Ketan Merah Putih Surabaya

Kreasi penampilan dari ketan punel surabaya dalam menyambut rangka HUT ke-72 RI. (CoWasJP

COWASJP.COM – ockquote>

pengantar-cowas1kQxb.jpg

BERBAGAI cara dilakukan untuk ikut memeriahkan peringatan HUT RI. Seperti yang dilakukan oleh Kedai Ketan Punel, Jalan Raya Darmo, Surabaya. Letaknya persis di seberang Taman Bungkul.
Kedai Ketan Punel ini dikelola anggota Cowas JP, Wahyu Darmawan, mantan wartawan Radar Surabaya. 

Owner Kedai Ketan Punel itu adalah isterinya, Rini Kusuma, mantan presenter Jawa Pos TV (JTV).

Tempat kuliner yang menyajikan makanan  ketan ini menyuguhkan menu spesial. Yakni ketan merah putih. "Menu ketan merah putih khusus disajikan dalam rangka peringatan kemerdekaan RI. Yakni ketan yang ditaburi kelapa putih dan merah. Sehingga kami namakan ketan merah putih," terang Rini Kusuma.

Dijelaskan oleh ibu 2 anak ini, untuk menu ketan merah putih tersebut rutin dihadirkan setiap bulan Agustus, jelang peringatan kemerdekaan. 

ketanpunelPXqK3.jpg

"Sesuai dengan namanya ketan merah putih hanya ada ketika mendekati peringatan 17 an. Jadi sengaja kami hadirkan pada bulan Agustus ini saja. Bagi penikmat ketan yang ingin merasakan ketan merah putih monggo mampir ke kedai ketan punel," jelasnya.

Seperti apa rasanya ketan merah putih? Apa bedanya dengan ketan yang biasanya? Rini menuturkan bahwa ketan dengan toping kelapa bernuansa merah putih ini, rasanya gurih campur manis.

"Rasanya perpaduan antara ketan putih yang gurih dipadu dengan taburan kelapa manis. Pastinya rasanya lezat," papar penyuka traveling ini.

ketan-okYHcp5.jpg

Bagi penikmat ketan tidak perlu khawatir terkait harga dari ketan merah putih. Pastinya harga ketan merah putih dijamin tidak akan membuat kantong jebol. Ketan merah putih hanya dibandrol Rp 5 ribu per porsi. Sedangkan untuk menambah kenikmatannya, bisa dipadukan dengan minuman yang ada.

Bisa disandingkan dengan minuman dingin seperti es coklat, es lidah buaya atau es lemon tea. Namun bisa juga minum minuman hangat seperti wedang uwuh, jahe sere atau teh tarik. Heeem.....nyam....nyam.....

"Setiap tahun ketan merah putih ini selalu saja ada peminatnya. Seperti tahun lalu, banyak pembeli yang mencicipinya. Tidak hanya dimakan di tempat, banyak juga yang dibawa pulang," urai Rini Kusuma.

ketanU3zbP.jpg

Ditambahkan Rini, selain menampilkan menu khusus ketan merah putih dalam rangka memeriahkan HUT RI, kedainya juga menyuguhkan nuansa perjuangan. Para pelanggan akan dilayani oleh para pegawai ketan punel yang mengenakan pakaian para pejuang tempo dulu. Tidak hanya itu, lokasi kedai juga dipenuhi dengan hiasan bernuansa merah putih serta bendera.

"Pokoknya kami berusaha menghadirkan nuansa 17 an di kedai ketan punel. Sambil menikmati ketan merah putih, sekaligus juga menikmati nuansa kemerdekaan," pungkasnya. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda