Puluhan Pemuda Suarakan Isu Lingkungan di CFD Ijen Kota Malang

Jaringan Solidaritas Malang Raya melakukan pawai dengan menyuarakan isu-isu Lingkungan Malang Raya di CFD Ijen Kota Malang. (FOTO: Alfaiz)

COWASJP.COM – Gerakan ini dilaksanakan di Car Free Day Ijen Kota Malang pada Minggu 4 Juni 2023. Pawai ini membawa isu-isu lingkungan di kawasan Malang Raya yang kian hari semakin bertambah. Dengan mengusung tema “Menjaga Lingkungan Merawat Masa Depan”. 

Berbagai macam  permasalahan lingkungan di Kota Malang pun dibawa oleh teman-teman jaringan solidaritas Malang Raya.

Puluhan masa aksi pawai ini berhasil memancing perhatian masyarakat yang sedang menikmati Car Free Day di Jalan Besar Ijen, Kota Malang.

Isu-isu pokok yang disuarakan adalah suhu udara yang semakin meningkat, sampah, banjir, ruang terbuka hijau, dan beberapa isu lainnya. Masing-masing dibawa oleh masing-masing komunitas lingkungan Malang Raya.

Kota Malang menjadi salah satu kota yang tidak bisa terhindar dari krisis iklim. Kota yang dulunya dikenal sangat dingin ini secara cepat berubah menjadi kota yang padat penduduk dan suhu udara semakin panas. Begitu pula wilayah di sekitarnya. Kabupaten Malang dan Kota Batu. Seluruhnya dikenal dengan kawasan Malang Raya.

Berbagai sudut di Malang Raya berubah besar-besaran untuk pariwisata, industri dan fasilitas publik. Sayangnya pembangunan ini tidak mempertimbangkan daya dukung lingkungan. Beberapa kawasan lindung atau kawasan hijau direlakan untuk berubah menjadi bangunan yang tidak ramah lingkungan.

Sampah juga menjadi salah satu problem yang menghantui warga Malang. Sampah menjadi faktor utama yang memperparah banjir di Malang Raya. Berbagai sumber menyebutkan bahwa setiap harinya TPA Supit Urang menerima 600 ton sampah.

Sampah yang berada di TPA Supit Urang belum terpilah sehingga menimbulkan berbagai dampak, seperti bau yang menyengat dan tercemarnya air tanah. 

Hal serupa juga terjadi di TPA (tempat pembuangan akhir sampah) Tlekung yang berada di Kota Batu. 

Akhirnya masalah sampah ini memperparah banjir di wilayah Malang raya. Menimbulkan kerugian yang besar. Tak hanya merusak rumah dan fasilitas publik, banjir juga mengakibatkan krisis air bersih.

Berbagai macam isu lingkungan yang dibawa jaringan solidaritas Malang Raya ini bertujuan untuk membagikan informasi tentang permasalahan ekologis di Malang Raya. Harapannya, dari informasi yang dilontarkan akan timbul kesadaran semua pihak untuk terlibat dalam menyuarakan isu ekologis. Juga ikut menjaga dan melestarikan lingkungan. (*

Pewarta : Mochamad Alfaizi Noor Rizkhy
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda