Siswa BBS Malang Bangga Jadi Tim Nasional WSDC 2023

Joshua Aurelius Waluyo (tengah baju putih dan berdasi) bersama rekan sekolah dan Kepala Sekolah Rajesh Joshi (paling kanan) dan pelatihnya Kristi Ardiana (paling kiri). (FOTO: Dok. SMA Bina Bangsa School Malang).

COWASJP.COMMALANG - Siswa SMA Bina Bangsa School (BBS) Malang, Joshua Aurelius Waluyo, bangga bisa turut serta menjadi Development Team dari Tim Nasional Indonesia pada World Schools Debating Championships (WSDC) di Vietnam Juli 2023. WSDC Vietnam ini adalah WSDC edisi ke-34. 

Dalam kompetisi berskala internasional yang sekarang sangat populer di kalangan siswa menengah atas ini, Tim Indonesia berhasil meraih peringkat ke-9 (tertinggi dalam sejarah Indonesia) pada preliminary rounds di WSDC Vietnam 2023. 

Kepala Sekolah BBS Malang, Rajesh Joshi, yang ditemui  di Kampus BBS Malang Jl A Yani Riverside, Senin 11 Desember 2023, memberikan apresiasi atas prestasi siswanya tersebut. 

Rajesh mengatakan: "Masuknya Joshua dalam Tim Nasional Indponesia pada WSDC 2023 melewati jalan yang cukup panjang. Selain berlatih secara intens, Joshua harus melewati berbagai kompetisi tingkat provinsi dan nasional sampai akhirnya dia bisa masuk Tim Nasional.” 

Joshua juga sudah mengikuti lebih dari 20 kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. 

Bina Bangsa School Malang yang berdiri sejak 2003 merupakan sekolah internasional (SPK) yang menggunakan kurikulum Cambridge. Selama 20 tahun berkiprah, BBS Malang telah mengantarkan para muridnya memenangkan banyak penghargaan Top Cambridge di Indonesia dan dunia. 

Prestasinya merambah ke bidang minat debat Bahasa Inggris, suatu jenis kegiatan yang makin digemari siswa sekolah menengah atas. Meski tergolong baru, kiprah BBS Malang di tingkat NSDC (National Schools Debating Championships) dan tingkat internasional (WSDC) tercatat dalam papan unggulan.

Menurut Rajesh, kegiatan klub debat bahasa Inggris akan terus dikembangkan karena relevan dengan kebutuhan pengembangan kepribadian para siswa. Kegiatan ini efektif untuk mengasah kemampuan siswa berkomunikasi, mendalami permasalahan, melatih cara berpikir yang sehat, dan kemampuan melakukan riset. 

“Ada banyak hal yang bisa berkembang dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Joshua yang ditemui di sekolahnya mengaku bangga bisa masuk sebagai anggota kontingen nasional di WSDC 2023. Dia merasa sangat terhormat terpilih sebagai anggota Tim Nasional, dan bersyukur bisa membawa Indonesia masuk dalam 9 besar WSDC 2023 yang dilaksanakan di Vietnam. 

“Saya bangga bisa menjadi bagian dari Tim Indonesia di suatu ajang kompetisi internasional yang keren. Ikut WSDC adalah sebuah privilege buat saya, saya belajar banyak sekali dari setiap prosesnya,” ujarnya. 

Josh mengungkapkan kompetisi debat membuatnya lebih percaya diri, memiliki confidence. Disebutkan salah satu pilar penting debat adalah riset, dan manfaat riset adalah kita memahami logika dari motion-motion yang harus dibahas dalam kompetisi. Untuk kelengkapan, setiap riset disertai dengan pembuatan contoh-contoh. 

Dengan mengetahui dasar logika dan contoh, debater bisa belajar bagaimana menerapkan ke motion lain yang memiliki konteks yang serupa.

Ke depan, siswa SMA BBS Malang ini berharap bisa ikut lebih banyak kompetisi, termasuk di tingkat universitas. Dia mengaku tak berhenti berlatih dan mengasah keterampilannya. Sama yang dia alami saat persiapan WSDC 2023 di Vietnam. Semuanya berupaya secara maksimal karena membawa nama baik bangsa dan negara. 

yoshua.jpg1.jpgDESAIN GRAFIS; WSDC Vietnam 2023.

“Yah pokoknya all out-lah dan harus serius dalam meraih tujuan,” tutur Joshua saat ditemui awak media.

Pengalaman mengikuti berbagai kompetisi debat memberi pengalaman luar biasa. Arek Malang ini merasa bahwa berlatih, bertemu, berdebat, berkompetisi dan berjuang di berbagai ajang kejuaraan adalah sebuah proses yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan pembentukan karakter yang kuat. 

Dalam kompetisi, semuanya harus memiliki kebesaran hati, mengedepankan sikap adil, dan sportif. Itu penting karena dalam setiap kompetisi dan kejuaraan pemenangnya terbatas. Tampil dalam kompetisi dengan kualitas yang prima adalah suatu capaian tersendiri. Dia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sekolah, Dinas Pendidikan, keluarga serta coach yang membimbingnya.

Kristi Ardiana, selaku coach, menilai sosok Joshua sebagai siswa mau belajar dan bersikap terbuka, dua hal yang penting dalam kegiatan debat. Seorang debater harus memiliki karakter yang terbuka, mau menerima kritik, mau memperbaiki diri secara terus-menerus, memperkaya pemahaman dan tahan banting. 

“Itu semua membentuk karakter dan kepercayaan diri secara maksimum. Debate championships ini tentang keterampilan yang well-rounded, menyeluruh dan bermanfaat bagi survival skill. Hanya anak yang mau maju yang bisa berkembang di debate,” ujar Kristi yang pernah menjabat President English Debating Society Universitas Indonesia (EDS UI) ini.

Kristi menambahkan, karena platformnya adalah kegiatan yang mengacu pada kompetisi tingkat dunia yang disebut English Debating Championships, maka kemampuan berbahasa Inggris menjadi prasyaratnya. Namun hal itu sekarang tidak menjadi hambatan besar karena kemampuan berbahasa Inggris rata-rata siswa sekolah di Indonesia mulai membaik. 

“Berlatih English debate dan ikut berkompetisi sebagai debater akan melatih dan membiasakan siswa terampil dalam public speaking, research dan critical thinking. Tentu dengan tetap memperhatikan konteks dan membiasakan menyampaikan dengan baik dan manner yang tepat,” tukasnya. (*)

Pewarta : Irwan Setiawan
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda