Qurban Bersama Keluarga Besar IPHI Mencapai Hampir Rp202 Miliar

Ketua IPHI DIY, Drs. H.A. Hafidh Asram, MM, menyaksikan pemotongan hewan kurban. (FOTO: Kang Jarwo/ terasmalioboronews.com)

COWASJP.COM – Tahun 2020 dan 2021 pelaksanaan Idul Adha dan Qurban tidak berjalan normal. Gegara pandemi Covid-19. Tapi tahun ini (2022), pada Idul Adha1443 H, alhamdulillah pelaksanaan Qurban sudah mendekati normal kembali.

Demikian juga pelaksanaan Qurban Bersama Keluarga Besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Yang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) bersama 34 Pengurus Wilayah IPHI Provinsi, 365 Pengurus Daerah IPHI Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Juga oleh para Alumni Haji.

"Kami banyak bersyukur kepada Allah SWT," kata Ismed Hasan Putro, Ketua Umum PP IPHI. 

Pelaksanaan Qurban Bersama tahun ini, Keluarga Besar IPHI telah mendapat amanah menghimpun dana Qurban sebesar hampir Rp202 miliar. Tepatnya sebesar Rp 201.778.000.000. 

Telah memberikan manfaat kepada lebih dari 2.142.150 orang penerima daging Qurban. Baik berupa daging sapi, daging kerbau, daging kambing, dan daging domba.

iphi1.jpgGRAFIS: Hajinews.

Penyerahan daging Qurban dilaksanakan serentak ba'da sholat Idul Adha 1443 H, 9 Juli 2022 dan Idul Adha 10 Juli 2022.

DAGING QURBAN DIOLAH DALAM KEMASAN

Pelaksanaan Qurban Bersama Keluarga Besar IPHI tahun ini, menurut Ismed Hasan Putro, memberikan beberapa catatan cukup penting.

Pertama, bahwa sejak pandemi Covid-19 terjadi semakin banyak  masyarakat yang mengeluh karena kurangnya asupan nutrisi berupa daging. Mereka bersyukur pada Idul Adha 2022 kembali menerima pembagian daging.

Kedua, besarnya harapan agar pada tahun mendatang daging Qurban tidak hanya dibagikan dan dihabiskan dalam satu hari. Ke depan PP IPHI menyiapkan program daging Qurban yang sudah diolah dalam kemasan. 

Dengan program ini, Insya Allah masyarakat akan menerima pembagian daging Qurban yang sudah diolah dalam kemasan lebih sering lagi. Tidak hanya satu kali dalam satu tahun. Tepatnya tidak hanya saat pelaksanaan Idul Qurban. 

Daging qurban yang diolah bisa disimpan sebagian untuk dibagikan kepada warga pada hari-hari berikutnya. 

PP IPHI, menurut Ismed, menargetkan melalui program Daging Qurban Kemasan, akan secara aktif berkontribusi dalam program pemerintah untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat.(*)

Pewarta : Ismed Hasan Putro
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda