Liburan Lebaran di Jogja Aja! Dispar Janjikan Wisatawan Nyaman

Candi Borobudur (Foto:TripAdvisor)

COWASJP.COM – ockquote>

pengantar-cowas1SHPaj.jpg

SEBAGAI salah satu Daerah Tujuan Wisata, jajaran Pariwisata DIY dengan sigap bersiap menyambut wisatawan. Berbagai persiapan menghadapi libur lebaran dan cuti bersama yang sudah diumumkan pemerintah pusat pun dilakukan. Seperti diketahui, libur lebaran dan cuti bersama berlangsung antara tanggal 23-30 Juni 2017.

Dalam menghadapi libur panjang ini, Dinas Pariwisata DIY membentuk Tim Petugas yang melayani wisatawan secara khusus mulai 22 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. "Tim petugas  yang melayani wisatawan sebagai tourism services ini kami tempatkan di empat lokasi yaitu di Bandara Adisutjipto, stasiun KA di Tugu Jogja, di kantor Dispar Jalan Malioboro serta di Tourism Information Center (TIC) Jalan Mangkubumi Jogja," papar Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta. 

TUGU-JOGJA-NOL-KILOMETERMETRONEWSQGBSb.jpgFoto: istimewa

Petugas ini disiapkan terutama dalam pelayanan informasi tentang kepariwisataan Jogja. Wisatawan yang datang bisa bertanya atau meminta informasi seputar lokasi mana yang akan dipilih sebagai destinasi yang akan dikunjungi selama di Jogja. Dapat pula meminta informasi hotel, homestay, kuliner, dan event wisata saat pekan lebaran berlangsung yang tersebar di DIY. "Kami ingin wisatawan benar-benar bisa nyaman berlibur di Jogja," tambah Aris.

Soal kenyamanan wisatawan ini menjadi perhatian serius Aris dan jajarannya. Oleh karena itu, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi lintas sektor baik dengan kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), Dispar kabupaten/ kota se-DIY untuk antisipasi beberapa permasalahan yang diprakirakan muncul. Baik selama, menjelang, saat lebaran, dan setelah lebaran. 

Salah satu bentuk kordinasi adalah rekayasa lalu lintas oleh kepolisian bersama Dishub di Kabupaten/ kota terutama di wilayah menuju arah destinasi wisata yang banyak dukunjungi wisatawan. "Agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas yang melelahkan dan mengecewakan wisatawan untuk sampai ke tujuan atau destinasi wisata," tegasnya.

LORONG-BAWAHA-TANAHKOMPAS9dnal.jpgFoto: istimewa

Selain itu juga dilakukan penambahan pemasangan rambu-rambu lalu lintas ke obyek wisata. Harapannya agar wisatawan mudah mencapai tempat wisata dari berbagai alternatif rute pilihan ke destinasi wisata se-DIY. Rambu penunjuk arah berwarna coklat dengan tulisan putih adalah penanda lokasi wisata. 

Sejumlah destinasi wisata favorite  di DIY diperkirakan akan dibanjiri wisatawan. DIY memiliki destinasi komplet. Baik yang ada di wilayah highland, urban/suburban maupun coastal land. Wilayah highland ini menyebar dari Sleman (Merapi dengan Lava Tour-nya) maupun Taman Tebing Breksi di Prambanan. 

Di Kulon Progo dengan pegunungan Menoreh yaitu Puncak Suroloyo yang dapat melihat dengan jelas keberadaan Candi Borobudur. Lalu, Kebun Teh Nglinggo, Kalibiru yang mempesona dengan Waduk Sermonya, dan Purwosari yang sekarang banyak diminati dengan Ayunan Langitnya. 

teletubisZRkn.jpgFoto: istimewa

Di Bantul dengan Bukit Mangunan yang memiliki banyak destinasi menarik seperti Puncak Becici, Hutan Pinus Sari, Kaki Langit, Watu Goyang, dan sebagainya.

Untuk wilayah urban/suburban, banyak dijumpai candi-candi. Mulai Prambanan,  Ratu Boko, Candi Sewu, Sambisari, Kalasan dan lainnya. Lalu ada heritage seperti Kraton Jogja, Tamansari, dan Kotagede. Kemudian ada museum : Sonobudoyo, Dirgantara, Museum Affandi, Museum Wayang dan lainnya. Lalu ada Taman Pintar, Gembira Loka Zoo, Malioboro, dan seterusnya.

Untuk wilayah coastal land (pantai) bisa dijumpai sepanjang Pantai Selatan yang membentang dari Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul, sampai dengan  Kabupaten Gunungkidul. "Banyak pantai yang indah dan menarik dikunjungi, baik pantai pasir hitam di Bantul maupun pantai dengan pasir putih di Kulonprogo dan Gunungkidul," tandas Aris berpromosi. 

Ayo liburan lebaran ke Jogja. Tinggal pilih libur di gunung, di kota atau di pantai. Jika tak menginap di hotel, bisa mencoba homestay yang tersebar di sejumlah Desa Wisata di seantero Jogja. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda