Sang Begawan Media

Mao Muda

Sungai Yangtze yang membelah Kota Wuhan. (FOTO: istockphoto.com)

COWASJP.COMSAYA putuskan: ke Wuhan. Sebelum Lebaran kemarin. Saya harus menunggu hasil pemeriksaan kesehatan di RS Tianjin itu. Belum tentu tiga hari bisa keluar. Itu karena saya ingin tahu lebih detail mengapa D-dimer saya tinggi. 

Sambil menunggu itulah saya ke Wuhan. Lewat Beijing. Naik kereta cepat. Jarak Beijing-Wuhan sekitar 1.400 km: 4 jam sampai.

Ini bukan kali pertama saya ke Wuhan. Sudah berkali-kali. Tapi ke Wuhan kali ini beda: seperti apa Wuhan setelah jadi sumber virus Covid-19. 

Awal Covid dulu, kita berdoa untuk Wuhan. Yakni ketika di kota itu orang bergelimpangan tiba-tiba meninggal. Lalu kota Wuhan ditutup total. Tapi virusnya bocor ke mana-mana.

Kita sempat menyangka Covid tidak akan masuk Indonesia. Negeri ini panas. Ternyata kita jadi korban juga. Sampai mencekam. Pun di seluruh dunia. Tidak ada doa untuk kita. Masing-masing harus berdoa sendiri-sendiri.

Saya ke Wuhan hanya ingin tahu: pasar itu. Seperti apa. Pasar basah itu. Yang juga menjual berbagai macam binatang yang bisa dimakan. Di sana semua yang berkaki empat bisa dimakan –kecuali meja. Pun yang berkaki dua dan yang bersayap. Termasuk kelelawar dan sejenis musang langka. Penjual binatang itulah yang mati pertama karena Covid-19. Konon binatang itu sumber virusnya.

Saya tiba di Wuhan waktu senja. Menjelang waktu berbuka puasa. Saya diajak makan di resto pinggir sungai besar Chang Jiang (Sungai Yangtse) yang terkenal itu. Kota Wuhan dibelah dua oleh sungai lebar itu. Hampir sama besarnya.

Dari resto ini terlihat Wuhan yang sudah seperti kelebihan doa. Sudah sangat ramai. Macet. Sudah jarang yang pakai masker. Dan di seberang sungai sana cahayanya sangat gemerlapan. Semua gedung pencakar langit disiram cahaya warna-warni. Cahaya itu memantul pula ke permukaan air sungai. Gemerlapannya menjadi berlipat ganda. 

Pun dari seberang sana. Wilayah tempat saya makan ini juga terlihat hujan cahaya. Jumlah gedung pencakar langitnya hampir sama banyaknya. Di sana dan di sini. Sepanjang sungai. Sejauh 10 km.

Habis makan malam saya jalan-jalan di pinggir sungai. Ikut disiram cahaya. Mula-mula jalan di atas tanggulnya. Tanggul yang sudah dijadikan taman. Di perengan sungai itu masih ada lagi jogging track. Tiga jalur. Beda ketinggian. Saya turun ke yang paling pinggir air. Menyusuri sungai. Ide pun muncul: besok pagi saya akan senam dansa di taman pinggir sungai ini.

Malam itu juga, saya minta diantar ke pasar Covid-19 itu. Besoknya saya sudah harus ke kota Changsha.

"Pasarnya sudah ditutup. Tetap mau ke sana?" tanya temannya teman saya yang mengemudikan Mercy itu.

"Tetap ingin ke sana," jawab saya.

Kami pun menuju pasar itu. Jaraknya 40 menit dari pusat kota. Tapi lokasi itu masih belum termasuk pinggir kota. Berarti kota Wuhan ini memang besar sekali. Terbesar di Tiongkok tengah.

"Besar mana dengan Jakarta?" tanya saya pada si Mercy.

"Besar Jakarta," jawabnya. Ia memang sudah sering ke Jakarta. 

"Besar Wuhan," tukas saya.

Kami tidak ingin memperpanjang debat. Kami menikmati cahaya lampu yang seperti tidak mikir tarif listrik.

"Siapa yang membayar listriknya? Masing-masing pemilik gedung?" tanya saya.

"Bukan. Listriknya dibayar Pemda Wuhan," jawabnya.

"Siapa yang pasang lampunya?"

“Pemda Wuhan".

Ternyata yang penting semua pemilik gedung mengizinkan disorot lampu yang dikendalikan dari komputer sentral. Agar tata cahaya dan desain cahayanya tertata di seluruh kota. Alangkah indahnya.

"Sudah dekat pasar," kata si Mercy. "Di dekat lampu bang-jo sana itu," tambahnya.

Ternyata benar. Saya tidak bisa melihat apa-apa. Pagarnya tinggi. Rapat. Seperti dari bahan hardboard.

Bangunan di dalam pagar itu masih ada. Tapi tidak terlihat jelas. Gelap. Tidak berlampu. Kelihatannya hanya saya yang memperhatikan bekas lokasi pasar itu. Pengendara lain cuek. Lalu-lintas padat. Tidak ada pengemudi yang menengok ke pasar itu.

Pagi harinya, setelah berolahraga di pinggir air, saya minta diantar ke rumah sakit terkenal itu: yang dibangun hanya 10 hari itu. Sekalian meninggalkan Wuhan menuju stasiun kereta cepat.

Lokasi RS darurat ini sedikit di luar kota. Di dekat danau-danau besar. Wuhan memang ''kota seribu danau''. Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei. ''Hu'' adalah danau. ''Bei'' berarti utara.

Rumah sakit ini juga sudah tutup. Sudah lama. Rerumputan sudah tinggi. Saya pun hanya bisa keliling jalan raya di utara-barat-selatan-timur RS. Bangunan ini di atas tanah satu blok besar sendiri.

Di seberang baratnya lebih menarik. Banyak sekali bangunan apartemen tinggi. "Ini bekas wisma atlet olahraga militer," ujar temannya teman saya itu.

Sebelum ada Covid di pasar itu, memang ada semacam kejuaraan dunia olahraga militer. Atlet militer Amerika juga tinggal di situ. Pun dari negara lain.

Di seberang jalan utara RS terlihat ada bangunan satu lantai yang banyak. Salah satunya dipasangi tulisan "masakan halal". Rupanya ini bekas kantin untuk para atlet militer itu.

Saya pun bertanya-tanya mengapa RS ini dibangun di sebelah apartemen tentara Amerika. Kelak, ketika Amerika merumorkan Tiongkok sebagai pembawa virus, Tiongkok membalas dengan rumor pula: Atlet Amerika itulah yang datang ke Wuhan membawa virus.

Di sekitar RS itu kini sudah begitu banyak hunian modern. Wuhan sudah berubah jadi modern. Kali pertama saya ke Wuhan masih di tahun 2000-an. Yakni untuk memastikan apakah remaja Wuhan bernama Zheng Cheng bisa menjadi kiper Persebaya. Waktu itu Wuhan masih kumuh. Padat. Semrawut. Berdebu.

Dulu Wuhan juga sering banjir. Terutama sebelum dibangunnya dam Lembah Tiga Ngarai. Saya pernah naik bus, dari Wuhan ke bendungan itu. Sembilan jam. Belum ada jalan tol. Belum ada kereta cepat. Jalan pun masih sempit dan banyak lubang. 

Kiper Zheng Cheng lantas setahun bergabung di Persebaya. Lalu berkembang menjadi kiper terkemuka di negaranya. Ia pun menjadi kiper tim nasional Tiongkok. Bintangnya bersinar sangat lama sebagai kiper nasional.

Dari Wuhan saya ke Changsha. Kota kelahiran pemimpin besar revolusi Tiongkok, Mao Zedong. Changsha ibu kota provinsi Hunan. ''Nan'' berarti selatan.

Changsha juga melahirkan Prof Yuan Longping, si penemu padi hibrida. Ia dianggap sosok yang menyelamatkan ratusan juta rakyat Tiongkok dari kelaparan. Ia beberapa kali diusulkan sebagai calon pemenang hadiah nobel. Tapi usul itu belum pernah terwujud. 

"Kalau saja Yuan kulit putih..." begitulah ungkapan kejengkelan di Tiongkok. 

Di Changsha saya tidak akan bisa bertemu Prof Yuan. Ia sudah meninggal beberapa tahun lalu. Di Changsha saya hanya ingin tahu: apakah patung besar Mao-muda itu kini sudah tua. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 27 April 2023: Nabagonar Sudan

Amat K.

Informasi selingan. Berdasarkan sebuah penelitian, panjang Rerata Mister P orang Sudan saat tegang  adalah 16,47cm. Masuk empat besar pemilik si Mister terpanjang dunia. Jangan khawatir, jangan minder. Size doesn't matter. Kita punya Tjap Kadal.

Samsul Arifin

Dan Setelah Orde Baru pun Kami sangat miskin di pedesaan bahkan listrik di Daerah Kami baru masuk tahun 2000an. Ketika itu orang yang punya kulkas satu Desa Satu. Orang yang punya Honda Satu Desa Satu. Alhamdulillah setelah Reformasi Hampir setiap Rumah Punya Sepada Motor dan Kulkas... Jaman Itu 1990 an ngenes sekali hidup di pedesaan... 

rid kc

Membaca pergolakan di Sudan dari beberapa informasi mayoritas mengatakan ada campur tangan AS disitu. Sebelum terjadi perang saudara itu salah satu jendral bertemu dengan Menlu AS, Blinken kemudian selang sehari setelah pertemuan itu terjadilah kudeta itu. Bahkan ada sumber lain mengatakan PMC Wagner Rusia juga mendukung salah satu jendral. Saya yakin kalau tidak ada campur tangan asing -Amerika- Sudan akan baik-baik. Ingatlah fenomena kudeta dan kerusuhan suatu negara tidak lepas dari ulah Amerika. Menurut informasi kudeta Sudan itu didukung AS karena adanya Tiongkok dan Rusia di sana. Ada perjanjian antara Sudan dan Tiongkok untuk membangun pangkalan militer di Sudan dan AS tidak berkenan. 

Pryadi Satriana

Akhiran 'isasi' mempunyai arti - salah satunya - 'hal menjadikan', sehingga 'legalisasi' = menjadikan legal, 'ionisasi' = menjadikan ion, 'imunisasi' = menjadikan imun, 'modernisasi' = menjadikan modern, dll. Karena 'standard' sudah diadopsi menjadi 'standar' - yang adalah kata dasar, maka SEHARUSNYA kata bentukan mengikuti aturan 'afiksasi' - pemberian 'imbuhan' - dalam bahasa Indonesia. Bentukan yang benar adalah 'standarisasi', bukan 'standardisasi' karena bahasa Indonesia tidak mengenal akhiran 'disasi'. Demikian penjelasan sekaligus masukan saya untuk Pusat Bahasa. Salam. Rahayu.

Komentator Spesialis

Kelihatannya Pak DI salah dan kurang info. Ethiopia sudah bukan Ethiopia yang dulu lagi. Yang miskin, yang kelaparan. Ethiopia sekarang termasuk salah satu macan ekonomi Afrika. Dengan penduduk 120 juta an, termasuk golongan negara dengan pertumbuhan ekonomi di dunia dengan rata rata diatas 6%. Kalau cuman Indonesia lewat. Yang janji ekonomi meroket 7%, diatas pertumbuhan level autopilot 5% saja sulit. Saya juga baru ngeh setelah tahun lalu membaca Ethiopia Airline membeli pesawat baru sekitar 350 bijian dari Airbus dan Boeing. Semua gres dari 737 Max, A350, B777 dll. Jadi kalau cuman Garudanya Erick thohir yang pesawatnya kebanyakan Boeing 737-800 yang sudah model lama saja lewat. 

Er Gham

Salah satu contoh konflik yang terjadi di Indonesia adalah pemberontakan Andi Azis di Makassar. Komandan Andi Azis tidak puas dengan Jakarta. Hanya sebagian pasukannya yang diintegrasikan menjadi tentara resmi nasional. 

ACEP YULIUS HAMDANI

Memang banyak pimpinan yang dapat menyatukan 2 kultur yang berbeda dengan kharismanya, tapi sampai suatu waktu kharisma itu akan pergi mengikuti jamannya yang berlalu, sehingga pada akhirnya kultur tersebut ingin menjadi yang paling unggul dan sebagainya, efeknya ada yang merasa tersisihkan atau malah disisihkan, maka munculah konfik bersaudara. Ibarat yang poligami, ketika penguasa masih hidup, para istri masih dapat dikendalikan, tapi setelah si pemiliknya pergi, mereka akan mencari pembenaran dari semua tindakan mereka dan merasa keunggulan dan kelebihan milik masing-masing dan tidak mau kompromi......

Er Gham

Awal awal kemerdekaan, perseteruan tentara nasional eks PETA dengan eks KNIL juga terjadi. Namun, tidak menjadi besar konfliknya. Banyak yang legowo menerima satu sama lain. Demi persatuan. Pak Harto dan Pak Nas adalah eks KNIL Pak Sudirman dan Pak Yani adalah contoh eks PETA. Tapi banyak juga tentara KNIL yang tetap memilih mengabdi pada Kerajaan Belanda. Mereka inilah yang diikutsertakan dalam invasi tahun 1947 dan tahun 1948. Londo ireng sebutannya. Seragamnya tentara Belanda, tapi kulitnya sawo matang. 

Udin Salemo

Hati-hati kalau sudah berumur 70++. Kalau tidak jaga kesehatan bisa ngompol sendiri. Presiden Sudan Selatan (Salva Kiir) jadi contohnya: ngompol di acara kenegaraan. Ada videonya. Waduh, kacau. Malunya gak ketulungan. Pelajaran dari kejadian itu, janganlah jadi pejabat kalau sudah 70++. Kecuali hati anda lebih muda 20 tahun dari usia anda. hehehe....

mzarifin umarzain

70++ harus rutin senam nendang dll.

Komentator Spesialis

Bisa dikasih contoh negara yang dulunya negara miskin lalu tiongkok masuk jadi negara maju atau negata kaya. Satu saja. Kalau sebaliknya ada banyak contoh seperti Srilangka.

Amat K.

Kisah penggabungan tentara pejuang dengan tentara resmi di atas membuka ingatan saya kembali. Ada cerita tokoh pejuang berasal dari kampung istri saya. Dia dikenal dengan nama Ibnu Hajar, bekas bawahan Brigjen Hasan Basry -pahlawan nasional dari Kalimantan Selatan-. Setiap mengingat cerita Ibnu Hajar, hati saya terenyuh. Bagaimanapun, sudah suratan takdir dirinya. Seorang pejuang revolusi kemerdekaan, komandan yang dihormati, berakhir hidupnya di hadapan regu tembak setelah divonis mati karena pemberontakan. Tanggal 17 Mei 1949 begitu monumental bagi kami, masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Begitu bersejarah, diperingati setiap tahun sebagai Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI divisi IV Pertahanan Kalimantan. Itulah pernyataan Kalimantan sebagai bagian dari Republik Indonesia. Pun sampai diabadikan sebagai nama stadion di Banjarmasin. Haderi adalah nama lahir Ibnu Hajar. Sedari kecil dikenal punya watak keras, jagoan, suka berkelahi, dan menonjol dibandingkan teman sebayanya. Revolusi Indonesia 1945-1949 menjadi panggung tersendiri bagi Ibnu Hajar. Dia mendapat tempat menyalurkan mental jagoannya. Perawakannya juga tinggi besar untuk ukuran warga lokal dahulu.

Amat K.

Akhir perlawanan Ibnu Hajar dkk. adalah saat Ibnu Hajar ditangkap. Atas bujukan adiknya dengan iming-iming materi, Ibnu Hajar keluar dari sarangnya. Diadili. Lalu divonis hukuman mati. Hidupnya berakhir di hadapan para eksekutor. Itulah akhir hidup seorang pejuang yang sakit hati. 

Amat K.

Lalu, bekas KNIL yang dulu merupakan musuh (anak buah Belanda), malah dengan mudah masuk ke dalam TNI. Mendapat pangkat lebih tinggi ketika masuk TNI dengan alasan pendidikan yang lebih tinggi dan kondisi fisik yang lebih baik. Sangat berbeda perlakuan dengan mantan pejuang. Selain punya "kecacatan" fisik akibat perjuangan. Mereka pun berasal dari rakyat biasa, pekerjaannya bertani, berkebun, dll. yang tahunya cuma berjuang. Tidak "berpendidikan". Dahulu memang banyak yang buta huruf Latin, tapi tidak dengan pendidikan agama. Ibnu Hajar adalah pejuang yang kecewa, bersimpati pada kawan seperjuangan, lalu masuk ke hutan, menuntut keadilan. Dianggap pemberontak, Ibnu Hajar beserta pasukan diburu oleh TNI. Masa-masa perburuan itu adalah masa kelam bagi masyarakat di kampungnya Ibnu Hajar dkk. Setiap orang yang memiliki hubungan dengan mereka, dicari, diinterogasi. Tak jarang ada mendapat perlakuan kasar jika turut membantu "pemberontak". Hingga tak heran banyak keluarga yang memutuskan hubungan dengan mereka untuk keselamatan diri. "Gerombolan" adalah kata yang menakutkan masa itu. Banyak yang mengasosiasikan sebutan gerombolan pada kelompok Ibnu Hajar. Menurut sumber yang saya peroleh, memang kala kekacauan itu ada kelompok yang memanfaatkan situasi. Mereka merampok, berbuat onar, bahkan tidak segan menculik para gadis. Kelompok itulah yang dihubungkan dengan Ibnu Hajar dkk. Padahal, berkontradiksi dengan sifat Ibnu Hajar yang dikenal sebagai penganut ajaran agama yang taat.

Amat K.

Pasca pengakuan kedaulatan adalah masa penting yang mengubah hidup seorang Ibnu Hajar. Setelah ALRI Divisi IV bubar, kombatan macam Hassan Basry dan Ibnu Hajar menjadi bagian dari Angkatan Darat. Tapi tidak dengan anak buahnya semasa bergerilya yang terdampak rekonstruksi dan rasionalisasi tentara RI. Sebenarnya  Ibnu Hajar bernasib baik, tidak termasuk kelompok yang dikembalikan ke masyarakat. Namun, Ibnu Hajar melihat banyak mantan pejuang yang tidak bisa diterima menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Buta huruf dan fisik yang tidak sehat menjadi alasan penolakan, kesetiaan dan perjuangan semasa revolusi sama sekali tidak menjadi pertimbangan. Tidak diperhitungkan. Kebijakan mutasi pasukan setelah 1950 oleh petinggi militer Indonesia dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, dan pulau lainnya, serta kehadiran tentara dari Jawa turut menambah masalah. Ibnu Hajar merasa mendapat perlakuan yang berbeda termasuk perbedaan fasilitas dengan pasukan dari Jawa. Hasan Basry, pemimpin gerilyawan di Kalimantan Selatan, tak diangkat jadi panglima atau sekadar pembantu panglima.

Amat K.. 

Perihal latar belakang pendidikan, menurut seorang akademisi yang juga sejarawan yang meneliti kisah hidup Ibnu Hajar, pendidikannya tidak tinggi, buta huruf latin, berbekal pendidikan agama standar. Meski begitu, dia tegas dalam penerapan ajaran agama kepada anak buahnya selama masa gerilya di pedalaman hutan meratus. Konon, menurut keterangan anak buahnya, jika ada anggota yang tidak melaksanakan kewajiban agama akan mendapat hukuman dari Ibnu Hajar. Saat pembentukan Batalyon Rahasia ALRI IV yang berdiri pada 18 November 1946, dikomandoi Hasan Basry, Ibnu Hajar berada dalam ALRI IV tersebut. Setelah ALRI IV di Tuban bubar, perjuangan di Kalimantan tidak surut karena berdasarkan Persetujuan Linggarjati, Kalimantan berada di luar wilayah Republik Indonesia. Berarti berada di bawah kekuasaan Belanda. Hassan Basry dan Ibnu Hajar masih terus berjuang. Ibnu Hajar tak sekadar menjadi serdadu bawahan. Sebagai seorang yang dikenal jagoan, dia punya pasukan sendiri, meski jumlahnya relatif kecil. Dalam masa gerilya, lawan mereka adalah KNIL.

Liam Then

Tentang kekuasaan , laki-laki mana yang tak iri dengan kekuasaan Kaisar Tiongkok, yang namanya selir bisa punya sampai ratusan. Bukan asal selir lagi, tapi sudah melalui uji standar yang terstandarisasi. Akibatnya petugas di sekitaran istana yang kerja dan tinggal di kompleks kekaisaran, harus dikebiri semua. Ya maklum, kalo gak di kebiri, ditakutkan ada burung bisa salah hinggap sarang yang tak berpenghuni. Ratusan kamar, masak harus di beri penjaga pintu satu-satu. Ini tidak realistis, tidak banyak orang yang mau di kebiri, hanya sekadar supaya bisa kerja. Korps Kasim ini bukan dibentuk dengan sukarela, mereka di bina sejak dini, dari anak-anak orang miskin ,yang menjual masa depan anaknya ke Istana, demi sedikit uang dan harapan. Bahwa nanti sang anak paling tidak bisa membantu keluarga, karena dekat dengan pusat kekuasaan. Salah satu Kasim yang paling terkenal adalah Laksamana Cheng Ho, asal suku Hui, beragama Islam. Ia di kebiri sejak umur 10 tahun, orang tuanya pejabat di era keruntuhan kekaisaran Mongol. Cheng Ho kecil di tangkap kemudian di kebiri, dan dididik ,kemudian menjadi petugas istana, bangkit naik menjadi kepercayaan pangeran bernama Zhu Di, yang akhirnya berhasil kudeta, naik tahta menjadi Kaisar Dinasti Ming bergelar Yong Le. Cheng Ho yang dianggap kontribusinya besar, diangkat jadi Laksamana. Kemudian terjadilah muhibahnya keseluruh dunia yang terkenal itu. Jadi apa manfaatnya komen ini? Ndak tau, saya lupa tujuannya, iseng nulis kwkwkwkwkw....

Saifudin Rohmaqèŕqqqààt

Seperti biasanya. Perang terjadi karena berebut kekuasaan. Berebut pemerintahan. Saling serang dan saling bunuh. Itulah salah satu karakter bani adam. Jadi ingat pelajaran sejarah dulu. Tentang raja Airlangga. Dengan bijaksana, agar tidak terjadi perebutan kerajaan maka kerajaan kediri di bagi 2 pada tahun 1041. Menjadi kerajaan jenggala atau kahuripan dan kerajaan panjalu atau kediri. Maka apa yg terjadi? Apakah lantas damai dan tidak berebut kekuasaan? Sejarah mencatat kemudian terjadi perang saudara antar 2 kerajaan tersebut. Yaitu perang saudara antara Sri Samarawijaya si raja panjalu melawan saudaranya yaitu Mapanji Garasakan si raja Jenggala. Perang berdarah darah penuh penderitaan dan banyak korban. Demi kekuasaan. Dan luar biasanya, sama sama kuat dan seimbang hingga berlangsung sampai 60 tahun. Itulah kekuasaan. Yg jadi rebutan makhuk yg bernama manusia. Yg sekarang berulang ulang di seluruh dunia. Termasuk Sudan.

Yusuf Ridho

hutang --> utang Alkisah di sebuah kelas SD negeri antah-berantah terjadi dialog. "Pri, apa lawan kata 'hutang'?" tanya Pak Guru. "Ndak ada, Pak," jawab Supri. "Lho, kok ndak ada, apa maksudmu?" balas Pak Guru. "Iya, Pak. Kalau lawan kata utang, saya tahu. Yakni, piutang. Kalau hutang, masak lawan katanya pihutang," terang Supri dengan mantap. "Bagus..."

Mirza Mirwan

Meski sudah diralat tetap saja keliru. Judul yang benar adalah "Principles for Navigating Big Debt Crises" -- principle kurang 's', crisis harusnya crises. Kebetulan saya sudah membaca buku itu versi Kindle, pinjaman teman. Itu buku ditulis Ray Dalio, pendiri Brightwater Associates, 1975, perusahaan pengelola investasi yang bermarkas di Wesport Connecticut. Bukunya sangat tebal, hampir 500 halaman. Tetapi saya tak hendak membahasnya. Saya tak punya kapasitas untuk itu. Takut menyesatkan.

Komentator Spesialis

"Principle Navigating for Big Crisis". Itu judul buku yang kemaren sempat viral dibaca Anies Baswedan. Mulanya saya biasa saja. Pagi ini saya baca kemungkinan Amerika default hutang kalau kongres tidak menyetujui kenaikan batas hutang menjadi US$ 34.1 Trilyun ! Wow...bukan Billion lagi, kita beda level. Luar biasa. Hal seperti ini sudah terjadi di Amerika. Maklum mereka sudah masuk fase gali lubang yang lebih besar untuk tutup lubang. Sama seperti Indonesia yang sudah masuk fase ini. Jadi kalau kongres nggak menyetujui, ya sistem ngelock, terjadi default. Dunia pasti geger, kekacauan dimana mana. Walaupun hutang kita cuman kelas hutang di warung kata bu SM. Saya mengikuti geger batas limit kenaikan hutang ini terakhir tahun 2011 waktu presiden Obama. Hutang Amerika masih US$ 15 Trilyun. Artinya 12 tahun menjadi 2 kali lipat lebih. Bagaimana dengan Indonesia ? Sejak petugas partai menjadi presiden, penambahan hutang kita 3 kali lipat lebih dari total jumlah hutang yang dibuat 6 presiden sebelumnya. Itu belum dihitung hutang BUMN yang meledak ledak. Sekitar seperempat pendapatan negara dipakai untuk bayar bunga per tahunnya. Dan masih akan bertambah. Jadi kalau mau hutang Indonesia semakin membengkak lebih banyak lagi, tahun 2024 pilihlah petugas partai sebagai presiden. Kalau saya akan milih petugas rakyat saja.

Pryadi Satriana

Komentar saya dipilih tapi "dipotong" kayak gitu. Ndhak aturan! Saya gak pathek'en komentar dipilih atau tidak, sak karepmu! Saya ndhak tau yg "motong" komentar itu Pak Dahlan atau admin, yg jelas itu ndhak aturan, apa pun motifnya! Pak Dahlan pun tidak konsisten dg standar moralnya, ada kalanya "tahu aturan" - tahu berterima kasih, namun lebih sering "ngowos" begitu aja, menanggapi pesan WA 'sak karepe dewe'. Mbak Pipit pernah membela, "Abah itu sangat sibuk, WA saya pun jarang dibalas. Pak Dahlan mempunyai lebih dari 40 grup WA." Alasan selalu bisa dicari. Biasa: rasionalisasi! Pak Dahlan pernah bilang menghabiskan lebih dari dua jam untuk memberi ucapan selamat, tapi saya yakin, dg begitu banyak grup WA yg diikuti, tidak semua pesan WA dibalas. Liat2 orang yg mengirim. Ada pamrih. Dari dulu pun begitu. Yg menguntungkan yg diikuti. Dasarnya itu: untung-rugi! Golkar jaya ikut Golkar. Demokrat berkuasa ikut Demokrat. Anies dapat angin dukung Anies. Ganjar yg dapat angin membelok ke Ganjar. Yaaah, itulah Dahlan Iskan ..

Mirza Mirwan

Tentang presiden Sudan terguling, Omar al-Bashir. Ia tidak lari ke luar negeri. Bersama beberapa pejabat pemerintahannya yang setia ia dipenjara di Penjara Kober (Kobar), di utara Khartoum. Selasa kemarin (25/4), atas rekomendasi staff medis Penjara Kober ia dipindahkan ke Aliyaa Hospital, RS militer Sudan. Maklum sudah uzur. Nun semasih berkuasa dulu sebenarnya al-Bashir dan Haroun, tangan kanannya, dikehendaki ICC untuk diadili atas kejahatan genosida dan pelanggaran HAM lainnya, terutama selama Perang Darfour (2003-2018). Kalau dihitung sejak 1989 jumlah korban keganasan al-Bashir, konon, antara 300 ribu sampai 400 ribu nyawa.Tetapi "Pak Harto" cuek saja. Dan setelah al-Bashir terguling, al-Burhan bukannya menyerahkannya ke ICC, melainkan memenjarakannya di Penjara Kober. Mungkin mempertimbangkan bahwa al-Burhan sudah uzur. Dan bekas atasannya. Akan halnya perang saudara antara SAF dan RSF selama 12 hari ini telah menelan korban sipil 460 jiwa dan 4.100 orang cedera. Sekitar 15 juta warga Sudan terancam kelaparan. Ribuan orang mengungsi ke Chad dan Mesir, bukan terutama karena kelaparan, tetapi demi bisa makan.

Sonny Nomer

Sudah banyak media mainstream yang mengulas siapa yang sedang berhadap-hadapan dalam konflik di Sudan. Akan lebih menarik kalau Abah mengulik ada apa dibalik perang ini. Ini lagi-lagi perang proxy antara Amerika beserta sekutu-sekutunya dengan Russia (dan mungkin China yang punya kepentingan ekonomi di Sudan). Februari kemarin (CMIIW), Pemerintah Sudan menyetujui negaranya menjadi tuan rumah Pangkalan Angkatan Laut Russia (pertama di Afrika) - kesepakatan yang sebenarnya sudah tercapai pada 2017 lalu - dan hanya menunggu persetujuan parlemen untuk menjadi sah. Tentu saja ini ditentang keras AS dan para sekutunya. Dubes AS untuk Sudan bahkan sudah memperingatkan Sudan. Dan tiba-tiba.. boomm.. perang meletus. Ada apakah ini? Negara mana mendukung kubu yang mana? Bagaimana posisi China? Ada banyak pertanyaan. Mudah-mudahan terjawab di tulisan berikutnya. Jadi teringat, sebelum Presiden John F Kennedy ditembak pada 1963 dan sebelum peristiwa 1965, menurut dokumen yang baru dibuka ke publik beberapa tahun lalu di Amerika Serikat, Jenderal Nasution diagendakan bertemu dengan Presiden JFK di Washington. Sudah ada agenda pertemuannya. Atau sebelum pasukan TNI masuk ke wilayah Timor-Timur (sekarang Timor-Leste), Menlu AS Kissinger sempat mampir malam sebelumnya di Jakarta. Kelihatannya serba kebetulan. Tapi kok ya sering banget kebetulan itu. Mohon pencerahan Abah.

Everyday Mandarin

Sudan 2023 ternyata masih mengalami apa yg terjadi di Indonesia thn 1945-1955. Dan banyak org China skrg boleh nyeletuk suasana Indonesia 2023 ternyata masih mengalami apa yg ada di China dekade 2000 awal. Sering saya mendengar org China melihat tata kota kita ga terencana. Jalanan yg tadinya 3 lajur tiba² di depan bisa menyempit jadi 2 lajur. Itu hanya salah satu.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda