Bulan Ramadhan, Gubernur Khofifah Gencarkan Bagi-Bagi Zakat Produktif

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membagikan zakat produktif kepada 125 tunanetra di Kepanjen, Kabupaten Malang. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Di dalam bulan Ramadhan ini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menggencarkan berbagi zakat produktif. 

Kamis 7/4/2022 Khofifah membagikan zakat produktif kepada 125 penyandang disabilitas netra dalam jaringan Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia). Yaitu jaringan pelaku usaha ultra mikro se-Malang Raya dengan total nilai Rp 62,5 juta dan paket sembako.

Pembagian zakat produktif tersebut dilaksanakan di Kantor Samsat Talangagung Kepanjen Kab Malang. Para penerima diketahui memiliki profesi beragam. Mulai dari pedagang kecil hingga pelaku usaha panti pijat tuna netra. 

Masing-masing mendapatkan uang tunai senilai Rp 500.000 dan paket sembako. 

Gubernur yang juga Ketua Umum PP  Muslimat NU itu mengatakan, penyaluran zakat produktif ini dimaksudkan untuk memberi bantalan ekonomi. Agar mereka memiliki tambahan modal dalam menjalankan usaha. Terutama sekali agar mereka tidak tergoda meminjam modal pada rentenir. 

Sejauh ini, penyaluran zakat produktif telah banyak dilakukan oleh Pemprov Jatim bersama Baznas Jatim. Bahkan sudah menjadi agenda wajib setiap kunjungan ke daerah. 

"Penyaluran zakat produktif dilakukan di setiap kunjungan ke daerah. Santunan kepada anak yatim piatu pun merupakan agenda yang sering  dilakukan. Semuanya ini dilakukan untuk mengambil keberkahan, khususnya di Bulan Suci Ramadhan. Memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat. Semoga Pemprov Jatim diberikan kemudahan oleh Allah SWT," tutur Khofifah.

bantuan.jpg1.jpgFOTO: istimewa.

Saat menyalurkan bantuan zakat produktif Gubernur Khofifah selalu memberikan semangat dan juga doa kepada para penerima. 

Gubernur Khofifah juga mengajak para anggota Pertuni Jatim melantunkan lagu Nisya Sabyan Ya Maulana.  Khofifah duet dengan Rizal salah satu pengurus Pertuni Jatim . Sontak hal tersebut membuat seluruh hadirin hanyut dalam suasana syahdu. 

"Mudah mudahan puasa, sholat, tarowih, infaq dan shodaqoh kita diterima oleh Allah SWT  utamanya di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini," imbuh mantan Mensos itu. 

Ketua Baznas Jatim Prof Ahmad Roziqi mengatakan, Baznas Jatim terus berperan dan bergerak memberikan manfaat bagi masyarakat Jatim.

bantuan2.jpgFOTO: istimewa.

Baznas Jatim di bawah bimbingan Gubernur Khofifah terus berkomitmen untuk meneruskan kebaikan dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Melalui berbagai program untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan. 

"Adanya kegiatan ini diharapkan mendorong pemerintah daerah melalui dukungan para Bupati / Walikota agar bersama-sama  mendorong Baznas  melaksanakan kegiatan serupa di sini," ungkapnya. 

Ketua Pertuni Jatim Setiawan Gema Budi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut setelah bertemu dengan ibu Gubernur.

"Allhamdulillah atas dukungannya kami berterima kasih kepada ibu gubernur yang akan bersama kami selama lima tahun ke depan," katanya. 

Hadir mendampingi Gubernur Khofifah dalam penyerahan zakat produktif adalah Bupati Malang, Ketua Baznas Jatim, anggota DPRD Kab. Malang, Dandim 0818, Kapolsek Kepanjen, serta beberapa kepala OPD selingkup Pemprov Jatim. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda