Sang Begawan Media

Marcia Ann

Prof Dr Johanes Surya, guru besar fisika (FOTO: umm.ac.id)

COWASJP.COM – APA yang Anda harapkan dari Sam Altman untuk Indonesia?

Saya pun menghubungi Prof Dr Johanes Surya. Ia sudah tahu Sam Altman mendapat Golden Visa dari Indonesia. Orang pertama yang mendapatkan fasilitas itu. Agar bisa membantu Indonesia dalam memasuki era kecerdasan buatan (AI).

Pakar fisika dan matematika itu sekarang menjadi staf khusus Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. "Sayangnya waktu Sam Altman ke kantor Pak Menko saya lagi di luar kota," ujar Prof Surya.

Menurut Prof Surya ada beberapa hal yang Sam Altman bisa lakukan untuk memajukan AI di Indonesia. 

Pertama, katanya, kolaborasi dengan universitas dan pusat riset: Sam Altman dapat bekerja sama dengan universitas dan lembaga riset di Indonesia untuk mendukung penelitian AI dan memfasilitasi pertukaran pengetahuan. "Ini akan membantu sekali pengembangan bakat lokal dan secara otomatis akan memajukan AI di Indonesia," katanya.

Sam Altman, Anda sudah tahu, ahli kecerdasan buatan dari Amerika Serikat yang antara lain menciptakan ChatGPT. 

Kedua, kata Prof Surya, untuk mendukung pelatihan dan pendidikan AI di Indonesia. "Ini bisa melalui beasiswa, kursus online, atau mendirikan lembaga pendidikan AI di Indonesia," katanya. "Yakni untuk meningkatkan keahlian lokal dalam mengembangkan dan menerapkan AI".

Tentu Prof Surya juga berharap Sam Altman  berinvestasi dalam perusahaan start-up AI di Indonesia. "Ini dapat memberikan dorongan finansial dan akses ke sumber daya yang diperlukan untuk perkembangan teknologi AI di Indonesia". Begitu banyak anak muda yang merintis AI. Tentu mereka bisa memanfaatkan Sam Altman.

Bahkan, kata Prof Surya, kalau perlu Sam Altman bisa ditanya soal kebijakan apa yang harus diambil pemerintah Indonesia di bidang AI. "Termasuk dalam penyusunan regulasi yang memadai, kebijakan insentif fiskal, dan infrastruktur AI yang diperlukan," katanya.

Tentu Indonesia punya kebutuhan khusus. Yang khas Indonesia. Misalnya pertanian, perikanan, peternakan, dan layanan kesehatan yang bisa terjangkau," katanya. "Termasuk kaitannya dengan perubahan iklim".

Tentu Prof Surya juga mengharapkan Sam Altman untuk jadi narasumber bidang AI dalam kaitan dengan etika. Apalagi Indonesia ini sangat religius.

Bagi Prof Surya Indonesia perlu menumbuhkan komunitas AI. Yang kuat. Perlu banyak konferensi, pertukaran ide dan kolaborasi. Sam Altman bisa diharap ikut berperan di dalamnya.

Juga soal pengembangan infrastruktur teknologi. Agar sesuai dengan pertumbuhan AI yang kita perlukan. Termasuk di komputasi awan dan pengadaan jaringan yang kuat.

Dengan peran-peran itu Sam Altman dapat membantu memajukan AI di Indonesia. Yakni membantu negara ini  menjadi pemain kunci dalam perkembangan teknologi AI global. Terutama agar bisa memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang nyata bagi masyarakat Indonesia.

"Setahu saya Indonesia saat ini sedang berupaya untuk mengembangkan kecerdasan buatan di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, mobilitas, kota pintar, dan reformasi sektor publik," katanya. 

"Pada tahun 2020, Indonesia telah menerbitkan strategi nasional AI. Disebut Stranas KA (Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial). Itu akan menjadi panduan bagi Indonesia dalam mengembangkan AI antara tahun 2020 hingga 2045," katanya. 

Menurut Prof Surya, Indonesia telah mendukung Prinsip AI G-20. Indonesia kini masih berada pada tahap awal pengembangan kebijakan AI. "Pemerintah belum mengembangkan regulasinya," ujarnya. "Pemerintah juga belum  menciptakan lembaga AI yang diperlukan yang dapat dipercaya," katanya.

Indonesia, menurutnya, juga masih menghadapi tantangan dalam hal infrastruktur digital, sumber daya manusia, kerangka hukum, dan etika.

Namun, katanya, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di Asia Tenggara. Indonesia memiliki pasar digital yang besar, populasi muda yang kreatif, dan kekayaan data yang luas. 

Indonesia, menurut Prof Surya, juga telah menunjukkan kemajuan dalam penelitian AI, pengembangan perangkat lunak AI, dan banyaknya investasi dari Venture Capital di AI. 

Prof Surya mengutip sebuah studi yang dilakukan oleh International Data Corporation atau IDC Asia-Pacific Enterprise Cognitive. Menurut penelitian itu pada tahun 2018, Indonesia memiliki tingkat adopsi AI tertinggi di Asia Tenggara. Nilainya sebesar 24,6 persen. Diikuti oleh Thailand (17,1 persen), Singapura (9,9 persen), dan Malaysia (8,1 persen). 

Studi tersebut  menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat pertama di Asia Tenggara untuk AI. Namun, peringkat ini mungkin berubah seiring dengan perkembangan AI di negara-negara lain.

Prof Surya ini unik. Sekolahnya selalu di negeri. "Waktu itu saya lihat sekolah negeri di dekat rumah bagus-bagus," katanya. "Dan lagi, waktu itu, orang tua tidak sanggup membiayai sekolah yang mahal. Ayah pensiunan tentara tapi pangkatnya masih sangat rendah. Ibu buka warung kecil di depan rumah," katanya.

Setelah lulus dari SD Pulogadung 2 Sore, ia masuk SMPN 90. Lalu ke SMAN 12. Kuliahnya pun di Universitas Indonesia (UI) jurusan fisika.

Di gelar master dan doktor yang ia peroleh dari perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat: Collage of William and Mary. Di Virginia. Waktu meraih gelar doktor fisika itu, nilai GPA-nya sempurna: 4.0.

Saya ingat anak Surabaya yang pernah saya temui di Singapura dan Shanghai. Maria Audrey Lukito atau Audrey Yu Jia Hui. Yang umur 16 tahun sudah meraih gelar doktor fisika dari perguruan tinggi yang sama. Dengan predikat summa cum laude. 

Sampai-sampai waktu ke Virginia saya sempatkan mampir ke kampus itu.

Anak Prof Surya juga kuliah di Collage of William and Mary. Yakni anak ketiga. Putri.  Marcia Ann. Anak itu di usia 19 tahun sudah lulus S-1. Jurusan fisika. Juga di William and Mary tempat sang ayah ambil PhD dulu. 

Marcia Ann kini sedang siapkan diri ambil S2. Juga di fisika. Ditambah akan ambil jurusan pendidikan.

Logika Marcia Ann bagus. Dia  suka belajar sendiri. Dia  belajar main gitar dari internet. Dia mampu bicara banyak bahasa. Juga belajar sendiri. 

Marcia Ann suka mengajar. Memorinya sangat kuat. Dia sanggup menghafal nilai pi = 3,1415.... sampai ratusan digit tanpa pakai teknik memori yang digunakan banyak orang.

Lihatnya caranyi mengajar. Bukalah link ini: https://www.youtube.com/watch?v=Yw-ISmD5Iu8&t=928s .

Atau lihatlah video saat dia mencongak kuadrat 1-100: https://www.youtube.com/watch?v=pWZHw7E848E (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 11 September 2023: Boyongan Kapal

mzarifin umarzain

IBU KOTA. BAPAK KOTA. ANAK KOTA. KAKEK KOTA. NENEK KOTA. IBU PERTIWI. NENEK MOYANG. Ibu beri pemeliharaan pd anak2 nya. Ibu kandung. Ibu tiri. Ibu angkat. Ibu asuh. Ibu kita Kartini. Ibu JAKARTA belum berhasil memeratakan kesejahteraan rakyat? Ibu PENenajam semoa bisa meratakan kesejahteraan rakyat Indonesia. Semoga NKRI kian kuat. Semoga bangsa Indonesia kian merata kesejahteraan nya.

Lilik ulfa

Saya yang suda membaca nya ,jadi ingin ikutt boyongan kapal juga tapi mau boyongan kemana yahh, mungkin boyongan dari SBY mau ke mdr menyebrangi pulau Suramadu,rasa empati untuk pingin tau gimana cara nya boyongan kapal dan apa saja yg di bawa, karena yang saya rasakan hanya boyongan pondok .salam dari murid syekh Kh.Ahmad Asrori Al-ishaqi SBY Kenjeran.salam mahasiswa uinsa sby

thamrindahlan

Selamat Pagi Abah and Rusuhwan. Boyongan pindah rumah saja repot apalagi pindahan ibu kota negara. The show must go on. Pak Jokowi wajib menuntaskan pekerjaan ini di masa injury time. Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 79 bukan lagi di Istana Negara Jakarta. Boleh jadi kerepotan Panitia tidak saja soal mengurus paskibraka dan memeriahkan suasana acara tambahan namun mendatangkan & melayani undangan ke IKN menjadi kerepotan luar biasa. Boyongan isi kantor dan pegawai, menyiapkan gedung & perumahan merupakan pekerjaan raksasa, Pak Basuki Menteri PUPR selalu sukses. Beliau tidak pernah kelihatan panik mengikuti sebegitu banyak perintah Presiden. Bisa jadi bersebab jiwa seniman, komedian (mengusik jas Eric Thohir) membuat dirinya santai. Tapi sudahlah. Awak sebagai warga negara biasa hanya bisa berdoa semoga segala sesuatu prosesi boyongan by Sail berjalan lancar. Kini Pemerintah kosentrasi menyelenggarakan prosesi Pemilu 2024. Sukseskan dulu pesta akbar demokrasi ini. Nanti setelah Presiden RI 2024-2029 terpilih baru beringkes boyongan. Diujung disway selalu saja ada kalimat menggelitik. "Boyongan sudah direncanakan. Jangan lagi ada spekulasi apakah Pemilu tetap ada." Inilah kalimat bersayap yang perlu dibahas serius oleh Fiona Handoko, Bro Liam Then dan Bung Jimmy Marta and All Rusuhwan. Salamsalaman

Agus Suryono

PENYERANGAN ARMADA LAUT RATU KALINYAMAT KEDUA.. Penyerangan dilakukan atas koordinasi dan permintaan dari Sultan Aceh pada tahun 1573. Sedangkan pasukan Jepara baru tiba di Malaka pada Oktober 1574. Penyerangan kedua inilah yang dilakukan dengan mengerahkan sebanyak 15.000 pasukan dan 300 kapal, yang merupakan pasukan gabungan dari 5 kerajaan, dengan dipimpin oleh Demang Laksamana. Penyerangan gagal. Dan pasukan yang kembali ke pangkalan hanya sepertiganya.. ###Sikap dan jiwa pelaut orang Jawa menyusut karena kerajaan Jawa kemudian pindah ke "pedalaman" sebagai dampak dari banyak pertikaian dan ekses dari suksesi lebih sering tidak mulus. Dan kebetulan bersesuaian dengan keinginan penguasa Belanda untuk menekan potensi kelautan orang Jawa. "Tumbu oleh tutup"..

Mirza Mirwan

Jadwal pendaftaran pasangan capres-cawapres di majukan. Dan hanya seminggu, 10 - 16 Oktober 2023. Nah itu baru masuk akal. Kalau jadwal yang ada di PKPU No. 3/2022 dulu, 19 Oktober - 25 November 2023, mau dipikir bolak-balik juga tidak masuk akal. Lha 38 hari, lho. Memang yang akan mendaftarkan itu berapa pasang capres-cawapres. Paling banyak hanya empat pasang, kok -- dan kayaknya hanya tiga pasang saja yang mendaftar. Coba bayangkan, kalau tiga pasang itu mendaftarkan di hari terakhir, 25 November 2023, sementara pilpres 14 Februari 2024. Terlalu dekat. KPU juga perlu memverifikasi berkas pendaftaran, lho, perlu memberi waktu untuk pelengkapan kalau ada yang kurang, bahkan juga memberi kesempatan koalisi pengusung untuk penggantian pasangan, bila perlu. Dengan dimajukannya jadwal, dan diperpendek, KPU punya cukup waktu untuk verifikasi, sementara koalisi pengusung juga punya cukup waktu untuk membuat rencana kampanye. Para pendukung pasangan capres-cawapres juga merasa plong bila pasangan yang didukungnya telah resmi terdaftar di KPU. Pun berita-berita murahan yang bertebaran di media, yang memasangan capres ini dengan itu, capres anu dengan anu, berdasarkan ujaran pengamat amatiran segera hilang. Tabik.

Agus Suryono

PERJALANAN ROMBONGAN PINDAHAN KE IKN MEMANG HARUS LEWAT LAUT.. Maka seluruh potensi kelautan perlu dikerahkan. Antara lain.. 

1). Dengan meminjam semua kapal yang telah selesai dibangun oleh Panji Gumilang.. 

2). Membuat kembali kapal Jung Jawa, sambil kembali menggalakkan potensi kelautan bangsa Indonesia. 

3). Mengerahkan semua potensi kapal yang ada, dan dengan mempopulerkan tagline: 

A. KEMBALI KE LAUT. 

B. DI LAUT KITA JAYA. ###Gegap gempita yang besar dari slogan besar "Kembali ke Laut" tetap harus memperhatikan hal-hal kecil dan remeh temeh dari laut. Antara lain terkait produksi "garam" dalam negeri harus ditingkatkan. Impor garam harus semakin dikurangi..

JAZIROH NISAK

mungkin di era pak jokowi sekarang ini banyak kejadian yg membuat bangga dlm mengharumkan indonesia tidak hanya itu beliau bersikap tegas spt menangani kebijakan dlm hal pmerintahan, ekonomi, politik dll dan tidak heran jika nantinya masyarakat indonesia ingin mencari pengganti yg duplikatnya seperti pk jokowi dan sebaiknya perjalanan rombongan tidak hanya lewat jalur laut saja melainkan jalur udara ataupun jalur yg lain juga agar proses dalam boyongan tidak memakan waktu yg cukup lama #salamuinsa

Agus Suryono

NOSTALGIA BELI RUMAH TAHUN 1985.. Tahun 1983, saya ngontrak rumah satu kamar di Bandung. Murah meriah, karena lokasinya masuk gang, yang kalau orang jalan dan berpapasan, salah satunya harus miring. Suatu saat, almarhumahmertua datang. Dan ini komentarnya.. "Suk maneh, nek ngontrak omah, golek sing paling tidak, bisa dimasuki becak.." "Supaya kalau pas sakit, bisa ada solusi, dengan naik becak.." Maka ketika suatu saat membaca iklan rumah perumahan BTN, yang menyebutkan angka "DP" minimal, yang kebetulan angkanya "pas" dengan saldo TABANAS, saya langsung bergegas pergi ke kantor developer perumahan terkait. Tidak mikir lokasi, lokasi, lokasi, kayak yang ada di TV itu. ###Kenangan saat saya baru aja lulus pendidikan "Secapa". Saat selesai lulus Secatam dan Secaba, nikah aja belum berani. Tetap sangat saya syukuri. Hanya GELI, membayangkan proses pengambilan keputusan yang saya lakukan. Saat itu..

Udin Salemo

Dibawah sana ko JZ, menulis ringgit tergerus terus oleh rupiah. Skor rupiah terhadap ringgit 5 : 2. Pernyataan yang "menyesatkan." Bagaimana bisa akal sehat saya mencerna 1 ringgit = 3,268.21 rupiah (kurs 11 September 2023), lalu disebut perkasa? Istilah orang Jawa, ngono, yo, ngono ning ojo ngono. Sesuatu itu jangan berlebihan. Boleh mendukung seseorang.Tapi jangan taklid buta. Pakailah selalu akal sehat. Dunsanak saya yang merantau di negeri jiran itu mengirim 2,000 (dua ribu) ringgit setiap bulan ke anaknya di Indonesia. Uang sebesar itu cukup untuk kebutuhan dua orang anaknya yang kuliah di universitas negeri disini. Ringgit memang "perkasa." Kata orang Malaysia: power dan padu, bro...

Nur Azmil

Boyongan kapal akan membuat macet laut seakan membuat imajinasi yang dulu bahwa laut akan macet selain macetnya daratan terjawab sudah. Akan tetapi ini akan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat, terutama netizen, akan bertebaran foto-foto atau video tentang indahnya kemacetan di laut. #kampuskeren#ALKHOZINYJAYA #SIDOARJO

Er Gham

Upacara 17 Agustus nanti tidak perlu megah. Sederhana saja dulu. Yang penting ada lapangan dan tiang bendera saja dulu. Khidmat dan sakral. Jangan ada joget joget dulu. 

yea aina

Pak Hadi Mulyono akan fokus boyongan rumah dan kantor baru. Butuh menyiapkan gegap gempita, boyongan gempar itu. Para tetangga lama dan baru, hanya bisa melihat saja. Tanpa cawe cawe. Tetangga yang baik, tentu peduli proses boyongan tetangganya. Apalagi ini pak RT yang boyongan. Tapi jangan lupakan kebutuhan keluarga masing-masing. Harga harga bahan pokok mulai merangkak naik, seiring kenaikan pendapatan ASN. Kalau bukan ASN dan penghasilan kita tetap merangkak di tempat, fokuslah untuk prihatin. Boyongan pasti berlalu, seperti parade karnaval 17 an lewat depan rumah dan kantor.

mzarifin umarzain

Apa pun dibuat gempar. Agar tak bosan hidup di dunia? Apa saja dibangun. Selama masih bisa hutang?

Juve Zhang

IKN mencerminkan pribadi sang Presiden yg Visioner melihat yg tak nampak oleh Rakyat Biasa atau Presiden Biasa. Tentu mayoritas Presiden yg semua nya asal P. Jawa tak mau mindahkan Ibukota ke Luar P. Jawa. hanya pak Jokowi yg melihat Indonesia sentris bukan Jawa sentris luar biasa. Pemikiran beliau 1000 tahun kedepan. Saat 1000 tahun kedepan mungkin saja Antar pulau sudah ada kapal laut kecepatan 1000 km/jam yg melayang di atas air wkwkkwk. Dan saat itu negara Indonesia mungkin salah satu termakmur di dunia. P. Jawa tak akan lagi jadi pusat ekonomi. Kalimantan lah akan di datangi Jutaan turis dan pedagang Mancanegara. Zaman berubah roda berputar. P. Jawa akan berkurang peran ekonominya. sebaliknya. p. Kalimantan. Sulawesi. Sumatra Papua akan jadi pusat ekonomi Indonesia kedepan. Saat kita semua perusuh disway sudah berubah bentuk jadi tanah semua. Saya beruntung jadi saksi sejarah melihat Tiongkok dari dekat dari miskin sekali sampai Kaya Raya. Sukses yg belum ada tandingannya di dunia, kata pengamat ekonomi seorang profesor ekonomi Amerika.

Leong Putu

Saya belum pernah ke Jakarta, jadi mohon ibu kota jangan dipindah dulu.

Komentator Spesialis

Mau boyongan ke IKN pakai pesawat, sepeda, kapal, sampan atau gethek saya masa bodoh. Kalau perlu nggak usah nunggu 17 Agustus 2024. Secepatnya saja. Makin cepat makin baik biar jakarta adem.

Liam Then

Pertama kali terkesan dengan pola kerja dan kiprah Pak Menteri Basuki Hadimuljono, waktu beliau menjadi Ketua Kelompok Kerja SDA Rehabilitasi Pasca Tsunami Aceh (2004 - 2005). Kinerja beliau sebagai menteri PUPR juga sangat luar biasa, kesibukan begitu padat , kesana kemari naik pesawat,kapal, kendaraan proyek di umur 69 tahun,butuh stamina dan energi luar biasa. Hari ini dibikin ngulik, latar belakang beliau ke mesin cari , tangguh benar Pak Menteri Basuki, Teknik Geologi Universitas Gajah Mada (1979), Master dan Doktor ambil di Colorado Amerika . Beberapa tahun setelah lulus S1, dalam usia relatif muda , sudah pegang proyek Proyek Pengembangan Air Tanah Jawa Tengah (1981-1984), dan sampai sekarang kariernya full sebagai birokrat di kepemerintahan. Hebat dan istimewa, "one of a kind" Terima kasih sedalam-dalamnya kepada kepada pemerintah, Pak Basuki Hadimuljono, program rumah subsidi di Kalbar, khususnya Pontianak, benar-benar bermanfaat, sudah bantu ciptakan masa depan yang cerah bagi keluarga muda berpenghasilan rendah. Dan sekaligus bantu tingkatkan PAD dan perekonomian daerah. Saya kira hanya di Indonesia sini yang pernah kejadian, rp1,5jt (2022 berakhir programnya) sudah bisa untuk DP rumah tapak sederhana bersubsidi. Dengan angsuran 900rb-1,5jt perbulan, di lokasi yang bahkan masih dalam kawasan kota. 

Liam Then

Sail Nusantara rasanya hambar ,tanpa kehadiran Suku Bajao atau Bajo, yang luar biasa kemampuannya kalau sudah diatas dan didalam laut. Bahkan ada penelitian, evolusi genetik mereka selama 1000 tahun mengembara dan hidup diatas laut, bikin keturunan suku Bajo punya paru-paru istimewa ,yang mendukung keahlian mereka menyelam sampai kedalaman 60 meter selama 13 menit tanpa alat bantu. "Gipsi laut" demikianlah salah satu julukannya juga. Sekilas informasi tentang keistimewaan Suku Bajo, bisa membuat benak mengawang, memikirkan apa yang bisa mereka capai jika mendapat sokongan penuh dari pemerintah, bayangkan potensi suku Baji jika di kombinasi dengan penguasaan pengetahuan teknologi modern budidaya komoditas kelautan, atau perikanan tangkap.

*) Dari komentar pembaca http://disway.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda