Sang Begawan Media

Neom Uceng

Salah satu sudut Sharma, di pesisir Laut Merah, Arab Saudi. (FOTO: sharma.goldentulip.com)

COWASJP.COM –  "Lain kali harus membawa mobil sendiri," ujar seorang staf Neom menasihati saya. 

Saya iyakan saja. Untuk apa berbaku kata. 

Cukuplah pelajaran mahal ini untuk diri saya sendiri. Saya bukan tidak lihat Google. Justru saya berpatokan padanya. Tapi Sharma, yang tertulis sebagai kota, ternyata bukan kota. Hanya beberapa hotel tempat menyepi di pantai. Jalan dari Tabuk ke Sharma diperlihatkan dengan garis kuning tipis. Seperti jalan kampung. Nyatanya sudah jalan baru yang lebar, dua jalur dan mulus. Mengalahkan jalan besar yang di map digambarkan dengan garis tebal. 

Ya sudah. Yang penting jangan sampai Anda buru-buru ke Neom. Ini proyek terbesar di jagat raya yang baru dimulai. Tiga tahun lagi pun belum banyak yang bisa dilihat. "Mungkin tahun 2050 baru benar-benar jadi," katanya.

Saya akan ke sana lagi di tahun itu. Atau Anda wakili saya. Pun saat itu nanti Anda harus membawa kendaraan sendiri. Tidak akan ada angkutan umum masal di sana. Tentu ada persewaan mobil. Seperti di Amerika atau Eropa.

Sekarang pun di Saudi Arabia sudah ada persewaan mobil seperti itu. Mereka buka cabang di Saudi: Avis, Enterprise, Alamo, dan seterusnya. Saya lihat ada cabang mereka pun di kota Tabuk. Saya juga sempat terpikir ambil sewaan itu. Tapi saya lebih ingin berinteraksi dengan layanan umum. 

Dan lagi saya harus mengembalikan mobil itu ke kantor mereka. Berarti saya harus balik ke Tabuk. Saya tidak ingin balik ke tempat yang saya sudah tahu. Kecuali tempat itu sangat menarik. Saya lebih ingin menyusuri pantai Laut Merah. Dari ujung utara ke ujung Jeddah. Memang saya bisa mengembalikan mobil sewaan itu di kantornya yang di Jeddah. Tapi itu berarti saya harus mengemudi 14 jam. 

Saya tidak mau terikat seperti itu. Saya ingin bebas.

Dan di Neom, saya sama sekali tidak bebas. Tidak bisa ke mana-mana. 

Luas kota Neom ini akan sulit Anda bayangkan: lebih luas dari seluruh Singapura. Tapi yang akan dibangun hanya 5 persennya saja. Selebihnya dibiarkan seperti aslinya. Lima persen itu pun tidak di satu lokasi. Lima persen itu diecer di lima titik lokasi. Berjauhan. Masing-masing disesuaikan dengan temanya.

Di sana akan ada Neom 1, Neom 2, Neom 3, Neom 4, Neom 5. 

Misalnya di salah satu Neom akan ada danau buatan yang seluas Danau Toba. Berbagai olahraga air akan ada di situ. Juga hotel-hotel jenis lake side. Danau itu dibuat di sela-sela gunung batu di ketinggian 800 meter. Berarti juga mirip posisi danau Toba.

Lalu akan ada pegunungan yang dilapisi salju di atasnya. Hamparan salju yang luas. Salju buatan. Tebal. Bisa untuk kejuaraan ski seperti di pegunungan Alpen atau Nagano.

Akan ada juga kota vertikal: gunung batu yang tinggi dibelah. Di tebing terjalnya dibangun kota. Jangan sampai Anda usul nama kota itu nanti Tebing Tinggi.

Semua lokasi itu berada di sela-sela gunung batu. Batu tua. Batu keras. 

Mungkin kawasan ini merupakan kawasan pegunungan batu tua terluas. Dan alam seperti itu akan dipertahankan keasliannya.

Maka kawasan wisata Neom akan menjadi satu rangkaian dengan kawasan wisata di Jordania. Dari Neom hanya perlu 30 menit ke lokasi pendaratan Nabi Musa. Yakni setelah Musa membelah laut Merah dengan tongkatnya.

Lokasi ini sekarang belum ada apa-apanya. Pantai biasa. Pantai yang tidak indah. Tentu kelak bisa dibangun museum Nabi Musa. Atau diorama pembelahan laut. Lengkap dengan animasi peristiwa tongkat sakti itu.

Kini museum serupa, dalam wujudnya yang sangat sederhana, ada di Amerika. Di Tennessee. Tidak jauh di selatan ''ibu kota'' musik Country,  Nashville. Pemiliknya adalah orang yang terobsesi akan peristiwa itu. Ia seorang pendeta. Ten Commandments sangat diajarkannya di gereja.

Masih banyak museum arkeologi di sekitar peristiwa itu. Di mana-mana. Tapi ilmuwan belum sepakat di mana lokasi pembelahan laut itu sebenarnya. Bahkan ada ilmuwan yang berpendapat peristiwa di kitab suci itu hanya kiasan. Belum ada satu pun penemuan arkeologi terkait dengan pembelahan laut itu.

Tapi objek wisata bukanlah catatan sejarah. Putra Mahkota Mohamad bin Salman pasti bisa membangunnya lebih spektakuler. Pasti laris. Kebetulan versi Kristen dan versi Islamnya praktis sama.

Dari situ, dua jam lagi ke utara, sudah sampai Petra (Jabal al Midbah). Terus ke utara lagi sampai Jerusalem.

Neom akan disebut juga objek wisata natural yang terbesar di jagat raya. Tapi jangan ke sana sekarang. Kecuali Anda ingin berdagang debu bongkaran gunung batu.

Saya pun tidak sampai harus bermalam di gunung batu Neom. 

Pemuda Pakistan itu akhirnya menemukan satu mobil yang bisa membawa saya pergi. Asal pukul 19.00 ia sudah bisa tiba kembali di Neom.

Pemilik mobil itu orang Karala, India. Ia tinggal di Tabuk. Sudah 15 tahun di Saudi Arabia. Istri dan anaknya ia tinggal di Karala. "Pendidikan anak di Karala lebih bermutu," katanya. "Setahun dua kali saya pulang ke Karala," tambahnya.

Sore itu si Karala lagi bersih-bersih mobil di dekat masjid temporer. Mobil itu kail baginya. Pekerjaannya: antar jemput staf Neom. Tiga orang kulit putih. Pagi berangkat dari Tabuk ke Neom. Petang dari Neom ke Tabuk.

Si Karala melihat jam. Kepalanya bergoyang-goyang. "Waktunya tinggal dua jam," gerak bibir di bawah kumis tebal itu. Mengantar saya ke Tabuk tidak mungkin. Terlalu jauh. Kalau telat kembali ke Neom kontrak antar-jemputnya bisa diputus. Bahkan kena denda.

"Ke Duba saja mau?" tanyanya pada saya.

"Ke mana saja. Asal bisa keluar dari sini," jawab saya.

Perjalanan ke Duba satu jam. Berarti ia bisa tiba kembali di Neom dalam dua jam. Pas dengan jadwal mengantar pulang tiga orang kulit putih itu.

"Ke Duba saja," katanya. 

"Berapa?" tanya saya.

"200 riyal," jawabnya.

"300 riyal," kata saya menawar. Kali ini tidak untuk lebih hemat.

"Sekarang!" jawabnya dengan senyum khas India. Kepalanya agak  sedikit digelengkan.

Saya pun pamit ke pemuda Pakistan itu. Saya buka dompet di depannya. Ia menolak keras.

Si Karala pun memacu mobil ke arah selatan. Menyusuri pantai Laut Merah. Sama sekali tidak indah. Hanya proyek. Proyek. Proyek. Debu. Debu. Debu. 

Deru dan debu.

Saya berdoa agar perjalanan ini selamat. Terutama agar si Karala tidak diputus kontrak kerjanya. Agar ia dapat uceng tanpa kehilangan deleg-nya. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 12 Maret 2023: Beijing Syiah Sunni

Agus Suryono

#pak Amat.. Tidak ada cara lain untuk membuktikannya, dengan cara melihatnya..

Fiona Handoko

dan si pipi tembem sudah kembali ke makkah. mengingatkan pada suku pipi tembem indian hiawata, di komik donal bebek.

Agus Suryono

MENGINGATKAN MAS JIN PING Jumat kemarin itu Jumat Kliwon. Berarti NEPTU-nya 14. Hal itu karena, neptu dari hari Jumat adalah 6. Sedangkan Kliwon 8. "Ke depan kalau mau bikin event besar, jatuhkan di hari Jumat Kliwon aja mas Jin.." #semoga pesan ini NYAMPAI ke beliau..

mz arifinuz

Saya juga nyoba banyak minum air. Akibat nya terlalu sering kencing. Bila di luar rumah, merepotkan. Jadi nya tak lakukan lagi.
 
Fiona Handoko

bpk liang dan bpk jimmy. selamat pagi. menjawab pertanyaan kemarin. 
1. saya tidak merokok, tidak minum alkohol dan tidak rutin minum kopi. 
2. sebelum kena aritmia, saya juga pengikut teori banyak minum air putih, menyehatkan. dulu, tiap bangun tidur saya pun langsung minum air putih 0.5 liter. 
3. dari dr fayzal yuwono sp jp lah saya pertama tahu, ternyata terlalu banyak minum air putih, kurang baik utk jantung. beliau praktek di rs panti wilasa, jl dr cipto semarang. 
4. hari pertama mondok, selain obat utk aritmia, saya juga diberi obat diuretik. untuk mengurangi air di tubuh. 
5. detail teori bahaya terlalu banyak minum, sudah bersliweran di google. 
6. saya hanya membagikan pengalaman pribadi saja. yang mungkin belum tentu berlaku sama bagi tiap orang. terima kasih bpk liang, bpk jimmy dan rekan2 perusuh yang berkenan baca komen recehan saya. 
 
AnalisAsalAsalan

Pasti banyak yang belum tahu. Selain dikenal jago bela diri, IP Man adalah orang IT. Namanya saja IP Man: Internet Protocol Man. Dialah yang menginspirasi lahirnya IPv4, yang membuat dunia terhubung. Dan, terhubungnya dunia terinspirasi oleh salam. Itu kenapa di browser internet ditulis www -- wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hahahahaha.
 
Er Gham

Negara-negara di dunia harus sudah mulai berani melawan hegemoni Amerika. Indonesia belum berani beli minyak dari Rusia dan Iran. Takut diberi sanksi. Perlu punya kartu truf dulu kalau nego dengan Amerika. Tahun 1959, Soekarno dapat 10 pesawat hercules 130B. Gratis. Ditukar guling dengan agen CIA yang menjadi pilot pendukung PRRI Permesta. Indonesia negara pertama di luar Amerika yang memiliki pesawat hercules. Tanpa kartu truf, sulit bernegoisasi yang sejajar. 
 
Mbah Mars

Kemana lagi Bah nylenthernya ? Saya membayangkan jadi pembimbing umrah rombongan wartawan. Betapa enaknya. Begitu selesai umrah sekali mereka pada mblayang sendiri-sendiri. Gatel lihat obyek berita bagus di depan mata. Jadilah si pembimbing umrah yang sendirian thowaf sunnah, beribadah di Raudah dsb. Baru ketemu bersama lagi saat makan tiba di hotel.
 
Kliwon

Artikel apapun, tiap hari isi komentarnya cuma tentang Rafael Alun. Padahal tidak semua pegawai pajak sesukses itu. Mari kita tetap istiqomah kerja keras biar bisa rutin bayar pajak. Kasihan pegawai lain yang belum punya Rubicon. Jadi daripada bahas kesuksesan Rafael Alun dalam memuliakan keluarganya.., mari kita bahas kenapa di Arab Saudi & negara² Arab lainnya, tidak ada hantu pocong. Padahal kalo meninggal sama² dipakein baju pocong. Tolong pak Dahlan carikan info ke mayarakat setempat. Mumpung lagi disana.

Liam Then

Disono gak ada hantu pocong. Gerah soalnya.
 
Liáng - βιολί ζήτα

Selamat pagi Oom Mario Handoko (Fiona Handoko) Tujuan saya DENGAN SENGAJA (mohon maaf, saya bukan orang yang kurang kerjaan) me-reply comment Oom kemarin malam adalah "untuk menepis pemahaman yang tidak tepat - seolah-olah karena hanya banyak minum air putih lantas bisa terkena Aritmia". Itu adalah hal yang tidak mungkin terjadi, tanpa adanya hal-hal lain sebagai pemicunya. Jikalau Oom berminat untuk mengetahui lebih lanjut (memahami lebih detail) mengenai Aritmia dan tidak memiliki buku-buku yang terkait, mungkin penjelasan dari MAYO CLINIC - USA bisa dijadikan referensi : www.mayoclinic.org diseases-conditions/heart-arrhythmia/symptoms-causes
 
Pakdhe joyo Kertomas

Hari ini saya membuka disway dengan mesin pencari Bing besutan Cak bill gate. Ternyata yo hampir sama dengan geogle. Kaitannya hubungan diplomasi saudi dan iran sebenarnya hanyalah retorika politik. Biasalah yg ada take and give. Beda banget dg agama. Kalo itu sesuatu yg jauh dari take and giive. Agama kan melangit... Sedangkan politik dan negara sifatnya mendunia. Agama tanpa negara tetap eksis. Sedangkan negara butuh agama saat tertentu utk dimanfaatkan. Aku cuma bertanya tanya kok pipi temben ke mekkah...opo iku pipi tembem? Yang bisa nebak kkasih hadiah bah. Opo kui pipi tembem
 
omami clan

Dari jaman dahulu kala kebanyakan orang-orang yang berpegang teguh pada prinsipnya baik itu ilmuwan, ulama (Agamawan), politisi, aktivis, wartawan dan berbagai sebutan lainnya banyak yang berakhir di penjara dan bahkan hukuman mati. Tapi walaupun demikian tetap banyak manfaat dari prinsip yang mereka pertahankan hingga jauh melampaui batas ruang dan waktu hingga hari, tak terbilang contoh yang bisa kita cari dalam hal ini. Ada sebuah pertanyaan mengapa Abah sampai kini bisa tetap bebas melenggang sampai barat, timur, dan bahkan konon sekarang berada di timur tengah. Padahal setidaknya menurut saya Abah sudah termasuk golongan orang-orang yang saya sebutkan di atas. Mungkin karena Abah selain termasuk golongan orang-orang tadi, Abah juga seorang pengusaha dimana keahlian seorang pengusaha yang paling utama adalah mengusahakan. Mengusahakan untuk tetap kaya, sehat, sentosa dan lain sebagainya. Termasuk mengusahakan untuk tetap tegak sampai subuh dengan pipi yang tembem.
 
thamrindahlan

Damai dunia damailah pula perusuh disini. Apa yang dikau tuiis dalam komentator menggambarkan kelakuan asli tidak bisa ditutup tutuplpi. Suny Syiah bersatu bersebab memiliki kitab Al Qur'an. Bahagia sejahtera Indonesia. Ideologi final Pancasila. Tuhan Yang Maha Esa tertera si sila pertama . Dan sekali lagi saudaraku perusuh mari saling menghargai & menghormati. Kunci sukses pergaulan adalah berbaik sangka. Sebaliknya bila tuan berburuk sangka maka jatuhlah musibah ; buruk muka kaca di belah. Abah sudah berada tingkatan nyaris dewa . Bersyukur kita berteman disini. Apapun namanya perusuh tirulah Aat dan Fiona sahabat dunia nyataku dan dunia maya kita nan elok hati selalu menebarkan Salam bin Curhat. Kita semua senang suka gembira membacanya. . Salamsalaman. 
 
Juve Zhang

Xi JP memang hebat aliran Kanan dari partai. Yg men skak mati ambisi Jack Ma menguasai keuangan Tiongkok. Xi aliran Kanan partai sehaluan dengan Deng Xiaoping. Aliran kiri Mao dan 4 gang. Yg kiri Bo xilai sudah "dikarungi" , praktis Xi yg koalisi sama anak Deng Xiaoping memegang kekuasaan mutlak. Xi tak mempan di "sogok" JM atau taipan lain. Xi memang tak pusing duit anda berlimpah. Layak 5 periode pun. JM konon mengungsi ke Jepang. Wkwkwk. Warren Buffett sukses membeli saham BYD dan gagal di saham Alibaba dia cut loss saham Alibaba rugi 1 triliun Rupiah. Wkwkwk itu cuma uang saku bagi WB. Untung nya di saham BYD berlipat ganda dari kerugian di Alibaba. Xi dan WB dua legenda dunia. 
 
Jokosp Sp

Tiongkok Kumunis tidak tunduk dengan Amerika yang Demokratis wajar, Iran yang Syuni juga wajar, dan Arab Saudi yang Syiah juga mulai menemukan ke"wajaran"nya tidak mau ditekan Amerika. Sedang Indonesia yang negara demokratis kalau terus tertekan oleh negara asal demokrasi, coba wajar tidak?. Bentar dulu apa senjatanya?
 
Jimmy Marta

Kata pak menko Polhukam, 300T itu bukan korupsi. Tp menjurus ke pencucian uang. Penerimaan gratifikasi. Benar kt bg JZ dibawah, itu uang yg dibelokkan. Harusnya ke negara, jd ke deposit box. Ke saham2 investasi perumahan yg atas nama istri. Lalu knp pak menko berbasa basi dg sebutan itu?. Bukankah dl UU No 20/2001 tentang perubahan UU No 31/1999, menyatakan gratifikasi termasuk korupsi. Gratifikasi bisa dikatakan tindak pidana korupsi bila menyangkut pejabat negara dan penyelenggara negara. Penerimaan tsb bukan pidana kalau dilaporkan ke KPK.
 
imam rasidi

Andai Aku Menteri Keuangan Aku perintahkan dilakukan audit silang atas LHKPN dan kekayaan/aset seluruh pejabat dan pegawai Kemenkeu Audit Silang dilaksanakan dengan cara pejabat kantor pajak A mengaudit pejabat kantor pajak B, pejabat kantor pajak B mengaudit pejabat kantor pajak C dan seterusnya sampai dengan semua kantor pajak teraudit. Hasil audit silang dilaporkan paling lambat 2 bulan setelah surat perintah dikeluarkan,.dari hasil audit ada reward and punisment. Maka saya yakin dari hasil audit nantinya akan menambah PNBP akan meningkat, tahun-tahun berikutnya penerimaan negara dari pajak semakin naik/bertamah. #reformasikemenkeu

Liam Then

Tes coba Orang ompong makan apem/ Dilanjut belah cempedak/ Tak apalah dibilang tembem/ Sing penting tabungan banyak/

yea aina

Seiring laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok meroket-melangit, tentulah diikuti bertambahnya pundi-pundi devisanya. Tiongkok mulai banyak menginvestasikan kelebihan uangnya, melalui investasi proyek di berbagai belahan dunia. Pendekatan Tiongkok membangun (proyek) diberbagai negara, bisa disebut antitesa pendekatan Amerika, yang distigma: menindas dan memiskinkan. Mongomong "memiskinkan" negara lain, tidak sepenuhnya pendekatan membangun pasti memakmurkan lho. Membangun proyek yang sepaket dengan pendanaan (berupa utang), peralatan berteknologi beserta nakernya: proses memiskinkan secara tak langsung. Paling tidak, hanyalah memakmurkan rakyat dan negara Tiongkok saja. Tiongkok sendiri punya jumlah penduduk angkatan kerja bukan kaleng-kaleng. Dan peralatan membangun berteknologi yang "ditawarkan" sebagai paket pembangunan, mana mungkin yang terbaru. Lebih pasti pengusungan teknologi jadul sebelumnya sekelaligus peremajaan peralatan baru. Caranya kirim ke negara lain. Dimiskinkan secara halus. Tanpa banyak disadari pemimpin negara tujuan proyek.

Komentator Spesialis

Ekonomi Tiongkok sudah selesai era pertumbuhan tingginya. Paling kedepan mereka hanya bisa tumbuh di kisaran 4-6% saja. Yang untuk negara berpenduduk sebesar Tiongkok ibaratnya pertumbuhan auto pilot. Sulit untuk menyediakan lapangan kerja bagi angkatan kerja baru. Sebagaimana halnya Ekonomi Indonesia yang hanya tumbuh 5% nan. Dan perhatian dunia akan bergeser ke India, Saudi, Vietnam dan negara negara Afrika seperti Nigeria, Etheopia dan Aljazair.

Liam Then

Bo = tidak ada Lui = duit Salah dua diatas itu kosa kata bahasa hokkien dan tio ciu orang Tionghoa. Bo lui kong bo thia Tidak ada duit bicara tak terdengar 

Leong Putu

Ketika ada dua orang kaya bertengkar, yang akan didengar nasehatnya bukanlah orang yang lebih "rohani" tapi miskin, namun orang yang jauh lebih kaya, walaupun tdk "rohani".

Liam Then

Organisasi properti hak intelektual dunia WIPO ada buat laporan statistik. Daftar jumlah pengajuan aplikasi patent baru oleh negara-negara di dunia. Dari situ bisa kita lihat dengan jelas. Mana negara yang bergerak maju.
 
Jimmy Marta

Satu kekonyolan yg dibuat Trisambodo adalah bolak balik ke bank. Sudah tahu lg disorot, ia nya spt tak mengerti. Berkali- kali ia dtg mengecek kotak ajaibnya. Padahal ia sudah tahu itu barang pasti aman. Safe deposit box itu pasti disimpan ditempat yg paling aman di sebuah bank. Anti rayap, anti maling dan anti panas.. 
 
Komentator Spesialis

Embargo adalah berkah. Itu yang saya tangkap dari perkembangan negara Iran. Anda lebih tahu, Iran termasuk salah satu deretan negara yang di embargo Amerika dan sekutunya. Dalam deretan negara tsb. ada Korut, Sudan bahkan Yaman. Setiap penjualan produk yang berbau high tech, kita harus memberikan data End User Statement (EUS). Ini yang membuat ribet kita yang berkecimpung di produk produk high tech. Tujuannya cuman 1. Mentaati aturan Amerika agar tak terkena sangsi. Aturan ini berlaku termasuk perusahaan yang berdomisili di Indonesia. Harus ada pernyataan secara jelas beli dipakai untuk apa dan siapa yang akan pakai. Karena bisa saja produk tsb. kita beli, lalu dijual lagi ke negara negara terlarang tsb. Toh Iran tetap bisa menjadi negara yang berhasil mengembangkan teknologi. Dari teknologi radar, missile, drone sampai tekmologi automotive. Iran salah satu produsen automotive yang besar. Dengan kapasitas produksi hampir 2 juta unit per tahun. Bukan merek import. Mereka berhasil mengembangkan merek merek lokal. Hampir 100%. Ini sungguh luar biasa ! Rupanya Iran mengikuti kepeloporan ESEMKA dalam mengembangkan mobil merek lokal. Baru launching saja kabarnya laku 6000 unit. Padahal kapasitas produksi cuman 200-300 unit per bulan. Jadi kalau mas tomi beli mobil sekarang, indent nya bisa 3 tahun, wkwkwkwk....
 
Udin Salemo

dengan ini dinyatakan: Yellow Bean adalah pemilik tahta suci 234 sah sah sah...
 
*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda