. Saya sendiri.. Mau sebentar bisa. Mau lama juga bisa. Relatif bisa "mengendalikan". ### Bonus kedua jika rutin dn konsisten adalah: "Awet tua". Tua. Tapi awet..

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway of the Week: 10-12-2023 s/d 16-12-2023 (103 orang) 
Rockie of the Week
#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.Kak Idam (3;68)✏️;1★ [1:0] 
Nama: Kak Idam, Rockie of the Week, periode: 10-12-2023 s/d 16-12-2023 
#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.10-12-2023=Emas Eksi (2;45)✏️★ [1:0] 
#2.14-12-2023=Panas Nyata (1;23) 

Leong Putu

This article should be accompanied by several disclaimers. 1. Don't try it at home without the supervision of an experienced instructor. 2. Don't try it before you get married. 3.The risk of breaking up is at your own risk

Liam Then

Saya asli pengen coba,cuma menjelaskan ke orang rumah gimana.

Liam Then

Maap saya tak tahan, tak tambahi lagi saran, pusaka sebaiknya jangan sembarangan dipentung-pentung ke sudut meja, apalagi yang ada kacanya, nanti pecah bagaimana? Mumpung diskon akhir tahun masih kencang, segera order kendang. Minimal bisa alasan, latihan musik... dung... dung.. dung...

Leong Putu

Burung satu saja kok disiksa model gitu? Kek itu burung mau tarung di kejuaran UFC saja. Paling satu ronde juga KO. Hedeeeeeeeh.

Jokosp Sp

Burung apa yg rasanya bisa crispy dan bisa kriuk?. "Burung beo". Salah. "Burung tekukur". Salah. "Burung kakak tua". Masih salah. "Terus burung apa dong? ". Burung punya kakek yang direndam di Nitrogen cair. "Itu gag kriuk lagi, tapi ancur". Emang kakek masih pingin yang gituan?. "Kalau kakek asal belum mati pasti masih mau, asal gag kena prostat saja cu". Masih pingin dipanjangin kek?. "Ya...mau ngikuti sarannya Ko@Liam tak gantungin tabung gas 15kg". Wkwkwkkkkkk kakekkkkkk. 

Liam Then

Mi, kau nanti usahakan lari-lari ditempat ya, sambil agak maju dikit-dikit." Kata Aliong setelah selesai mengikat tali ke pinggang Mimi. "Ndak bahaya kah Liong?" Mimi tanya "Ini kan demi kamu juga, kemaren kau marah tabung gas 3kg ilang dari dapur, ketemunya dikamar, tapi habis itu kau marah kalo liat aku tak latihan, cuma Mi, capek lepas pasang tabung gas, jadi ini aku mau naek level saja" "Oklah, siap-siap Liong.... ready.... get set.... go....!!! "ADUUUUH .... MI..... ADUHH.....!!! STOP... STOP MI.....! .. MI STOP MI..... STOP....!

Liam Then

Untuk pemakai HP Android supaya bisa login lancar, boleh dipakai trik-trik berikut , anti hujan, kalo login terkunci cukup klik dua atau tiga kali langsung bisa masuk lagi. 
1. Instal browser Firefox, browser ini sudah teruji dari zaman komputer desktop, saya yang awam komputer merasa firefox lebih lancar dan ringkas dalam berselancar internet. Firefox adalah browser favorit para 'netter' yang eneg dengan dominasi google. 
2. Usahakan email yang dipakai untuk login ke Disway, sama dengan email yang dipakai untuk daftar di layanan google hape anda. Logika sederhana saya : Karena Situs Disway masih memakai agregat iklan dari google, kesinkronan email, akan buat login cenderung lebih gampang. Kalau sama-sama pakai Gmail tapi berbeda antara yang terdaftar di Disway dan Hp, saya duga bisa menyebabkan masalah verifikasi. Atau mungkin jika ingin gunakan email berbeda, bisa coba email non Gmail di Disway. 
3. Untuk anti hujan yang bikin postingan komentar hilang, cukup cepat-cepat reload halaman web ketika sudah muncul awan , cepat -cepat reload melalui menu di browser , agar set instruksi perintah untuk kirim data bisa diulang. Karena jika tidak "direload" secepatnya sistem komputer di bagian anda akan menganggap set perintah dan data sudah dikirim kemudian hilang dari layar, masalahnya karena awan hujan muncul, data itu tak sampai ke server Disway. Teknik reload halaman akan memberikan lapisan set perintah pengiriman data (tulisan anda) sekali lagi, biasanya selalu berhasil

Ahmad Fahmi

Abah Yth. Maafkan saya, ijinkan saya mengulang permintaan kepada Abah: Daripada mubazir tidak dipakai, bolehkah saya minta obat penumbuh rambut hadiah dari almarhum pak Doni Monardo? Perkenankan saya kenalkan diri, saya kemenakan almarhum Alwi Shahab alias Abah Alwi yang terakhir bekerja di koran Republika rubrik sejarah dan budaya Betawi. Selain itu saya juga ponakan kadang katut dari D H Assegaf yang pernah jadi sekjen PWI tahun 1980an, istri beliau adalah tante saya. Mungkin Abah kenal beliau berdua. Keduanya meningal di usia 80an, hingga usia itu masih bekerja. Mungkin profesi wartawan membuat keduanya tetap vital dan produktif hingga usia tua ya? Sangking saya mau dapat obat penumbuh rambut itu, terpaksa saya tawashul dengan menyebut beliau berdua. :-) Abah yang pengikut tarekat Satariyah tentu faham apa arti tawashul yang menurut saya sama sekali tidak musyrik. Kepada para perusuh VIP yang disayang Abah, saya minta tolong intercession nya juga. Terima kasih sebelumnya untuk para perusuh VIP yang baru kopdar. Terima kasih Abah, semoga rejeki buat saya obatnya :-) dan semoga berkah buat Abah. Wassalam Ahmad Fahmi Shahab Email: [email protected]

doni wj

Shivagrha atau Candi Prambanan, seperti namanya adalah Candi beraliran Syiwa. Meski begitu, karena Candi Kerajaan, di kiri kanan Candi Syiwa, terdapat Candi Wisnu dan Candi Brahma yg mengapit di kiri-kanannya. Lengkap dg masing2 arca sosoknya. Di depan masing2 candi utama terdapat Candi Perwara (pengiring). Yg berisi masing2 wahana. Syiwa dg Nandi, sang lembu. Wisnu dg Garuda, sang rajawali raksasa. Dan Brahma dg Hamsa, sang angsa. Syakti atau manifestasi pasangan dari masing2 terdapat di sekelilingnya. Candi dg arca Laksmi berada di utara Candi Wisnu. Arca Sarasvati ada di Candi selatan Candi Brahma. Arca Durga Mahisasuramardini sendiri ada di samping utara Candi Syiwa. Bersama Arca Syiwa Mahakala dan Syiwa Mahadewa yg mengapit pintu utama/timur, Maharesi Agastya di selatan, dan Ganesha di barat. Karena orientasi hadap ke timur, bisa dikatakan Candi Prambanan ini ditujukan utk memperingati kelahiran/menandai dimulainya sesuatu. Di Candi Syiwa dan Candi Brahma, masing2 terdapat 30 panel yg menceritakan kisah Rama (Ramayana), sebagai titisan ke 8 dari Wisnu. Sedang di Candi Wisnu sendiri 30 panelnya menceritakan kisah Kresna, sang titisan ke 9. Tidak diketahui siapa arsitek dari Prambanan yg didirikan di Abad ke IX. Atau maksud sebenarnya, kenapa di Candi Syiwa yg dikisahkan adalah kisah Wisnu (Ramayana). Dugaannya, ini adalah pengaruh dari asal-usul moyang Dinasti Sanjaya yg menurut prasasti Canggal berasal dari India.

Johannes Kitono

Pleno Vital nan Perkasa. Bro Agus memberikan bonus soal Perkasa sekalian masalah baru. Kalau sudah Perkasa harus diuji coba dimana ? Bu Annie Wong yang duduk disamping hanya tersenyum sambil menutup mulutnya. Terima kasih buat bro Agus yang dengan kalem bersedua memperagakan teknik- teknik saktinya. Mak Erot spesialis mati pucuk bisa kehilangan pangsa pasar. Kalau teknik bro Agus Telkom diviralkan. Satu pelajaran penting yang bisa dipelajari dari meeting Perusuh. Customer adalah Raja buat hanya mereka yang belanja. "Para staff dan karyawan juga harus dilayani oleh CEO", itu kata juragan disway.itu dilakukan dan meeting Perusuh berlangsung sangat egaliter. Tidak ada yang merasa ex Menteri dengan kawalan berlapis-lapis badan berotot. Pengawalnya justru pagar Ayu yang bikin penasaran dan iri. Bagaimana mendapatkan obat pelet yang tidak dijual di Apotik atawa Halodoc. Thx para staff Disway yang telah sukses memberikan pelayanan kepada kaum perusuh dengan menjadi pesuruh.

doni wj

Banyak orang mengira, Prambanan meniru Angkorwat. Padahal sebaliknya. Angkor Wat (berarti kota percandian) yg didirikan pada Abad XI adalah replika dari Prambanan yg sudah berdiri sejak Abad IX. Bahkan UNESCO menemukan catatan bahwa para pekerja Angkor Wat diimpor dari Medang. Hal ini tidaklah mengherankan. Prasasti Sdok Khak Thom di Kamboja berisi Proklamasi Maharaja Jayavarman II tentang kemerdekaan Khmer dari 200 tahun penjajahan Medang (di prasasti dituliskan Jawa). Tidak jauh dari Hotel Colombo, ada prasasti yg menerangkan gelar tokoh yg sama

Gregorius Indiarto

Membahas alat vital yang sudah sepuh, yang sudah "terpakai lama", Sementara yang belum "terpakai" tidak dibahas. Mbok di bahas tentang liku liku laki laki tak laku laku, baru bahas senjata. Met sore, salam sehat dan bahagia. #hanyaremusuh

Liáng - βιολί ζήτα

Misalnya Anda terkena stroke ringan.....  stroke nya itu yang mesti ditangani terlebih dahulu, kemudian baru menjalani terapi agar gerakan sebagian tubuh yang terdampak stroke bisa kembali normal atau setidak-tidaknya 80-90% mendekati normal. Demikian halnya dengan disfungsi ereksi pria. Jikalau penyebab disfungsi ereksi pria tersebut lantaran aterosklerosis, diabetes yang sudah menahun ataupun penyakit peyronie ; maka hal-hal tersebut mesti ditangani terlebih dahulu, sedangkan berbagai jenis terapi lebih berfungsi sebagai pelengkap dari penanganan masalah utamanya, supaya setidak-tidaknya "si adhek kecil bisa kembali menggeliat lincah".

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda