Gus Yaqut Resmikan UIN KH Abdurrahman Wahid

Menag H. Yaqut Cholil Qoumas meresmkan UIN KH Abdurrahman Wahid di Pekalongan, Jawa Tengah. (FOTO: Kemenag for COWAS JP)

COWASJP.COM – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ), Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022) malam.  

Gus Yaqut meminta agar seluruh civitas akademika kampus UIN KH Abdurrahman Wahid untuk secara sungguh-sungguh menerapkan nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur.

"Gus Dur adalah humanisme itu sendiri. Didiklah mahasiswa yang ada di sini sebagai seorang humanis," ujar  Gus Yaqut. 

Gus Yaqut menyampaikan, Gus Dur semasa hidupnya telah mengajarkan nilai kasih sayang dan memanusiakan manusia. "Ajarkan para mahasiswa akan kasih sayang. Agar mereka 
mampu memanusiakan manusia lain dengan kasih sayang," kata  Panglima Banser itu. 

"Saya harap ini menjadi catatan penting. Mahasiswa jika nanti keluar dari kampus ini, bisa menjadi manusia seutuhnya," kata adik kandung Ketua PBNU  Gus Yahya itu.

Pada kesempatan itu, Menag mengisahkan cerita Gus Dur saat dilengserkan dari kursi presiden. Saat itu, ada kubu yang mendukung Gus Dur untuk dilengserkan dan ada yang tetap meminta Gus Dur melanjutkan tugasnya sebagai kepala negara.

Mengingat potensi rusuh antarkedua kubu, Gus Dur memilih untuk meninggalkan istana daripada bertahan. Keputusan ini diambil semata karena Gus Dur sayang kepada kemanusiaan.

"Tidak ada satu jabatan pun yang lebih berharga dari pada kemanusiaan," kenang Menag menirukan ungkapan Gus Dur.

"Ini adalah laku Gus Dur. Saya ingin nilai-nilai ini menjadi inspirasi untuk kita semua, terutama untuk UIN KH. Abdurrahman Wahid," tutur mantan anggota DPR RI dari FPKB itu.

Seusai acara, Gus Yaqut meninjau gedung perpustakaan dan menandatangani prasasti peresmiannya serta gedung fakultas.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda