Mbludag, 2.030 Atlet ikut Kejuaraan Pencak Silat ISNU Cup Kediri 2022

KH M. Makmun di acara pembukaan didampingi Pengurus IPSI Kediri H. Nur Baidah dan Ketua ISNU, Sholihuddin.(FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Sebanyak 2.030 atlet dari berbagai perwakilan sekolah tingkat SD-SMA dan perguruan  pencak silat se Jawa Timur, mengikuti ISNU Cup 2022, Kabupaten Kediri. Acara   berlangsung 18-20 November 2022 di Gedung Serba Guna NU, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. 

Acara pembukaannya berlangsung Sabtu 19 November 2022 siang.
 
"Kejuaraan pencak silat ini merupakan kado istimewa di hari lahir ISNU ke-23. Kejuaraan ini juga sebagai salah satu langkah membumikan ISNU,” ujar Ketua PC ISNU Kabupaten Kediri, Sholihuddin, MPd, di sela-sela acara pembukaan.

Menurutnya pencak silat merupakan seni bela diri adiluhung, asli aset Nusantara yang sangat perlu dilestarikan, dipertahankan dan dikembangkan.

"Pencak silat ini beladiri asli Indonesia dan sudah mendunia. Untuk itu perlu diuri-uri (dirawat), dikembangkan dan dipertahankan," katanya.

Kejuaraan ini juga berdampak positif pada ekonomi masyarakat sekitar. Banyak warga berjualan di sekitar lokasi acara. Setiap kejuaraan pencak silat dengan jumlah peserta yang banyak, berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat. 

“Jumlah 2.030 atlet itu tidak sedikit. Misalnya satu atlet beli satu minuman, berarti ada 2000 minuman terbeli. Jumlah ini ditambah dengan pendamping atau ofisial setiap atlet. Acara ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi warga,” tambahnya. 

Dia berharap para atlet dapat menampilkan kreatifitas dan kemampuan terbaik. Harapannya, akan lahir bibit muda berprestasi yang layak diorbitkan di kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.

“Pesan saya, para atlet tetap jaga kesehatan saat mengikuti kejuaraan ini. Jaga stamina yang kuat dan kondisi tubuh yang sehat,” pungkasnya.
 
Ketua panitia kejuaraan pencak silat ini, Sayyid Ridlo, SH, MH, mengatakan kuota peserta kejuaraan ini sedianya hanya 500 atlet. Tapi, antusiasme para atlet luar biasa. Maka dibuka kembali pendaftaran peserta dengan kuota 800 atlet.

“Awalnya kuota 500 atlet saja. Ternyata yang menghubungi saya untuk ikut daftar tambah banyak. Dari 500 kuota, kita buka lagi 800 kuota, masih saja kurang. Akhirnya kita tutup pendaftaran di angka 2.030 peserta. Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berperan dalam acara ini,” kata Sayyid Ridlo.

Kejuaraan pencak silat kali ini dibuka Ketua PC NU KH Makmun (Gus Makmun ). Karena acara ini ada rangkaiannya dengan Hari Santri Nasional [HSN] 2022 dan Harlah ISNU ke-23.

"Rangkaian kegiatan ini antara lain khitanan massal, sarasehan, ISNU Edutalk dan Kejuaraan Pencak Silat ini," kata Sayyid Ridlo.

Wakil Ketua PW ISNU Jawa Timur, Muhammad Yasin mengapresiasi kegiatan ini  “Luar biasa, meski masih perdana namun animo atlet yang mengikuti kejuaraan ini mencapai 2.030 lebih. Luar biasa. Ini merupakan wahana positif untuk aktualisasi potensi kader muda NU dan silaturohim antar pendekar dengan PC ISNU Kab. Kediri,” jelas Yasin.

Dilanjutkan, terselenggarannya kegiatan ini diharapkan meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan event dan varian yang juga mendukung intelektualnya. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda