KONI Jatim Award Kedua Digelar Januari 2024

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memberikan KONI Jatim Award kepada atlet fin swimming, Jumat 4 November 2022. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) akan menggelar KONI Jatim Award 2023. Rencananya digelar pada Januari 2024.

KONI Jatim Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk patriot-patriot olahraga Jatim yang berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional hingga internasional. 

Tahun 2023 memasuki tahun kedua KONI Jatim Award. Yang pertama digelar di Hotel Mercure, Surabaya, Jumat 4 November 2022. 

Penghargaan akan diberikan kepada atlet putra terbaik, atlet putri terbaik, pelatih terbaik, tim/beregu terbaik, atlet muda potensial terbaik.

Penghargaan juga diberikan kepada stakeholder terkait. Seperti KONI daerah terbaik, pemerintah peduli olahraga, pengurus provinsi cabang olahraga.

"Ini bentuk pengakuan kita terhadap prestasi siapa pun insan olahraga di Jatim yang memberi kontribusi melalui dunia olahraga. Ada atlet, pembina, kepala daerah dan orang yang mau mengayomi kita beri apresiasi, kita beri legacy. Agar daerah lain di Jatim dan atlet lain terlecut semangatnya untuk meng-upgrade diri," ungkap Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil.

Melalui ajang KONI Jatim Award ini, kata Nabil, sekaligus membangkitkan keseriusan pembinaan. Tidak hanya dari pegiat olahraga tapi juga pemerintah. 

Sebab, ada tuntutan baru selain meningkatkan prestasi, yakni pengembangan sport industry dan sport tourism yang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Semua kegiatan olahraga tidak hanya berhenti pada prestasi saja. Olahraga juga berkontribusi membangun daerah. Kita menyaksikan banyak negara terkenal karena prestasi olahraganya," jelasnya. 

khofifah.jpg1.jpgKetua KONI Jatim, M Nabil menyerahkan penghargaan KONI Jatim Award 2022 pada lifter Luluk Diana Tri Wijayana. (FOTO: jatimprov.go.id)

Menurut Nabil, selain dari KONI Jatim, pemilihan, pemilahan dan penilaian yang masuk dalam nominasi peraih KONI Jatim Award juga melibatkan unsur wartawan dan media. 

"Selain kami punya data tentang prestasi, teman-teman wartawan khususnya yang selama ini melakukan liputan olahraga pasti juga memiliki data tentang prestasi para atlet. Karena itu kami juga melibatkan mereka dalam penilaian, sehingga nantinya yang terpilih mendapatkan KONI Jatim Award ini terjaga objektivitasnya," tegas Nabil.

Nabil menambahkan yang menjadi dasar penilaian untuk atlet dan pelatih terbaik 2023 ini adalah prestasi di ajang multievents seperti  SEA Games 2023, Asian Games 2023, dan prestasi di single events, seperti kejurnas, kejuaraan internasional, bahkan kejuaraan dunia sepanjang tahun 2023 ini.

"Selain itu dari ajang Porprov VIII 2023 lalu juga akan kami pilah dan pilih atlet yang layak menjadi rising star atau atlet masa depan," pungkas Nabil.

KONI Jatim Award 2022 lalu, atlet panahan Riau Ega Agata Salsabila dan atlet wushu Alisya Mellynar terpilih sebagai atlet putra-putri terbaik versi KONI Jatim Award 2022.

Penghargaan KONI Jatim Award 2022 juga diberikan kepada pelatih gulat Rakhman sebagai pelatih terbaik dan tim basket putri Jatim sebagai tim/regu terbaik. Kemudian, lifter Luluk Diana Tri Wijayana dan atlet loncat indah Gladies Lariesa Gania terpilih sebagai atlet muda potensial.

Tak hanya itu, penghargaan KONI Jatim juga diberikan kepada KONI Surabaya, KONI Bangkalan sebagai pembina olahraga yang mencatatkan prestasi. Selanjutnya Pengprov POSSI Jatim sebagai pengprov cabang olahraga terbaik.

Wali Kota Malang Sutiaji dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq terpilih sebagai Kepala Daerah Peduli Olahraga. 

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didapuk sebagai Bunda Olahraga Jatim.(*)

Pewarta : M Fasichullisan
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda