Menag Akan ke Arab Saudi Bahas Ibadah Haji

Menag H Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: Dok. Kemenag - kompas.com)

COWASJP.COM – Menteri Agama (Menag) H. Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dalam waktu dekat ini akan bertolak ke Arab Saudi.

Gus Yaqut dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Haji Saudi.
Kedua pihak akan membahas persiapan penyelengaraan ibadah haji tahun ini.

Gus Yaqut juga akan menjajaki kemungkinan  memanfaatkan kuota negara lain yang tidak terserap habis.

"Kami akan bertemu dengan Menteri Haji Saudi untuk membahas negara-negara yang tidak memanfaatkan kuota hajinya agar bisa digunakan oleh Indonesia," ujar Gus Yaqut saat menerima audiensi Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi, di Jakarta, Kamis, 10 Maret 2022. 

Selain masalah haji, pertemuan Gus Yaqut dan Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi juga membahas rencana kunjungan Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh ke Indonesia.

duber.jpgDubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi. (FOTO: okezone.com)

Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang telah mengundang Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh ke Indonesia.

"Kami juga merasa sangat nyaman di Indonesia. Karena Kemenag, NU dan ormas Islam lainnya adalah sahabat. Kemenag dan NU adalah dua sektor penting bagi Kerajaan Arab Saudi," kata Syekh Essam.

Gus Yaqut mengaku sangat senang dengan rencana kunjungan Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh ke Indonesia.

"Waktu saya ke Saudi dan bertemu dengan Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh, beliau menyambut kami dengan sangat baik dan berkesan. Ini membuat saya merasa berutang untuk menyambut dan melayani beliau saat berkunjung ke Indonesia nanti. Kami akan berusaha dengan sebaik-baiknya menyambut kunjungan beliau ke Indonesia," kata Gus  Yaqut.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda