Di Bangkok, Menpar Puji Àksi Merti Kali Komunitas Kalkun

Pegiat lingkungan Komunitas Pelestari Kali Kuning menggelar acara Merti Kali prosesi ini dilakukan dengan budaya teatrikal dan tarian bedaya, Kamis (28/9). (Foto-foto: Erwan/CoWasJP)

COWASJP.COM –  "BAGUS, kalau semua daerah yang punya sungai melakukan kegiatan seperti ini, keren banget Indonesia," ucap Menpar Arief Yahya di Bangkok, Thailand. 

Menpar menyampaikan pujian tersebut untuk Komunitas Pelestari Kali Kuning, Yogyakarta yang melakukan Merti Kali pada Kamis (15/9). Merti Kali dilakukan karena Komunitas Pelestari Kali Kuning tak ingin kondisi sungai Kali Kuning terus memburuk, rusak oleh penambangan liar maupun tumpukan sampah.

Dengan tema "Memuliakan Air, Merajut Budaya" kegiatan yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman ini diformat secara teatrikal. Acara pun menjadi tontonan wisatawan

Saat bertemu dengan Diaspora di KBRI Bangkok, ide mengoptimalkan natural resources seperti sungai ini juga sempat dilontarkan. "Alam kita jauh lebih hebat dari Thailand. Sungai, air terjun, sawah, gunung, hutan, pantai, bawah laut, pulau, kita lebih hebat," jelas Arief Yahya menirukan para dispora di Bangkok. 

BACA JUGA: Komunitas Kalkun, Memuliakan Air, Melestarikan Sungai Lewat Merti Kali

Tetapi, pengelolaan destinasi, keseriusan daerah, penataan, kebersihan dan keamanan masih menjadi isu yang belum unggul dari Thailand. "Kalau kebersihan dan pelestarian lingkungan itu bisa dilakukan dengan baik oleh Pentahelix, (ABCGM - Academician, Business, Community, Government, Media), pasti satu pilar yang dikalibrasi TTCI WEF kita naik," lanjut Arief Yahya. 

TTCI yang dimaksud adalah Travel and Tourism Competitiveness Index yang dikeluarkan dua tahunan oleh World Economic Forum. Posisi environment sustainability Indonesia masih jauh di bawah. "Apa yang dilakukan Komunitas Pelestari Kali Kuning, Yogyakarta ini sangat bagus!" jelas Arief. 

arif-yahyaSportourism53Haw.jpgMenpar Arief Yahya (Foto: Sportourism)

Lokasi kegiatan ini dikenal sebagai tempat wisata edukasi dan alam berbasis sungai. Ada meja-meja yang diletakkan di pinggir kali sebagai tempat ngopi. Mereka menjadi sungai dan air sebagai kekayaan yang harus dijaga agar lestari.

Guna mengingatkan masyarakat akan pentingnya sumber air itulah, dalam Merti Kali ini ditampilkan seorang Resi. Sang  Resi sebagai representasi orang tua yang bijak. Dia mengajak para pejabat dan masyarakat juga generasi muda untuk melihat kondisi lingkungan kita, khususnya air.

"Air saat ini tidak hanya masalah personal atau masalah lokal. Seperti kekurangan air di musim kemarau di sebagian tempat. Tapi air, kini menjadi masalah dunia, masalah global. Hampir seluruh kehidupan butuh dan tergantung dengan​ ketersediaan air. Lewat gelar budaya Merti Kali ini kami mengingatkan hal itu," jelas AG.Irawan, ketua pelaksana Merti Kali. 

Melalui kidung "Mantram Tirta Nirmala" yang ditembangkan, sang Resi tak hanya bicara, tapi terjun langsung dan mengajak semua elemen masyarakat kembali merawat dan meruwat mata air.

Acara yang digelar di Bantaran Kali Kuning, RT.01, RW.36, Dusun Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman itu dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, sejumlah pejabat setempat, pegiat sungai se-DIY dan warga sekitar. (Erwan Widyarto)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda