Kader NU Borong 5 Pesawat N219 Buatan PT Dirgantara Indonesia

Para Instruktur Pelatihan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) saat meninjau pasawat N219. (FOTO: Tim PKP NU)

COWASJP.COM – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.Kader Nahdlatul Ulama (NU) membuat nota kesepahaman pembelian lima unit pesawat N219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia.   

Menariknya, salah seorang  perancang pesawat N219 tersebut adalah Prof Atik Bintoro, instruktur Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU). Prof Atik Bintoro menjadi ahli peneliti utama di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).  

Kader-NU-2.jpg

 "Alhamdulillah, bisa ikut berkontribusi dalam merancang pesawat N219, setelah tujuh tahun penantian," ujar Prof Atik yang juga Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Rumpin, Bogor, Jawa Barat kemarin.

Instrruktur Nasional PKPNU, H. Adnan Anwar mengatakan, pembelian pesawat N219 akan memperkuat sinergi antarkader NU. Dan, memperluas jejaring NU dalam konsolidasi nasional menuju satu abad Nahdhatul Ulama 2026. Sekaligus menginspirasi kebangkitan Indonesia 2045.   

Manajer Program Pesawat N219, Palmana Banandhi mengatakan, bahwa pesawat ini merupakan hasil karya anak bangsa yang dipasarkan untuk pasar dalam negeri dan global dengan harga per unit USD 6,8 juta = Rp 96,9 miliar. Kurs 1 dolar AS = Rp 14.250.

Palmana Banandhi menjelaskan, keunggulan pesawat ini dapat difungsikan untuk mengangkut penumpang sipil dan militer. Selain untuk angkutan barang atau kargo, evakuasi medis, hingga penyaluran bantuan saat bencana alam. 

Pesawat N219 mendapatkan type certificate untuk kelaikan udara setelah melakukan penerbangan selama 340 jam. Pesawat N219 bisa terbang dengan kecepatan maksimum 210 knot dan kecepatan terendah hingga 59 knot. 

Kader-NU-3.jpg

Dengan kemampuan itu, pesawat N219 dapat bergerak dengan fleksibel saat melalui wilayah tebing dan pegunungan. Sebab, bisa terbang dengan kecepatan cukup rendah tapi terkendali.    

Koordinator Nasional PKPNU, H Munim DZ sangat mengapresiasi hadirnya pesawat N219. Menurutnya pesawat tersebut dikerjakan seratus persen oleh anak bangsa sendiri dengan komponen yang diproduksi di dalam negeri.  

 "Pembelian pesawat N219 oleh kader PKPNU akan menandai kebangkitan industri pesawat terbang nasional," ujarnya.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda