Telah Dibuka, KKN-BBK Universitas Airlangga Periode 67 di Kecamatan Tandes, Surabaya

Foto bersama dalam acara pembukaan KKN BBK Unair di Kecamatan Tandes, Surabaya. (FOTO: Dok. Universitas Airlangga)

COWASJP.COM – KKN-BBK (Kuliah Kerja Nyata- Belajar Bersama Komunitas) merupakan implementasi Universitas Airlangga (Unair) dalam MBKM (Magang Bersama Kuliah Merdeka). Pada tahun ini (2023) Unair menerjunkan sebanyak 51 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk mengikuti kegiatan KKN-BBK periode 67 di Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. 

Para mahasiswa tersebut tersebar di masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Tandes. Antara lain Kelurahan Tandes, Kelurahan Balongsari, Kelurahan Karang Poh, Kelurahan Banjar sugihan, Kelurahan Manukan Kulon, Kelurahan Manukan Wetan.

Pada KKN BBK periode 67 ini mahasiswa akan melakukan program kerja yang berfokus pada 4 bidang garap, yaitu: 

bidang kesehatan 

bidang pendidikan

bidang lingkungan

bidang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

Semua bidang tersebut berasal dari permasalahan yang terdapat di masing-masing kelurahan. Kemudian, para mahasiswa peserta KKN BBK periode 67 bertugas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sesuai ranah yang didapatkan di bangku perkuliahan.

Pembukaan KKN diselenggarakan pada Rabu 11 Januari 2023 yang dihadiri oleh Camat Tandes Bapak Febri Aditya Prajatara S.TP.,M.si, Koordinator Kota Surabaya LPPM Unair yang diwakili oleh Ibu Tania, Dosen Pembimbing Lapangan dari Unair yang diwakili oleh Bapak Yanuar Nugroho dan Ibu Lanny Ramli, para Bapak/ Ibu Lurah yang ada di Kecamatan Tandes, dan para peserta KKN BBK periode 67 di Kecamatan Tandes. 

Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan Hymne Airlangga. Agenda selanjutnya pembacaan doa yang dipimpin oleh Saudara Basit, yaitu salah satu anggota dari Kelompok Kelurahan Banjar Sugihan. 

Agenda berikutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh Ibu Tania sebagai Koordinator Lapangan Kota Surabaya LPPM Unair. Beliau menyampaikan bahwa dalam kegiatan KKN BBK ini mahasiswa diharapkan dapat menjalankan kegiatan yang telah direncanakan sesuai bidang garap masing-masing. 

Diharapkan agar kegiatan tersebut bisa berkelanjutan untuk membantu masyarakat di Kecamatan Tandes.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Bapak Febriadhitya Prajatara selaku Camat Tandes. Beliau meminta agar para mahasiswa dalam mengikuti kegiatan KKN BBK di Kecamatan Tandes tidak sekadar formalitas. Akan tetapi diharapkan bisa benar-benar membantu mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat sesuai bidang garap. Beliau menghimbau kepada para mahasiswa yang sedang menjalankan KKN harus benar-benar mengambil pelajaran dan mampu mengimplementasikan pelajaran yang didapatkan di bangku perkuliahan.

Acara berikutnya yaitu pengalungan ID Card oleh Camat Tandes dan Dosen Pembimbing Lapangan kepada tiga mahasiswa yang berasal dari masing-masing kelurahan. Acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng sebagai simbolis kegiatan KKN BBK periode 67 di Kecamatan Tandes Kota Surabaya resmi dibuka.

Acara penutupan dilakukan dengan foto dokumentasi. Foto dokumentasi diikuti oleh semua tamu undangan bersama seluruh mahasiswa KKN BBK 67 di Kecamatan Tandes Kota Surabaya.(*) a

Pewarta : Maksum
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda