UIN Ar-Raniry Aceh Luncurkan Buku 'K.H. Ma’ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia'

Wapres KH Ma'ruf Amin saat memperoleh persembahan buku: "KH Ma'ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia." (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluncurkan buku “K.H. Ma’ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia”. Buku tersebut diluncurkan bertepatan dengan kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ke Provinsi Aceh, Kamis (30/03/2023).

Kata pengantar buku tersebut dari Presiden Joko Widodo. Buku ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh UIN Ar-Raniry terhadap kontribusi pemikiran dan kebijakan yang diberikan Wapres yang selama ini senantiasa berkomitmen memajukan ekonomi syariah di Indonesia.

Dalam kata pengantarnya Presiden Joko Widodo menuliskan bahwa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah saat ini di Indonesia tidak lepas dari peran seorang K.H. Ma’ruf Amin.

“Beliau adalah sosok yang memiliki kompetensi lengkap. Seorang ulama yang bijaksana dan dihormati oleh umat Islam di seluruh tanah air. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi beliau,” urai Presiden.

Hal tersebut dapat dilihat dari sepak terjang KH Ma'ruf Amin di bidang ekonomi syariah sejak awal karir Wapres di Majelis Ulama Indonesia.

“Beliau bahkan terus menyumbangkan gagasan dan pikirannya untuk mendukung pembangunan di Indonesia,” ungkap Presiden.

Berkat sepak terjang beliau, Presiden optimistis perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah ke depan akan semakin cemerlang.

“Melihat semangat beliau, saya yakin dan optimistis, jika industri keuangan syariah betul-betul kita dorong, betul-betul terus kita perkuat, betul-betul terus kita kembangkan. Maka keuangan syariah akan bisa menjadi salah satu solusi utama dalam pembiayaan pembangunan di negara kita,” tutup Presiden.

Buku “K.H. Ma’ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia” ditulis oleh Saifuddin A. Rasyid, Rahmad Syah Putra dan Arkin, tiga akademisi UIN Ar-Raniry yang memiliki latar belakang di bidang ilmu Islam dan syariah.

Salah seorang penulisnya, Saifuddin A. Rasyid, selain menjadi akademisi, juga aktif di berbagai organisasi, seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan MUI. Dengan demikian, ia aktif mengikuti sepak terjang Wapres dalam kontribusinya di sektor syariah.

Buku ini diharapkan menjadi referensi atau rujukan bagi generasi-generasi berikutnya untuk semakin mengakselerasi ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda