Sang Begawan Media

Ninja Gincu

Pemimpin tertinggi Al Qaeda, Ayman Al-Zawahiri. (FOTO: apnews.com)

COWASJP.COMMATAHARI sudah agak tinggi pada hari Minggu pagi jam 06.18 di Kabul. Di ibu kota Afghanistan itu, di awal Agustus seperti ini, matahari mulai terbit pada pukul 05.05.

Maka hebat sekali senjata pembunuh pemimpin tertinggi Al Qaeda, Ayman Al-Zawahiri ini. Datangnya tidak terlihat. Suaranya tidak terdengar. Tanpa kilau pantulan cahaya pagi. Langsung saja: jleb! 

Senjata tajam itu masuk ke tubuh Al-Zawahiri. Merobek-robeknya. Menewaskannya seketika.

Itulah sebabnya pesawat tanpa awak jenis R9X itu disebut juga Drone Ninja. Nama lainnya: senjata Flying Ginsu. Ginsu adalah julukan yang diambil dari nama sebuah pisau istimewa. Pisau Ginsu terkenal sebagai kisah sukses marketing di tahun 1980-an. Iklan pisau Ginsu jadi bahan kajian di kelas-kelas marketing di tahun yang Anda belum lahir itu. 

Begitu hebatnya iklan itu:  pisau Ginsu terjual 3 juta buah.

Pisau itu 4K: kecil, kuat, kaku, dan tajam. Kualitasnya dibuat seperti samurai Jepang. Hanya saja ini buatan Amerika. Pabriknya di Ohio. Sekarang pun masih tetap diproduksi. Di Arkansas. Di Tokopedia, pisau Ginsu ditawarkan dengan harga Rp 40.000. Satu set berisi lima pisau.

Tentu bukan pisau itu benar yang dihunjamkan dari jarak jauh oleh drone Ninja ke tubuh Al-Zawahiri. Pagi itu tokoh asli Mesir tersebut sedang berada di balkon. Di lantai dua. Di teras sebuah rumah yang mewah. Berjemur? Entahlah. Rumah itu menghadap ke timur. Matahari pagi terasa hangat di musim panas sekarang ini. 

Rumah persembunyian itu berada di pusat keramaian. Di pusat ibukota, Kabul.

Umur Al-Zawahiri sudah 71  tahun. Seumur saya. Saat terbunuh Minggu pagi lalu ia genap 10 tahun menjadi panglima tertinggi Al Qaeda. Yakni setelah Osama bin Laden terbunuh di tahun 2011. Osama disergap pasukan elite Amerika di tengah malam di sebuah rumah di Pakistan timur laut.

Waktu itu sudah ada pemikiran Osama juga akan diburu dengan drone. Tapi drone yang ada saat itu belum secanggih sekarang. 

Drone R9X Hellfire, yang mengejar Al-Zawahiri itu, baru diproduksi tahun 2017.

Tapi dari segi dramatisasi memang lebih dramatis saat penggerebekan Osama. Dramanya lebih seru. Sedang tewasnya Al-Zawahiri terjadi dengan sangat sepi dan dingin. Tidak ada ledakan. Tidak ada kerusakan bangunan. Teras itu tetap utuh - -hanya sekarang, menurut CNN, ditutupi terpal warna hijau.

Anggota keluarga Al-Zawahiri, di rumah itu, juga tidak ada yang terluka. Benar-benar seperti korban sniper.

drone-ninja.jpgDrone yang meluncurkan Flying Ginsu yang membunuh Ayman Al-Zawahiri. Tanpa ledakan, tanpa suara. (FOTO: apnews.com)

Sebenarnya saya sudah berjanji tidak akan menulis peristiwa pembunuhan di luar negeri. Saya merasa seperti dicekal oleh pembaca Disway. Tapi kali ini saya bisa berdalih: toh kejadian tewasnya Al-Zawahiri bukan akibat tembak-menembak. Tidak bisa disamakan dengan tembak-menembak di Tiga Durian Jakarta. 

Al-Zawahiri sendiri Anda sudah tahu: ia seorang dokter. Ahli bedah. Lulusan Universitas Cairo. Dari keluarga terpandang di Mesir. Kakeknya menjabat presiden universitas yang Anda juga sudah tahu: Al Azhar, Kairo.

Zawahiri radikal sejak muda. Ia dianggap terlibat gerakan yang membunuh Presiden Mesir Anwar Sadat. Ia kecewa Sadat berdamai dengan Israel. Padahal ia pernah memuja Sadat karena berani berperang melawan Israel. Ia lantas ke Afghanistan. Awalnya ikut berjuang melawan Russia, lalu berjuang melawan Amerika.

Lama tidak terdengar bersembunyi di mana, tiba-tiba diberitakan tewas di Kabul. Awalnya Amerika mengira Al-Zawahiri bersembunyi di Pakistan. Di perbatasan dengan Afghanistan. Atau di Afghanistan yang berbatasan dengan Pakistan.

Mungkin juga Al-Zawahiri belum lama di Kabul. Mungkin ia merasa aman bersembunyi di ibu kota Afghanistan. Taliban sudah kembali berkuasa. Amerika sudah hengkang dari sana sejak setahun lalu.

Ternyata bocor. Fatal. Sebagian kelompok Al-Zawahiri mencurigai justru Taliban yang membocorkannya. Taliban memang sudah bertekad kali ini Afghanistan tidak mau lagi jadi sarang teroris asing.

R9X.jpgILUSTRASI: R9X, apnews.com.

Yang jelas Taliban juga tidak utuh satu. Tahun lalu tokoh Taliban, Bismillah Muhammad, diserang Taliban sendiri. Padahal ia penjabat menteri pertahanan kala itu. 

Tempat persembunyian Al-Zawahiri kali ini memang aneh. Sembunyi tapi di pusat kota. Ibu kota pula. Sembunyi tapi di rumah yang sangat mencolok. Rumah itu menghadap jalan raya. Begitu megahnya rumah itu sampai secara tidak resmi disebut ''Poppy Palace''. Istana Poppy.

Poppy adalah sebutan untuk bunga seksi yang menjadi bahan baku obat bius.

Rumah itu disebut Istana Poppy lantaran masyarakat tahu di situlah dulu orang-orang kaya bermukim –yang kekayaan mereka berasal dari perdagangan bunga gila tersebut.

Sherpur, di pusat kota Kabul, memang komplek orang kaya. Sejak Taliban berkuasa banyak rumah ditinggalkan begitu saja. Sebagian diambil alih oleh pemerintah Taliban. Sebagian lagi tetap kosong.

Rumah yang ditempati Al Zawahiri adalah rumah kosong yang diambil alih penguasa baru. Lalu seorang ajudan pejabat tinggi Taliban mengambil alihnya. Oleh Sang ajudan Al-Zawahiri disembunyikan di situ. 

Al-Zawahiri pun terjebak di keramaian seperti itu. Ia yang dulu merawat Osama. Kini ia menyusul pendahulunya.

Kelihatannya model memburu teroris dengan drone menjadi cara baru Amerika. Tanpa perlu mengorbankan orang sipil. Drone serupa juga sudah membunuh tokoh Al Qaeda lainnya: Abu Khayr al-Masri. Saat itu Al-Masri lagi di Syiria. Ia lagi dalam perjalanan di Idlib, dalam mobil sedan Kia buatan Korea. Pisau-pisau model Ginsu menembus sedan itu. Al-Masri tewas. Mobil sedannya tidak hancur. Hanya robek atapnya. 

Drone yang melepaskan Ginsu itu pun kembali ke pangkalannya. Pisau Ginsu mendapat promosi gratis. Ikut jadi pahlawan Amerika –meski bukan pisau itu yang digunakan di operasi sebenarnya. 

Reputasi pisau Ginsu hanya pernah tercemar sekali di tahun 1993: dipakai memotong penis seorang suami. 

Sukses.

Malam itu sang suami baru pulang dari minum-minum. Tiba di rumah ia mengajak istri untuk ke "surga". Sang istri tidak mau. Ia pun seperti mau makan gaya prasmanan: buka sendiri, tutup sendiri. 

Dengan cara itu sang istri merasa diperkosa suami.

Maka setelah suami terlelap, sang istri ke dapur. Ambil Ginsu. Dia buka selimut yang menutup suami. Dia potong si "John". Dia bawa potongan itu lari. Dia ambil mobil di garasi. Dia larikan potongan itu. Dia setir mobil itu dengan hanya satu tangan. Tangan satunya tetap menggenggam potongan.

Setelah beberapa menit berkendara dia buang potongan itu dari jendela mobil yang terbuka.

Dia pun menghubungi 911. Dia ceritakan apa yang terjadi. Sang suami dibawa ke rumah sakit. Petugas rumah sakit dikerahkan untuk mencari potongan yang dibuang di pinggir jalan. Dengan susah payah. Dibantu sang istri.

Ketemu.

Potongan itu segera dicuci dengan cairan steril. Lalu disusulkan ke rumah sakit. Disambung lagi. Berhasil. Operasi penyambungan itu berlangsung 9 jam.

Sang suami dijatuhi hukuman karena terbukti memerkosa istrinya.

Sang istri dihukum karena penganiayaan.

John Wayne Bobbitt dan Lorena Bobbitt Gallo sama-sama masuk penjara. 

Setelah keluar penjara, John tetap terkenal. Dengan harta karun sambungannya. Ternyata masih perkasa. John lantas direkrut sebagai bintang film porno. Anda tentu pernah menontonnya –dalam khayalan.

Drone Ninja, pisau ala Ginsu dan satelit penginderaan jarak jauh bersatu untuk perang model baru. Terbukti efektif. Itulah sebabnya tempat persembunyian pemimpin tidak boleh asal-asalan.

Zelenskyy dan Putin tidak boleh meniru kesembronoan Al-Zawahiri.

Dan Anda sebaiknya jangan izinkan istri membeli pisau itu. 

Tinggal tersisa satu pertanyaan untuk Anda: dari mana drone Ninja itu diluncurkan. (*)

Komentar Pilihan Disway 

Edisi 4 Agustus 2022: Menang Lotere

Kang Sabarikhlas

saya kira Abah males nulis karena Menang Lotere my pertamina.. anu, saya tanya kenapa beli Pertalite kok ndak dapat ikut lotre?.. pdhal katanya nanti kan harus pakai my pertamina?.. saya terlanjur membayangkan lebih baik naik Vespa daripada 'supra bapak' motor jadul saya... duh.

Mirza Mirwan

Sekali lagi, admin Disway super duper ngaco. Kenapa CHD diposting tidak pada tempatnya? Sekitar 90-an menit yang lalu kalau bukan karena pas buka Disway langsung baca "judul aneh" -- hanya dua kata -- di headline, pasti saya juga kecelik. Tapi saya bersangka-baik saja, mungkin biar tak ada yang berkomentar. Karena sebelumnya tak disediakan kolom komentar, sih. Numpang tanya, apakah ada siswa SMK yang sedang magang jadi admin di Disway, ya?

Jimmy Marta

Pukul tujuh lewat tiga puluh tujuh menit waktu indonesia barat, masih sepi. Ada apakah gerangan?. Pada asik ngikutin berita tembak-tembakan yg sudah ada tersangkanya. Atau malah asik dan bersyukur batalnya tembak-tembakan jin ping-ing wen. Diatas semua itu yang paling penting semua sehat. Segala urusan berjalan lancar.

thamrindahlan

Menang Lotre awak maknai sebagai kemenangan Abah and his gangs. Doa kita bersama Alhamdulillah di ijabah Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa. Perang nan dirisaukan tidak terjadi. Pemimpin pemegang tombol rudal dilembutkan hati. Gerakan Demokrasi di Taiwan versi Mrs. Nancy Poleci bisa dimaklumi Tiongkok. Skore 1 - 1 atawa remis terbaik untuk keamanan dunia. Masakan Palembang bernama Tekwan Pindang Meranjat khas muara baru Amanlah dunia sejahtera Taiwan Sesama ras kuning tak elok berseteru Salamsalaman

tyong Antonio

Hanya satu kata. Daratan tak mungkin menyerang hanya profokasi dari luar apapun. Kecuali Taiwan menyatakan merdeka, tiongkok tahu betul taktik mainan Us. Diluar orang2 ramai membicarakan akan perang tiongkok-taiwan. Tapi buat rakyat Taiwan sendiri biasa2 aja. Orang Taiwan biasa mengatakan mereka dari taiwan, tapi mereka tetap mengakui mereka org cina. Bagaiamna akhirnya mungkin generasi kita berikutnya yg bisa lihat. 

Mirza Mirwan

Sebenarnya keberadaan Nancy Pelosi di Taiwan hanya 20 jam 10 menit. Ia mendarat pkl. 10.50 pm (21.50 WIB), lalu terbang lagi pkl. 06.00 pm (17.00 WIB). Tapi...ya bolehlah dibilang "sekitar 24 jam" seperti ditulis Pak DI. Tentang "Gedung 101" itu biasa disebut "Taipei 101", meski nama resminya "Taipei World Financial Center". Disebut Taipei 101 karena terdiri dari 101 lantai. Hari ini Tiongkok mengadakan latihan militer (military drills) di sekeliling Taiwan. Tiongkok sudah merencanakannya sejak sebelum Pelosi datang. Tetapi menanggapi rencana itu, waktu itu Tsai Ing-wen berkata enteng: "Taiwan will not back down". Ke-pede-an Tsai, barangkali, karena sudah mendapat informasi dari sumber AS. Artinya, seperti dugaan Pak DI, memang benar ada kesepakatan rahasia antara AS dan Tiongkok untuk menyelamatkan muka Tiongkok, Taiwan dan Amerika. Latihan militer itu akan berlangsung sampai Minggu -- ada juga media yang menulis akan berlangsung 3 hari. Semoga saja selama latihan militer itu berlangsung tidak ada roket nyasar ke Taiwan.

DeniK

Hukum Alam Kalau sudah tua kurang menarik. Bikin tegang nya cuma sebentar. Pun sudah minum jamu kuat. Layu sebelum perang . Apalagi sudah nenek-nenek. 

edi hartono

Catatan Dahlan ini dimulai dengan sudut pandang yg aneh. Empat paragraf pertama mengarahkan pembaca dengan perkiraan atau khayalan, bukan dengan fakta. "Klimaks itu berlangsung lebih cepat. Tidak terjadi ledakan apa-apa." Kalimat yg berasal dari pemikiran yg agak aneh. Memang siapa yg berhadap terjadi ledakan? wkwkwk. Mungkin instink wartawan, berharap terjadi kehebohan, yg bisa dijadikan bahan membuat tulisan berjilid2 tanpa kerja keras. Semisal peristiwa Brigadir J, satu peristiwa bisa jadi bahan tulisan Disway selama beberapa minggu ke belakang, dan beberapa bulan ke depan. Dan banyak yg baca. Kalimat selanjutnya: "Saya yakin di tengah ketegangan itu ada negosiasi tingkat tinggi." Apalagi ini?, wkwkwk. Lanjut: "Kunjungan itu harap dimaklumi...." "Tiongkok juga minta ijin untuk pura2 mengepung Taiwan." Istilah jaman sekarang, lagi halu, wkwkwk. Mungkin abah DI menulis ini sambil tiduran, setengan melamun, atau berangan2, mungkin juga setengah mengantuk, atau mungkin malah kekenyangan makan durian, wkwkwk.

Jo Neka

Ini seperti peribahasa Kalau tidak bisa duduk bersama cobalah untuk tidur bersama

supri yanto

Baru "nyadar" kl CHD, lambat hadir stlh baca komentatorist setia. Apakah perlu penyelamatan"muka" admin nya Bah ?, Anda sudah tau, walaupun kami belum tau. Nggak kebayang ,bgmn tegangnya komentatorist setia, yg dr subuh udah nungguin CHD. Mungkin Abah lg cari solusi u menyelamatkan "muka" , Harap maklum ,sabarrrr,sabarrrr, Jng lupa bahagia d sehat selalu.

doni wj

Coba tanya satu-satu ke komentator, pasti iklannya beda-beda. Di saya traveloka, tokopedia, olx, dan clip video berita paling sering muncul. Memang sih, waktu masih bujang dulu iklan Maria Vania, dkk yang nongol.. wkwkwkwk.. Sudahlah, mesum boleh. Itu hak pribadi. Tapi nggak usah protes. Ada puisinya: Di akhir itu penyesalan Di awal itu pendaftaran Protes itu pengumuman

doni wj

Begini rasanya, terlatih patah hati Hadapi getirnyanya, terlatih disakiti Bertepuk sebelah tangan, sudah biasa Ditinggal tanpa alasan, sudah biasa Penuh luka itu pasti tapi aku tetap bernyanyi.. Terlatih Patah Hati - The Rain

Kam Adi

Ternyata anti klimak, setelah salingbgertak di media. Antara China dan USA. Kalo saya lebih suka China menyerang Taiwan. Amerika terlibat. Perang berkobar. NATO ikutan. Ekonomi negara negara besar akan terganggu. Amerika dan sekutu akan terpecah bantuannya, antara perang di Ukraina dan Taiwan. Sesekal lah Indonesia ngompori untuk perang :D , kemudian menawarkan bantuan. Kalo bantuan senjata gak mungkinlah. Biar beda dg gaya bantuan amiriki. Tawarkan saja minyak goreng. Sekalian ajarkan juga cara menggunakan minyak goreng disaat darurat listrik, pengganti lampu. Dan juga bahan bom molotov alternatif:D Ekonomi dunia akan terganggu, termasuk Indonesia. Banyak orang akan menderita karena perang ini. Kalo saya sudah terbiasa dg penderitaan, jadi gak terlalu kaget, sudah siap. Terlatih :D

Udin Salemo

#pantunsiang untuk tki Karatau madang di hulu/ Babuah babungo balun/ Marantau bujang dahulu/ Di kampuang paguno balun/ Nanti kalau udah banyak doi simpanan pulang kampunglah untuk menggerakkan ekonomi desa. Jangan ke kota. Kalau ke kota uangnya kembali berputar di kota.

Primbon Nusantara

Klimaks tanpa ejakulasi krn gak ada pluru yg dimuntahkan..hnya seolah2 saja..nah seolah2 ini biasa disebut fake orgasm. Fake orgarsm sering jadi problem dlm urusan ranjang, tapi fake kali ini katanya bisa menyelamatkan ranjang, ranjang AS, ranjang tiongkok, ranjang Taiwan. Tapi yg penting ranjang disway, karena ada orgasmelogismentalisme maka iklan tentg itu jadi laku 

Lukman bin Saleh

Kabar baik yg sangat melegakan. Terimakasih presiden Biden, Presiden Xi. Sudah menunjukkan jiwa besar. Sama2 mengenyampingkan ego. Demi kebaikan bersama mau bicara sampai 2 jam. Untuk WNI yg menang lotre. Semoga ARC nya cepat keluar. Aman sejahtera semua. Aamiin...

Kurniawan Roziq

Pelosi kebangetan tidak mampir malah mlipir - mlipir seperti ngece untuk sampai ke taiwan , apa karena dia kudet , kita pun punya ketua DPR ,,

Alon Masz Eh

Sedang nunggu meeting yang belum dimulai. kanan kiri ada yang duduk. Belakang juga. Baru sempet buka disway. Setiap jengkal halaman ada perempuan ngasih hadiah lotere, buka jaritnya, ampun. Sejengkal lagi ada gambar orang pelukan. Apa ada yg percaya kalo ada yang ngelirik, dan kubilang iklan belanja online.... Hmmm Menang lotere beneran. Ta doakan abah pas meeting2 buka disway dikira buka portal yang enggak2. Wegah protes, ga direken. Ta doakan saja... Cik kapok. Yak apa rasane... Temen : "Buka apa kok gt?" Bos : "Disway" Temen : "Punya sapa?" Bos : "Saya" Hahahahahaha Telak 2-0 muka hilang. Tiongkok vs AS aja 1-1.

Johan

James Crawford dalam bukunya The Creation of States in International Law, menyangkal Taiwan sebagai negara merdeka karena Taiwan tidak pernah secara eksplisit mengklaim kemerdekaan. Di konstitusi Taiwan saat ini wilayahnya masih mencakup daratan Tiongkok. Dari sudut pandang hukum internasional, Taiwan dan Tiongkok masih mempertahankan hubungan “satu negara, dua pemerintahan.”

Budi Utomo

Satu aksara Mandarin yang paling tepat menggambarkan situasi dan kondisi Taiwan yang memprihatinkan dengan status quo nya adalah Yan 阉. Baca: Yen (dengan vokal e dibaca seperti e nya lele). Castrated. Dikebiri. Kaum kebiri. Kasim. Eunuch. Bukan lelaki sejati 大karena kemampuan berkembangbiak 申 bagai telah tertutup pintunya é—¨. Gabungan tiga aksara tersebut: da 大 (great man 大人) + shen 申 (to extend, to widen, etc) + men é—¨ (door, ~ to close the door) membentuk aksara Yan 阉. Taiwan itu ibarat lelaki tapi impoten karena alat kelaminnya telah dikebiri. A disgrace country. Sebuah negara yang terhina karena hanya sedikit negara lain yang mau berhubungan dengannya. Nasibnya memang sangat malang. 

LiangYangAn 梁楊安

Pak Budi Utomo, Taiwan jauh "lebih terhormat" daripada Tiongkok yang menggunakan kekuatan ekonomi dan militer untuk menekan dan mengintimidasi. Seandainya kekuatan ekonomi dan militer Tiongkok tidak seperti sekarang ini (katakanlah masih seperti tahun 1980-1990) ; apakah Yang Terhormat Bapak Budi Utomo akan berpendapat seperti ini juga ?? Mohon maaf, saya berbicara berdasarkan perikemanusian dan perikeadilan.

LiangYangAn 梁楊安

Katakanlah ada pembaca disway.id dan keluarganya hendak berwisata ke Taiwan. Kemanakah Anda akan mengajukan "visa" ?? ke TETO (Taipei Economic and Trade Office) atau ke Kedutaan Besar Tiongkok ?? Mengertikah Anda apa itu "visa" ?? Masihkah Anda akan menganggap bahwa Taiwan bukan sebagai suatu negara berdaulat ??

Johan

Oma Nancy memang merepotkan. Beberapa hari ini tentu Kementerian Urusan Tiongkok Daratan (Mainland Affairs Council) Taiwan dibuat sibuk bukan main oleh kedatangannya. Dibalik layar pasti terjadi negosiasi alot dengan koleganya di seberang selat. Ada harga yang harus dibayar oleh Taiwan. Tiongkok diperbolehkan latihan militer disekitar Taiwan. Plus beberapa sanksi ala kadarnya biar kelihatan Tiongkok serius marahnya. Diluar sana banyak yang mengolok-olok Tiongkok dengan sebutan macan kertas dan tidak punya taring. Yang mengolok itu tidak mengerti strategi perang ala Sun Tzu. Memenangkan perang tanpa perang adalah gol yang sedang diincar oleh Tiongkok. Setelah kunjungan Oma Nancy, kuku Tiongkok akan menancap makin dalam ke urat nadi Taiwan.

Mirza Mirwan

Pemberitaan tentang kunjungan Pelosi ke Korea Selatan tidak seramai kunjungan ke Taiwan. Kebetulan Presiden Yoon Suk-yeol sedang liburan musim panas -- tetapi media Yonhap melaporkan bahwa sang presiden nanti akan teleponan dengan Pelosi. Kebetulan pula Menlu Korsel, Park Jin, juga sedang punya urusan di Kamboja. Diberitakan, pagi ini Pelosi akan mengadakan pertemuan dengan Ketua Majelis Nasional -- parlemen Korea Selatan -- yang kebetulan dari Partai Demokrat juga (Democratic Party of Korea/DPK). Pokok pembicaraan mencakup issu keamanan, kerjasama ekonomi, dsb. Hanya itu yang diberitakan. Seperti halnya Pelosi menjadi pejabat tinggi AS pertama yang berkunjung ke Taiwan selama 25 tahun terakhir, setelah Newt Gingrich (Ketua DPR AS dari Republik) pada 1997, Pelosi juga Ketua DPR AS pertama yang berkunjung ke Seoul selama 20 tahun terakhir, setelah Ketua DPR AS Dennis Hastert (dari Republik) pada tahun 2002. Tetapi satu hal yang jelas, Korsel, seperti halnya Jepang, adalah sekutu dekat AS. Di negara itu ada pangkalan militer AS juga.

Pryadi Satriana

"Menang lotere", tapi "belum bisa dicairkan" ... Ini bukan ttg TKI (yg kebetulan jg "W") yg menang lotere, tp ttg klg brigadir J. Yg "menang lotere" stlh autopsi ulang. Pertama, dimakamkan ulang dg upacara militer. Setuju. Sblm "dugaan pelecehan" terbukti, harus diperlakukan gugur dlm bertugas. Kedua, E tlh jd tersangka pembunuhan. Pasal 338 KUHP. Skrg maksimal itu. Menurut Prof. Hermawan Sulistyo, penasehat Kapolri, diduga Kapolres Metro Jaksel nonaktif "membersihkan" barang2 bukti, termasuk beberapa HP milik J. Tidak sekadar pelanggaran kode etik, bukan penyidik tapi melakukan olah TKP. Divisi Propam diduga jg melakukan hal serupa. Jika terbukti benar, keduanya bisa dikenakan pasal 221 KUHP, menghalang-halangi penyidikan. Pun perlu diingat, tindakan E diawali "teriakan" Putri. Jadi, Putri jg harus diperiksa, terkait "teriakan karena adanya dugaan pelecehan oleh J", yg akhirnya menyebabkan J tewas. Putri perlu diperiksa krn 2 hal: pertama, apakah benar "masih trauma & terus menangis spt keterangan 'lawyer'-nya; kedua, keterangan Putri perlu di 'cross-check' dg 'lie detector', krn bagaimana pun "teriakan" Putri lah yg akhirnya menyebabkan J tewas! SEANDAINYA, Polri memutuskan memeriksa Putri dg menggunakan 'lie detector' & ybs menolak - dg berbagai alasan, maka itu jg menghalangi penyidikan. Jadi, Penyidik bs gunakan "strategi makan bubur", mulai dr pinggir: E, Kombes nonaktif, Putri, dst. Nanti "yg di tengah", akhirnya "kemakan juga." Sekadar usul. Sekian. Salam. Rahayu.

Johannes Kitono

Sebelum berubah menjadi Republikl ( 1921 ) selalu terjadi perang antar kerajaan di daratan China. Dan yang paling sengsara dan menderita adalah rakyat jelata. Kini perang adalah masa lalu dan sudah menjadi sejarah umat manusia dan sangat dihindari. Untuk urusan China dan Taiwan kalau tidak bisa diselesaikan secara politik atau G to G. Bagaimana kalau diselesaikan secara B to B. Pemerintah China menyiapkan kawasan industri di mainland seluas pulau Formosa, silahkan investor paspor Taiwan investasi disana dengan fasilitas Tax Holiday dsb.nya. Begitu sebaliknya vice versa, pemerintah Taiwan juga melakukan hal yang sama pada investor paspor China. Sesudah 10 a 20 tahun kemudian dievaluasi, bisa dilihat kawasan industri mana yang lebih mensejahterakan rakyatnya. Tentu biar adil dan tidak berat sebelah fasilitasnya, undanglah Jababeka ( KIJA ) dari Indonesia sebagai konsultan untuk bangun kawasan industrinya. Damai dibumi bagi rakyat Taiwan dan China. 

Dahlan Batubara

Semoga "salamo" saya, pak Dahlan Iskan tetap dikucuri rahmat kesehatan dan rezeki finansial. Bisa pergi ke Taiwan. Menulis banyak sisi Taiwan. Amin. "Salamo" itu artinya "serupa nama", bahasa Mandailing di ujung Sumut dan pangkal Sumbar. 

doni wj

Hiruk pikuk rencana kunjungan Pelosi yang ditanggapi dengan ancaman penyerbuan China berakhir dengan klimaks yang membagongkan (begitulah kosakata kekinian menyebutnya. Berawal dari typo - salah ketik karena koreksi otomatis keyboard elektronik - dari kata "membingungkan". Membagongkan berkembang menjadi kosakata kekinian yang mewakili kondisi yang di luar akal sehat, absurd, ajaib). Motivasi Pelosi ditengarai adalah sebuah kesengajaan. Agar beritanya menjadi heboh. Agar namanya banyak dibicarakan. Agar terpateri dalam timeline sejarah. Agar sosoknya dianalisis dalam liputan-liputan media. Gratis. Tidak perlu pasang baliho atau poster. Tidak perlu pasang iklan. Dia yang setahun lagi kembali mencalonkan diri sebagai anggota dewan, merasa perlu melakukan ini. Mau dinilai baik atau buruk, menjadi populer itu tetap dibicarakan. Ada di benak pemirsa, pendengar, pembaca, dan penyimak. Top of mind. Pendukungnya akan selalu jadi basis pemilihnya. Penentangnya akan selalu ada, tapi nggak perlu diperhitungkan. Karena sama kuatnya. Namun masa mengambang sisanya, yang tidak punya preferensi tertentu, yang juga punya hak pilih, akan menggunakan suaranya berdasarkan nama pertama yang muncul di kepala mereka. Itu hukum bilik suara. Jadi tak usahlah terlalu mengolok kondisi negeri sendiri. Di negara mbahnya demokrasi saja seperti itu. Yang perlu diperbaiki adalah moral dan etika berdemokrasinya.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway

Komentar Anda