Kenalkan Mangunan, Hadirkan Keroncong Seharian

FOTO: Istimewa

COWASJP.COM – Belum punya agenda liburan di akhir pekan ini? Event di Wanawisata Budaya Mataram, Mangunan, Dlingo, Bantul ini bisa Anda masukkan. Ada seabrek kegiatan di sejumlah titik eksotis di kawasan berketinggian 300 mdpl ini pada Sabtu (21/4).

Di kawasan destinasi wisata yang ngehits dengan #destinasidigital Pasar Kakilangit ini digelar Festisaka. Festival Seni Alam Terbuka. Maka, ada sejumlah panggung terbuka di bawah kerindangan pohon pinus.

Di Panggung Pasar Kakilangit mulai jam 07.00-10.00 WIB ada kelompok musik keroncong GGS dan KR Sorlem. GSS dan Keroncong Sorlem fasih dalam aneka genre yaitu keroncong asli, langgam, dan modern.

Panggung ini selesai pukul 10.00. Jika masih mau menikmati keroncong, bisa geser ke Panggung Sekolah Hutan.

suri.jpg

Panggung Sekolah Hutan mulai "manggung" pukul 11.00. Sejumlah grup keroncong akan menghibur Anda hingga 15.30. Orkes Keroncong Anak Kulonprogo, KR VOC, KR Badami Lapis Legit (Bandung), dan KR Chamber Kidhung Etnosia. 

Selain keroncong, digelar pula fashion show. Panggung ini dipandu oleh MC yang juga komika asal Jogja Alit Jabangbayi. 

Yang ingin mengikuti talk show berkaitan dengan bambu, batik, ecoprint, bisa merapat ke Seribu Batu. Mulai pukul 13.00 hingga 15.30 ada Rektor ISI Jogja, Kepala Disperindagkop DIY dan sejumlah narasumber lain. Seperti, Defy Indiyanto (Komisaris PT PJB), Novi Bamboo (pelaku usaha ecoprint), Johni Sahlan (CV Tashindo), Ketua LPPM ISI Jogja dan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

Usai talkshow, pukul 15.30-16.00 ada penanaman bibit bambu dan rintisan Hutan Bambu Lestari di Hutan Pinussari. Kemudian ada pula Karnaval yang dimulai dari Pasar Kerajinan dan finis di Lintang Sewu. 

Keroncongplesiran.jpg

Dalam karnaval ini ada Kirab Wayang Bambu, Bergada Kenthongan, dan Fashion Show pakaian dari bambu, ecoprint dan batik. 

Akhir dari rangkaian event yang juga diberi tajuk Keroncong Plesiran ini berupa Simponi Keroncong di Panggung Lintang Sewu. Mulai pukul 19.00 hingga 22.00. 

Symphony Kerontjong Moeda Orchestra, KR Sri Gandhoel, yang tampil dengan sejumlah tamu di antaranya Paksi Rarasalit, Bimacho Bravesboy, Egha Latoya, Nanda Candra, Okky Kumala Sari dan On Wawes. Panggung ini dipandu oleh duo MC Dony Salahpaham dan OfixOKfix. 

So, jika kamu penikmat musik Keroncong, datang saja ke Pasar Kakilangit pada hari Sabtu, 21 April 2018. Jika pun bukan penikmat keroncong, tetap bisa menikmati suguhan keren lainnya. 

Keroncong.jpg

Yang unik dari event ini, walau keroncong merupakan jenis musik old, semua musisi grup-grup di atas adalah anak-anak muda zaman now. 

Gandi, selaku koordinator keroncong punya harapan dari adanya Keroncong Plesiran. Menurutnya, acara positif ini bisa menjadi kegiatan tahunan. Lantaran disajikan oleh musisi-musisi muda, keroncong juga diharapkan mendapat apresiasi yang tinggi di kalangan anak muda zaman now. 

“Keroncong Plesiran juga memiliki dampak positif bagi pengembangan wisata. Orang yang belum tahu Pasar Kakilangit, bisa tahu lantaran ada acara ini,” tandasnya. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda