Rilis DBL Indonesia

Bersemangat Bawa Lebih Banyak Anak Muda ke Australia Barat

CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda (no 4 dari kiri) foto bersama sebagian delegasi Australia Barat yang dipimpin Premier Australia Barat Roger Cook (no 3 dari kiri) di DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (6/9/2023). (FOTO: DBL Indonesia)

COWASJP.COMSURABAYA, 6 September 2023. Pemerintahan Negara Bagian Australia Barat melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa kota di Indonesia dalam sepekan ini. 

Tujuannya untuk memperkuat kerjasama antar kedua negara di berbagai bidang. Delegasi dipimpin langsung oleh Premier of Western Australia, Roger Cook, dengan melibatkan lebih dari 130 anggota. 

Kunjungan kali ini jadi yang pertama bagi Roger Cook, setelah baru saja secara resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Australia Barat. Termasuk singgah ke kota Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur. Hubungan antara Jawa Timur dan Australia Barat sebagai sister-state telah terjalin erat selama lebih dari 32 tahun.

Di tengah-tengah agenda kesibukannya yang sangat padat, Roger Cook menyempatkan hadir ke DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya,  Rabu (6/9/2023). Akademi basket bagi anak usia 3 hingga 18 tahun berkurikulum standar internasional. Dikelola oleh DBL Indonesia dan bekerjasama dengan World Basketball Academy (WBA) Australia. Di bawah komando technical director Andrew Vlahov, legenda basket Australia.

“Kami memiliki hubungan sister-state dengan Jawa Timur, itulah alasan mengapa kami memiliki kemitraan dan persahabatan yang erat dengan Jawa Timur. Melalui DBL Indonesia dan Andre Vlahov, yang menjadi penghubung, mereka telah membawa  tim olahraga basket, sepakbola dan atletik ke Australia Barat. Begitu juga sebaliknya. Artinya, kami tidak hanya membangun kemitraan ekonomi yang baik, namun juga membangun persahabatan yang kuat melalui olahraga dan budaya. Dan persahabatan ini akan bertahan selamanya,” ujar Roger Cook pada kegiatan bertajuk ”Sports Diplomacy – Sports to Friendships”  di DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya.

Beberapa delegasi yang ikut serta mendampingi di antaranya David Templeman (Minister for Culture and the Arts; Sport and Recreation; International Education; Heritage), Jackie Jarvis (Minister for Agriculture and Food, Forestry, and Small Business ), Alistair Jones, Director General JTSI (Job, Tourism, Science, Innovation), Simone Spencer (Deputy Director General JTSI), Evan Stewart (Acting CEO, Basketball WA & Perth Lynx), Fiona Hoggart (Consulate General Australia – Surabaya). Hadir juga Listiana Operananta (Konjen RI – Perth), dan Vincent Kyfen (Australia Indonesia Youth Exchange Program). 

Legenda Persebaya Mat Halil beserta para pemain tim Persebaya EPA U16, para siswa DBL Academy, serta para pelajar pemenang kompetisi atletik Energen Champion SAC Indonesia 2022 juga turut hadir pada kegiatan ini.

Azrul Ananda, CEO & Founder DBL Indonesia merasa terhormat dengan kedatangan Roger Cook beserta delegasinya. Menurut dia, DBL Indonesia selama ini memang punya hubungan baik dengan Pemerintah Australia Barat. Hubungan itu sudah berjalan lebih dari 15 tahun. 

"Kami berterima kasih dan merasa terhormat sekali atas kunjungan Premier of Western Australia, Roger Cook beserta delegasinya ke DBL Academy. Seperti yang disampaikan tadi. Dukungan itu bukan hanya ekonomi. Tapi juga friendship atau people to people. Karena itu akan jadi jembatan. Saya dulu adalah product people to people. Saya dulu produk pertukaran waktu SMA. Saya juga percaya bahwa, saya ingin anak Indonesia juga mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin seperti yang saya rasakan. Dengan makin eratnya hubungan antara DBL Indonesia dan Western Australia ini, kami jadi bersemangat  mengirim lebih banyak lagi anak muda Indonesia ke Australia Barat,” papar Azrul.

Sebagai sports management terbesar di Tanah Air, DBL Indonesia telah bertahun-tahun menunjukkan komitmennya dalam memajukan kegiatan anak muda dan olahraga. Kerjasama dengan Pemerintah Australia Barat dimulai dari cabang olahraga basket. Tepatnya sejak 2008 silam. Saat itu, DBL Indonesia memberangkatkan student-athlete terpilih baik putra dan putri terbang ke Perth untuk bertanding melawan tim-tim muda pilihan Australia Barat. 

Antara lain dua SMA terkuat, Woodvale dan Willetton High School, lalu puncaknya melawan Western Australia U-16.

Dalam kunjungan selama seminggu itu, tim DBL Indonesia Selection 2008 bukan hanya bertanding. Tim ini juga mendapatkan pelatihan-pelatihan dari Basketball Western Australia serta Departemen Olahraga dan Rekreasi Australia Barat. Juga dari Perth Wildcats, tim profesional papan atas National Basketball League (NBL), liga tertinggi Australia.

Pada Agustus 2009, giliran tim U-16 dari Broome Basketball Association, Australia Barat, berkunjung selama seminggu ke Surabaya. Selain berlatih bersama beberapa pelajar dari SMP dan SMA, tim itu juga bertanding melawan tim DBL Relaxa U-16, yang dibentuk dari para pemain-pemain SMP di Surabaya dan sekitarnya.

Di cabang olahraga ini, tiap tahun legenda basket Australia, Andrew Vlahov dan beberapa pelatih top dari World Basketball Academy (WBA) datang ke Indonesia pada pelatihan basket pelajar terbesar dan terbaik, DBL Camp. Secara khusus melatih ratusan student-athlete terpilih hasil kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day di 30 kota dari 22 provinsi se-Indonesia. Dari Aceh hingga Papua. 

Pada  1 hingga 11 November 2022 lalu, DBL Academy Selection mengajak 26 siswanya mengikuti Friendship Games di Perth.

dbl1.jpgAzrul Ananda (kiri) dan Premier Australia Barat Roger Cook. (FOTO: DBL Indonesia)

Kerjasama itu juga berlanjut ke cabang olahraga sepakbola. Setelah DBL Indonesia juga mengelola tim sepakbola legendaris Persebaya Surabaya. Pemain dan tim pelatih Persebaya U-19 diberangkatkan menjalani training camp di Australia Barat pada tahun 2018 lalu. 

Sebagian besar punggawa Persebaya U-19 itu yang kemudian membela Persebaya U-20 pada Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 musim 2019, dan berhasil meraih gelar juara.

Terakhir, pada Maret 2023 lalu, DBL Indonesia yang berkolaborasi dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), memberangkatkan 16 student-athlete berstatus juara nasional hasil dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022, untuk melakukan training camp ke Australia Barat.

Mereka menghabiskan waktu selama sembilan hari di Perth, Western Australia. Pemilihan Perth sebagai lokasi training camp karena  memiliki sports science terbaik. Mereka juga berkesempatan mempelajari banyak hal tentang atletik bersama dengan Athletics West. Dan menggali pengalaman dalam perlombaan Athletics West Track and Field State Championship. (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda